Khutbah Idul Fitri; Pertebal iman dan takwa

 


ألله أكبر 9 X

 

الله أكبر كبيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا سبحانه محيي الأموات ومميت الأحياء ومدبر أمر الآخر والأولى، حكم وأمضى وأغنى وأقنى وأضحك وأبكى وأموت وأحيا. ذي المنظر الأعلى. رب الآخرة الآولى، الله أكبر ولله الحمد. اللهم إنا نشهد أنك لا شريك لك ولا ند لك ولا مثل لك ونشهد أن سيدنا حمحد عبده ورسولك، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين كما أعزهم به وكرم وسلم تسليما كثيرا أما بعد.

يا أيها الناس اتقوا الله واعلموا أن يومكم هذا يوم عظيم وعيد كريم أحل لكم فيه الطعام وحرم عليكم فيه الصيام. أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم. يا أيها الذين آمنوا عليكم أنفسكم لا يضركم من ضل إذا اهتديتم إلى الله مرجعكم جميعا فينبئمن بما كنتم تعملون.

Allah Akbar 3x walillahil hamd.

Jamaah Idul Fitri yang DIMULIAKAN Allah.

Pada hari raya I'dul Fitri ini masing-masing hati nurani ummat Islam memanjatkan puji syukur dan takbir ke hadirat Allah SWT seru sekalian alam. Gema takbir Alahu Akbar. Merupakan pengakuan yang nyata atas kedaulatan Allah, kekuasaan, keesaan dan kasih sayang-Nya.

Takbir pada hari ini merupakan takbir perjuangan, takbir kemenangan atas peperangan melawan hawa nafsu, takbir peringatan bahwa hidup kita merupakan suatu perjuangan, takbir yang menyatakan bahwa yang haq itu tetap haq dan yang bathil itu tetap bathil.

الله أكبر 3 x ولله الحمد

Ibadah puasa ialah ibadah yang paling panjang yang dilakukan oleh seorang mu'min. Tidak sekedar menahan lapar dan dahaga, tetapi lebih dari itu ia merupakan jihad, yaitu jihad nafsi, merupakan ibadah social berupa amal ma'ruf nahi munkar. Jelasnya yaitu mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari pada kemunkaran sehingga, tercipta insan kamil. Yaitu manusia yang sempurna, yang memiliki ketakwaan kepada Allah dengan taqwa yang sempurna.

Dengan adanya latihan dan cobaan selama sebulan penuh, tentu akan diharapkan akan terbentuknya satu pondasi dan benteng agama yang kuat. Sebab, segala ibadah yang kita laksanakan dengan benar akan terbentuk satu nilai kepribadian seorang mislim. Terutama pada zaman sekarang ini. Ketahanan iman ang timbul dari kita sendiri sangat diperlukan, yang mana hati nurani sudah kurang fungsinya untuk bisa bersyukur atas nikmat Allah swt, yang mana itu dapat mengakibatkan berubahnya nikmat menjadi azab, berubahnya rasa aman menjadi tidak aman yang disebabkan akan kekufuran atas nikmat itu. Padahal Allah swt sudah menjanjikan tambahan nikmat atas kesyukuran kita, tetapi di samping itu juga Allah telah mengancam akan memberikan azab yang pedih dikarenakan kekufuran atas nikmat Allah swt, sebagaimana telah difirmankan oleh Allah dalam Al-Qur'an.

وإذ تأذن ربكم لإن شكرتم لأزيدنكم ولإن كفرتم إن عذابي لشديد. (إبراهيم: 7)

Yang artinya:

Dan (ingatlah) juga tatkala Tuhanmu telah memaklumkan: "Sesengguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih". Ibrahim, ayat 7.

Hadirin siding ied rahimakumullah.

Negara kita sebagai Negara pertanaian (agrarian) yang seharusnya menghasilkan banyak hasil pertanian yang melimpah ruah, tapi kenapa malah Negara kita menjadi pengimpor Negara yang paling besar. Hutan yang terhampar luas yang seharusnya menjadikan Negara kita sebagai pengekspor besar, tetapi mengapa malah mengekspor asap tebal ke Negara tetangga. Lautan yang terbentang luas yang seharusnya menjadi sumber devisa Negara malah jadi lahan perampokan yang besar. Bank-bank yang tumbuh subur di mana-mana yang seharusnya menjadi factor pendorong akan kemajuan ekonomi, malah menjadi sapi perah alat untuk memperkaya beberapa golongan tertentu. Sehingga terjadilah rentetan krisis di tengah-tengah kehidupan masyarakat umum secara sislih berganti, dimulai dari krisis moneter dan krisis ekonomi yang disebabkan beralihnya fungsi uang dari alat tukar barang jadi barang yang diperjual belikan sehingga menyebabkan inflansi yang tajam. Terjadi krisis keparcayaan yang tampak pada krisis moral yang menyebabkan lepas kendali, yang akhirnya banyak manusia yang kehilangan jati diri, tidak menemukan hakikat diri dan dalih supaya lepas dari masalah hidup dengan jalam minum-minuman keras, mengonsumsi pil ekstasi, mengisap ganja, putau dan sebagainya yang hakikatnya hanya untuk merusak moral dan mental generasi bangsa.

وضرب الله مثلا قرية كانت آنمة مطمئنة يأتي رزقها رغدا من كل مكان فكفرت بانعم الله فأذاقها الله بياس الخوف بما كانوا يصنعون. (النحل: 112)

Artinya:

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat Allah, karena itu Allah memberikan kepadanya rasa ketakutan, hal itu disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. An-Nahl. 112

 

Hadirin siding Jum'at rahimakumullah.

Umpama krisis akhlak dan moral ini tidak cepat-cepat ditanggulangi dengan cara mempertebal iman dan takwa, maka sedikit demi sedikit pinti nikmat dan barokah-Nya di langit dan di bumi akan tertutup untuk kita semua dan Negara kita. Sebab Allah swt hanya akan melimpahkan barakah-Nya dari langit dan bumi jika kit aberiman dan bertakwa dengan sebenar-benarnya, dan akan menjadi sebaliknya jika kita mengingkari ayat-ayat-Nya sebagaimana yang telah difirmankan dalam Al-Qur'an surat Al-A'raf ayat 96:

ولو أن أهل القرى آمنوا واتقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض ولكن كذبوا فاخذهم بما كانوا يكسبون (الأعراف:96)

Artinya:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melaimpahkan kepada mereka barakah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka kami siksa mereka yang disebabkan perbuatannya. Al-A'raf ayat 96.

 

Untuk mengendalika situasi dan kondisi seperti ini maka Allah telah memberi petunjuk dan pedoman hidup bagi kita, yaitu dengan jalan menjaga agama kita dan berpegang teguh pada petunjuk Allah swt yaitu Al-Qur'an dan ajaran Rasul-Nya. Dalam Al-Qur'an:

يا أيها الذين آمنوا عليكم أنفسكم لا يضركم من ضل إذا اهتديتم إلى الله مرجعكم جميعا فينبئكم بما كنتم تعملون. (المائدة: 1-5)

Artinya:

Hai orang- orang yang beriman, jagalah dirimu, tiadalah orang yang  sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu talah menpat petunjuk. Hanya kepada Allah kamu kembali semuanya, maka Dia akam menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Al-Maidah: 105)

 

Di samping itu juga sahabat Abu Bakar Assidiq ra. pernah mangingatkan bahwa sesungguhnya mengendalikan kekayaan tidak hanya untuk menjaga dir sendiri, tapi lebih dari itu harus dapat menjaga masyarakat dan bangsa dengan jalan amar ma'ruf dan nahyi munkar. Karena kalau bukan dengan jalan tersebut kita tahu Allah akan menurunkan azab-Nya bukan hanya untuk diri mereka yang melakukan kemungkaran tetapi juga dapat semua kaum secara umum, sebagaimana telah difirmankan dan Al-Qur'an:

إن الناس إذا رأوا المنكر ولا يغيرونه يوشك الله عز وجل أن يعمهم بعقابه. رواه أحمد.

Artinya:

Sesungguhnya manusia itu kalau melihat kemungkaran tetapi tidak mencegahnya hamper Allah swt menurunkan siksa-Nya kepada mereka secara merata (HR. Ahmad).

 

Amar ma'ruf dan nahyi munkar ini harus ditegakkan, dengan cara mengatakan yang haq itu haq dan yang bathil itu adala bathil, sebab jikalau amar ma'ruf nahyi munkar tidak dijalankan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, maka orang-orang jahat akan menguasai kita bahkan mungkin bisa jadi do'a ummat dan rakyat tidak akan diijabahi meskipun dengan cara mengadakan tabligh akbar yang disertai istighatsah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw:

لتأمؤون بالمعروف ولتنهون عن المنكر أو ليسلطن الله عليكم شراركم ويدعون خياركم فلا يستجاب لهم.

Artinya:

Kamu (wahai ummat-Ku) harus mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari pada kemungkaran, jikalau tidak maka Allah akan menjadikanmu sebagai manusia yang jahat menguasai dirimu, dan jikalau ada manusia di antara kamu berdo'a itu tidak akan diijabah.

 

Hadirin rahimakumullah.

Akhirnya kita mengharapkan, hasil yang sudah kita capai pada bulan Ramadhan ini bisa kita jaga bersama dan pertahankan, sehingga langkah-langkah yang ditempuh mulai dari hari ini selamanya terarah pada hal-hal yang positif, dan kita selamanya bertakwa kepada Allah kapan pun dan di mana pun. Dan mudah-mudahan dengan adanya gemblengan di belan Ramadhan kita bisa tersingkir dari sifat-sifat dengki dan benci terhadap sesame manusia.

 

Saling mema'afkan yang dilakukan kit abersma pada hari ini harus betul-betul dari lubuk hati yang palung dalam, dan mudah-mudahan kemantapan hati, kekuatan iman serta hidayah selamanya selalu menyertai kita semua, amien.

 

ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب. ربنا افتح بيننا وبين قومنا بالحق وانت خير الفاتحين. أقول قولى هذا وأستغفر الله العظيم لى ولكم ولسائر المؤمنين والمؤمنات من كل ذنب، فاستغفروه إنا هو الغفور الرحيم.

 

 Baca juga: Hadits tentang 7 golongan yang dinaungi Allah Ta’ala


الخطبة الثانية

 

الله أكبر 7x

الله أكبر كبيرا وكثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله. اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين وسلم تسليما كثيرا. أما يعد.

أيها الناس اتقوا الله ولازموا الصلاة على خير خلقه عليه الصلاة والسلام، فقد أمركم الله بذلك إرشادا تعليما، فقال: "إن الله وملائكته يصلون علي النبي، يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين وعلى بقية الصحابة والتابعي التابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين وعلينا معهم برحمتك يا أرحم الراحمين.

اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياؤ منهم والأموات إنك على كل شئ قدير اللهم أعز الإسلام والمسلمين وأهلك الكفرة والمبتدعة والرافضة والمشركين، ودمرأعدائك أعداء الدين واجعل ولايتنا فيمن خافك واتقاك.

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار. والحمد لله رب العالمين.

عباد الله إن الله يأمر بالعدل ةالإحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم ترحمون فاذروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسألوه من فضله يعطكم زلذكر الله أكبر.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama