HADITS SILABUS RAMADHAN #2

 


Hadits 1

اِذَا جاَءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ

Apa bila dating Romadhon maka dibukalah pintu surga dan ditutup pintu neraka serta dibelenggu setan-setan. ( HR. Bukhori Muslim).

 

Hadits 2

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Barang siapa berpuasa di bulan Romadhon dengan landasan iman dan penuh harap akan pahala, maka ia memperoleh ampunan dari dosa-dosa yang lalu ( HR. Muttafaq alaih ).

 

Hadits 3

لاَيَقْبَلُ اللَّهُ مِنَ الْعَمَلِ إِلاَّ كََانَ لَهُ خَالِصًا وَابْتَغَى بِهِ وَجْهَهُ.

Allah tidak menerima amal, kecuali yang dikerjakan dengan ikhlas karena Dia semata, dan dimaksudkan untuk mencari ridho-Nya. ( HR. Ibnu Majah ).

 

Hadits 4.

إِنَّ أَخْوَفَ مَاأَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الأَصْغَرُِ, قَاَلُوْا : وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُِ يَارَسُوْلَ اللَّهِ؟

قَالَ : الرِّيَاءُ.

Sesungguhnya sesuatu yang paling aku takutkan terjadi pada kalian adalah syirik kecil. Sahabat bertanya ; apa syirik kecil itu ya Rasulallah ? Jawab Rasul ( Saw ) : “ Riya’ “ ( HR. Ahmad ).

 

Hadits 5

......فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَرَ اخْتِلاَفًا كَثِيْرًا, فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ عَضُّوْا عَلَيْهَا بِاالنَّوَاجِدِ,وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُوْرِ فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ.

Maka sesungguhnya orang yang hidup diantara kamu kelak akan melihat perselisihan yang banyak, maka wajib atasmu berpegang teguh akan sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin yang diberi petunjuk.Dan berpeganglah dengan sunnah-sunnah itu dengan kuat dan jauhilah olehmu bid’ah, sesungguhnya segala bid’ah itu sesat. (HR. Abu Dawud dan Turmudzi).

 

Hadits 6.

االمُؤْمِنُ القَوِيُّ اَحَبُّ إِلىاللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ وَفِيْ كُلٍّ خَيْرٌ.

Seoranga mu’min yang kuat itu lebih dicintai Allah dari pada mu’min yang lemah, dan pada masing-masing ada kebaikan.( HR,Muslim )

 

Hadits 7

صُوْمُوْا تَصِحُّوْا

Berpuasalah maka kalian akan sehat.

 

Hadits 8

عَنْ أُمِّ المُؤْمِنِيْنَ زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ رضي الله عنها قالتْ : ياَرسولَ اللهِ أَنُهْلَكُ وَفِيْنَا الصَّالِحُوْنَ ؟ قَالَ : نَعَمْ إِذََا كَثُرَ الخَبَثِ.

Dari ummul mukminin Zainab binti Jahsyin Ra. Berkata; Ya Rasulallh apakah akan diturunkan pada kami semua bencana sedang di tengah-tengah kami ada orang-orang sholeh ? Jawab Rasul Saw : ya apabila kebejatan moral ( kekejian ) merajalela.

 

Atsar 9. (atsar dari Abu bakar Ra pada pidato setelah dilantik menjdi Kholifah)

...وَلاَ تَشِيْعَ الفَاحِشَةُ فِيْ قَوْمٍ قَطٌّ إِلاَّعَمَّهُمُ اللهُ بِالبَلاَءِ.

Dan tidak merajalela kebejatan moral( kekejian ) di tengah suatu kaum ( masyarakat ), kecuali Allah akan ratakan bencana kepada mereka.

 

Hadits 10

مَنْ قَال: لااله إلاالله وحْدَهُ لآشَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَىَ كُلِّ شيئٍ قديْرٌ, فِيْ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ,كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ, وكُتِبَتْ لَهُ ماِ ئَةُ حَسَنَةٍ, ومُحِيَتْ عَنْهُ مَائَةُ سَيِّئَةٍ, وكَانَتْ لَهُ حِرْزًا مِنَ الشَّيْطَان يَومَهُ ذلِك حتَّى يُمْسِيْ, ولَمْ يَأْتِ أحَدٌ بِأفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ إلا رَجُلٌ  عَمِلَ أَكْثَرَ مِنْهُ.

Barang siapa membaca :La ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahulmulku wahuwa alakulli syai in qodir dalam sehari 100 X, maka baginya pahala seperti membebaskan 10 budak, ditulis untuknya 100 kebaikan, dihapus darinya 100 keburukan, ia dijaga dari gangguan setan dari pagi sampai sore, dan tidak ada seorangpun yang dapat meraih lebih baik kecuali seorang yang membaca lebih banyak dari itu. ( HR, Muttafaq alaih ).

 

Hadits 11

   إِنَّ فِي المَالِ حَقًّا سِوَى الزَّكاَةِ

Sesungguhnya dalam harta kita ada hak fakir miskin selain zakat.( HR.Daruqutni ).

 

Hadits 12

مَنْ آتَاهُ اللهُ مَالاً فَلَمْ يُؤَدِّ زَكَاتَهُ مُثِّلَ لهُ يوْمَ القِيامةِ شُجاعاً أقْرَعَ لهُ زَبِيْبَتَان يُطَوِّقُه يومَ القِيامةِ, ثُمَّ يَأْخُذُ بِلِِهْزِمَتَيْهِ ثُمَّ يقول أنَا كَنْزُكَ, أنا مالُكَ.

Barang siapa yang Allah berikan harta kemudian tidak dikeluarkan zakatnya, maka di hari kiyamat harta itu datang dalam bentuk ular besar berbisa dikalungkan di lehernya, dan ular itu berkata saya adalah kekayaanmu dan saya adalah hartamu.( HR, Syaikhon )

 

Hadits 13

إتَّقي النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

Takutlah kamu ( Aisyah ) terhadap api neraka meskipun hanya bisa bersedekah dengan sebutir kurma.

 

Hadits 14

مُرُوا أَوْلادَكُم بالصّلاةِ وَهُمْ أبْناءُ سَبْعٍِ, واضْرِبُوهُم عَلَيْها وَهُمْ أبْناءُ عَشْرٍ, وفَرِّقوأ بَيْنَهُم في المَضاجِعِ.

Suruhlah anak-anakmu sholat bila sudah umur tujuh tahun, dan pukullah ( tidak menyakitkan ) bila tidak sholat sedang usianya sudah sepuluh tahun, dan pisahlah diantara mereka tempat tidurnya.

 

Hadits 15

ألا وَإنَّ الإسلامَ دَائِرَةٌ فَدُوْروا معَ الإسلامِ حَيْثُ دارَ.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya islam itu berputar, maka berputarlah bersama islam bagaimanapun perputaran itu.

 

Hadits 16

بدأ الإسلامُ غريْبا وسيَعُودُ غريْبًا كما بدأَ, فطُوبَ لِلْغُرباء الذين يُصلِحون بما أفْسدَالناسُ.

Islam itu awalnya adalah asing dan akan kembali menjadi asing sebagaimana permulaan, maka beruntunglah bagi orang-orang yang asing yaitu orang yang selalu memperbaiki apa-apa ( baca: moral )  yang telah rusak dari manusia.(HR.

 

Hadits 17

لاتَزالُ طائِفَةٌ مِنْ أمَّتي ظاهِريْنَ على الحقِّ لايخْذُلُهم مَنْ خذَلهُم حتى قِيامِ الساعةِ.

Akan tetap ada dari ummatku thoifah ( golongan ) yang eksis dalam kebenaran, tidak akan goyah menghadapi terpaan ( distrutif ) dari manapun hingga hari kiyamat.

 

Hadits 18

الإسلامُ يعْلو ولا يُعْلى عليْه.

Islam itu tinggi, dan tidak ada yang mengunggulinya.

 

Hadits 19

لأنْ يَهدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلا واحِدا خيْرٌ لكَ مِنْ حُمُرٍ نَعَمٍ

Sekiranya Allah berikan petunjuk kepada seorang lantaran usaha ( dakwahmu) maka bamu balasan yang lebih baik dari unta merah ( kendaraan yang terbaik).

 

Hadits 20

عَلَيكم بالجماعَةِ فإنَّ يدَ اللهِ مَعَ الجماعَةِ

Kalian harus berjamaah karena tangan Allah bersama jama’ah.

 

Hadits 21

مَنْ أرادَ بَحْبُوحَةَ الجنةِ فاليلْزِمِ الجماعةَ, فإنَّ الشيطانَ معَ الواحدِ.

Barang siapa menginginkan surga dan fasilitasnya, maka komitmenlah dengan jama’ah, karena sesungguhnya setan itu bersama dengan orang yang sendirian.

 

Hadits 22.

 لََتَأْمُرُنَّّ بالمَعْروفِ ولَتَنْهَون عنِ المُنكَرِ أو لَيُسَلِّطَنَّ اللهُ شِرارَكُمْ فيَدعُو خِيارُكمْ فلا يُسْتجابُ لهُمْ.

Hendaklah kalian beramar ma’ruf dan segahlah kemunkaran atau ( bila kamu tidak lakukan itu ) Allah akan kuasakan orang-orang yang jahat memimpin kalian, dan doa orang-orang yang baik diantara kalian tidak dikabulkan.( HR.

 

Baca juga: Daftar isi 100+ kumpulan mahfudzot kelas 1-5 KMI lengkap dengan arti dan penjelasan


Hadits 23

يا رسولَ اللهِ, قُلْ لِيْ في الإسلام قَوْلاً لاَأسْأَلُ عَنْهُ أحدأ غَيْرَكَ ! قال : قُلْ آمَنْتُ باللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ.

Dari Abu ‘Amroh Sufyan bin Abdillah ra berkata ; Ya Rasulallah,katakan kepadaku satu kata saja yang aku tidak akan bertanya kepada siapapun selain engkau ! Jawab Rasul SAW : Katakan , aku beriman kepada Allah,lalu istiqomahlah. ( HR.Muslim )

 

Hadits 24

يا رسولَ اللهِ, أتَعُودُ الى مكَّةَ وقَدْ أخْرَجوكَ؟ قال : يا زَيْدُ إن اللهَ جاعِلٌ لِما تَرَى فَرَجا وَمَخْرَجا وإن اللهَ ناصِرٌ دِيْنَه وَمُظْهِرٌ نبِيَّه.

Zaid bin Haritsah bertanya kepada Rasul Saw ( dalam perjalanan ditengah cobaan badai da’wah ke Thoif ), Ya Rasulallah ; apakah engkau akan kembali ke Makkah sedang engkau telah diusir oleh mereka ( kuffar quraisy )? Wahai Zaid; sesungguhnya apa yang kamu saksikan saat ini (dari kesulitan , banyaknya tantangan dan rintangan ), Allah akan berikan Solusi dan jalan keluar terbaikn dan Allah Maha menolong agamanya lagi Maha pemberi kemenangan kepada nabiNya ( dan orang yang membela agamaNya ).

 

Hadits 25

تَرَكْتُ فيكُم أمْرَيْنِ لَنْ تَضِلوا بَعْدي ما إنْ تمَسَّكْتُم بهَما : كتابَ اللهِ وسنةَ رسولِه.

Aku tinggalkan dua perkara yang apabila kalian berpegang teguh kepada keduanya,kalian tidak akan sesat sepeninggalku nanti , yaitu kitabullah ( Al Qur an ) dan Sunnah Rasul Nya.( HR.Imam Malik )

 

Hadits26

إن اللهَ يَرْفعُ بهذا الكِتابِ أقْوَاماً ويَضعُ بِهِ أخَريْنَ

Sesungguhnya Allah mengangkat derajat dengan AlQur an satu kaum, dan sebaliknya menghinakan dengan Al Qur an pula kaum yang lain( bialmeninggalkan dan tidak mengamalkannya ) ( HR,Muslim).

 

Hadits 27

 خيرُكم منْ تَعَلَّم القرآنَ وعَلمَه

Sebaik-baikkalian adalah orang yang mempelajari Al Qur an dan mengajarkannya.( HR. Bukhori )

 

Hadits 28

إن اللهَ جميْلٌ يحبُّ الجَمالَ, نظيْفٌ يحبُّ النظافةَ فَتَنَظَّفوا

Sesungguhnya Allah itu Indah mencintai keindahan, bersih mencintai kebersihan, hiduplah yang bersih. ( HR.

 

Hadits 29

مَن يُرِدِ اللهُ بِه خَيْرا يُصِبْ مِنْه

Barang siapa Allah kehendaki baik, maka Allah berikan ujuian. ( HR Bukhori )

 

Hadits 30.

صَبْرًا آلَ ياسرَ فإِنَّ مَوعِدَكم الجَنَّةُ.

Sabar wahai keluarga Yasir ra, karena sesungguhnya tempat kembalimu adalah surga.

 

Hadits 31

إنَّه مَنْ أحْيا سُنةً مِن سُنتي قَدْ أُمِيْتَتْ بَعدي, كان له مِن الأجْر مِثْلُ مَن عمِل بها مِن غَيْر أنْ ينْقُصَ مِن أجُورِهم شَيْئا

Sesungguhnya barang siapa menghidupkan satu sunnah dari sunnahku setelah dilupakan oleh orang-orang sesudahku, maka baginya pahala seperti orang yang menjalankan sunnah itu, tanpa berkurang sedikitpun. ( HR.Turmudzi ).

 

Hadits 32

إنَّ في الليْل لَساعةً, لايُوافِقُها رجُلٌ مسلمٌ يسْألُ اللهَ تعالى خيْرا مِن أمْر الدنْيا والأخِرة إلا أعْطاه إيَّاه, وذلك كلَّ ليلةٍ.

Sesungguhnya pada tengah malam terdapat satu saat dimana tidak seorang muslimpun yang meminta kepada Allah kebaikan dari urusan dunia maupun akhirat kecuali Allah akan berikan, dan hal itu terdapat pada setiap malam.( HR. Muslim ).

 

Hadits 33

مَن لَمْ يهْتَمْ بأُمورِ المسلميْن فليْس منْهم

Barang siapa yang tidak mau peduli dengan problematika umat islam maka ia tidak termasuk golongannya. ( HR. Abu Dawud )

 

Hadits 34

لايؤمِن أحدُكم حتى يحبَّ لأخيه مايحبُّ لنفْسِه

Tidak sempurna iman salah seorang diantara kamu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri ( Muttafaq Alaih ).

 

Hadits 35

  أنْصُرْ أخاكَ ظالِما أوْ مَظْلوماً, فقال رجل : يارسولَ الله أَنْ صرُه إذا كان مَظلوما ً, أَرَأَيْتَ انْ كان ظالما كيْفَ انْصُرُه ؟ قال : تَحْجُزُه مِن الظُّلْمِ فإنَّ ذلك نصْرُه.

Tolonglah saudaramu yang berbuat dholim atau yang didholimi, seorang sahabat bertanya, Ya Rasulallah ;kalau yang didhilimi kamitahu menolongnya,bagaimana dengan orang yang berbuat dholim? Jawab Rasul Saw : kamu cegah ia berbuat dholim , itulah cara menolongnya.( HR. Bukhori).

 

Hadits 36

مَنْ أحبَّ أنْ يُبْسَطَ له فِي رزْقِه ويُنْسأ لَه في أثَرِه فاليَصِل رحِمَه

Barang siapa ingin dilapangkan rizkinya dan di kokohkan pengaruh/lobinya maka hendaklah ia jalin silaturrohmi. ( HR.Muttafaq alaih ).

 

Hadits 37

كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه لأو ينصرانه أو يمجسانه

Setiap anak manusia yang dilahirkan ia dalam keadaan fitroh ( islam ) maka orang tuanyalah yang menjadikan yahudi, nasroni atau majusi.  

 

 

Hadits 38

اتّقِ اللهَ حيثما كنت وأتيع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن

Takwalah kamu kepada Allah di manapun kamu berada, ikuti keburukan dengan kebaikan niscaya kebaikan itu akan menghapuskannya dan bergaullah sesama manusia dengan akhlak mulya (Abu Dawud)

 

Hadits 39

الساعي على الأرملة والمسكين كالمجاهد في سبيل الله –وأحسبه- قال: وكالقائم اللذي لا يفتر وكالصا ئم لا يفطر "متفق عليه

Orang yang  membantu para janda dan orang-orang miskin bagaikan mujahid di jalan Allah , dan saya kira beliau bersabda : “Bagaikan orang yang sholat malam tanpa lelah, dan bagaikan orang yang berpuasa yang tidak pernah henti.( muttafaq alaih )

 

Hadits 40

"أنا وكافل اليتيم في الجنة هكذا " رواه البخارى

Saya dan orang yang mengurus anak yatim di surga seperti ini (sambil mengisyaratkan dua jari, telunjuk dan tengah) HR Al-Bukhari

 

Hadits 41

"لا تكونوا إمعة إن أحسن الناس أحسنا و إن ظلموا ظلمنا و لكن وطنوا أنفسكم إن أحسن الناس أن تحسنوا وإن ظلموا فلا تظلموا"رواه الترمذى

Janganlah kamu menjadi orang yang tidak berpendirian, apabila manusia berbuat baik maka kami juga ikut dan pabila mereka berlaku dzalim maka kami ikut melakukannya. Akan tetapi teguhkan pendirianmu, apabila mereka berbuat kebajikan maka berbuatlah seperti mereka dan apabila mereka berlaku dzalim maka janganlah kamu mengikuti kedzaliman mereka.HR At-Tirmidzi

 

Hadits 42

من أراد أن ينصح لسلطان بأمر فلا يبده له علانية ولكن ليأخذ بيده فيخلو به, فإن قبل منه فذاك, وإلا كان قد أدى الذي عليه ( أحمد )

Barang siapa yang ingin menasehati Penguasa dengan suatu hal maka janganlah mengungkapkannya secara terbuka, akan tetapi ajaklah menyendiri berdialog. Apabila ia menerimanya maka itulah  yang diharapkan dan bila menolak maka ia telah menjalankan kewajiban. HR Ahmad

 

Hadits 43

"خيار أ ئمتكم الذبن تحبونهم ويحبونكم وتصلون عليهم ويصلون عليكم وشرار أئمتكم الذين تبغضونهم ويبغضونكم وتلعنونهم ويلعنونكم.." مسلم

 

Sebaik-baik pemimpin kalian adalah orang-orang yang kamu cintai dan mereka mencintaimu, kamu mendoakannya dan mereka mendoakanmu. Dan seburuk-buruk pemimpim kamu adalah orang-orang yang kamu membencinya dan mereka membencimu, kamu melaknatnya dan mereka melaknatmu…” HR Muslim

 

Baca juga: Khutbah Jumat: Siapa Diri Kita


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama