MACAM-MACAM
JUAL BELI
كتاب البيوع وغيرها من المعاملات
البيوع ثلاثة أشياء: عين
مشاهدة فجائز، وبيع شيء موصوف في الذمة فجائز إذا وجدت الصفة على ما وصف به، وبيع غائبة
لم تشاهد فلا يجوز. ويصح بيع كل طاهر منتفع به مملوك، ولا يصح بيع عين نجسة، ولا ما
لا منفعة فيه.
Artinya: Jual
beli itu ada tiga macam: (a) Jual beli benda yang kelihatan di depan penjual
dan pembeli, maka hukumnya adalah boleh. (b) Jual beli benda yang disebutkan
sifatnya saja dalam janji (tanggungan) maka hukumnya adalah boleh jika didapati
sifat tersebut sesuai dengan apa yang telah disebutkan; (c) Jual beli benda
yang tidak ada serta tidak dapat dilihat, maka tidak boleh (tidak sah). Dan sah
menjual setiap benda suci yang bisa diambil manfaatnya serta dapat dimiliki.
Dan tidak sah menjual benda najis dan benda yang tak ada manfaatnya.
BAB RIBA
(فصل) والربا في الذهب والفضة
والمطعومات ولا يجوز بيع الذهب بالذهب والفضة كذلك إلا متماثلا نقدا ولا بيع ما ابتاعه
حتى يقبضه ولا بيع اللحم بالحيوان ويجوز بيع الذهب والفضة متفاضلا نقدا وكذلك المطعومات
لا يجوز بيع الجنس منها بمثله إلا متماثلا نقدا ويجوز بيع الجنس منها بغيره متفاضلا
نقدا ولا يجوز بيع الغرر.
Riba itu
berlaku pada emas, perak dan makanan.
Tidak boleh
jual beli (bukan menukar) emas dengan emas, begitu juga perak dengan perak
kecuali kalau sepadan berat timbangannya serta kontan. Tidak boleh menjual
benda yang telah dibelinya sehingga benda itu dipegangnya (ada pada tangan yang
hendak menjaul itu). Tidak boleh menjual (menukar) daging dengan hewan. Boleh
menjual (menukar) emas dengan perak tidak sebanding beratnya asal kontan.
Begitu juga makanan, tidak boleh menjual (menukar) satu jenis yang semacam
kecuali sebanding (ukuran atau takarannya) dan kontan. Boleh menjual (menukar)
satu jenis daripada makanan itu dengan (jenis makanan) lainnya yang tidak
sebanding asal kontan. Tidak boleh menjual barang yang tidak terang (gharar).
BAB KHIYAR
(MEMILIH)
(فصل) والمتبايعان بالخيار ما لم يتفرقا ولهما أن يستوطئا الخيار إلى ثلاثة أيام
وإذا وجد بالمبيع عيب فللمشتري رده ولا يجوز بيع الثمرة مطلقا إلا بعد بدو صلاحها ولا
بيع ما فيه الربا بجنسه رطبا إلا اللبن.
Penjual dan
Pembeli ada waktu pilihan selama mereka berdua belum berpisah. Mereka berdua
diberi hak untuk memberikan syarat untuk waktu pilihan sampai tiga hari. Bila
ditemukan dalam benda yang dibeli cacat maka pembeli boleh mengembalikannya.
Tidak boleh
menjual buah buahan kecuali sesudah jelas matang/tua. Tidak boleh berjualan
dalam benda yang sejenis secara tidak sama kecuali susu.
PASAL AKAD
SALAM
(فصل) ويصح السلم حالا ومؤجلا
فيما تكامل فيه خمس شرائط أن يكون مضبوطا بالصفة وأن يكون جنسا لم يختلط به غيره ولم
تدخله النار لإحالته وأن لا يكون معينا ولا من معين
ثم لصحة السلم فيه ثمانية
شرائط وهو أن يصفه بعد ذكر جنسه ونوعه بالصفات التي يختلف بها الثمن وأن يذكر قدره
بما ينفي الجهالة عنه وإن كان مؤجلا ذكر وقت محله وأن يكون موجودا عند الاستحقاق في
الغالب وأن يذكر موضع قبضه وأن يكون الثمن معلوما وأن يتقابضا قبل التفرق وأن يكون
عقد السلم ناجزا لا يدخله خيار الشرط.
Akad salam
(pemesanan) itu sah baik barang diterima secara langsung dan barang yang tidak
diterima langsung (yaitu pemesanan) akan barang-barang yang sempurna terpenuhi
di dalamnya lima syarat (yakni): (1) Barang itu dapat dipastikan keadaannya
dengan sifat; (2) Barang itu adalah sejenis barang yang tidak bercampur aduk
dengan jenis-jenis lainnya. (3) Barang itu tidak terkena api untuk (maksud)
diubahnya dan keadaan mentah menjadi masak: artinya tidak dimasak. (4) Barang
itu bukan yang ditentukan (ditunjuk). (5) Barang itu bukan juga sebagian dari
barang-barang yang ditentukan (ditunjuk).
Untuk menjadi
sahnya barang yang dipesan itu ada 8 (delapan) syarat yaitu: (1) Barang yang
dipesan hendaklah menyifati barang itu setelah menyebutkan jenis dan macamnya
dengan sifat-sifat yang (dapat) membedakan harga barang itu dari yang lain. (2)
Haruslah menyebutkan kadar ukuran atau takarannya dengan keterangan yang
(dapat) menghilangkan ketidakmengertian tentang barang itu. (3) Kalau pesanan
itu barang yang tidak diterima langsung, maka yang dipesan harus menyebutkan
waktu penerimaannya. (4) Barang itu pada umumnya harus ada pada waktu yang
dijanjikan. (5) Yang dipesani harus menyebutkan tempat serah terima barang
pesanan itu. (6) Haruslah harganya sudah diketahui. (7) (Pemesan kepada yang
dipesani) harus membayar harga barang pesanan tersebut sebelum berpisah. (8)
Akad pemesanan (akad salam) itu harus terus jadi, tidak boleh dimasuki khiyar
bersyarat.
BAB GADAI
(فصل) وكل ما جاز بيعه جاز
رهنه في الديون إذا استقر ثبوتها في الذمة وللراهن الرجوع فيه ما لم يقبضه ولا يضمنه
المرتهن إلا بالتعدي وإذا قبض بعض الحق لم يخرج شيء من الرهن حتى يقضى جميعه.
Setiap sesuatu
yang boleh dijual boleh pula digadaikan untuk keperluan hutang piutang. Jika
tetap hutang piutang itu menjadi tanggungan (se pigadai). Bagi si pegadai boleh
mengurungkan gadaiannya selagi barangnya belum diterima oleh penerima gadaian.
Penerima
gadaian tidak (harus) mengganti barang gadaian itu kecuali kalau ia melanggar
(tidak menepati amanah). Dan jika penerima gadaian masih menerima sebagian
haknya (uang penebusan) belumlah persoalan gadaian itu terlepas (beres)
sehingga si pegadai memenuhi semua hak penerima gadaian itu (semua uang
penebusnya).
PASAL LARANGAN
MEMBELANJAKAN UANG (AL HAJR)
(فصل) والحجر على ستة الصبي
والمجنون والسفيه المبذر لماله والمفلس الذي ارتكبته الديون والمريض فيما زاد على الثلث
والعبد الذي لم يؤذن له في التجارة وتصرف الصبي والمجنون والسفيه غير صحيح وتصرف المفلس
يصح في ذمته دون أعيان ماله وتصرف المريض فيما زاد على الثلث موقوف على إجازة الورثة
من بعده وتصرف العبد يكون في ذمته يتبع به إذا عتق.
Larangan
memebelanjakan uang hanyalah dilakukan terhadap 6 (enam) orang yaitu: (1)
Anak-anak; (2) Orang gila; (3) Orang bodoh yang memubadzirkan urangnya
(memboroskan uang semaunya). (4) Orang pailit (bangkrut) yang menanggung banyak
hutang. (5) Orang sakit (yang mengkhawatirkan) dalam hal berwasiat
menyedekahkan lebih dari sepertiga hartanya. (6) Hamba sahaya atau budak yang
tidak diijinkan berdagang oleh tuannya.
(a)
Pembelanjaan oleh anak-anak, orang gila dan orang safih adalah tidak sah. (b)
Pembelanjaan oleh orang pailit adalah sah atas tanggungannya sendiri (asal)
bukan pembelanjaan harta yang sedang diawasi. (c) Pembelanjaan orang sakit
dalam jumlah lebih besar dari sepertiga hartanya adalah diserahkan atas ijin
ahli warisnya sesudah ia wafat. (d) Pembelanjaan budak (tanpa seijin tuannya)
adalah tidak sah dan segala akibatnya menjadi tanggung jawab sendiri, (artinya)
bahwa ia dituntut sendiri sesudah merdeka jika dalam pembelanjaannya tadi merusak
sesuatu.
PASAL
PERDAMAIAN (SULUH)
(فصل) ويصح الصلح مع الإقرار
في الأموال وما أفضي إليها وهو نوعان إبراء ومعارضة فالإبراء اقتصاره من حقه على بعضه
ولا يجوز تعلقه على شرط والمعارضة عدوله عن حقه إلى غيره ويجري عليه حكم البيع ويجوز
للإنسان أن يشرع روشنا في طريق نافذ بحيث لا يتضرر المار ولا يجوز في الدرب المشترك
إلا بإذن الشركاء ويجوز تقديم الباب في الدرب المشترك ولا يجوز تأخيره إلا بإذن الشركاء.
Sah berdamai
(shuluh) disertai iqrar (pengakuan) dalam harta dan sesuatu yang mengalir
kesana. Damai itu ada dua macam: membebaskan dan mengganti. Adapun membebaskan
meringkas perdamaian dari stu hak kesebagian hak. Tidak boleh menggantungkan
hak kepada sarat. Pembebasa pengganti memindahkan hak ke yang lain. Dan berlaku
dalam perdaian ini hokum jual beli. Dan diperbolehkan membuka daun jendela
dijalan lintas yang tidak membahayakan orang yang berjalan. Tidak boleh dalam
gerbang kecuali dengan mendapa ijin serikatnya. Tidak boleh memajukan pintu
dalam gerbang milik bersama dan juga tidak boleh membelakangkan pintu gerbang
milik bersama kecuali dengan ijin serikatnya.
TRANSAKSI
HIWALAH
(فصل) وشرائط الحوالة أربعة
أشياء رضاء المحيل وقبول المحال وكون الحق مستقرا في الذمة وإنفاق ما في ذمة المحيل
والمحال عليه في الجنس والنوع والحلول والتأجيل وتبرأ بها ذمة المحيل.
Sarat Hiwalah
ada empat:
1. relanya yang
mindah
2. penerimaan
yang dipindah
3. keadaan hak
masih dalam tanggungan
4. kesepakatan
tanggungan yang mindah, yang dipindah dan yang menerima pindahan dalam jenis,
macam, jatuh tempo, segera.
Membebaskan
tanggungan itu adalah itu adalah hak yang memindahkan.
AKAD DHOMAN
(MENANGGUNG HUTANG)
(فصل) ويصح ضمان الديون المستقرة في الذمة إذا علم قدرها ولصاحب الحق مطالبة
الضامن والمضمون عنه إذا كان الضمان على ما بينا وإذا غرم الضامن رجع على المضمون عنه
إذا كان الضمان والقضاء بإذنه ولا يصح ضمان المجهول ولا ما لم يجب إلا درك البيع.
Sah menanggung
hutang yang masih dalam tanggungan ketika diketahui perkiraan yang akan
ditanggung. Bagi yang punya hak berhak meminta kapan saja dari yang menanggung
dan yang ditanggung ketika barang yang ditanggung itu adalah jelas. Dan ketika
barang itu sudah di di tempuhi yang menanggung maka meminta kembali terhadap
yang ditanggung ketika tanggungan itu telah diijinkan olehnya. Tidak sah
menanggung tanggungah yang tidak diketahui dan juga tidak sah menanggung
sesuatu yang tidak wajib kecuali dalam bab tingkatan perdagangan
TRANSAKSI
KAFALAH
(فصل) والكفالة بالبدن جائزة
إذا كان على المكفول به حق لآدمي.
Menanggung
perawatan badan itu boleh ketika yang dirawat itu adalah hak Adam
AKAD SYIRKAH
(فصل) وللشراكة خمس شرائط أن تكون على ناض من الدراهم والدنانير وأن يتفقا في
الجنس والنوع وأن يخلطا المالين وأن يأذن كل واحد منهما لصاحبه في التصرف وأن يكون
الربح والخسران على قدر المالين ولكل واحد منهما فسخها متى شاء ومتى مات أحدهما بطلت.
Kerja sama ada
lima syarat:
1. kerja sama
dalam uang baik diham atau dinar
2. Mufakat
dalam jenid dan macam
3.
Dicampurkannya dua harta
4. Saling
mengijinkan kepada yang lain dalam beroperasi
5. Untung dan
rugi dibebankan kepada dua harta
Semua dari
kedua belah pihak berhak merusak akad kapan saja. Ketika salah seorang
meninggal maka batal.
PERWAKILAN
(WAKALAH) DALAM JUAL BELI
(فصل) وكل ما جاز للإنسان
التصرف فيه بنفسه جاز له أن يوكل أو يتوكل فيه والوكالة عقد جائز ولكل منهما فسخها
متى شاء وتنفسخ بموت أحدهما والوكيل أمين فيما يقبضه وفيما يصرفه ولا يضمن إلا بالتفريط
ولا يجوز أن يبيع ويشتري إلا بثلاثة شرائط أن يبيع بثمن المثل وأن يكون نقدا بنقد البلد
ولا يجوز أن يبيع من نفسه ولا يقر على موكله إلا بإذنه.
Setiap sesuatu
yang diperbolehkan mengoperasikannya maka diperbolehkan mewakilkan atau
menerima wakil. Berwakil adalah akad yang diperbolehkan. Masing Masing punya
hak untuk membatalkan akad kapan saja. Akad wakil dinyatakan batal sebab
metinya salah seorang dri mereka. Wakil harus bisa dipercaya dalam sesuatu yang
diterima dan yang akan ditasarufkannya. Wakil tidak mengganti kecuali dalam
kecerobohan. Wakil tidak boleh menjual atau membeli kecuali tiga syarat:
1. Menjual
dengan harga umum
2.
Mengoperasikan harta dengan uang daerah tersebut
3. Tidak
diperbolekan menjual sendiri dan tidak harus ditetapkan oleh yang mewakilkan.
IKRAR
(PENGAKUAN)
(فصل) والمقر به ضربان: حق
الله تعالى وحق الآدمي. فحق الله تعالى يصح الرجوع فيه عن الإقرار به، وحق الآدمي لا
يصح الرجوع فيه عن الإقرار به. وتفتقر صحة الإقرار إلى ثلاثة شرائط: البلوغ والعقل
والاختيار. وإن كان بمال اعتبر فيه شرط رابع وهو الرشد. وإذا أقر بمجهول رجع إليه في
بيانه ويصح الاستثناء في الإقرار إذا وصله به وهو في حال الصحة والمرض سواء.
Pengakuan itu
ada dua macam: hak Alloh dan hak adam. Hah Alloh disahkan mencabut pengakuan. Dan
hak adam tidak sah mencbut kembali pengakuan. Pengakuan membutuhkan tiga sarat:
1. Baligh
2. Berakal
3. Pilihan
Bila pengakuan
berhubungan dengan harta maka ada sarat yang keempat yaitu pandai.
Dan ketika
mengakui sesuatu yang tidak jelas maka dia harus mencabut kembali dengan
keterangan. Disahkan mengistisna I dalam pengakuan ketika disambungkan yaitu
dalam sehat dan sakit sama.
PINJAM MEMINJAM
(IARAT)
(فصل) وكل ما يمكن الانتفاع
به مع بقاء عينه جازت إعارته إذا كانت منافعه آثارا وتجوز العارية مطلقة ومقيدة بمدة
وهي مضمونة على المستعير بقيمتها يوم تلفها.
BAB GHASAB
(فصل) ومن غصب مالا لأحد
لزمه رده وأرش نقصه وأجرة مثله فإن تلف ضمنه بمثله إن كان له مثل أو بقيمته إن لم يكن
له مثل أكثر ما كانت من يوم الغصب إلى يوم التلف.
Semua sesuatu
yang bisa diambil manfaatnya serta utuh bendanya maka diperbolehkan meminjamkan
ketikan hasilnya bisa terlihat nyata. Diperbolehkan meminjam baik mutlak atau
dikayyiti. Dengan wktu. Pinjaman akan diganti oleh orang yang meminjam dengan
harganya pada haru rusaknya pinjaman.
BAB SYUF'AH
(TAMBAH MODAL)
(فصل) والشفعة واجبة بالخلطة
دون الجوار فيما ينقسم دون ما لا ينقسم وفي كل ما لا ينقل من الأرض كالعقار وغيره بالثمن
الذي وقع عليه البيع وهي على الفور فإن أخرها مع القدرة عليها بطلت وإذا تزوج شخص امرأة
على سقص أخذه الشفيع بمهر المثل وإن كان الشفعاء جماعة استحقوها على قدر الأملاك.
Menambah modal
itu adalah wajib dalam harta yang dikerjasamakan dibawahnya dalam sesuatu yang
bisa dibagi dan dalam hal yang tidak bisa dibgi dari pekarangan atau yang lain
maka dengan harga yang berlaku dalam jual beli secara kontan. Bila
mengakhirkannya disertai ada kemampuan atasnya maka batal. Ketika seseorang
menikahi perempuan atas bagian dia maka dia harus menambahkan modal untuk
umumnya maskawin. Ketika modal diberikan jamaah maka mereka semua memiliki hak
kepemilikan.
BAB HUTANG
(فصل) وللقراض أربعة شرائط
أن يكون على ناض من الدراهم والدنانير وأن يأذن رب المال للعامل في التصرف مطلقا أو
فيما لا ينقطع وجوده غالبا وأن يشترط له جزءا معلوما من الربح وأن لا يقدر بمدة ولا
ضمان على العامل إلا بعدوان وإذا حصل ربح وخسران جبر الخسران بالربح.
Bagi hasil ada
empat sarat:
1. Hendaklah
dalam biadang uang baik dirham atau dinar
2. Pemilik
harta hendaklah mengijinkan kepada karyawan mutlak dam mentasarufkan atau dalam
sesuatu yang tidak habis wujudnya.
3. Pemilik
harta hendakalah mensaratkan jus yang sudah diketahui dari untung
4. Tidak
menentukan waktu.
Dan pekerja
tidak mengganti kecuali permusuhan
Ketika berhasi
untung atau rugi maka di tambeli dari keuntungn
BAB SIRAMAN
(MUSAQAT)
(فصل) والمساقاة جائزة على
النخل والكرم ولها شرطان أحدهما أن يقدرها بمدة والثاني أن يعين للعامل جزءا معلوما
من الثمرة ثم العمل فيها على ضربين يعود نفعه إلى الثمرة فهو على العامل وعمل يعود
نفعه إلى الأرض فهو على رب المال.
Akat siraman
itu boleh dalam kurma dan anggur. Akat siraman mempunyai dua sarat:
1. Ditetukan
perkiraan masanya
2. Yang
benyirami menentukan juz yang ditentukan dari buah
Kemudian akat
siraman itu ada dua macam:
1. Pekerjaan
yang manfaatnya kembali kepada buah. Ditanggung oleh karyawan
2. Pekerjaan
yang akan kembali kepada tanah. Dibebankan kepada yang punya tanah
BAB SEWA
(IJARAH)
(فصل) وكل ما أمكن الانتفاع به مع بقاء عينه صحت إجارته إذا قدرت منفعته بأحد
أمرين بمدة أو عمل وإطلاقها يقتضي تعديل الأجرة إلا أن يشترط التأجيل ولا تبطل الإجارة
بموت أحد المتعاقدين وتبطل بتلف العين المستأجرة ولا ضمان على الأجير إلا بعدوان.
Segala sesuatu
yang dapat dimanfaatkan dan keadaannya tetap utuh (tidak berubah), maka boleh
menyewakannya jika manfaatnya itu ditentukan dengan salah satu perkara:
(a) Dengan
jangka waktu atau (b) pekerjaan; Ongkos ijarah (sewa) harus dibayar tunai,
kecuali jika ada perjanjian untuk menangguhkan pembayaran ongkos sewa tersebut
Ijarah tidak
menjadi batal karena meninggalnya salah seorang di antara kedua orang yang
melakukan akad. Akan tetapi, ijarah itu batal karena rusaknya barang yang
disewakan.
Tidak ada
tanggungan bagi si penyewa atas barang sewaan kecuali jika ia rusak karena
kecerobohannya.
BAB JU'ALAH
(فصل) والجعالة جائزة وهو
أن يشترط في رد ضالته عوضا معلوما فإذا رده استحق ذلك العوض المشروط.
Pengumuman itu
boleh. Hendakla mensyaratkan dalam mengembalikan harta yang hilang yang sudah
diketahui. Maka bila ada orang yang mengembalikan maka dia berhak mendapat
ganti yang disyaratkan.
BAGI HASIL
TANAMAN
(فصل) وإذا دفع إلى رجل أرضا ليزرعها وشرط له جزءا معلوما من ريعها لم يجز وإن
أكراه إياها بذهب أو فضة أو شرط له طعاما معلوما في ذمته جاز.
Ketika
seseorang memberikan tanah kepada orang lain untuk ditanami dan mensaratkan jus
yang sudah diketahui dari jenis tanamannya maka tidak boleh. Bial ai memaksanya
ditukar dengan emas atau perak atau mensaratkan ditukar dengan makanan yang
diketahui dalam tanggungannya maka boleh.
MENGHIDUPKAN
BUMI MATI
(فصل) وإحياء الموات جائز
بشرطين أن يكون المحيي مسلما وأن تكون الأرض حرة لم يجر عليها ملك لمسلم وصفة الإحياء
ما كان في العادة عمارا للمحيا ويجب بذل الماء بثلاثة شرائط أن يفضل عن حاجته وأن يحتاج
إليه غيره لنفسه أو لبهيمته وأن يكون مما يستخلف في بئر أو عين.
Membuaka
garapan baru itu boleh ketika yang membuka areal baru adalah muslim dan bumi
yang dibuka adalah areal bebas. Tidak boleh membuka areal baru yang sudah
dimiliki muslim. Dan sifat pembukaan areal baru adalah sepanjang berlaku dalam
membuka areal beru. Dan wajib menyerahkan air dengan tiga sarat: tersissa atas
kebutuhannya sendiri, ada orang lain yang membutuhkan dari padanya atau
ternaknya dan air tersebut bisa diganti dalam sumur atau air mata.
BAB WAQAF
(فصل) والوقف جائز بثلاثة
شرائط أن يكون مما ينتفع به مع بقاء عينه وأن يكون على أصل موجود وفرع لا ينقطع وأن
لا يكون في محظور وهو على ما شرط الواقف من تقديم أو تأخير أو تسوية أو تفضيل.
Wakaf itu boleh
dalam tiga hal:
1. Benda yang
bisa dimanfaatkan serta bendanya utuh
2. Benda itu
asli adanya dan cabang yang tidak putus
3. Benda itu
tidak termasuk yang dilarang yaitu perka yang disyaratkan waqif seperti
mendahulukan atau mengakhirkan atau menyamakan atau melebihkan.
BAB HIBAH
(فصل) وكل ما جاز بيعه جاز
هبته ولا تلزم الهبة إلا بالقبض وإذا قبضها الموهوب له لم يكن للواهب أن يرجع فيها
إلا أن يكون والدا وإذا أعمر شيئا أو أرقبه كان للمعمر أو للمرقب ولورثته من بعده.
Setiap perkara
yang bisa dijual maka boleh dihibahkan. Hibah harus dilakukan dengan serah
terima. apabila orang yang diberi (mauhub lah) sudah menerima barang hibah maka
tidak boleh bagi pemberi hibah (al wahib) mencabut kembali pembariannya kecuali
bapak.
BAB BARANG
TEMUAN (LUQATAH)
(فصل) وإذا وجد لقطة في موات
أو طريق، فله أخذها وتركها، وأخذها أولى من تركها إن كان على ثقة من القيام بها. وإذا
أخذها وجب عليه أن يعرف ستة أشياء: وعاءها وعفاصها ووكاءها وجنسها وعددها ويحفظها في
حرز مثلها. ثم إذا أراد تملكها عرفها سنة على أبواب المساجد وفي الموضع الذي وجدها
فيه، فإن لم يجد صاحبها كان له أن يتملكها بشرط الضمان.
واللقطة على أربعة أضرب:
أحدها ما يبقى على الدوام فهذا حكمه. والثاني ما لا يبقى كالطعام الرطب فهو مخير بين
أكله وغرمه أو بيعه وحفظ ثمنه. والثالث ما يبقى بعلاج كالرطب فيفعل ما فيه المصلحة
من بيعه وحفظ ثمنه أو تجفيفه وحفظه. والرابع ما يحتاج إلى نفقة كالحيوان، وهو ضربان:
حيوان لا يمتنع بنفسه فهو مخير بين أكله وغرم ثمنه أو تركه والتطوع بالإنفاق عليه أو
بيعه وحفظ ثمنه. وحيوان يمتنع بنفسه فإن وجده في الصحراء تركه وإن وجده في الحضر فهو
مخير بين الأشياء الثلاثة فيه.
Apabila
menemukan luqatah (barang temuan) di bumi mati atau jalan maka boleh diambil
atau ditinggalkan. Mengambil lebih utama dari meninggalkan apabila ia percaya
dapat menjaganya. apabila mengambilnya maka wajib baginya mengetahui enam
perkara
HUKUM MERAWAT
BARANG TEMUAN
(فصل) وإذا وجد لقيط بقارعة الطريق فأخذه وتربيته وكفالته واجبة على الكفاية
ولا يقر إلا في يد أمين فإن وجد معه مال أنفق عليه الحاكم وإن لم يوجد معه مال فنفقته
في بيت المال.
Bila seseorang
menemukan sesuatu di tengah jalan maka mengambilnya, membesarkan dan merawatnya
itu adalah wajib kifayah. Temuan tidak selalu tetap ditangan orang yang bisa
dipercaya. Dan bila ditemukan ada harta bendanya maka hakim menafkahkannya.
Bila ditemukan tidak ada harta bendanya maka nafkahnya diambilkan dari baitul
maal.
BAB BARANG
TITIPAN (WADIAH)
(فصل) والوديعة أمانة ويستحب قبولها لمن قام بالأمانة فيها ولا يضمن إلا بالتعدي
وقول المودع مقبول ي ردها على المودع وعليه أن يحفظها في حرز مثلها وإذا طولب بها فلم
يخرجها مع القدرة عليها حتى تلفت ضمن.
Titipan itu
adalah kepercayaan. Disunnahkan menerima kepercayaan bagi orang yang mampu
melaksanakan amanah. Dan tidak mengganti kecuali dengan main main. Ucapan yang
meititipkan diterima dalam mengembalikan titipan terhadap yang menerima titip.
Dan orang yang dititipi harus menjaga ditempat wajarnya menyimpan. Bila disuruh
mengembalikan dan dia tidak mengeluarkannya pdahal dia bisa maka dia harus
mengganti.