Khutbah Jumat; berlomba-lomba dalam kebaikan


 

الخطبة الأولى

 

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين ونعوذ باله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهد الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له. أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله. اللهم صل وسلم على هذا النبي الكريم وعلى آله وأصحابه أجمعين. أما بعد. فيا أيها الناس أوصيكم وإياي نفسي بتقوى الله. اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون. وتزودوا فإن خير الزاد التقوى. فقد فاز من اتقى فوزا عظيما فى الدنيا والآخرة. أعوذ بالله من الشيطان الرجيم: إنا أعطيناك الكوثر. فصل لربك وانحر. إن شانئك هو الأبتر. صدق الله العظيم.

 

Hadirin jamaah Jum`ah yang berbahagia

Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami ingin mengingatkan khususnya kepada diri kami sendiri dan umumnya kepada hadirin jamaah Jum`ah yang berbahagia. Marilah kita senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dalam arti taqwa yang sebenar-benarnya, yaitu selalu melaksanakan segala printah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Kemudian marilah kita selalu memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberi segala kenikmatan kepada kita khususnya ni`mat iman dan Islam.

 

Hadirin jamaah Jum`ah yang berbahagia

Kalimat taqwa sering kita dengan di mana-mana, sering dikumandangkan oleh para khatib dan mubaligh, tetapi bagaimana caranya suapa kita dianggap sebagai orang yang bertaqwa kepada Allah, tak lain dan tak bukan kita harus selalu memperbanyak amal shaleh, perbuatan yang diridhai Allah SWT, taat dan patuh kepada perintah Allah dan larangan-Nya. Maka dari itu, hendaknya kita selalu berlomba-lomba dalam kebaikan dan kebajikan di mana saja dan kapan saja; di waktu sempit maupun di waktu lapang, jangan sampai kita tinggalkan kebaikan dan kebajikan serta amal shaleh.

 

ولكل وجهة هو موليها فاستبقوا الخيرات (البقرة: 148(

Dan bagi tiap-tiap oran gitu mempunyai qiblat yang dihadapinya, maka hendaknya berlomba-lombalah dalam kebajikan. (Al Baqarah: 148)

 

 

وفى ذلك فليتنافس المتنافسون (المطففين: 26(

Dan untuk yang demiian itu hendaknya orang berlomba-lomba (Al Muthaffifin: 26)

 

Bahwa berlomba-lomba untuk meraih kebajikan dan kebaikan agar kita bisa bertambah taqwa kepada Allah SWT memang diperintahkan oleh Allah SWT. Tetapi jangan sampai dalam berlomba-lomba untuk meraih kebaikan ini dimasuki godaan syetan, sehingga menjadi riya`, sombong dan takabbur, dan tidak ikhlas karena merasa amalnya lebih banyak dari yang lain. Seberapa banyaknya kebaikan yang diperoleh kalau dibarengi dengan hati yang tidak ikhlas karena Allah SWT. Pasti seluruh amalk kebaikan tadi akan lebur. Sebagaimana diterangkan dalam Al Qur`an:

 

أولئكل الذين ليس لهم فى الآخيرة إلا النار وحبط ما سنعوا فيها وباطل ما كانوا يعملون (هود: 16(

Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang elah mereka usahakan di dunia dan sia-sialha apa yang telah mereka kerjakan.

 

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam berlomba-lomba untuk meraih kebaikan dan kebajikan, jangan sampai terkena godaan syetan sehingga tidak ikhlas, riya`, sombong, takabbur, atau karena ingin memperoleh pujian dari orang lain.

 

Hadirin jamaah Jum`ah yang berbahagia

Kita sudah sama-sama tahu bahwa Allah SWT telah menganjurkan kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan kebajikan. Kemudian timbul pertanyaan, di mana letak kebajikan dan kebaikan itu? Ada yang mengatakan bahwa letaknya di masjid, mushalla, madrasah dan tempat ibadah yang lain. Ini kurang tepat, sebab tidak hanya di tempat-tempat itu kebaikan dapat ditemukan melainkan di mana saja kita berada, kita bisa menemukan kebaikan dan kebajikan; di pasar, sawah, kebun, jalan dan lain tempat-tempat lain di muka bumi. Sebagai contoh; ketika kita sedang berdagang di pasar, kita selalu berlaku jujur, sopan, tidak curang, tidak memalsukan barang dagangan, dan juga tidak berbohong ini semua termasuk kebaikan dan kebajikan.

 

عن أبي سعيد رضي الله عنه قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم: التاجر الصدوق الأمين مع النبيين والصديقين والشهداء (رواه الترمذي والحاكم(

Pedagang yang jujur dan dapat dipercaya di akhirat nanti bersama para nabi, orang-orang yang dapat dipercaya dan para syuhada.

 

Demikian pula di dalam pergaulan kita sehari-hari, kita hendaknya berlaku sopan, jujur, tawadhu`, tidak bohong, tidak curang, tidak menyakiti orang lain dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut juga termasuk dalam kategori khoirot (kebaikan dan kebajikan). Dengan demikian ktia bertambah saudara, kawan dan banyak orang yang simpati terhadap kita. Kalau masing-masing orang bersikap demikian, niscaya akan hidup rukun, saling menghormati, saling menyayangi, saling mengasihi, dan saling menolong.

Tetapi sebaliknya, jika dalam kehidupan ini tidak ada sekopanan, tidak ada kejujuran, tidak ada kebakan dan kebajikan, niscaya yang akan terjadi adalah saling permussuhan, saling olok-menolok, tidak rukun, dan akhirnya terjadilah perpecahan antara umat.

 

Hadirin jamaah Jum`ah yang berbahagia

Jadi di dalam kehidupan ini, kita dapat berlomba-lomba dalam meraih kebaikan kebajikan, tetapi jangan lupa dapat juga menumpuk kemungkaran dan kemaksiatan. Pendeknya, bahwa kebaikan dan kebajikan itu banyak sekali macamnya, maka sangat beruntung sekali bagi orang yang bisa memanfaatkan waktunya dalam situasi apapaun untuk berlomba-lomba meraih kebaikan kebajikan sebanyak-banyaknya.

Demikian pula bahwa kemungkaran da kemaksiatan itu juga banyak macamnya. Malah jalannya menuju kepadanya sangat mudah.

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: حفت الجنة بالمكاره وحفت النار بالشهوات (رواه مسلم(

Surga itu dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disenagi dan neraka itu dikelilingi oelh syahwat (yang disenanginya orang).

 

جعلني الله وإياكم ممن آمن به وصدق من حديثه ما سمعه وممن هداه الله إلى طريق الحق فأتبعه، والله يقول فى كتابه المبين: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم: وجعلناهم أئمة يهدون بأمرنا وأوحينا إليهم فعل الخيرات وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة وكانوا لنا عابدين (الأنبياء: 7(

Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan hanya kepada Kami lah mereka selalu menyembah.

 

Demikian dalam kehidupan kita di dunia ini, penuh dengna godaan dan cobaan, oleh karen aitu marilah kita selalu berdoa kepada Allah, mudah-mudahan kita diberi hidayah, taufiq, dan kekuatan lahir-batin, sehingga ktai dapat berlomba-lomba untuk meraih kebaikan dan kebajikan sebanyak-banyaknya. Amin ya robbal `alamin.

 

 بارك الله لي ولكم فى القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم. وتقبل الله مني ومنكم تلاوته إنه هو السميع العليم. أقول قولى هذا فاستغفروا الله العظيم إنه هو الغفور الرحيم.

 

 Baca juga: Ulama Su', Petaka Dan Fitnah 


الخطبة الثانية

 

الحمد لله رب العلمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين. والصلاة ولاسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وأصحابه أجمعين. أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله. اللهم صل وسلم على هذا النبي الكريم وعلى آله وأصحابه أجمعين. أما بعد فيا أيها الناس أوصيكم وإياي نفسي بتقوى الله. اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون. وتزودوا فإن خير الزاد التقوى. فقد فاز من اتقى فوزا عظيما فى الدنيا والآخرة.

أيها النا اعملوا أن الله تعلى أمر بأمر بدأ فيه بنفسه وايد بالمؤمنين من عباده. وقا عز وجل: إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.

اللهم صل على محمد وسلم ورضي الله تعالى عن كل صحابة رسول الله أجمعين، والحمد لله رب العالمين. اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات. اللهم اغفر لنا ولوالدينا وارحمهما كما ربيانا صغارا. وارزقنا رزقا حلالا طيبا مباركا وأنت خير الرازقين. اللهم أعز الإسلام والمسلمين وأعل كلمتك إلى يوم الدين. اللهم أهلك الكفرة والمبتدعة والمشركين والشيوعيين أعداءك أعداء الدين. اللهم شتت شملهم ومزق جمعهم وزلزل أقدامهم وألق فى قلوبهم الرعب إنك على كل شيء قدير. ربنا آتنا فى الدنيا  حسنة وفى الآخرة حسنة وقنا عذاب النار. والحمد لله رب العالمين.

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama