إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ
وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ
يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ.
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا
اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ
الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ
مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ
بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا
اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ
لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا
عَظِيْمًا. أَمَّابَعْدُ؛
Sudah menjadi kewajiban seorang Muslim memiliki dua
kesadaran, kesadaran sebagai hamba Allah Ta’ala dan kesadaran sebagai umat
Muhammad Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam , Jika kesadaran itu hilang dari jiwa seorang
Mukmin maka tindakan dan amalan akan ngawur dan sembrono yang mengakibatkan
Allah Ta’ala tidak akan memberi ganjaran apapun yang didapat hanyalah siksa.
Kesadaran pertama, kesadaran kita sebagai hamba Allah
Ta’ala yang kita tampakkan dalam setiap aktifitas sehari-hari
dalam bahasa agamanya disebut (إِظْهَاُر الْعُبُوْدِيَّةِ) Sebagai misal menampakkan
kehambaan kepada Allah. Contohnya jika kita mau makan meskipun seolah-olah padi
kita tanam disawah kita sendiri, beras kita masak sendiri maka ketika mau makan
disunnahkan berdo’a:
اَللَّهُمَّ بَاِركْ لَنَا فِيْهِ
وَأَطْعِمْنَا مِنْهُ. (صحيح الترمذي، 3/158)
“yaa Allah berilah kami keberkahan darinya dan berilah
kami makan darinya”
Berarti Allah Ta’ala yang memberi rizki, bukan sawah atau
lainnya. Begitu pula kita punya mobil atau kendaraan lainnya, meskipun kita
membeli kendaraan dengan usaha sendiri, dengan uang sendiri, namun ketika mau
mengendarai disunnahkan berdo’a:
بِسْمِ اللهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ سُبْحَانَ
اللهِ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَأَنَّا
إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ. (صحيح الترمذي، 3/156)
Ikhwan fillah rahimakumullah
Itulah contoh bahwa
setiap saat kita harus nyatakan
kehambaan kepada Allah Ta’ala, jika pernyataan itu hilang, maka alamat iman telah rusak di muka
bumi ini dan akan hilang kemudian muncul kesombongan dan keangkuhan, hal ini
telah terjadi pada zaman Nabi Musa p yang ketika itu pengusanya lalim dan
sombong sehingga lupa akan status
sebagai hamba, bahkan si raja itu begitu sangat sombongnya sampai ia memproklamirkan
dirinya sebagai tuhan, dia menyuruh kepada rakyatnya agar menyembah kepadanya.
Dialah raja Fir’aun.
Kenyataan di atas sudah tergambar pada zaman sekarang,
begitu banyak orang-orang modern yang seharusnya sebagai hamba Allah Ta’ala
namun banyak diantara mereka yang mengalihkan penghambaan kepada harta, wanita
dan dunia. Setiap hari dalam benak mereka hanya dijejali dengan berbagai macam
persoalan dunia, mencari kenikmatan dan kepuasan dunia saja tanpa memperhatikan
kepuasan akhirat padahal kenikmatan akhirat lebih baik dari kenikmatan dunia,
bahkan lebih kekal abadi.
Ikhwan Fillah
rahimakumullah
Allah Ta’ala menciptakan manusia bukan untuk menumpuk
harta benda tapi Allah Ta’ala menciptakan manusia dan jin hanya untuk menyembah
kepadaNya.
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan
hanya untuk beribadah kepadaKu.”
(Adz-Dzariyat: 56).
Makna penghambaan kepada Allah Ta’ala adalah
mengesakannya dalam beribadah dan mengkhusus-kan kepadaNya dalam berdo’a,
tentang hal ini Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam bukunya Syarah
Tsalasah Usul, memaparkan persoalan penting yang harus diketahui oleh kaum
Muslimin:
اْلأُوْلَى اَلْعِلْمُ وَهُوَ مَعْرِفَةُ
اللهِ، مَعْرِفَةُ نَبِيِّهِ وَمَعْرِفَةُ دِيْنِهِ اْلإِسْلاَمِ بِاْلأَدِلَّةِ.
الثَّانِيَةُ اَلْعَمَلُ بِهِ. الثَّالِثَةُ اَلدَّعْوَةُ إِلَيْهِ.
“Pertama adalah
ilmu, yaitu mengenal Allah, mengenal Rasul dan Dienul Islam dengan dalil
dalilnya kedua mengamalkannya ketiga mendakwakannya.”
Ikhwan fillah rahimakumullah.
Syaikh Muhammad At-Tamimi dalam kitab Tauhid, membe-rikan
penjelasan bahwa ayat di atas, menunjukkan keistimewaan Tauhid dan keuntungan
yang diperoleh di dalam kehidupan dunia dan akhirat. Dan menunjukkan pula
syirik adalah perbuatan dzalim yang dapat membatalkan iman jika syirik itu
besar, atau mengurangi iman jika syirik asghar (syirik kecil).
Akibat buruk orang yang mencampuradukan keimanan dengan
syirik disebutkan Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik tetapi
Dia mengampuni segala dosa selain syirik itu bagi siapa yang dikehendaki.”
مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَدْعُوْ مِنْ دُوْنِ اللهِ
نِدًّا دَخَلَ النَّارَ. (البخاري عن ابن مسعود)
“Barangsiapa yang mati dalam keadaan menyembah selain
Allah niscaya masuk kedalam Neraka.”
مَنْ لَقِيَ اللهَ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا
دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَقِيَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ. (مسلم عن
جابر)
“Barangsiapa menemui Allah Ta’ala (mati) dalam keadaan
tidak berbuat syirik sedikitpun pasti masuk Surga, tetapi barangsiapa
menemuinya (mati) dalam keadaan berbuat syirik kepadaNya pasti masuk Neraka.”
Ikhwan fillah
rahimakumullah.
Demikianlah seharusnya, kaum Muslimin selalu sadar atas statusnya
yaitu status kehambaan terhadap Allah Ta’ala. Dan cara menghamba harus sesuai
dengan manhaj yang shohih tanpa terbaur syubhat dan kesyirikan. Jadi inti
penghambaan adalah beribadah kepada Allah Ta’ala dan tidak melakukan syirik
dengan sesuatu apapun.
Kesadaran kedua sebagai ummat Rasulullah Shallallaahu
alaihi wasallam
Kesadaran sebagai umat rasul, adalah menyadari bahwa
amalan-amalan kita akan diterima oleh Allah Ta’ala dengan syarat sesuai sunnah
Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam
. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menjelaskan konsekuensi mengenal Rasul adalah menerima segala
perintahnya bahwa mempercayai apa yang diberitakannya, mematuhi perintahnya,
menjahui segala larangn-nya, menetapkan perkara dengan syariat dan ridha dengan
putusannya.
Pastilah dari kalangan ahli sunnah walJamaah sepakat untuk mengimani dan menjalankan
apa-apa yang diperintahnya, menjauhi larangannya. Tidak diterima ibadah
seseorang tanpa mengikuti sunnah Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam sebagaimana hadits berikut:
مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ
أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ. (مسلم)
“Barangsiapa yang mengerjakan suatu amalan dalam agama
yang tidak ada perintah dari kami maka ia tertolak.” (HR. Muslim).
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ
مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ. (البخاري ومسلم)
“Barangsiapa yang mengada-ada dalam perkara agama kami
dan tidak ada perintah dari kami maka ia
tertolak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Melihat hadits di atas, setiap kaum Muslimin dalam
aktifitasnya harus merujuk kepada apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad
Shallallaahu alaihi wa Sallam , baik ucapan, perbuatan maupun taqrir atau
ketetapan.
Ikhwan fillah
Rahimakumullah.
Ingatlah banyak dari kaum Muslimin, yang menyalahi
man-haj Rasulullah, dengan mengatasnamakan Islam. Dan kebanyakan mereka tidak
mengetahui bahwa perbuatan semacam itu menjadi tertolak karena tidak sesuai
dengan sunnah Nabi. Misalnya mereka menyalahi manhaj dakwah Salafus Shalih, Contohnya berdakwah
dengan musik, nada dan dakwa, sandiwara, fragmen, cerita-cerita, wayang dan lain-lain.
Begitu juga dengan Assyaikh Abdul Salam bin Barjas bin
Naser Ali Abdul Karim dalam bukunya Hujajul Qowiyah menukil perkataan Al-Ajurri
dalam kitab As-Syari’ah bahwa Ali Ra dan Ibnu Masu’d berkata:
لاَ يَنْفَعُ قَوْلٌ إِلاَّ بِعَمَلٍ وَلاَ
قَوْلٌ وَعَمَلٌ إِلاَّ بِنِيَّةٍ وَلاَ نِيَّةٌ إِلاَّ بِمُوَافَقَةِ السُّنَّةِ.
“Tidak bermanfaat suatu perkataan kecuali dengan
perbuatan dan tidak pula perkataan dan perbuatan kecuali dengan niat dan niat
pun tidak bermanfaat kecuali sesuai dengan sunnah.”
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ
الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ
الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ
وَلَكُمْ.
Khutbah Kedua
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ
رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ
وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ
عَزَّ وَجَلَّ، وَأَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ
بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.
Dan sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah Yang Maha
Agung dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallaahu alaihi wa
Sallam , sejelek-jelek urusan adalah perkara yang baru dan setiap perkara yang
baru (dalam agama) adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat,setiap
kesesatan adalah di Neraka. (HR. An-Nasa’i).
Ikhwan Fillah
rahimakumullah.
Demikianlah dua kesadaran itu harus di ingat setiap saat
karena merupakan sumber petunjuk dalam kehidupan. Dengan menyadari dua
kesadaran yaitu menjalankan syariat sesuai manhaj ahlul hadits tanpa tercampur
bid’ah dan kesyirikan. Dengan demikian mengikuti manhaj Rasulullah Shallallaahu
alaihi wasallam dan manhaj para sahabat
sesudahnya yaitu Al-Qur‘an yang diturunkan Allah Ta’ala kepada Rasulnya, yang
beliau jelaskan kepada para sahabatnya dalam hadits-hadits shahih Demikianlah dua kesadaran itu harus di ingat setiap saat,
yaitu kesadaran menegakan kalimah tauhid berdasarkan manhaj ahlul hadits dan
memerintahkan umat Islam agar berpegang teguh kepada keduanya. Sebagai akhir
kata kami tutup dengan hadits:
تَرَكْتُ فِيْكُمْ شَيْئَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا
بَعْدَهُمَا، كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِيْ وَلَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَى
الْحَوْضَ.
“Aku tinggalkan padamu dua perkara yang kalian tidak akan
tersesat apabila berpegang teguh kepada keduanya yaitu Kitabullah dan sunnahku.
Tidak akan bercerai berai sehingga keduanya mengantarkanku ke telaga
(diSurga).” (Dishahikan oleh al-albani dalam kitab Shahihul jami’)
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ
بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ
بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ
إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ
بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ
وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَقُوا
اللهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ
خَبِيْرٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ.
Hadirin jamaah JUMAT yang dimuliakan Allah!
Sebagai
orang-orang yang telah menyatakan iman, kita harus mempersiapkan diri untuk
menerima ujian dari Allah, serta kita harus yaqin bahwa ujian dari Allah itu
adalah satu tanda kecintaan Allah kepada kita, sebagaimana sabda Rasulullah
Shallallaahu alaihi wa salam :
إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ
الْبَلاَءِ وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا اِبْتَلاَهُمْ، فَمَنْ رَضِيَ
فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ. (رواه الترمذي، وقال هذا حديث
حسن غريب من هذا الوجه)
“Sesungguhnya
besarnya pahala sesuai dengan besarnya cobaan (ujian), Dan sesungguhnya apabila
Allah mencintai satu kaum Ia akan menguji mereka, maka barangsiapa ridha
baginyalah keridhaan Allah, dan barangsiapa marah baginyalah kemarahan Allah”.
(HR. At-Tirmidzi, dan ia berkata hadits ini hasan gharib dari sanad ini, Sunan
At-Timidzy cet. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, juz 4 hal. 519).
Mudah-mudahan
kita semua diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Allah dalam menghadapi ujian
yang akan diberikan olehNya kepada kita.
Amin.
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ
عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ
وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى
آلِ مُحَمَّدٍ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ.
رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ
هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ.
رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا
وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.
اَللَّهُمَ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ
وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَصْلِحْ وُلاَةَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأَلِّفْ بَيْنَ
قُلُوْبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ
وَعَدُوِّهِمْ وَوَفِّقْهُمْ لِلْعَمَلِ بِمَا فِيْهِ صَلاَحُ اْلإِسْلاَمِ
وَالْمُسْلِمِيْنَ.
اَللَّهُمَ لاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا
بِذُنُوْبِنَا مَنْ لاَ يَخَافُكَ فِيْنَا وَلاَ يَرْحَمُنَا.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً
وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا
يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ.