Terjemah Nazham Maqsud (Nadhom Maqshud)
Judul kitab asal: Nazham Maqsud fi Ilm Al-Sharf ( نظم المقصود في علم الصرف)
Penyusun: Ahmad bin Abdurrohim Al-Tahtawi
Pengantar
Bab Fi'il Tsulasi
Bab Fi'il Ruba'i dan Ruba'i Mulhaq
Bab Fi'il Tsulasi Mazid
Bab Fi'il Ruba'i Mazid
Bab Masdar (Teks Arab)
Masdar Ada Dua Macam
Keadaan Fi'il Madhi, Amar dan Hamzah Wasol
Fi'il Mudharik Mabni Maklum dan Majhul
Cara Membuat Fi'il Amar Hadir
Bentuk Isim Fa'il dan Maf'ul Tsulasi
Tashrifnya Fi'il Sohih
Faidah: Fi'il Lazim dan Muta'adi
Huruf Ilat dan Hukumnya
Huruf Ilat, Lin, Mad dan Ziyadah
Fi'il Mu'tal, Mudoaf dan Mahmuz
Bentuk Isim Fa'il dan Maf'ul Binak Muktal
PENGANTAR DAN
TEKS ARAB
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
- يَقُوْلُ بَعْدَ
حَـمْـدِ ذِي الجَـلاَلِ ** مُـصَـلِّـيًـا عَلَـى النَّـِبيْ وَ الآلِ
- عَـبْـدٌ أَسِـيْـرُ
رَحْمَةِ الـكَرِيمِ ** أَيْ أَحْـمَدُ بْنُ عَابِـدِ الـرَّحِيْــم ِ
أبواب الفعل الثلاثي
3- فِعْلٌ ثـُلاَثِـيٌّ
إِذَا يُجَــــرَّدُ ** أَبْوَابُـهُ سِـتٌّ كَمَا سَــتُسْــرَدُ
4- فَالعَيْنُ إِنْ
تُفْـتَحْ بِمَاضٍ فَاكْسِـرِ ** أَوْ ضُمَّ أوْ فَافْـتَحْ لَـهَا فِي
الغَـابِـرِ
5- وَإِنْ تُـضَمَّ
فَاضْمُـمَنْـهَا فِـيْهِ ** أوْ تَـنْـكَسِرْ فَافْتَحْ وَكَسْرًا عِـيْـهِ
6- وَلاَمٌ اوْ عَيْنٌ
بِـمَا قَـدْ فُـتِحَـا ** حَلْقِيْ سِوَى ذَا بِالشُّذُوذ ِ اتَّضَحَـا
فصل في أبواب الرباعي
المجرد والملحق به
7- ثُمَّ
الــرُّبَاعِىُّ بِبَــابٍ وَاحِدِ ** وَ الْحِقْ بِـهِ سِتـًّا بِغَـيْرِ
زَائِـدِ
8- فَـوْعَـلَ فَعْوَلَ
كَذَاكَ فَـيْعَـلاَ ** فَعْـيَلَ فَـعْلَى وَ كَذَاكَ فَـعْـلَـلاَ
9-
زَيْـدُ الثُّلاَثِيْ أَرْبَـعٌ مَعْ عَشْـرِ ** وَهْيَ لِأَقْسَـامٍ ثَـلاَثٍ
تَـجْــرِي
فصل في أبواب الثلاثي
المزيد
10- أَوَّلُـهَا
الرُّبَـاعِ مِثْلُ أَكْرَمَــا ** وَفَعَّـلَ وَ فَـاعَلاَ كَـخَاصَمَـــا
11- وَاخْصُصْ
خُمَاسِيًّا بِذِي الأَوْزَانِ ** فَـبَـدْؤُهَا كَـا نْكَـسَرَ وَ الثَّـانِي
12- اِفْـتَعَلَ اِفْـعَلَّ كَذَا تَفَــعَّلاَ ** نَــحْوُ تَعَــلَّمَ وَزِدْ
تَفَاعَـــلاَ
13- ثُمَّ السُّدَاسِيْ استَفْعَلاَ وَ افْعَوْعَـلاَ ** وَافْعَــوَّلَ
افْعَـنْلَى يَـلِيهِ افْعَنْلَـلاَ
14- وَافْعَالَ مَا قَدْ صَاحَبَ الَّلاَمَينِ ** زَيْـدُ الرُّبَاعِـيِّ عَلَـى
نَوْعَــيْنِ
15- ذِي سِتَّةٍ نَحْوُ افْعَلَلَّ افْعَنْلَـلاَ ** ثُـمَّ الـخُـمَاسِيْ
وَزْنُـهُ تَفَعْلَـلاَ
1. Syekh Ahmad bin Abdurrohim seorang hamba yang menjadi tawanan rohmat Alloh
setelah memuji Alloh yang Maha Agung
2. seraya
membaca sholawat dan salam untuk Nabi dan semua keluarganya
BAB FI’IL
TSULASI
3. Fi’il
tsulasi mujarrod ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal dan tanpa ( sunyi )
huruf tambahan (ziyadah ) itu babnya itu ada 6 yang akan diterangkan dengan
tertib
4. Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca fathah [فَعَلَ ] maka ‘ain fi’il dari fi’il mudlori’ itu
boleh wajah 3 yaitu :
1) kasroh [فَعَلَ يَفْعِلُ]
2) dhomah [فَعَلَ يَفْعُلُ]
3) fathah [فَعَلَ يَفْعَلُ]
5. Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca dlomah [فَعُلَ] maka ‘ain fi’il dari fi’il mudlori’ itu
hanya dibaca dlomah saja [يَفْعُلُ] dan apabila
‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca kasroh [فَعِلَ] maka ‘ain fi’il dari fi’il mudlori’ itu boleh dibaca fathah [يَفْعَلُ] dan kasroh [يَفْعِلُ]
6. Fi’il
tsulasi mujarrod yang ikut wazan [فَعَلَ يَفْعَلُ] itu disyaratkan ‘ain fi’il atau lam fi’ilnya harus berupa
salah satu huruf halqi yang ada 6 [ء، غ،ع، ح، خ، ه] dan jika tidak berupa huruf halqi maka hukumnya syad (
menyimpang dari qoidah yang telah ditentukan )
FASAL
BAB RUBA’I DAN
RUBA’I MULHAQ
7. Fi’il ruba’i
mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 4 dan tanpa huruf tambahan ) itu babnya
ada satu yaitu [فَعْلَلَ - يُفَعْلِلُ],sedangkan
fi’il ruba’i mulhaq mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 3 dan di tambah
satu huruf untuk disamakan dengan ruba’i mujarrod ) itu babnya ada 6 yaitu :
8.
1. [فَوْعَلَ - يُفَوْعِلُ];
2. [فَعْوَلَ - يُفَعْوِلُ];
3. [فَيْعَلَ - يُفَيْعِلُ];
4. [فَعْيَلَ - يُفَعْيِلُ];
5. [فَعْلَي - يُفَعْلِي];
BAB TSULASI
MAZID
9. Fi’il
tsulasi mazid ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu menerima huruf
tambahan ) itu babnya ada 14 dan terbagi menjadi 3 yang akan diterangkan pada
bait berikut
10. Yang pertama adalah fi’il tsulasi mazid ruba’i ( fi’il yang terdiri dari 3
huruf asal lalu ditambah satu huruf ) adapun babnya itu ada 3 yaitu :
1. [أَفْعَلَ - يُفْعِلُ] seperti [أَكْرَمَ - يُكْرِمُ]
2. [فَاعَلَ - يُفَاعِلُ] seperti [خَاصَمَ - يُخَاصِمُ]
3. [فَعَّلَ - يُفَعِّلُ] seperti [فَرَّحَ - يُفَرِّحُ]
11. Yang kedua adalah fi’il tsulasi mazid khumasi ( fi’il yang terdiri dari 3
huruf asal lalu mendapat dua huruf tambahan ) adapun babnya itu ada 5, Yaitu:
1. [اِنْفَعَلَ - يَنْفَعِلُ] seperti [اِنْكَسَرَ - يَنْكَسِرُ]
2. [اِفْتَعَلَ - يَفْتَعِلُ] seperti [اِجْتَمَعَ - يَجْتَمِعُ]
3. [اِفْعَلَّ - يَفْعَلُّ] seperti [اِحْمَرَّ - يَحْمَرُّ]
4. [تَفَعَّلَ - يَتَفَعَّلُ] seperti [تَعَلَّمَ - يَتَعَلَّمُ]
5. [تَفَاعَلَ - يَتَفَاعَلُ] seperti [تَخَاصَمَ - يَتَخَاصَمُ]
13. Yang ketiga
adalah fi’il tsulasi mazid sudasi ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu
mendapat tiga huruf tambahan ) adapun babnya itu ada 6 yaitu :
14.
1. [اِسْتَفْعَلَ - يَسْتَفْعِلُ] seperti [استغفر - يستغفر]
2. [اِفْعَوْعَلَ - يَفْعَوْعِلُ] seperti [اعشوشب - يعشوشب]
3. [اِفْعَوَّلَ - يَفْعَوِّلُ] seperti [اجلوذ - يجلوذ]
4. [اِفْعَنْلَي - يَفْعَنْلِي] seperti [اسلنقي - يسلنقي]
5. [اِفْعَنْلَلَ - يَفْعَنْلِلُ] seperti [اقعنسس - يقعنسس]
6. [افعَالَّ - يَفْعَالُّ] seperti [اِحْمَارَّ - يَحْمَارُّ]
BAB FI'IL RUBA'I
MAZID
Fi’il ruba’i
mazid ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu mendapatkan tambahan huruf )
itu ada 2 macam :
15. 1 ) Fi’il ruba’i mazid khumasi ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu
mendapatkan tambahan satu huruf ) yang babnya ada satu yaitu : [تَفَعْلَلَ - يَتَفَعْلَلُ] seperti [تدخرج - يتدخرج]
2 ) Fi’il ruba’i mazid sudasi ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu
mendapatkan tambahan dua huruf ),sedangkan wazannya ada 2 yaitu:
1. [اِفْعَلَلَّ - يَفْعَلِلُّ] seperti [اقشعر - يقشعر]
2. [اِفْعَنْلَلَ - يَفْعَنْلِلُ] seperti [اخرنجم - يخرجم]
Masdar dan
Musytaq Ilaih
بَابُ الـمَصْدَرِ وَمَا
يُشْتَقُّ مِنْهُ
16- وَ مَصْـدَر ٌ أَتَـى عَلَى ضَرْبَـيْنِ ** مِيْمِـي وَ غَـيْرِهِ عَلَـى قِـسْــمَيْنِ
17- مِنْ ذِي الثُّلاَثِ فَالزَمِ الَّذِي سُمِعْ *** وَمَا عَــدَاهُ فَـالقِــيَاسَ
تَـتَّـبِعْ
18- مِيْمِي الثُّلَاثِي إِن يَّكُنْ مِنْ أَجْوَفِ ** صَحِيْـحٍ اوْ مَـهْـمُوزٍ
اوْ مُضَـعَّفِ
19- أَتَى كَمَــفْعَلٍ بِفَـتْحَـتَـيْنِ ** وَشَـذَّ مِنْـهُ مَــا بِـكَـسْرِ
الـعَيْنِ
20- كَذَا سِـمُ الزَّمَانِ وَ المَكَانِ مِنْ ** مُـضَـارِع ٍ إن لاَّ بِـكَسْـرِهَـا
يَبِنْ
21- وَافْـتَحْ لَهَا مِن نَّاقِصٍ وَ مَا قُرِنْ ** وَ اعْـكِسْ بِمُعْـتَلٍّ كَـمَفْرُوْقٍ
يَعِنْ
22- وَ مَا عَدَا الثُّلاَثِ كُلاًّ اجْـعَلاَ ** مِـثْلَ مُــضَارِعٍ لَـهَا قَــدْ
جُهِلاَ
23- كَذَا اسْمُ مَفْعُوْلٍ وَ فَاعِلٍ كُسِرْ ** عَيْــنًا وَأَوَّلٌ لَـهَا مِيْــمًا
يَـصِرْ
24- وَ آخِرَ المَاضِي افْـتَحَنْهُ مُـطْلَقَا ** وَضُـمَّ إِنْ بِــوَاوِ جَـمْعٍ
أُلْحِــقَا
25- وَسَكِّنِ انْ ضَمِيْرَ رَفْعٍ حُرِّكَـا ** وَبَدْءُ مَــعْلُوْمٍ بِفَتْحٍ
سُـلِكَـــا
26-إِلاَّ الـخُمَاسِيْ والسُّدَاسِيْ فاكْسِرَن ** إِنْ بُـدِئَا بِـهَمْزِ وَصْـلٍ
كَـا مْتَحَنْ
27- ثُـبُوْتُهَا ِفي الاِبْتِدَا قَدِ التُـــزِمْ ** كَـحَذْفِـهَا فِي دَرْجِـهَا
مَعَ الكَلِـمْ
28- كَـهَمْزِ أَمْــرٍ لَهُـمَا وَ مَصْدَرِ ** وَ أَلْ وَ أَيْمُـنٍ وَ هَمْزِ
كَـا جْهَــرِ
29- وَ ابْـنُمٍ ابْنٍ ابْــنَةٍ وَ اثْنَـيْنِ ** وَ امْــرِىءٍ امْــرَأَةٍ وَ
اثْـنَتَـيْنِ
30- كَذَا اسْمٌ اسْتٌ فِي الجَمِيْعِ فَاكْسِرَنْ ** لَهَا سِــوَى فِي أَيْـمُنٍ
أَلِ افْتَـحَنْ
31- وَ أَمْـرُ ذِي ثَلاَثَـةٍ نَحْـوُ اقْبُلاَ ** ضُـمَّ كَـمَا بِـمَاضِيَـيْنِ
جُهِـلاَ
32- وَ بَـدْءُ مَجْـهُوْلٍ بِضَـمٍّ حُـتِمَا ** كَـكَسْرِ سَـابِـقِ الَّذِي قَدْ
خَتَمَـا
33- مُـضَارِعًا سِمْ بِحُرُوْفِ نَـأْتِـي ** حَيْـثُ لِمَشْهُـوْرِ الـمَعَانِي
تَـأْتِي
34- فَـإِنْ بِمَـعْلُـوْمٍ فَفَتْحُهَا وَجَبْ ** إلاَّ الـرُّبَاعِيْ غَـيْرُ
ضَـمٍّ مُجْتَنَـبْ
35- وَ مَا قُبَيْلَ الآخِـرِ اكْسِرْ أَبَـدَا ** مِنَ الَّذِي عَلَــى ثَلاَثَــةٍ
عَـدَا
36- فِيْـمَا عَدَا مَا جَاءَ مِنْ تَفَـعَّلاَ ** كَـالآتِيْ مِنْ تَفَاعَلَ اوْ
تَفَعْــلَلاَ
37- وَإِنْ بِمَجْهُوْلٍ فَضَـمُّـهَا لَـزِمْ ** كَفَـتْحِ سَـابِقِ الَّذِي بِهِ
اخْـتُتِـمْ
38- وَ آخِرٌ لَـهُ بِمُقْـتَضَى العَمَـلْ ** مِنْ رَّفْعٍ اوْ نَصْبٍ كَذَا جَزْمٌ
حَصَـلْ
39- أَمْـرٌ وَنَهْـيٌ إِن بِهِ لاَمًا تَصِـلْ ** أَوْلاَ وَ سَكِّنْ إِنْ يَّـصِحَّ
كَلْتَمِــل
40- وَالآخِرَ احْذِفْ إنْ يُّـعَلْ كَالـنُّوْنِ فِي ** أَمْـثِلَــةٍ وَنُـوْنُ
نِسْوَةٍ تَفِــي
Masdar Ada Dua
Macam
16. Masdar itu
dibagi menjadi 2 macam yaitu : 1 ) Masdar mim ( masdar yang huruf pertamanya
berupa mim zaidah ) 2 ) Masdar ghoiru mim ( masdar yang huruf pertamanya tidak
berupa mim zaidah )
17.
Sedangkanmasdar ghoiru mim itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu : 1 ) Masdar
ghoiru mim dari fi’il tsulasi mujarrod itu hukumnya sama’i (ketentuan dari
orang Arab dan tidak bisa disamakan dengan wazannya ) 2 ) Masdar ghoiru mim
dari selain fi’il tsulasi mujarrod ( fi’il ruba’i , khumasi dan sudasi ) itu
hukumnya qiyasi ( bisa disamakan dengan wazannya )
18. Masdar
mimnya fi’il tsulasi mujarrod dari bina’ ajwaf,shohih,mahmuj atau mudlo’af itu
harus mengikuti wazan مَفْعَلٌ ( mim dan a’in
difathah ) dan
19. Apabila
ikut wazan مَفْعِلٌ ( mim fathah, a’innya dikasrah ) maka
hukumnya syadz (jarang terjadi).
20. Isim zaman
dan isim makannya fi’il tsulasi mujarrod dari bina’ ajwaf, shohih, mahmuz atau
mudo’af yang 'ain mudlori’nya dibaca dlomah يَفْعُلُ atau dibaca fathah يَفْعَلُ itu juga ikut wazan مَفْعَلٌ jika a’in mudlori’nya dibaca kasroh maka isim zaman dan isim
makannya ikut wazan مَفْعِلٌ
21. Masdar
mim,isim zaman dan isim makan dari fi’il tsulasi mujarrod yang terdiri dari
bina’ naqish dan lafif maqrun itu harus mengikuti wazan مَفْعَلٌ ( fathah a’in fi’ilnya ) dan jika dari
bina’ mu’tal mitsal atau bina’ lafif mafruq maka harus
mengikuti wazan
مَفْعِلٌ ( kasroh a’in fi’ilnya )
22. Wazannya
masdar mim,isim zaman dan isim makan dari fi’il selain tsulasi mujarrod
(ruba’i,khumasi dan sudasi ) itu seperti mudlori’nya ketika mabni majhul (huruf
pertama didlomah dan huruf sebelum akhir di fathah)
23. Begitu juga
isim maf’ul dan isim fa’ilnya hanya saja untuk isim fa’il itu a’in fi’ilnya (
huruf sebelum akhir ) dikasroh dan huruf mudloro’ahnya diganti dengan huruf mim
FASAL KEADAAN
FI’IL MADLI,FI’IL AMAR DAN HAMZAH WASHOL
24. Akhirnya
f’il madli itu dimabnikan fathah secara mutlak ( fi’il tsulasi mujarrod atau
ghoiru tsulasi mujarrod ),jika tidak bertemu dengan wawu
25. jama’ atau
dlomir rofa’ mutaharrik dan jika bertemu dengan wawu jama’ maka mabni dlom dan
bila bertemu dlomir rofa’ mutaharrik maka mabni sukun
Fi’il madli
yang mabni ma’lum itu huruf pertamanya harus dibaca fathah secara mutlak (
fi’il tsulasi mujarrod atau ghoiru tsulasi mujarrod )
26. kecuali
fi’il khumasi dan sudasi yang dimulai dengan hamzah washol maka huruf
pertamanya harus dibaca kasroh seperti اِمْتَحَنَ
27. Hamzah
washol adalah hamzah yang dibaca ( ditetapkan ) jika berada dipermulaan kalimah
dan tidak dibaca ( dibuang ) jika berada ditengah-tengah kalimah
28. Hamzah
washol tersebut berada pada : fi’il amar dan masdarnya fi’il khumasi dan
sudasi, lafadh أَلْ أَيْمُن, fi’il amarnya
tsulasi mujarrod yang huruf kedua dari mudlori’nya mati ( sukun ) seperti اِحْهَرْ
29. Lafadh , أثنتين ، اثنتين، ابنم، أنب، أبنة،
30. Lafadh است dan اسم
Semua hamzah
washol itu harus dibaca kasroh kecuali hamzah yang berada pada lafadh الْ dan أُيْمُن maka harus dibaca fathah
31. Hamzah yang
berada pada fi’il amar dari fi’il tsulasi mujarrod yang ikut wazan أُفْعُلْ ( a’in fi’ilnya domah ) yang a’in fi’il mudlori’nya
didlomah dan yang bertempat pada fi’il khumasi dan sudasi yang dimabnikan
majhul itu harus dibaca dlomah seperti اُسْتُخْرِجَ، أُمْتُحِنَ
32. Fi’il madli
mabni majhul itu huruf yang pertama didlomah dan huruf sebelum akhir dikasroh
FASAL MENERANGKAN
BINA’ FI’IL MUDLORI’ MABNI MA’LUM DAN MABNI MAJHUL
33. Tandanya
fi’il mudlori’ adalah dimulai dengan huruf mudloro’ah yang dikumpulkan dalam
lafadh نَأْتِي (nun, hamzah, ta', ya') dengan ketentuan
menunjukkan arti yang telah masyhur ( populer )
34. Fi’il
mudlori’ mabni ma’lum itu huruf mudloro’ahnya ( نَأْتِي ) itu harus dibaca fathah, kecuali fi’il ruba’i maka huruf
mudloro’ahnya dibaca dlomah
35. Huruf
sebelum akhir dari fi’il mudlori’ mabni ma’lum selain tsulasi mujarrod (
ruba’i,khumasi dan sudasi ) itu harus dibaca kasroh
36. kecuali
fi’il yang ikut wazan تَفَعَّلَ، تَفَاعَلَ dan تَفَعْلَلَ ,maka huruf sebelum akhir harus dibaca
fathah
37. Fi’il
mudlori’ mabni majhul itu huruf mudloro’ahnya (نَأْتِي ) harus dibaca dlomah dan huruf sebelum akhir dibaca fathah
38. Akhirnya
fi’il mudlori’ itu dii’robi menurut kebutuhan amil yang masuk pada fi’il
tersebut yaitu wajib dibaca rofa’ jika sunyi dari amil nawashib dan jawazim dan
jika kemasukan amil jawazim maka harus dibaca jazm
39. Fi’il
mudlori’ yang dimasuki lam amar itu disebut amar ghoib,sedangkan jika dimasuki
la nahi maka disebut fi’il nahi
40. Akhirnya
fi’il mudlori’ yang kemasukan lam amar atau la nahi,itu harus disukun jika
berupa huruf shoheh seperti لِتَمِلْ dan لا تَمِلْ dan jika akhirnya berupa huruf ilat maka
huruf ilatnya harus dibuang seperti لِيَرْمِ ، لِيَغْزُ، لِيَخْشَdan لا تَخْشَ jika berupa af’alul khomsah maka nunnya harus dibuang seperti لِيَنْصُرُوْا ,sedangkan nun jama’ inats itu harus
ditetapkan seperti لِيَنْصُرْنَ، لِتَنْصُرْنَ
Cara Membuat
Fi'il Amar Hadir, Isim Fa'il, Isim Maf'ul, Sighat Mubalaghah
فصل في أبنية فعل الأمر
الحاضر واسم الفاعل والمفعول و صيغة المبالغة
41- وَ بَدْأَهُ احْذِفْ يَكُ أَمْرَ حَاضِرِ ** وَ هَمْزًا انْ سُكِّـنَ تَـالٍ
صَــيِّرِ
42- أَوْ أَبْـقِ إِنْ مُحَرَّكًا ثُمَّ التَزِمْ ** بِنَـاءَهُ مِثْلَ مُـضَارِعٍ
جُـــزِمْ
43- كَفَاعِلٍ جِيءْ بِاسْم ِ فَاعِلٍ كَمَا ** يُـجَاءُ مِنْ عَلِـمَ أَوْ مِنْ
عَزَمَــا
44- وَمَاضٍ انْ بِضَمِّ عَيْنٍ اسْتَقَرْ ** كَـضَخْمٍ اوْ ظَـرِيْفٍ إِلاَّ مَانَـدَرْ
45- وَ إِنْ بِكَسْرٍ لاَزِمًا جَا كَالفَعِلْ ** وَ الأَفْعَلِ الفَعْلاَنِ وَ
احْفَظْ مَا نُقِـلْ
46- بِوَزْنِ مَفْـعُوْلٍ كَـذَا فَعِيْلُ ** جَـا اسْـمُ مَفْعُوْلٍ كَـذَا قَتِـيْلُ
47- لِكَـثْرَةٍ فَعَّـالٌ اوْ فَعُـوْلُ ** فَعِـلٌ اوْ مِفْــعَالٌ اوْ فَعِـيْـلُ
فَصْلٌ فِي تَصْرِيْفِ الصَّحِيْحِ
48- وَ مَاض ٍ اوْ مُضَارِعٌ تَـصَرَّفَا ** لأَوْجُهٍ كَالأَمْرِ وَ النَّهِي اعْرِفَـا
49- ثَلاَثَةٌ لِغَـائِبٍ كَـالْغَائِـبَهْ ** كَذَا مُخَـاطَبٌ وَ كَالـمُخَاطَـبَهْ
50- وَ مُتَكَـلِّمٌ لَهُ اثْـنَانِ هُمَـا ** فِي غَيْرِ أَمْـر ٍ ثُمَّ نَهْيً
عُـلِمَا
51- لِعَشْرَةٍ يُصَرَّفُ اسْمُ الفَاعِلِ ** فَعَـلَةٍ وَ فَاعِلَـينِ فَـاعِــلِ
52- وَ فَاعِـلِينَ فُعَّـلٍ فُـعَّالِ ** وَ فِيْهِمَا اضْـمُمْ فَا وَشُدَّ التَّالِي
53- فَاعِـلَةٍ فَاعِلَـتَينِ فَـاعِـــلاَ ** تِ وَ فَوَاعِلَ كَمَـا قَـدْ نُــقِلاَ
54- ثُمَّ اسْمُ مَفْـعُوْلٍ لِسَـبْعٍ يَـاتِي ** مَفْـعُولَـةٍ وَ ثَـنِّ مَفْـعُـوْلاَتِ
55- كَذَاكَ مَفْـعُوْلٌ مُثَـنَّاهُ وَ مَفْــ ** ـعُوْلُوْنَ ثُمَّ جَمْعُ تَكْسِيرٍ
يُضَـفْ
56- وَنُوَنَ تَوْكِيدٍ بِالأَمْرِ وَ النَّهِىِ صِلْ ** وَذَاتَ خِفٍّ مَعْ سُكُوْنٍ
لاَتَصِلْ
فَصْلٌ فِي فَوَائِدَ
57- بالهَمْزِ وَ التَّضْعِيْفِ عَـدِّ مَالَـزِمْ ** وَ حَرْفِ جَــرٍّ إِنْ ثُلاَثِـيـًّا
وُسِمْ
58- وَ غَيْـرُه عَـدِّ بِمَا تَـأَخَّـرَا ** وَ إِنْ حَذَفْـتَهَا فَـلاَزِمـًا
يُــرَى
59- لِصَادِرٍ مِنِ امْرَأَينِ فَاعَـــلاَ ** وَقَـلَّ كَالإِلَـهُ زَيْـدَاً قَـاتَــلاَ
60- وَلَهُـمَا أَوْ زَائِـدٍ تَفَاعَــلاَ ** وَقَـدْ أَتَى لِـغَـيْرِ وَاقِـعٍ
جَـلاَ
61- وَ ابْـدِلْ لِتَاءِ الِافْتِعَالِ طَـاءً انْ ** فَـاءٌ مِنَ احْرُفٍ لإِطْـبَاقٍ
تَـبِنْ
62- كَمَا تَصِيْرُ دَاَلاً إِنْ زَايًا تَـكُنْ ** أَوْ ذَالاً اوْ دَالاً كَـالاِزْدِجَارِ
صُـنْ
63- وَ إِنْ تَكُنْ فَالاِفْتَعَالِ يًا سَـكَنْ ** أَوْ وَاوًا اوْ ثَا صَـيِّرَنْ
تَا وَ ادْغِمَنْ
64- وَ احْكُمْ بِزَيْدٍ مِنْ أُوَيْسًا هَلْ تَنَمْ ** فَوْقَ الثَّـلاَثِ إِنْ
بِذِي المَرَامُ تَـمْ
65- وَ غَالِبَ الـرُّبـَاعِ عَدِّ مَاعَدَا ** فَـعْـلَلَ فَاعْكِسنْ كَدَرْبَخَ
اهْتَدَى
66- كُل ُّ الخُمَاسِي لاَزِمٌ إِلاَّ افْـتَعَلْ ** تَـفَـعَّلَ اوْ تَـفَاعَلاَ
قَدِ احْـتَمَلْ
67- كَذَا السُّدَاسِي غَيْرَ بَابِ اسْتَفْعَلاَ ** وَاسْرَنْدَى وَ اغْرَنْدَى
بِمَفْـعُوْلٍ صِلاَ
68- لِهَمْزِ إِفْـعَالٍ مَعَانٍ سَـبْعَـةُ ** تَعْـدِيَـةٌ صَـيْرُوْرَةٌ وَ كَـثْـرَةُ
69- حَيْـنُونَـةٌ إِزَالَـةٌ وِجْـدَانُ ** كَـذَاكَ تَـعْرِيضٌ فَـذَا البَـيَانُ
70- لِسِينِ الِاسْـتِفْعَالِ جَا مَـعَانِي ** لِـطَـلَبٍ صَـيْرُورَةٍ وِجْــدَانِ
71- كَذَا اعْتِـقَادٌ بَعْدَهُ التَّـسْلِيْمُ ** سُـؤَالُـهُمْ كَـاسْـتَخْـيَرَ
الكَرِيمُ
Cara Membuat
Fi'il Amar Hadir
41. Cara
membuat amar hadir adalah dengan mendatangkan fi’il mudlori’ lalu huruf
mudloro’ahnya dibuang kemudian bila huruf yang berada setelah huruf mudloro’ah
itu mati, maka harus mendatangkan hamzah washol seperti اُنْصُرْ، اِضْرِبْ، اِعْلَمْ، اِنْطَلِقْ، اِسْتَغْفِرْ dan jika
setelah huruf
mudloro’ah berupa huruf yang berharokat ( hidup ), maka harus ditetapkan tanpa
mendatangkan hamzah washol seperti قُمْ، عِدْ
42. Adapun
akhirnya fi’il amar hadlir itu dimabnikan menurut fi’il mudlori’nya ketika
tingkah jazm
BENTUK ISIM
FA'IL
43. Isim fa’il
tsulasi mujarrod yang fi’ilnya ikut wazan فَعِلَ ( a’in fi’il dikasroh ) yang muta’adi atau ikut wazan فَعَلَ ( a’in fi’il difathah ) baik muta’adi atau
lazim itu ikut wazan فَاعِلٌ seperti عَلِمَ isim fa’ilnya عَالِمٌ dan lafadh عَزَمَ isim fa’ilnya عَازِمٌ
44. Fi’il
tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعُلَ ( a’in fi’il didlomah ) itu isim fa’ilnya ikut wazan فَعْلٌ atau فَعِيْلٌ seperti ضَحُمَ isim fa’ilnya ضَخْمٌ
ظَرُفَ isim fa’ilnya ظَرِيْفٌ ,jika tidak mengikuti salah satu dari wazan tersebut maka
hukumnya nadir ( langka ) seperti حَسُنَ فهو حَسَنٌ , نَعُمَ فهو نَاعِمٌ ، شَجُعَ فهو شُجَاعٌ, طَهُرَ فهو طَاهِرٌ
، بَطُلَ فهو أَبْطَلُ
45. Fi’il
tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعِلَ yang lazim itu isim fa’ilnya itu mengikuti salah satu dari 3
wazan yaitu : فَعْلاَنُ , اَفْعَلَ ,
فَعِلَ
seperti فَرِحٌ فهو فَرِحَ , اَحْمَرُ فهو حَمِرَ , عَطْشَانُ
فهو عَطِشَ dan jika tidak mengikuti salah satu dari wazan tersebut maka
hukumnya sama’i seperti سَالِمٌ فهو سَلِمَ
46. Wazannya
isim maf’ul dari tsulasi mujarrod itu ada 2 yaitu : 1 ) مَفْعُوْلٌ seperti مَنْصُوْرٌ 2 ) فَعِيْلٌ seperti قَتِيْلٌ
47. Wazannya
shighot mubalaghoh atau shighot katsroh itu ada 5 yaitu : 1 ) فَعَّالٌ seperti فَتَّاحٌ 2 ) فَعُوْلٌ seperti شَكُوْرٌ 3 ) فَعِلٌ seperti غَفِلٌ 4 ) مِفْعَالٌ seperti مِسْقاَمٌ 5 ) فَعِيْلٌ seperti عَلِيْمٌ
FASAL
TASHRIFNYA FI’IL SHOHIH
48. Fi’il madli
dan fi’il mudlori’ baik yang mabni ma’lum atau majhul itu bisa ditashrif
menjadi 14 bentuk ( waqi’ ) begitu juga fi’il amar dan fi’il nahi yang mabni
majhul itu juga bias ditashrif menjadi 14 bentuk ( wajah ) dengan perincian :
49. 3 bentuk
menunjukkan arti ghoib 3 bentuk menunjukkan arti ghoibah 3 bentuk menunjukkan
arti mukhotob 3 bentuk menunjukkan arti mukhothobah
50. dan 2
bentuk menunjukkan arti muttakalim,sedangkan fi’il amar dan fi’il nahi yang
mabni ma’lum itu tidak ada waqi’ muttakalimnya ( hanya bias ditashrif menjadi
12 wajah )
51. Isim fa’il
dari tsulasi mujarrod itu bisa ditashrif menjadi 10 wajah :
1 ) فَاعِلٌ untuk mufrod mudzakar
2 ) فَاعِلاَنِ untuk tatsniyah mudzakar
3 ) فَاعِلُوْنَ untuk jamak mudzakar
52. 4 ) فُعَّالٌ untuk jamak taksir
5 ) فُعَّلٌ untuk jamak taksir
6 ) فَعَلَةٌ untuk jama’ taksir
53. 7 ) فَاعِلَةٌ untuk mufrod mu’anats
8 ) فَاعِلَتَانِ untuk tatsniyah mu’anats
9 ) فَاعِلَاتٌ untuk jamak mu’anats
10 ) فَوَاعِلُ untuk jama’ muntahal jumu’
54. Isim maf’ul
dari fi’il tsulasi mujarrod itu bisa ditashrif menjadi 7 wajah dengan perincian
yaitu :
1 ) مَفْعُوْلٌ untuk mufrod mudzakar
2 ) مَفْعُلَانِ untuk tatsniyah mudzakar
3 ) مَفْعُوْلُوْنَ untuk jamak mudzakar
55. 4 ) مَفْعُوْلَةٌ untuk mufrod mu’anats
5 ) مَفْعُوْلَتَانِ untuk tatsniyah mu’anats
6 ) مَفْعُوْلَاتٌ untuk jamak mu’anats
7 ) مَفَاعِيْلٌ untuk shighot muntahal jumu’
56. Fi’il amar
dan fi’il nahi baik hadlir atau ghoib yang mabni ma’lum atau majhul itu bias
diberi nun taukid tsaqilah ( yang ditasydid ) atau nun taukid khofifah ( yang
disukun ) ,namun untuk amar dan nahi yang tasniyah dan jama’ inats itu tidak
boleh bertemu dengan nun taukid khofifah seperti لِيَنْصُرَنَّ, اُنْصُرَنَّ, لَايَنْصُرَنَّ, لَاتَنْصُرَنَّ,اُنْصُرَنْ,
لَاتَنْصُرَنْ
FASAL
MENERANGKAN TENTANG FAWAID ( BEBERAPA FAIDAH )
57. Fi’il
tsulasi mujarrod yang lazim itu bisa dijadikan muta’adi dengan 3 cara yaitu :
1 ) Di
muta’adikan dengan menambah hamzah naqol seperti اَكْرَمَ زَيْدٌ بَكْرًا asalnya كَرُمَ زَيْدٌ
2 ) Di
muta’adikan dengan menambah tasydid seperti فَرَّحَ زَيْدٌ خَالِدًا asalnya فَرِحَ زَيْدٌ
3 ) Di
muta’adikan dengan huruf jer seperti ذَهَبَ زَيْدٌ بِعَمْرٍ asalnya ذَهَبَ زَيْدٌ
58. Adapun
fi’il lazim dari selain fi’il tsulasi mujarrod itu hanya bisa dimuta’adikan
dengan huruf jer seperti اِنْطَلَقَ زَيْدٌ بِخَالِدٍ asalnya اِنْطَلَقَ زَيْدٌ dan jika اَدَوَاتُ التَّعْدِيَةِ ( alat untuk memuta’adikan ) itu dibuang maka fi’ilnya menjadi
lazim kembali seperti اِنْطَلَقَ, ذَهَبَ,كَرُمَ
59. Fi’il
tsulasi mazid ruba’i yang ikut wazan فَاعَلَ itu yang banyak berfaidah مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ ( musyarokah bainas naini ) seperti ضَارَبَ زَيْدٌ عَمْرًا dan sedikit yang tidak berfaidah مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ ( musyarokah
bainas naini ) seperti قَاتَلَ اْلِالَهُ زَيْدًا
60. Fi’il yang
ikut wazan تَفَاعَلَ itu yang banyak مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ فَاَكْثَرَ ( satu
pekerjaan yang dilakukan oleh oleh dua orang atau lebih ) seperti تَضَارَبَ زَيْدٌ عَمْرٌوَبَكْرٌ , تَصَالَحَ اْلقَوْمُ dan terkadang
berfaidah اِظْهَارُ مَا لَيْسَ فِى اْلوَاقِعِ ( menampakkan
sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi atau pura-pura ) seperti تَمَارَضَ زَيْدٌ
61. Fi’il
tsulasi mazid khumasi yang ikut wazan اِفْتَعَلَ itu apabila fa’ fi’ilnya itu berupa huruf ithbaq (
shod,dlod,tho’ dan dho’ ) maka ta’ اِفْتَعَلَ nya harus diganti dengan tho’ seperti اِضْطَرَبَ, اِصْطَبَرَ اِطْطَهَرَ, dan اِظْظَهَرَ asalnya اِضْتَرَبَ, اِصْتَبَرَ اِطْتَهَرَ, dan اِظْتَهَرَ
كَما تَصِيْـرُدَالاً اِنْ زَايًا تَــكُنْ $ اَوْدَلاً
اوْذَالاً كَالاِزْدِجَارِ صُــنْ
62. Fi’il yang
ikut wazan اِفْتَعَلَ jika fa’ fi’ilnya za’,dzal dan dal د,ذ,ز ) ( maka ta’ اِفْتَعَلَ nya harus diganti dengan dal seperti اِزْدَجَرَ , اِذْدَكَرَ, اِدَّعَى asalnya اِزْتَجَرَ , اِذْتَكَرَ, اِدْتَعَى
63. Dan jika
fi’il yang ikut wazan اِفْتَعَلَ itu fa’
fi’ilnya berupa ya’,wawu atau tsa’) ( ث,و,ي yang mati maka fa’ fi’ilnya harus diganti dengan ta’ kemudian
ta’ tersebut harus diidghomkan pada ta’ ifti’alnya seperti اِثَّغَرَ,اِتَّسَرَ,اِتَّصَلَ asalnya اِثْتَغَرَ,اِيْتَسَرَ,اِوْتَصَلَ
64. Huruf
zaidah ( tambahan ) itu ada 10 yaitu م,ن,ت,ل,هـ ,ا,س,ي,و,أ ( hamzah,wawu,ya’, sin,alif,ha’,lam,ta’,nun dan mim ) yang
terkumpul dalam lafadh اُوَيْساً هَلْ تَنَمْ dengan syarat
berada pada kalimah yang huruf asalnya ada 3 atau lebih dan kalimah tersebut
sudah mempunyai makna yang sempurna sebelum dimasuki huruf ziyadah tersebut
seperti اِنْكَسَرَ,قَاتَلَ,اَكْرَمَ
65. Fi’il
ruba’i baik ruba’i mujarrod ,ruba’i mulhaq atau tsulasi mazid ruba’i itu yang
banyak adalah muta’adi kecuali yang ikut wazan فَعْلَلَ maka yang banyak adalah lazim seperti دَرْبَجَ زَيْدٌ
66. Semua fi’il
khumasi baik tsulasi mazid khumasi atau ruba’i mazid khumasi itu yang banyak
berlaku lazim kecuali yang ikut تَفَعَّلَ,اِفْتَعَلَ dan تَفَاعَلَ maka ada yang
lazim dan muta’adi
67. Begitu juga
berlaku lazim semua fi’il sudasi baik tsulasi mazid sudasi atau ruba’i mazid
sudasi kecuali yang ikut wazan اِسْتَفْعَلَ maka ada yang muta’adi dan ada yang lazim serta dikecualikan
lagi lafadh اِسْرَنْدَى yang menunjukkan arti غَلَبَ ( mengalahkan ) dan lafadh اِغْرَنْدَى yang menunjukkan arti قَهَرَ ( memaksa ) maka harus dimuta’adikan maf’ul
satu
68. Hamzahnya
wazan اَفْعَلَ itu mempunyai 7 arti sebagai berikut :
1) تعدية (Ta’diyah)
2) صيرورة (Shoiruroh)
3) كثرة (Katsroh)
69. 4) حينونة (Haenunah) 6 ) وجدان ( Wijdan )
5) ازالة (Izalah) 7) تعريض (Ta’ridl)
70. Syin wazan اِسْتَفْعَلَ itu mempunyai 6 arti yaitu :
71. 1) طلب( Tholab ) 3) وجدان( Wijdan ) 5) تسليم ( Taslim )
2) صيرورة(Shoiruroh) 4) اعتقاد( I’tiqod ) 6)سؤال ( Su’al )
Huruf Ilat dan
Hukumnya
فَصْلٌ فِى حُرُوْفِ اْلعِّلَةِ
وَاَحْكَامِهَا
72- حُرُوْفُ وَاي هِيَ حُرُوفُ العِلَّةِ ** والمَـدِّ ثُمَّ اللِـيْنِ وَ الــزِّيَـادَةِ
73- فَإن يَّكُن بِبَعْضِهَا المَاضِي افْتَتَحْ ** فَسَمِّ مُـعْـتَلاًّ مِـثَالاً
كَوَضَـحْ
74- وَنَاقِصَاً قُلْ كَـغَزَا إِنِ اخْتُـتِمْ ** بِـهِ وَ إِنْ بِجَوْفِـه ِ اجْـوَفَا
عُـلِمْ
75- وَبِلَفِيْفٍ ذِي اقْـتِرَانٍ سَمِّ إِنْ ** عَـيْنٌ لَهُ مِنْهَا كَـلاَمٍ
تَسْـتَـبِنْ
76- وَإِنْ تَـكُنْ فَـاء ٌ لَهُ وَ لاَمُ ** فَـذُو افْـتِـرَاقٍ كَـوَفَى الغُلاَمُ
77- وَادْغِمْ لِمِثْلَي نَحْوُ يَازَيْدُ اكْفُفَا ** فَكُفَّ قُـلْ وَسَمِّهِ
المُـضَـاعَـفَا
78- مَهْمُوزٌ الَّذِي عَلَى الهَمْزِ اشْتَمَلْ ** نَحْـوُ قَـرَا سَـأَلَ قَـبْلَ
مَاأَفَـلْ
79- ثُمَّ الصَّحِيْحُ مَا عَدَا الَّذِي ذُكِرْ ** كَـا غْفِـرْ لَـنَا رَبِّي
كَمَنَ لَهُ غُفِرْ
بَابُ المُعْتَلاَّتِ وَالمُضَاعَفِ
وَالمَهْمُوْزِ
80- وَاوًا اوْ يـًا حُرِّكَا اقْـلِبْ أَلِفَا ** مِن بَـعْـدِ فَتْحٍ كَـغَزَا
الَّذِيْ كَفَى
81- ثُمَّ غَـزَوْا وَغَـزَتَا كَـذَا غَزَتْ ** وَ أَلِفٌ للسَّـاكِـنَـيْنِ حُـذِفَتْ
82- وَالقَلْبُ فِي جَمْعِ الإِنَاثِ مُنْتَفِي ** وَغَزَوَا كَذَا غَزَوْتُ فَـاقْـتَـفِي
83- وَانْسُبْ ِلأَجْوَفَ كَـقَالَ كَالَ مَا ** لِكَـغَـزَا ثُمَّ كَـفَى قَـدِ
انْـتَمَى
84- كَغَـزَتِ احْذِفْ أَلِفًا مِنْ قُلْنَ أَوْ ** كِلْنَ بِضَـمِّ فَـا وَ كَـسْرِها
رَوَوْا
85- وَالـيَاءُ إِنْ مَاقَـبْلَهَا قَـدِ انْكَسَرْ ** فَـابْقِ مِثَالُهُ خَشِـيْتَ
لِلـضَّـرَرْ
86- أَوْ ضُـمَّ مَعْ سُكُـوْنِهَا فَصَـيِّرِ ** وَاوًا فَقُلْ يُـوْسِرُ فِي كـيُـيْـسِرِ
87- وَ وَاوٌ اثْرَ كَسْرٍ إِنْ تَسْكُنْ تَصِرْ ** يَاءً كَـجِـيْرَ بَعْدَ نَـقْـلٍ
في جُوِرْ
88- وَ إِنْ تُحَـرَّكْ وَهْيَ لاَمُ كِـلْمَةِ ** كَـذَا فَـقُلْ غَـبِيْ مِنَ
الغَـبَاوَةِ
89- حَرَكَـةٌ لِـيَا كَـوَاوٍ إِنْ عَقِبْ ** مَا صَـحَّ سَاكِـنًا فَـنَقْـلُهَا
يَجِبْ
90- مِثَالُ ذَا يَـقُوْلُ أَوْ يَـكِيْلُ ثُمْ ** يَـخَافُ وَ الأَلِـفُ عَن وَّاوٍ
تـَقُمْ
91- وَ إِنْ هُمَا مُحَـرَّكَيْنِ فِي طَرَفْ ** مُـضَارِعٍ لَـمْ يَنْتَصِبْ سَكِّنْ
تُحَفْ
92- نَحْوُ الَّذِي جَا مِن رَّمَى أَوْ مِنْ عَفَا ** أَوْ مِنْ خَـشِـيْ وَيَـاءَ
ذَا اقْلِبْ أَلِفَا
93- وَ احْذِفْـهُمَا فِي جَمْعِهِ لاَ التَّثْنِيَهْ ** وَ مَا كَـتَـغْزِيْنَ
بِذَا مُسْـتَوِيَـهْ
Huruf Ilat,
Lin, Mad dan Ziyadah
72. Huruf-huruf
yang terdapat dalam واى (waw, alif,
ya') itu dalam istilah shorof disebut :
1) Huruf علّة( ilat ) 3) Huruf مد( mad )
2) Huruf لين( len ) 4) Huruf زيادة( ziyadah )
73. Setiap
fi’il madli yang fa’ fi’ilnya berupa salah satu dari huruf-huruf tersebut (واى ) itu disebut fi’il bina’ mu’tal,kalau
berupa wawu maka disebut fi’il bina’ mu’tal fa’ wawi seperti وَضَحَ dan kalau berupa ya’ maka disebut fi’il
bina’ mu’tal fa’ ya’i seperti يَسَرَ
74. Fi’il bina’
naqish adalah tiap-tiap fi’il yang lam fi’ilnya ( huruf akhir ) berupa huruf
ilat (واى ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut
fi’il bina’ naqish wawi seperti غَزَا asalnya غَزَوَ, kalau berupa
huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ naqish ya’i seperti مَشَى asalnya مَشَىَ ,sedangkan
fi’il bina’ ajwaf adalah tiap-tiap fi’il yang a’in fi’ilnya ( huruf tengah )
berupa huruf ilat (واى ) kalau berupa
huruf ilat wawu disebut fi’il bina’ ajwaf wawi seperti قَالَ asalnya قَوَلَ, kalau berupa
huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ ajwaf ya’i seperti بَاعَ asalnya بَيَعَ
75. Fi’il madli
yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’ lafif
maqrun seperti, قَوِيَ شَوَى
76. Sedangkan
apabila fa’ fi’il dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’
lafif mafruq seperti وَفَى,وَقَى
77. Apabila ada
fi’il yang a’in dan lam fi’ilnya terdiri dari huruf sejenis maka huruf yang
pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua ( diganti dengan tasydid ) dan
disebut fi’il bina’ mudlo’af
78. Fi’il bina’
mahmuj adalah tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya berupa
hamzah kalau fa’ fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj fa’ , kalau a’in
fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj a’in dan kalau lam fi’ilnya berupa
hamzah maka disebut mahmuj lam seperti قَرَأَ,سَأَلَ,أَفَلَ
79. Selain
bina’ tersebut diatas ( mitsal,ajwaf,naqish,lafif,mahmuj dan mudlo’af ) itu
disebut bina’ shohih yaitu tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya
tidak berupa huruf ilat,tidak berupa hamzah serta a’in dan lam fi’ilnya tidak
berupa huruf yang sejenis seperti غَفَرَ,فَتَحَ,ضَرَبَ
BAB FI’IL
MU’TAL, MUDLO’AF DAN MAHMUZ
80. Kalau ada
wawu atau ya’ yang hidup berada setelah harokat fathah maka harus diganti
dengan alif seperti كَفَى,غَزَا asalnya كَفَىَ,غَزَوَ
81. Fi’il bina’
naqish wawi dan ya’i yang bertemu dengan wau jama’ atau ta’ ta’nits sakinah itu
alif yang gantian dari wawu atau ya’ harus dibuang karena bertemu dua huruf
yang mati seperti غَزَوْا asalnya غَزَاوْا dari ,غَزَوَوْا غَزَتْ asalnya غَزَاتْ dari غَزَتَا, غَزَوَتْ asalnya غَزَاتَا dari غَزَوَتَا
82. Fi’il bina’
naqish tersebut baik wawi atau ya’i jika bertemu dengan nun jama’ inats ,alif
tasniyah dan dlomir ( muttakalim,mukhotob atau mukhotobah ) maka wawu atau ya’
tersebut itu tidak diganti alif seperti غَزَوْنَ / رَمَيْنَ , غَزَوَا / رَمَياَ , غَزَوْتُِ / رَمَيْتُِ
83. Wawu dan
ya’ yang hidup berada pada fi’il bina’ ajwaf serta berada setelah harokat
fathah itu seperti yang berada pada fi’il bina’ naqish yakni harus diganti alif
seperti كَالَ,قَالَ asalnya كَيَلَ,قَوَلَ
كَغَـزَتِ احْـذِفْ اَلِـفًا مِنْ قُـلْنَ اَوْ
$ كِلْـنَ بِضَـمَّ فَا وَكَسْرِهَا رَوَوْا
84. Fi’il bina’
ajwaf itu apabila disandarkan pada nun jama’ inats maka alifnya yang gantian
dari wawu atau ya’ itu harus dibuang sebagaimana alifnya fi’il bina’ naqish
ketika disandarkan ( bertemu ) dengan ta’ ta’nits sakinah kemudian fa’ fi’il
bina’ ajwaf tersebut didlomah jika berupa ajwaf wawi seperti قُمْنَ asalnya قَوَمْنَ dan dikasroh jika berupa bina’ ajwaf yai seperti سِرْنَ asalnya سَيَرْنَ
85. Kalau ada
ya’ mati atau hidup berada setelah harokat kasroh maka harus ditetapkan ( tidak
diganti dengan alif ) seperti خَشِيْتُ رَبِّى, خَشِىَ
مُحَمَّدٌ رَبَّهُ
86. Kalau ya’
tersebut mati dan berada setelah harokat dlomah maka harus diganti dengan wawu
seperti يُوْقِنُ,يُوْسِرُ asalnya يُيْقِنُ,يُيْسِرُ
87. Apabila ada
wawu mati yang berada setelah harokat kasroh maka harus diganti dengan ya’
seperti جِيْرَ asalnya جِوْرَ
88. Apabila ada
wawu hidup menjadi lam fi’il yang berada setelah harokat kasroh maka harus
diganti dengan ya’ seperti غَبِىَ asalnya غَبِوَ
89. Apabila ada
wawu atau ya’ hidup sedangkan huruf sebelumnya berupa huruf shohih yang mati
maka harokatnya wawu atau ya’ tersebut harus dipindahkan pada huruf shohih yang
mati tersebut,kemudian kalau yang dipindah itu harokat fathah maka wawu atau
ya’ tersebut harus diganti dengan alif
90. Seperti يَقُوْلُ يَكِيْلُ, asalnya يَكْيِلُ,يَقْوُلُ dan يَخَافُ يَهَابُ, asalnya يَخْوَفُ يَهْيَبُ,
91. Apabila ada
wawu atau ya’ berharokat dlomah yang dibaca rofa’ dan berada diakhir fi’il
mudlori’ ( menjadi lam fi’il ) maka harus disukun karena dianggap beratnya
dlomah pada wawu atau ya’ tersebut
92. Seperti يَرْمِى يَخْشَى, يَعْفُوْ , asalnya يَرْمِىُ يَخْشَىُ, يَعْفُوُ ,
93. Fi’il
mudlori’ yang akhirnya ( lam fi’il ) berupa wawu atau ya’ itu apabila bertemu
dengan wawu jama’ atau ya’ mu’anats mukhothobah maka wawu atau ya’ tersebut
harus dibuang seperti تَغْزِيْنَ, يَمْشُوْنَ,يَغْزُوْنَ dan تَمْشِيْنَ asalnya تَغْزُوِيْنَ, يَمْشِيُوْنَ,يَغْزُوُوْنَ dan تَمْشِيِيْنَ
Sedangkan jika
bertemu dengan alif tasniyah maka tidak boleh dibuang akan tetapi harus
diharokati fathah seperti seperti يَمْشِيَانَ,يَغْزُوَانَ
Bentuk Isim
Fa'il dan Maf'ul Binak Ajwaf
94- وَفِي اسْمِ فَاعِلِ اجْوَفٍ قُلْ قَائِلاَ ** بِـأَلِفِ زَيْـدٍ وَ هَمْزِ
مَـا تَـلاَ
95- فِي نَاقِصٍ قُلْ غَازٍ إِن لَّمْ يَنْتَصِبْ ** وَلاَ بِـأَلْ وَحَـذْفِ يَائِـهِ
يَـجِبْ
96- وَ كَـمَقُوْلٍ اسْمَ مَفْـعُوْل ٍ خُذَا ** بِالـنَّـقْلِ كَالمَـكِيْلِ وَاكْسِرْ
فَاءَ ذَا
97- وَمِثْـلَيِ المَغْـزُّوِ حَـتْمَا ً أَدْغِمَا ** كَـذَاكَ مَخْـشِـيْ بَعْدَ
قَلْبٍ قُدِّمَا
98- وَ أَمْـرُ غَائِبٍ أَتَى مِنْ أَجْوَفِ ** كَـلِـيَقُلْ وَ أَصْـلُـهُ غَيْرُ
خَـفِيْ
99- مُـخَاطَبٌ مِنْهُ كَقُلْ بِالـنَّقْلِ ** وَحَـذْفِ هَـمْزِهِ وَ عَيْنِ الأَصْـلِ
100- وَثَـنِّـهِ عَلَى كَقُوْلاَ وَ التَـزِمْ ** مِن نَّـاقِصٍ فِي ذَيْـنِ حَذْفـًا
لِلمُتِمْ
101- وَحَذْفُ فَـا المُعْتَّلِ فِيْ مُسْتَقْبَلِ ** وَامْـرٍ وَنَـهْيٍ مَـتَى
تُـعْلَمْ جَـلِي
102- بِبَابِ مَـا كَوَهَبَ اوْ كَوَعَدَا ** وَرِثَ زِدْ و َقَــلَّ مَـا قَـدْ
وَرَدَا
103- ثُمَّ اللَّـفِيْفُ لاَ بِقَيدٍ قَدْ حُكِمْ ** لِـلاَمِـهِ بِـمَا لِـنَاقِــصٍ
عُلِـمْ
104- وَكَالصَّحِيْحِ احْكُمْ لِعَيْنِ مَاقُرِنْ ** وَفَاءِ مَـفْـرُوْقٍ كَـمُـعْـتَّلٍ
زُكِنْ
105- وَأَمْـرُ ذَا لِلْفَرْدِ قِهْ وَقِي قِـيَا ** لاِثْـنَـينِ قُـوْا وَ قِـيْنَ
لِلْجَمْعِ ائْتِيَا
106- وَمَا كَـمَـدٍّ مَصْدَرًا أَوْ مَـدَّ مِنْ ** مُـضَـاعَفٍ فَـهْـوَ بِإِدْغَامٍ
قَمِنْ
107- أَوْ كَمَـدَدْنَ أَوْ مَـدَدْنَا فَاظْـهِـرِ ** وَفِي كَلَمْ يَمُـدَّ جَوِّزْ
كَــافْرِرِ
108- مَهْـمُوْزٌ ابْدِلْ هَمْزَهُ مَتَى سَـكَنْ ** بِمُقْـتَـضَى حَرَكَـةٍ أَوِ
اتْـرُكَنْ
109- كَيَاكُلُ ايِذَنْ يُومِـنُوا و اتْرُكْ مَتَى ** حَـرَّكْـتَهُ وَ سَابِقٌ
كَذَا أَتَــى
110- نَحْـوُ قَرَا وَ إِن يُّـحَرَّكْ هُوْ فَقَطْ ** كَاسْأَلْ كَذَا وَسَلْ أَجِزْ
كَمَا انْضَبَطْ
111- وَحَذْفُ هَمْزِ خُذْ وَ مُرْ كُل لاَّ تَقِسْ ** وَ كَالصَّحِيْحِ غَيْرَهُ
صَـرِّفْ وَ قِسْ
112- قَد تَّـمَّ مَا رُمْـنَا مِنَ المقْصُـوْدِ ** فَاعْـذِرْ حَدِيْثَ السِّـنِّ
يَاذَا الجُوْدِ
113- وَ أَحْمَدُ الله َ مُــصَلِّـيـًا عَلَى ** مُـحَـمَّدٍ وَآلِــهِ وَمَنْ تَــلاَ
94. Apabila
wawu atau ya’ nya isim fa’il dari bina’ ajwaf yang berada setelah alif zaidah (
tambahan ) maka harus diganti dengan hamzah seperti قَائِلٌ,سَائِرٌ,نَائِمٌ asalnya قَاوِلٌ,سَايِرٌ,نَاوِمٌ
Isim Fa'il
Naqish
95. Ya’nya isim
fa’il dari bina’ naqish yang tidak dibaca nashob ( dibaca rofa’ atau jer ) dan
tidak bersamaan dengan al (اَلْ) itu harus
dibuang seperti غَازٍ , رَامٍ asalnya , غَازِوٌ , رَامِىٌ مَرَرْتُ بِغَازٍ , مَرَرْتُ
بِرَامٍ
asalnya مَرَرْتُ بِغَازِوٍ , مَرَرْتُ بِرَامِىٍ
Adapun jika
dibaca nashob atau bersamaan dengan al maka harus ditetapkan seperti جَاءَ الرَّامِى, جَاءَ الْغَازِى , رَاَيْتُ غَازِيًا
, رَاَيْتُ رَامِيًا
Isim Maf'ul
Binak Ajwaf dan Naqish
96. Harokatnya
wawu atau ya’ isim maf’ul dari bina’ ajwaf itu harus dipindahkan pada huruf
shohih yang mati sebelumnya untuk meringankan , maka huruf shohih tersebut
dikasroh jika yang dibuang itu huruf ya’ lalu maf’ulnya dibuang karena
bertemunya dua huruf yang mati dalam satu kalimah sepertiمَكِيْلٌ asalnya مَكْيُوْلٌ
97. Apabila ada
dua wawu atau dua ya’ yang berkumpul pada isim maf’ulnya bina’ naqish ,
sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua maka huruf yang pertama harus
diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَغْزُوٌّ danمَخْشِىٌّ asalnya مَغْزُوْوٌdan مَخْشِىْيٌ
Fi'il Amar
Binak Ajwaf
98. Harokatnya
wawu atau ya’ dalam fi’il amar hadlir dari bina’ ajwaf itu harus dipindah pada
huruf shohih sebelumnya yang mati,lalu wawu atau ya’ yang mati tersebut dibuang
karena berkumpulnya dua huruf yang mati dalam satu kalimah seperti لِيَقُلْ danلِيَمِلْ asalnya لِيَقْوُلْ danلِيَمْيِلْ
99. Begitu juga
harokatnya wawu atau ya’ pada fi’il amar hadlir dari fi’il bina’ ajwaf itu
harus dipindah pada huruf shohih sebelumnya yang mati dengan membuang hamzah
washol karena sudah tidak dibutuhkan lagi , lalu wawu atau ya’ tersebut yang
menjadi a’in fi’il harus dibuang karena bertemunya dua huruf yang mati dalam
satu kalimah seperti قُلْ asalnya اُقْوُلْ
100.Wawu atau
ya’ yang dibuang dalam fi’il amar hadlir dan amar ghoib dari bina’ ajwaf
tersebut harus dikembalikan lagi jika menunjukkan tasniyah atau jama’ mudzakar
seperti لِيَقُوْلُوْا,لِيَقُوْلاَ,قُوْلُوْا,قُوْلاَ
Sedangkan
wawu,ya’ atau alif yang menjadi huruf akhir fi’il amar hadlir atau amar ghoib
dari fi’il bina’ naqish mufrod itu harus dibuang seperti لِيَغْزُ لِيَرْمِ, danلِيَخْشَ asalnya لِيَغْزُوْ لِيَرْمِى, dan لِيَخْشَى ( Ghoib ) اُغْزُ اِرْمِ,danاِخْشَ asalnya اُغْزُوْ اِرْمِى,danاِخْشَى ( Hadlir )
Fi'il Mudharik,
Amar dan Nahi Binak Muktal
101. Fa’
fi’ilnya fi’il bina’ mu’tal mitsal wawi pada fi’il mudlori’,amar atau nahi (
hadlir atau ghoib ) dari bab وَهَبَ وَعَدَ, dan وَرِثَ yaitu ikut wazan يَفْعَلُ- فَعَلَ
102. يَفْعِلُ- فَعَلَdan يَفْعِلُ- فَعِلَ itu harus dibuang juga bab وَسِعَ yaitu yang ikut wazan يَفْعِلُ- فَعِلَ akan tetapi sedikit
Fi'il Mudharik,
Amar dan Nahi Binak Lafif Mafruq dan Maqrun
103. Lam
fi’ilnya ( huruf akhir ) fi’il mudlori’ yang dijazmkan ,fi’il amar dan fi’il
nahi dari bina’ lafif maqrun atau lafif mafruq itu seperti lam fi’ilnya fi’il
bina’ naqish yaitu harus dibuang seperti لَمْ يَطْوِ اِطْوِ, dan لاَتَطْوِ asalnya لَمْ يَطْوِى اِطْوِى, dan ى لاَتَطْوِ ( Lafif maqrun ) ,
لَمْ يَقِ قِ, dan لاَتَقِ asalnya لم يَقِى اِوْقِى, dan لاَتَقِى ( Lafif maqrun )
104. A’in
fi’ilnya bina’ lafif maqrun itu seperti a’in fi’ilnya bina’ shohih yaitu tidak
dirubah dan tidak dibuang seperti لَمْ يَشْوِ,اِشْوِ (lafif maqrun) sebagaimana لاَيَضْرِبْ,اِضْرِبْ ( bina’ Shohih )
Sedangkan fa’
fi’ilnya bina’ lafif mafruq itu hukumnya seperti fa’ fi’ilnya bina’ mu’tal
mitsal wawi yakni harus dibuang pada fi’il mudlori’,fi’il amar dan fi’il nahi
yang ikut wazan , يَفْعِلُ- فَعَلَ , يَفْعَلُ-
فَعَلَ يَفْعِلُ- فَعِلَ seperti يَمِقُ- وَمِقَ , يَلِى-
وَلَى , يَقِى- وَقَى ( lafif Mafruq ) يَرِثُ- وَرِثَ , يَعِدُ- وَعَدَ, يَضَعُ- وَضَعَ ( Mitsal wawi ) sedangkan yang ikut wazan يَفْعَلُ- فَعِلَ maka tidak dibuang seperti يَوْجَى- وَجِىَ sebagaimana يَوْجَلُ- وَجِلَ ( bina’ Shohih )
وَاَمْرُ ذَا لِلْفَـرْدِ
قِهْ وَقِيْ قِيَـا 105 لاِثْنَيْــنِ قُوْا وَقِيْنَ لِلْجَـمْعِ ائْتِـيَـا
105.Tashrifannya fi’il amar hadlir
dari bina’ lafif mafruq ialah قِيْنَ,قِيَا,قِى,قُوْ,قِيَا,قِهْ
yakni hamzah washol dan fa’ fi’ilnya fi’il amar hadlir dari bina’ mitsal wawi
yang ikut wazan , يَفْعِلُ- فَعَلَ , يَفْعَلُ- فَعَلَ يَفْعِلُ-
فَعِلَ perinciannya sebagai berikut (للمفرد المذكر) قِهْ (للمفردة المؤنث) قِى , (لجمع المذكر) قُوْ , (للمثنى المذكر
والمؤنث) قِيَا (لجمع المؤنث) قِيْنَ,
106.Apabila ada
lafadh yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf yang sama,sedangkan huruf yang
pertama mati dan yang kedua hidup atau hidup keduanya maka huruf yang pertama
harus diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَدَّ danمَدٌّ asalnya مَدَدَ danمَدْدٌ
107.Akan tetapi
kalau a’in fi’ilnya yang hidup sedangkan lam fi’ilnya mati maka tidak boleh
diidghomkan yakni harus dibaca idhar seperti مَدَدْتُ الْحَبْلَ dan مَدَدْنَ الْحَبْلَ dan apabila
matinya lam fi’ilnya tersebut ( huruf yang kedua ) karena jazm baik untuk fi’il
amar atau fi’il mudlori’ yang dijazemkan maka boleh idghom dan boleh idhar مُدَّ / اُمْدُدْ لَمْ يَفِرَّ , / لَمْ يَفْرِرْ
Fi'il Binak
Mahmuz
108. Hamzahnya
fi’il bina’ mahmuz itu apabila mati ( disukun ) maka boleh diganti huruf mad
yang sesuai dengan harokat huruf sebelumnya yaitu kalau harokat huruf
sebelumnya fathah maka hamzah tersebut diganti alif
109.kalau
dlomah maka hamzah tersebut diganti wawu dan kalau kasroh maka hamzah diganti
dengan ya’ dan juga boleh ditetapkan ( tidak diganti ) seperti يَاكُلُ يُوْمِنُوْنَ, dan إِيْذَنْ asalnya يَأْكُلُ يُؤْمِنُوْنَ, dan إِئْذَنْ
110. Apabila
hamzah fi’il bina’ mahmuz tersebut hidup dan huruf sebelumnya juga hidup maka
tidak boleh diganti huruf mad seperti قَرَأَ dan سَأَلَ akan tetapi
kalau huruf sebelumnya mati maka hamzah boleh diganti huruf mad dan boleh
ditetapkan seperti سَلْ dan اِسْأَلَ
111.Membuang
hamzahnya fi’il bina’ mahmuz yang berada pada fi’il amar seperti lafadh خُذْ مُرْ, dan كُلْ itu hukumnya syadz yaitu tidak sesuai dengan qoidah yang
berlaku, adapun tashrifannya fi’il selain fi’il bina’ shohih sebagaimana bina’
mitsal, ajwaf, naqish, mahmuz, mudo’af dan lafif itu seperti tasyrifannya bina’
shohih
112. Kami telah
sempurna dan selesai menyusun nadhom al maqshud dalam ilmu shorof ,kami selaku
pengarang yang masih muda usianya mohon ma’af kepada Yang Maha Pemurah atas
kekurangan pada kitab ini
113. Saya
memuji kepada kehadirat Alloh SWT,seraya membaca sholawat dan salam kepada nabi
Muhammad SAW,keluarga serta orang-orang yang membaca kitab ini.
KITAB SYARAH
MAQSHUD
Ada tiga kitab
syarah Nadhom Maqshud yang cukup populer yaitu:
1. Hallul Ma'qud min Nazhmil Maqshud karya Muhammad Ulaish Al-Maliki
2. Aunul Ma'bud Syarah Nazhmil Maqshud karya Abdurrohman Ibrahim Al-Suraihi.
3. Fathul Wadud Syarah Al-Lu'lu' Al-Mandhud karya Ahmad Jabir Jabran.