كتاب العتق
ويصح العتق من كل مالك جائز
التصرف قي ملكه ويقع بصريح العتق والكناية مع النية وإذا أعتق بعض عبد عتق عليه جميعه
وإن أعتق شركا له في عبد وهو موسر سرى العتق إلى باقية وكان عليه قيمة نصيب ومن ملك
واحدا من والديه أو مولودية عتق عليه.
Sah
memerdekakan setiap yang dimiliki yang bebas melakukan pekerjaan dalam
miliknya. Memerdekakan akan terjadi dengan kata yang jelas atau sindiran yang
disertai niat. Ketika sebagian anggota dari budak itu dimerdekakan maka merdeka
seluruh budak. Dan bila seseorang memerdekakan budak milik sarikat dan dia kaya
maka berlakulah kemerdekaan seluruh budak dan bagi orang tersebut menanggung
bagian temannya. Dan barang siapa memiliki satu budak dari orang tuanya atau
dari anaknya maka hendaklah dia memerdekakan
AHLI WARIS
WALA'
(فصل) والولاء من حقوق العتق وحكمه حكم التعصيب عند عدمه وينتقل الولاء عن المعتق
إلى الذكور من عصبته وترتيب العصابات في الولاء كترتيبهن في الإرث ولا يجوز بيع الولاء
ولا هبته.
Waris Walak
adalah akibat dari memerdekakan budak. Dan hukumnya seperti hukum asobah ketika
tidak ada yang menghalanginya dan akan pindah dari pemerdeka laki laki ke laki
laki dari asobahnya. dan tertib asobah dalam walak seperti tertib dalam waris.
Dan walak tidak boleh dijual atau diberikan ke yang lain.
BUDAK MUDABBAR
(فصل) ومن قال لعبده إذا مت فأنت حر فهو مدبر يعتق بعد وفاته من ثلثه ويجوز له
أن يبيعه في حال حياته ويبطل تدبيره وحكم المدبر في حال حياة السيد حكم العبد القن.
Barang siapa
berkata kepada budaknya: “ sewaktu saya mati maka kamu merdeka” maka budak
tersebut menjadi budak mudabbar ( bebas setelah mati ) yang akan merdeka
setelah mati tuannya 1/3 nya. Dan boleh mudabbar di jual sewaktu tunnya masih
hidup dan akan membatalkan mudabbarnya. Hokum mudabbar diwktu tuannya hidup
adalah seperti budak murni.
BUDAK MUKATAB
(فصل) والكتابة المستحبة إذا سألها العبد وكان مأمونا مكتسبا ولا تصح إلا بمال
معلوم ويكون مؤجلا إلى أجل معلوم أقله نجمان وهي من جهة السيد لازمة ومن جهة المكاتب
جائزة فله فسخها متى شاء وللكاتب التصرف فيما في يده من المال ويجب على السيد أن يضع
عنه من مال الكتابة ما يستعين به على أداء نجوم الكتابة ولا يعتق إلا بأداء جميع المال.
Budak Kitabah(
cicilan ) itu adalah sunnah. Ketika mukatab diminta seorang budak dan budak itu
bias dipercaya dan bis bekerja. Tidak sah kitabah kecuali dengan harta yang
diketahui dan kitabah di tangguhkan sampai waktu yang ditentukan. Waktu paling
sedikit adalah 2 tanggal yaitu kitabah yang muncul dari tuan itu sudah lazim.
Dan dari arah budak boleh dan baginya berhak membatalkan kapan saja. Dan bagi
hamba mukatab mempunyai kesempatan menasarufkan apa yang ada di tangannya. Dan
bagi tuan hendaklah membebaskan harta kitabah untuk menolong tanggal cicilan.
Dan tidak akan merdeka kecuali dengan lunasnya semua harta cicilan.
UMMU WALAD
(فصل) وإذا أصاب السيد أمته فوضعت ما تبين فيه شيء من خلق آدمي حرم عليه بيعها
ورهنها وهبتها وجاز له التصرف فيها بالاستخدام والوطء وإذا مات السيد عتقت من رأس ماله
قبل الديوان والوصايا وولدها من غيره بمنزلتها ومن أصاب أمة غيره بنكاح فالولد منها
مملوك لسيدها إن أصابها بشبهة فولده منها حر وعليه قيمته للسيد وإن ملك الأمة بعد ذلك
لم يصر أم ولد له بالوطء في النكاح وصارت أم ولد له بالوطء بالشبهة على أحد القولين
، والله أعلم .
تم بحمد الله
Ketika tuan
menyetubuhi amatnya dan melahirkan anak maka haram menjual, menggadaikan dan
memberikan amat tersebut. Dan amat tersebut boleh disuruh melayaninya dan wati.
Dan ketika tuannya mati maka amat tersebut merdeka dari pokok harta sebelum
untuk membayar hutang dan wasiat. Dan anak amat yang bukan dari tuannya
menduduki kedudukan amat tersebut alias ikut merdeka. Dan barang siapa menikahi
amat orang lain dan menghamilinya maka anak darinya milik tuan. Dan bila
menghamilinya karena syubhat maka anak darinya adalah merdeka dan dia
menanggung harga anak terhadap tuannya. Dan bila seseorang memiliki amat yang
dicerai sesudahnya maka tidak menjadi umi walad untuk dia sebab wati dalam
nikah. Dan amat akan menjadi umi walad untuknya sebab wati' serupa menurut
salah satu qoul.
DAFTAR ISI Terjemah Kitab Taqrib/Matan Abu Syujak