Khutbah Jumat; Hakikat dzikir

 


 

الخطبة الأولى

الحمد لله رب العالمين حمدا يوافي نعمه ويكافي مزيده نستغفره ونتوب إليه وبه نستعين علي أمور الدنيا والدين. أشهد أن لاإله إلاالله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا  عبده ورسول الله. اللهم صل وسلم علي هذا النبي الكريم أشرف الأنبياء والمرسلين وعلي آله وأصحابه أجمعين. فأعوذ بالله من الشيطان الرجيم : يا أيها الذين آمنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا وسبحوه بكرة وأصيلا.

أما بعد. فيا أيها المسلمون ! أوصيكم وإياي نفسي بتقوي الله فقد فاز من اتقي واتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون. وتزودو فإن خير الزاد التقوي. واعملوا الخيرات واجتنبوا عن السيآت.

Hadirin kaum muslimin yang berbahagia.

Dalam kesempatan yang baerbahagia ini perkenankanlah saya untuk menyampaikan pesan khususnya kepada diri saya sendiri dan umumnya kepada hadirin kaum muslimin yang berbahagia :

Marilah kita senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dalam arti taqwa yang sebenarnya, yaitu selalu menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Marilah kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, dalam keadaan senang maupun susah, atas segala ni`mat yang telah diberikan kepada kita sekalian, khususnya ni`mat Iman dan Islam.

 

Hadirin kaum muslimin yang berbahagia.

Khutbah kali ini saya ingin mencoba menyampaikan tentang HAKIKAT DZIKIR.

Dzikir adalah perintah Allah SWT kepada orang – orang yang beriman, sebagaimana tersebut dalam Al-Qur`an surat Al-Ahzab : 41 – 42 :

يا أيها الذين آمنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا. وسبحوه بكرة وأصيلا.

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah ( dengan menyebut nama Allah ), dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

Maka orang yang beriman adalah orang yang bamyak berdzikir kepada Allah. Kurang iman kurang berdzikir. Tidak beriman tidak akan  berdzikir. Berdzikir berarti taat pafa perintah Allah.

Dzikir secara harfiah berarti ingat dan sebut. Ingat adalh gerak hati, sedangkan sebut adalah gerak lisan. Dzikrullah berarti mengingat Alah dan menyebut Allah. Adapun perpaduan antara mengingat dan menyebut barulah makna awwal dari KHUSYU`.

Dzikir terdir dari empat bagian yang saling terikat, tidak dapat dipisahkan :

1.         Dzikir lisan ( ucapan )

2.         Dzikir kalbu ( merasakan kehadiran Allah )

3.         Dzikir `Aql ( menangkap bahasa allah dibalik setiap gerak alam )

4.         Dzikir `Amal ( taqwa, yaitu patuh dan taat terhadap perintah allah dan meninggalkan larangan-Nya ).

Idealnya dzikir itu berangkat dari kekuatan hati, ditangkap oleh akal, dan diucapkan dengan lisan, lalu dibuktikan dengan ketaqwaan dan amal nyata didunia ini.

 

Waktu dan pelaksanaanya

Dzikir dapat dilaksanakan dimana dan kapan saja, dimasjid, musholla, rumah,kantor, pasar, kendaraan, sawah dan lain sebagainya, diwaktu pagi maupun petang, dan dalam keadaan apa saja, sambil duduk, berdir, telentang, berjalan, bekerja, dan lain sebagainya, sebagaimana tersebut dalam Al-Quran surat Ali Imran : 191 :

الذين يذكرون الله قياما وقعودا علي جنوبهم ويتفكرون في خلق السموات ولأ رض, ربنا ما خلقت هذا باطلا سبحانك فقنا عذاب النار.

(yaitu) 0rang-orang yang mengingat allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi ( seraya berkata ) : ya Tuhan kami tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka.

في بيوت أذن الله أن ترفع ويذكر فيها اسمه يسبح له فيها بالغدو ولآصال.

Bertasbih kepada Allah dimasjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya didlamnya pada waktu pagi dan petang.

واذكر ربك في نفسك تضرعا وخفية ودون الجهر من القول بالغدو والآصال ولا تكن من الغافلين.

Dan sebutlah ( nama ) Tuhanmu dalam hatimu dengan mrendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-ornag yang lali.

 

Dzikir dapat dilakukan dengan cara sendiri-sendiri atau berjama`ah ( dalm majlis). Rasulullah telah menyebut majlis dzikir sebagai taman surga. Rasulullah bersabda : Apabila kalian melewati taman surga, maka bersimpuhlah. Para sahabat bertanya, apa itu taman surga ? Beliau menjawab : yaitu majlis dzikir. ( HR. Ahmad dan tirmidzi ).

 

Fungsi dzikir.

1.         Dengan dzikir kepada Allah seseorang dapat menikmati ketenangan jiwa kejernihan batin dan kebersihan pikiran. 28 ) Sebab orang yang membaca dzikir dengan yakin dia berada dibawah perlindungan Allah dan pemeliharaaa-Nya. Bila dia mau berlindung kepada Allah, berarti dia berlindung kepada benteng yang sangat kokoh yang tidak ada tandingannya. Hanya karena itulah seseorang dapat merasakn kedamaian dan ketenangan yang nyata.

الذين آمنوا وتطمئن قلوبهم بذكرالله ألا بذمرالله تطمئن القلوب

( yaitu ) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentrem dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram. ( Arra`du : 28 )

Allah adalah sumber ketenangan dan kedamaian ( Assalam )maka untuk mencapai ketenangan dan kedamaian itu jalannya adalah mendatangi sumbernya dan membersamakan diri dengan Allah. Dzikir itulah jalan pembersamaan.

2.         Dzikir dapat menyelamatkan hati orang mukmin, bila pada suatu saat dia tergoda oleh bujuk rayu setan, dan akhirnya terjerumus ke jurang kehinaan. Disinilah dzikir kepada Allah mampu menyelamatkan hatinya, sehingga dia tidak akan l;agi mengerjakan hal-hal yang dilarang oleh Allah. Karena dia tidak akan merasa kesepian setelah dijerumuskan oleh setan, bahkan dia akan merasa memiliki Tuhan Yang Maha Pengampun dan Maha Menerima taubat. Oleh sebab itu layak sekali bila dia mulai bangkit lagi setelah tergelincir, mau membersihkan dirinya dan kembali kepada Tuhannya, disamping itu dia mau menempuh jalan baru lagi.

والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم ومن يغفر الذنوب إلا الله ولم يصروا علي ما فعلوا وهم يعلمون. آل عمران : 135

Dan orang-orang yang apabila mengerjakan kekejian atau menganiaya diri mereka, lalu mereka ingat kepada Allah, lalu memohon ampun karena dosa-dosa mereka, dan siapakah yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah ? mereka juga tidak meneruskan perbuatan kejinya itu,sedang mereka juga mengetahuinya.

3.         Dzikir dapat menyebabkan seseorang memperoleh naungan di akherat, dan juga bisa sebagai kontrol diri. Pada saat seseorang sedang duduk menyendiri,dalam keadaan santai, tidak ada pekerjaan yang mengisi waktunya, sehingga banyak waktu yang kosong. Pada saat itulah terkadang pikirannya melayang kemana-mana tidak ada batas yang menghentikan bayngannya, sehingga dia akan berkhayal ke berbagai masalah yang tidak berguna bagi kehidupannya, bahkan kadang-kadang dimasuki oleh godaan setan sehingga dia ingin melakukan hal-hal yang tidak berguna bagi dirinya. Nah apabila pada saat seperti itulah dia ingat kepada Allah, dia merasa enggan melakukannya, lantaran mempunyai perasaaan bahwa dirinya dikontorl oleh Allah. Maka ada dorongan semangat dari hatinya untuk ingin menghindarkan diri dari perbuatan yang mungkar.

Selain dar pada itu, bila dia mau mengingat Allah sebagai Tuhannya, dia banyak merasakan nikmat yang telah diberikan kepadanaya, mau merenungkan dan mengambil pelajharan dari bangsa atau umat terdsahulu yang telah binasa akibat kejahatan yang telah dilakukannya, tentu hatinya menjadi lunak karenanya, mau bersyukur dan bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka dengan demikian dia akan diampuni dosa-dosanya. Sebab dia tergolong orang yang ingat kepada Allah diwaktu duduk sendirian, hingga mencucurkan air matanya. Dan nanti pada hari kiamat dia akan diberi naungan oleh Allah, yang pada hari itu tiada naungan kecuali naungan dari Allah.

رجل ذكر الله خاليا ففاضت عيناه

Orang laki-laki yang menyebut Allah ditempat yang sepi, hingga air matanya keluar bercucuran.

 

Hadirin jamaah jumat  yang berbahagia.

Sebenarnya masih banyak kegunaan dan manfaat dzikir kepada Allah, karena manusia hidup didunia ini tidak mungkin terlepas dari pengusaan dan pengawasan Allah.

Sesungguhnya dzikir itu mempunyai arti yang sangat luas, namun sudah barang tentu dzikir yang terpenting diantara dzikir-dzikir yang diajarkan Rasulullhah adalah :

1. Sholat, tentunya baik yang wajib maupun yang sunnah, sebagaiman firman Allah :

وأقم الصلاة لذكري. طه : 14

Dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku ( Allah ).

2. Membaca Al-Quran, sebagaimana firman Allah :

ولقد يسرنا القرآن للذكر فهل من مدكر. القمر : 17

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adalh orang yang mau mengambil pelajaran dari padanya.

Dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kita diberi kekuatan lahir dan batin oleh Allah, sehingga dapat melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangnaNya.

جعلنا الله وإياكم من الفائزين الآمنين وأدخلنا وإياكم في زمرة عباده الصالحين. أفول قولي هذا  استغفروه إنه هو الغفور الرحيم. وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين.     .


Baca juga: Hadits Tentang 7 Perintah Rasul


Khutbah Kedua

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا} وَقَالَ: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا}

ثُمَّ اعْلَمُوْا فَإِنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَالسَّلاَمِ عَلَى رَسُوْلِهِ فَقَالَ: {إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا}

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَأَقِمِ الصَّلاَةَ.

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama