Khutbah Jumat: Meneladani Akhlak Rasulullah



Khutbah I

اَلْحَمْدُ للّٰه الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اله إِلاَّ اللّٰه وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰه ، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين

أَمَّا بَعْدُ، فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ. قال الله تعالى في القُراَنِ العَظِيْم بسم الله الرحمن الرحيم يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah

Mari kita bersama-sama meningkatkan diri untuk bertakwa kepada Allah dengan senantiasa menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, sebab dengan bertakwa, kita akan mendapatkan pengampunan dan karunia dari Allah.

Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya yang telah memberikan suri tauladan kebaikan untuk kita semua dan pemahaman akan indahnya agama Islam.

Allah telah berfirman:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), apabila kalian semua mencintai Allah, ikutilah diriku, maka Allah akan mencintai kalian semua dan akan mengampuni dosa kalian semua, sesungguhnya Allah Maha pengampun dan Maha kasih sayang" (QS Ali Imran:31)

Di dalam kitab tafsir Tabari dijelaskan bahwa ayat ini turun berkaitan dengan sekelompok kaum yang mengaku cinta kepada Allah, kemudian Allah berkata kepada Nabi Muhammad: apabila kalian semua bersungguh-sungguh atas ucapan kalian, maka ikutilah aku, karena dengan mengikutiku merupakan tanda kesungguhan ucapan kalian.

Ayat ini juga sebagai penegas akan pentingnya mengikuti tindak laku Nabi Muhammad yang merupakan suri tauladan dan panutan dalam mencintai Allah. Sebab tanpa petunjuk dan mengikuti arahan dari Nabi Muhammad, niscaya kita semua akan tersesat.

Hadirin yang dirahmati Allah

Harus kita pahami bahwa Nabi Muhammad diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia agar mereka menjadi insan yang memiliki kepribadian mulia. Allah telah berfirman:

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا 

Artinya: "Dan apa saja yang diperintahkan oleh Rasul kepada kalian, maka ambillah /ikutilah dan apa saja yang dilarang oleh Rasul, maka jauhilah /tinggalkanlah" (QS Al-Hasyr: 7).

Ayat ini dijelaskan dalam kitab tafsir Ibn Katsir kapan saja Nabi Muhammad memerintahkan untuk melakukan kebaikan, maka secepatnya kita ikut melaksanakan, dan kapan saja beliau melarang, maka secepat kilat kita harus meninggalkan.

Selain itu, ayat tersebut menjadi sangat penting bagi mereka yang mengaku mencintai Allah. Pasalnya, siapa saja yang mencintai Allah harus berdasarkan mencintai kepada Nabi Muhammad dengan mengikuti ajaran dan petunjuknya. Tentu juga meneladani akhlaknya.

Nabi Muhammad bersabda:

بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

Artinya: "Aku diutus oleh Allah untuk menyempurnakan kebaikan akhlak".  (HR. Baihaqi)

Hadits ini mengisyaratkan akhlak merupakan pondasi dalam beragama, sebab agama itu tercermin dari para pemeluknya. Maksud menyempurnakan akhlak baik ini berkaitan erat dengan pembinaan akhlak manusia yang sebelumnya berakhlak buruk menjadi berakhlak baik dan agar semakin mudah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Jamaah Jumat yang berbahagia

Berkaitan dengan akhlak dan pentingnya meneladani dan mengikuti Rasulullah, Allah telah berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُـوْلِ اللَّهِ أسْـوَةٌ حَسَـنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُوْااللَّهَ وَاليَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَاللَّهَ كَثِيْرًا

Artinya: "Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (QS Al-Ahzab: 21)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kemuliaan akhlak Rasulullah mampu merubah sejarah peradaban manusia yang sebelumnya primitif dan jahiliyah. Meskipun Rasulullah mendapat penganiayaan, dihina, dicaci-maki, namun beliau tidak membalas dengan hinaan maupun caci-maki. Rasulullah tetap istiqamah menunjukkan akhlak terpuji dengan tetap mendoakan kebaikan untuk umatnya.

Oleh karena itu, marilah kita memohon kepada Allah agar selalu diberikan kekuatan untuk selalu istiqamah, konsisten dalam mengikuti petunjuk Nabi Muhammad serta meneladani akhlaknya yang sangat mulia.

Dan sebagai penutup, semoga kita semua tercatat sebagai umat Nabi Muhammad yang akan mendapatkan syafaatnya di hari kiamat kelak. Amin ya rabbal alamin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْأَنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْأَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ، وَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ


Baca juga: Ayat-ayat tentang etika rumah tangga


Khutbah II

اَلحَمْدُ للهِ حَمْدًا كَمَا اَمَرَ. وَأَشْهَدُ اَنْ لَّا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ إِرغَامًا لِمَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَرَ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ الخَلاَئِقِ وَالبَشَرِ. اَللَّهُمُّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ مَا اتَّصَلَتْ عَيْنٌ بِنَظَرٍ وَاُذُنٌ بِخَبَرٍ ,

أَمَّا بَعْدُ: فَيَاعِبادَ الله إِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى وَذَرُوْا الفَوَاخِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بطَنَ وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَخُضُوْرِ الجُمُعَةِ وَالجَمَاعَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ  فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ المُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ، فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَااَيَّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وِسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجمَعِيْنَ, اَللَّهُمَّ وَارْضَ عَنِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الَّذِيْنَ قَضَوْا بِالحَقِّ وَكَانُوْا بِهِ يَعْدِلُوْنَ سَادَاتِنَا أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ سَائِرِ أَصْحَابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

اللَهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِينَ وَالمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالمُسْلِمِيْنَ وَأَعْلِ كَلِمَتَكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَللَّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ المُسْلِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اَمِنَّا فِى دُوْرِنَا وَأَصْلِحْ وُلاَةَ أُمَوْرِنَا وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ وِلاَيَتَنَا فِمَنْ خَافَكَ وَاتَّقَاكَ. اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الغَلاَءَ وَالوَبَاءَ والرِّبَا وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَ الفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بِلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلاَدِ المُسلِمِينَ العَامَّةً يَارَبَّ العَالَمِينَ  رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبادَ الله ! إِنَّ اللهَ يَأمُرُ بِالعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى القُربَى وَيَنْهَى عَنِ الفَخْشَاءِ وَالمُنْكَرِ وَالبَغْيِ يَعِظُكُم لَعَلَّكُم تَذَكَّرُوْنَ, فَاذْكُرُوْا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكبَرُ

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama