Khutbah I
الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ
وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ
لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ،
وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقَهُ
الْقُرْآنُ أَمَّا بَعْدُ،
عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي
بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: إِنَّ الَّذِينَ
آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالنَّصَارَىٰ وَالصَّابِئِينَ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ
وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا
خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
Ma’asyiral muslimīn a’azzakumullāh.
Mengawali khutbah yang singkat ini, khatib berwasiat
kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa
berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah subhanahu wa
ta’ala dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yang
dilarang dan diharamkan.
Jamah yang dimuliakan Allah.
Betapa banyak anjuran amal ibadah yang dianjurkan untuk
umat Muslim selama Ramadhan. Dari mulai amalan-amalan sunnah saat bukan puasa
dan sahur, bertadarus Al-Qur’an, melaksanakan shalat tarawih, dan lain
sebagainya. Salah satu anjuran utama yang terdapat pada bulan agung ini adalah
meraih malam Lailatul Qadar. Allah swt dalam Al-Qur’an secara tegas
menyampaikan bahwa momen sakral Lailatul Qadar,
إِنَّا أَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ *
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ * لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مّنْ أَلْفِ شَهْرٍ
* تَنَزَّلُ الْمَلَئِكَةُ وَالْرُّوحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِهِّمْ مِّنْ كُلِّ أَمْرٍ
* سَلَامٌ هِىَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ.
Artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya
(Al-Qur’an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu?
Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para
malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.” (QS Al-Qadar [97]: 1-5)
Berkaitan dengan ini, Imam Malik dalam al-Muwattha
meriwayatkan satu hadits,
إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ أُرِيَ أَعْمَارَ النَّاسِ
قَبْلَهُ أَوْ مَا شَاءَ اللهُ مِنْ ذَلِكَ فَكَأَنَّهُ تَقَاصَرَ أَعْمَارَ أُمَّتِهِ
أَنْ لَا يَبْلُغُوْا مِنَ الْعَمَلِ مِثْلَ الَّذِيْ بَلَغَ غَيْرُهُمْ فَيْ طُوْلِ
الْعُمْرِ، فَأَعْطَاهُ اللهُ لَيْلَةَ الْقَدْرِ خَيْرًا مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ.
Artinya, “Sesungguhnya Rasulullah diperlihatkan umur-umur
manusia sebelumnya (yang relatif panjang) sesuai dengan kehendak Allah, sampai
(akhirnya) usia-usia umatnya semakin pendek (sehingga) mereka tidak bisa
beramal lebih lama sebagaimana umat-umat sebelum mereka karena panjangnya usia
mereka, maka Allah memberikan Rasulullah Lailatul Qadr yang lebih baik dari
seribu bulan“. (Imam Malik, al-Muwattha: juz I, h. 321)
Hanya saja, kepastian kapan malam agung ini terjadi belum
ada yang bisa memprediksi, apakah di awal Ramadhan, pertengahannya, atau di
penghujung bulan. Jika kita umpamakan, malam Lailatul Qadar bagaikan permata
sangat indah yang tersimpan di tempat sangat tersembunyi. Semua orang
menginginkannya, tetapi hanya bisa memprediksi keberadaannya. Dalam satu hadits
terkait malam Lailatul Qadar, Rasulullah saw bersabda,
إِنَّ هَذَا الشَّهْرَ قَدْ حَضَرَكُمْ وَفِيهِ
لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَهَا فَقَدْ حُرِمَ الْخَيْرَ كُلَّهُ
وَلاَ يُحْرَمُ خَيْرَهَا إِلَّا مَحْرُومٌ.
Artinya, "Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah
datang kepada kalian. Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari
seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi dari (meraih)nya, sungguh ia telah
terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi (darinya),
kecuali orang yang memang terhalangi dari kebaikan.” (HR Ibnu Majah)
Ma’asyiral muslimīn a’azzakumullāh.
Meskipun kedatangan malam Lailatul Qadar dirahasiakan,
akan tetapi para ulama berusaha (berijtihad) untuk memprediksi kapan malam
mulia tersebut jatuh. Kita bisa mengacu pada pendapat-pendapat yang mereka
kemukakan, kendati pada akhirnya kita juga berkesimpulan bahwa terjadinya malam
Lailatul Qadar tetap menjadi misteri karena tidak bisa diprediksi ketepatannya
seratus persen.
Jika kita himpun, ada banyak sekali ragam prediksi para
ulama tentang jatuhnya malam Lailatul Qadar. Imam Ibnu Hajar al-‘Asqalani
sendiri menjelaskan setidaknya ada 45 pendapat terkait waktu terjadinya malam
mulia tersebut. Hanya saja, dari sekian pendapat yang ada ia berkesimpulan
bahwa argumen yang paling kuat adalah yang mengatakan terjadi pada
tanggal-tanggal ganjil di bulan Ramadhan.
Sementara Imam Syafi’i lebih spesifik lagi berpendapat
bahwa tanggal 21 dan 23 Ramadhan lebih potensial terjadi malam Lailatul Qadar.
Sedangkan mayoritas ulama termasuk Syekh Nidzamuddin an-Naisaburi berpendapat
pada 27 Ramadhan. (Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fatḥul Bārī: juz V, h. 463)
Menurut Imam Fakruddin ar-Razi, hikmah dirahasiakannya
malam Lailatul Qadar adalah supaya umat muslim bersungguh-sungguh melakukan
ibadah selama satu bulan Ramadhan penuh untuk meraih malam istimewa tersebut.
Jangan sampai kita lengah satu hari saja. Tentu kita tidak menginginkan malam
Lailatul Qadar jatuh saat kebetulan kita sedang malas beribadah. (Fakhruddin
ar-Razi, Mafātīḥul Ghaib, 1981: juz XXXII, h. 28)
Senada dengan ar-Razi, Syekh Nidzamuddin an-Nasibasuri
dalam tafsirnya Gharāibul Qur’ān wa Raghāibul Furqān menyampaikan,
الْحِكْمَةُ فِي إِخْفَاءِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
فِي الَّليَالِي كَالْحِكْمَةِ فِي إِخْفَاءِ وَقْتِ الوَفَاةِ وَيَوْمِ الْقِيَامَةِ
حَتَّى يَرْغَبَ الْمُكَلَّفُ فِي الطَّاعَاتِ وَيَزِيْدَ فِي الاِجْتِهَادِ وَلَا
يَتَغَافَلَ وَلَا يَتَكَاسَلَ وَلَا يَتَّكَلَ.
Artinya, “Hikmah dirahasiakannya malam Lailatul Qadar di
antara malam-malam bulan Ramadhan adalah seperti dirahasiakannya kematian dan
hari kiamat. Sehingga manusia dengan penuh suka cita menjalankan ibadah, lebih
bersungguh-sungguh, tidak lalai, tidak bermalas-malasan, dan tidak lesu.”
(Nidzamuddin an-Naisaburi, Gharāibul Qur’ān wa Raghāibul Furqān, 2015: juz VI,
h. 537)
Ma’asyiral muslimīn a’azzakumullāh.
Kendati malam Lailatul Qadar tidak bisa kita pastikan
kapan terjadinya, selain mengikuti prediksi para ulama, kita juga bisa
memprediksi kedatangannya dengan mengamati kondisi alam yang terjadi. Berikut
adalah beberapa ciri-ciri malam Lailatul Qadar dilihat dari gejala alam
berdasarkan beberapa hadits Nabi.
Pada pagi harinya sinar matahari tidak terlalu panas dan
cuaca terasa sejuk. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim.
Malam harinya langit terlihat bersih, tidak terdapat
awan, suasana terasa tenang dan sunyi, udara juga tidak dingin tidak pula
panas.
Dalam hadits lain Rasulullah juga bersabda,
لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ
لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاءُ
Artinya, “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh
kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi
hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan.” (HR
Ath-Thayalisi dan Al Baihaqi)
Hanya saja, prediksi berdasarkan gejala alam tersebut
tidak bisa dijadikan acuan untuk bisa meraih malam Lailatul Qadar. Ibnu Hajar
al-‘Atsqalani sendiri menegaskan bahwa ciri-ciri gejala alam tersebut akan
tampak setelah malam Lailatul Qadar-nya, bukan sebelum atau saat sedang terjadi
sehingga kita bisa mempersiapkan diri sebelum tepat kedatangannya. (Ibnu Hajar
al-‘Asqalani, Fatḥul Bārī: juz IV, h. 260).
Pada akhirnya kita berkesimpulan bahwa malam Lailatul
Qadar tidak bisa diprediksi kapan tepatnya. Kita hanya bisa berusaha dan
berikhtiar dengan memperbanyak ibadah selama satu bulan Ramadhan dengan harapan
bisa meraih malam istimewa ini.
Ma’asyiral muslimīn a’azzakumullāh.
Demikianlah khutbah singkat yang bisa khatib sampaikan.
Semoga Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita diberi kesempatan
oleh Allah swt untuk meraih malam yang lebih utama dari seribu bulan ini. Amin.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ
لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Baca juga: BEBERAPA RAHASIA AL QURAN #11; ALLAH MENGARUNIAKAN PEMAHAMAN KEPADA ORANG-ORANG YANG BERTAKWA
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ
عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا.
أَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ
سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ،
أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ
اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ
الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ
صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ
عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا
إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ
حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ
وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ
الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ
بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى
كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ
وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ
وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.