Terjemah Kitab Tuhfatul
Athfal
Nama kitab
asal: Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal)
Nama lain:
Matan Al-Jamzuriyah
Pengarang:
Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy
Daftar Isi
Ilmu Tajwid
Pendahuluan
Nun Sukun dan
Tanwin
Mim Sukun
Lam Al (Alif lam Qomariyah &
Syamsiyah) dan Lam fi’il
Mitslain,
Mutaqaribain, dan Mutajanisain
Mad
Jenis-jenis Mad
Lazim
Penutup
Ilmu Tajwid
Ilmu tajwid
dalam istilah ilmu Qiraah adalah mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan
memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu
yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang
terdapat dalam kitab suci al-Quran maupun bukan dengan cara menyampaikan dengan
sebaik-baiknya dan sempurna dari tiap-tiap bacaan ayat al-Quran.
Masalah yang dikemukakan dalam ilmu tajwid adalah makharijul huruf (tempat
keluar-masuk huruf), shifatul huruf (cara pengucapan huruf), ahkamul huruf
(hubungan antar huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek ucapan),
ahkamul waqaf wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan), dan lain-lain.
المقدمة
يَقُــولُ رَاجِـي رَحمةِ الْغَـفُـورِ * دَوْمَـاً سُلَـيْمَانُ هُـوَ
الْجَمـْزُورِى
الْحَمْــدُ لِلَّــهِ
مُصَـلّـِياً عَـلـى * مُـحَمَـــدٍ وآلِــهِ وَمَـنْ تَـلاَ
وَبَعْـدُ هـذَا النَّـظْـمُ
لِلْـمُرِيــدِ * فــي النُـونِ والتَّـنْوِينِ وَالْمُدُودِ
سَــمَّيتُــهُ
بِتُحفَـة الأَطْفَالِ * عَـنْ شَيْـخِنَا الْمِيـهِىِّ ذِي الْكَمالِ
أَرْجُــو بِـه أَنْ
يَنْـفَعَ الطُّـلاَّبَـا* وَالأَجْــرَ وَالْقَـبُـولَ وَالثَّـوَابـا
Pendahuluan
Berkata
Sulaiman Al Jamzury, orang yang senantiasa mengharapkan rahmat sang Maha
Pengampun..
Segala puji
bagi Allah, Shalawat atas Muhammad beserta keluarga dan orang yang
mengikutinya..
Bait syair ini
adalah untuk orang yang menginginkan (pembahasan) pada masalah nun, tanwin, dan
mad-mad..
Aku namakan
dengan Tuhfatul Athfal.. dari (riwayat) Syaikh kami, Al Mihiy yang memiliki
kesempurnaan (ilmu)..
Aku berharap
(kitab ini) bermanfaat untuk penuntut ilmu.. dan Aku berharap amalan ini
diterima, mendapatkan balasan dan pahala.
النون الساكنة والتنوين
لِلـنُّــونِ إِنْ
تَسْـكُنْ وَلِلتّـَنْوِينِ * أَرْبَـعُ أَحْكَـامٍ فَخُـذْ تَبْـيِـيـنِـي
فَـالأَوَّلُ
الإظْـهَارُ قَـبْـلَ أَحْـرُفِ * لِلْحَـلْـقِ سِـتٍ رُتِّبَتْ فَلـتَـعْرِفِ
هَمْـزٌ فَـهَـاءٌ
ثُـمَّ عَـيْـنٌ حَـاءُ * مُـهْمَلَـتَانِ ثُــمَّ غَيْـنٌ خَــاءُ
والـثّـَانـي
إِدْغَـامٌ بِسـتَّةٍ أَتَـتْ * فِـي يَـرْمَـلُـونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَت
لَـكِنَّهَا قِسْـمَانِ
قِسْــمٌ يُـدْغَـمَا * فِـيهِ بِـغُـنّـَةٍ بِيَـنْـمُو عُلِـمَـا
إِلاَّ إِذَا كَـانَـا بِـكــِلْمَـةٍ
فَــلاَ * تُـدْغِـمْ كَدُنْـيَا ثُمَّ صِـنْوَانٍ تَـلاَ
وَالثَّـانـي
إِدْغَــامٌ بِغَيْــرِ غُـنَّةْ * فـي الـلاَّمِ وَالـرَّا ثُـمَّ كَـرّرَنَّـهْ
وَّالثَـالـثُ
الإِقْـلاَبُ عِنْـدَ الْبَـاءِ * مِيــماً بِغُـنَــةٍ مَـعَ الإِخْـفَـاءِ
وَالرَّابِـعُ
الإِخْـفَاءُ عِنْـدَ الْفاضِـلِ * مِـنَ الحُـرُوفِ وَاجِـبٌ لِلْفَاضِـلِ
فـي خَمْسَـةٍ مِنْ
بَعْدِ عَشْرٍ رَمْزُهَا * فِـي كِلْمِ هذَا البَيْتِ قَـدْ ضَمَّنـْتُـهَا
صِفْ ذَا ثَـنَا كَمْ
جَادَ شَخْصٌ قَدْ سمَا * دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ ظَالِـمَا
Nun Sukun dan
Tanwin memiliki empat hukum, maka perhatikanlah penjelasanku..
Pertama, Idzhar
(jika ada nun sukun / tanwin) sebelum enam huruf halqy (tenggorokan) yang
tersusun maka ketahuilah..
Hamzah (أ) , Ha besar (هـ), ‘Ain (ع), Ha kecil (ح), kemudian Gha (غ), dan Kha (خ)..
Kedua, Idgham
yang memiliki 6 huruf yang datang kemudian, terhimpun dalam kata:
يَرْمُلُوْنَ (ي-ر-م-ل-و-ن)
Akan tetapi
Idgham ada dua jenis; yang pertama didengungkan (Idgham bighunnah) untuk huruf
yang dikenal terangkum dalam kata
يَنْمُوْ )ي – ن – م – و(
Kecuali jika
(nun sukun/tanwin bertemu huruf ini) dalam satu kata, maka jangan didengungkan
tetapi bacalah seperti “دُنْـيَا” dan “صِـنْوَانٍ”
Jenis yang
kedua adalah idgham bilaa (bighairi) ghunnah yaitu untuk huruf lam (ل) dan ra (ر) yang dibaca Takrir (bergetar)
Ketiga, Iqlab
yaitu ketika (Nun sukun / tanwin bertemu) huruf Ba (ب) maka dibaca mim yang didengungkan serta disamarkan.
Keempat, Ikhfa
yaitu untuk sisa huruf hijaiyah yang wajib menurut Ulama Qirooah
Aku telah
menyusun rumus 15 huruf ikhfa yang terangkum dalam kalimat bait ini:
صِفْ ذَا ثَـنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سمَا
دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ ظَالِـمَا [1]
الميم والنون المشددتين
وَغُـنَّ مِيـماً
ثُـمَّ نُونـاً شُــدِّدَا * وَسَــمِّ كُـلاً حَـرْفَ غُـنَّةٍ بَـدَا
Dengungkanlah
mim dan nun yang bertasydid.. dan namakanlah kedua huruf tersebut dengan huruf
ghunnah dan tampakkanlaا
الميم الساكن
وَالِميـمُ إِنْ
تَسْـكُنْ تَجِى قَبْلَ الْهِجَا * لاَ أَلــفٍ لَيِّــنَةٍ لِــذِى الْحِـجَا
أَحْـكَامُـهَا
ثَـلاَثَـةٌ لِمَـنْ ضَبَـطْ * إِخْـفَاءٌ ادْغَـامٌ وَإِظْـهَـارٌ فَقَــطْ
فَـالأَوَّلُ
الإِخْـفَـاءُ عِنْـدَ الْبَــاءِ * وَسَـمِّـهِ الشَّفْــوِىَّ لِلْـقُــرَّاء
وَالثّـَانـى
إِدْغَـامٌ بِمِـثْلِـهَا أَتَـى * وَسَـمِّ إدغـاماً صَـغـِيراً يَا فَـتَى
وَالثـَّالِـثُ
الإِظْـهَارُ فِـى الْبَقِيَّـةْ * مِـنْ أَحْـرُفٍ وَسَـمِّـهَا شَفْوِيَّـهْ
وَاحْـذَرْ لَدَى وَاوٍ
وَفَـا أَنْ تَخْتَـفىِ* لِـقُـرْبِــهَا وَلاتحادِ فَاعْـرِفِ
Jika Mim sukun
itu terletak sebelum semua huruf hijaiyah selain alif layyinah (alif sukun)
bagi orang yang berakal
Hukumnya ada
tiga saja bagi yang menetapkannya.. yaitu Ikhfa, Idgham, dan Idzhar
Pertama, Ikhfa
yaitu ketika huruf Ba (didahului mim sukun).. Ahli Qiroah menyebutnya Ikhfa
Syafawy
Kedua, Idgham
(dengan huruf yang sama yaitu bertemu mim juga) Namakanlah Idgham Shaghir
(kecil) wahai pemuda.
Ketiga, Idzhar,
pada huruf-huruf sisanya.. dan namakanlah Idzhar Syafawi
Berhati-hatilah pada huruf Wa dan Fa
karena kesamarannya (dengan ba).. karena kedekatan (fa) dan kesamaan makhraj
(wa) maka kenalilah..
CATATAN KAKI
[1] Huruf ikhfa nya ada di awal setiap kata yaitu د, ط, ز, ف, ت, ض, ظ ص, ذ, ث, ك, ج, س, ق, س
لام آل ولام الفعل
لِلاَمِ أَلْ حَـالاَنِ
قَـبْـلَ الأَحْــرُفِ * أُولاَهُــمَا إِظْـهَـارُهَا فَلْتـَعْـرِ
قَبْلَ ارْبَـعٍ مَعْ
عَشْرَةٍ خُـذْ عِلْمَـهُ * مِنَ ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ عَقِيـمـه
ثَانِيـهِـمَا
إِدْغَـامُـهَا فـى أَرْبَـعٍ * وَعَـشْـرَةٍ أَيْـضاً وَرَمْـزَهَا فَـع
طِبْ ثُمَّ صِلْ
رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم * دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً لِلْكَـرَ
وَاللاَّمَ الاُولَـى
سَـمِّـهَا قَمْـرِيَّـهْ * وَالـلاَّمَ الاُخْـرىَ سَمِّـهَا شَمْسِـيَّه
وأظْـهِـرَنَّ لاَمَ
فِـعْــلٍ مُطْلَــقاً * فـى نَحْـوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْـنَا وَالْتَقَـى
Lam Al (Alif lam Qomariyah &
Syamsiyah) dan Lam fi’il
Hukum lam sebelum huruf-huruf
(hijaiyah selain alif) itu ada dua; pertama dibaca idzhar (jelas) lam nya maka
kenalilah..
keempat belas huruf yang dibaca jelas, maka ambillah ilmunya dari kalimat
berikut:
ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ عَقِيـمـهُ[2]
Kedua, dibaca
idgham yaitu melebur (lam nya tidak dibaca, tetapi langsung dibaca hurufnya)
yang juga 14 huruf dengan rumus:
طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا
نِعَم دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً لِلْكَـرَم[3]
Lam pertama disebut
alif lam qomariyyah.. Lam kedua disebut Alif lam Syamsiyyah
Adapun lam fi’il semuanya secara mutlak dibaca jelas contohnya قُلْ dan
َقُلْـنَا dan اِلْتَقَـى
المثلين والمتقاربين والمتجانسين
إِنْ فِي الصِّفَاتِ
وَالمَخَـارِجِ اتَّفَـقْ * حَـرْفَانِ فَالْمِثْـلاَنِ فِـيهِـمَا أَحَـقْ
وَإِنْ يَكُـونَا
مَخْـرَجـا ًتَـقَـارَبَـا * وَفـي الصِّـفَاتِ اخْتَـلَـفَا يُلَقَّــبَا
مُـتْـقَارِبَـيْنِ
أَوْ يَكُــونَا اتَّفَـقَا * فِـي مَـخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّـقَا
بِالْمُتَجَانِسَــيْنِ
ثُــمَّ إِنْ سـَكَـنْ * أَوَّلُ كُـلٍّ فَالصَّـغِـيرَ سَـمِّـيَـنْ
أَوْ حُـرِّكَ
الحَـرْفَـانِ فى كُلٍّ فَقُـلْ * كُـلٌّ كَبِــيرُ وافْهَمَـنْـهُ بِالْمُـثُلْ
Mitslain,
Mutaqaribain, dan Mutajanisain
Jika (pada dua
huruf) Sifat dan Makhraj hurufnya sama, maka ia disebut Mitslain
(Mutamatsilain)
JIka makhrajnya
(berdekatan) dan Sifat hurufnya berbeda, maka ia disebut Mutaqoribain
Jika Makhrajnya
sama, sifat huruf nya berbeda, maka ia disebut sebagai Mutajanisain
Kemudian jika
awal semua jenis ini (Mitslain, Mutaqaribain, Mutajanisain) hurufnya sukun,
maka disebut dengan Shaghir..
Dan jika kedua
hurufnya berharokat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain, Mutajanisain) maka
disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itu dengan mengambil contoh
(talaqqy)
أقسام المد
وَالمـَدُّ أَصْلِـىُّ
وَ فَـرْعِــىٌّ لَـهُ * وَسَــمِّ أَوَّلاً طَبِيـعِـيّاً وَهُـــو
مَـالاَ تَوَقُّـفٌ
لَـهُ عَـلـى سَـبَبْ * وَلابِـدُونِهِ الحُـرُوفُ تُجْـتَـلَـبْ
بلْ أَىُّ حَرْفٍ
غَيْرُ هَمْزٍ أَوْ سُـكُونْ * جَا بَعْـدَ مَـدٍّ فَالطَّبِــيِعىَّ يَكُـونْ
وَالآخَرُ
الْفَرْعِـىُّ مَوْقُـوفٌ عَلـي * سَـبَبْ كَهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْـجَـلاً
حُـرُوفُــهُ
ثَـــلاَثَـةٌ فَعِـيـهَا * مِنْ لَفْـظِ وَاىٍ وَهْىَ فى نُوحِـيـهَا
وَالكَسْرُ قَبْـلَ
الْيَا وَقَبْلَ الْواوِ ضَـمْ * شَـرْطٌ وَفَـتْحٌ قَبْـلَ أَلفٍ يُلْتَــزَمْ
وَاللِّـينُ مِنْـهَا
الْيَا وَوَاوٌ سَـكَـنَا * إِنِ انْفِــتَاحٌ قَبْـلَ كُـلٍّ أُعْـلِـنَا
Pembagian mad
Mad itu ada
dua; Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly disebut juga Mad Thabi’iy
Mad Thabi’iy
itu tidak tergantung kepada sebab dan tidak pula ketiadaan huruf yang didapat
Setiap huruf
selain hamzah dan sukun yang datang setelah huruf mad (alif, waw,ya) maka ia
adalah mad thabi’iy
Kedua Mad
Far’iy yang terjadi karena adanya sebab seperti adanya hamzah atau sukun secara
mutlak.
Huruf mad ada
tiga maka hafalkanlah.. dari lafaz “وَاىٍ” contohnya نُوحِـيـهَا
Syarat nya
harus senantiasa ada kasroh sebelum ya, Dhammah sebelum waw, dan fathah sebelum
ali
Adapun Mad
Layyin yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya dan waw sukun
أحكام المد
لِلْمَــدِّ
أَحْـكَـامٌ ثَـلاَثَـةٌ تَـدُومْ * وَهْـيَ الْوُجُوبُ وَالْجَوَازُ وَاللُّـزُوم
فَـوَاجِبٌ إِنْ جَـاءَ
هَمْـزٌ بَعْدَ مَـدْ * فِـي كِلْمَــةٍ وَذَا بِمُتَّصْــلٍ يُعَـد
وَجَـائـزٌ مَـدٌ
وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِـل * كُـلٌّ بِكِلْمَــةٍ وَهَذَا المُـنْفَصِــل
وَمِثـْلُ ذَا إِنْ
عَـرَضَ السُّـكُـونُ * وَقْـفَاً كَتَعْـلَـمُـونَ نَسْـتَعِــين
أَوْ قُـدِّمَ
الْهَمْـزُ عَـلَـي المَـدِّ وَذَا * بَـدَلْ كَـآمَـنُوا وَإِيَـماناً خُــذَ
وَلاَزِمٌ إِنِ
السُّـكُـونُ أُصِّــــلاَ * وَصْلاَ وَوَقْـفاً بَعْـدَ مَـدٍّ طُــوّلاَ
Hukum Mad
Hukum Mad
selalu ada tiga, yaitu Mad Wajib, Mad Jaiz, dan Mad Lazim
Mad wajib
terjadi jika ada hamzah setelah mad dalam satu kalimat yang bersambung (mad
wajib muttashil)
Mad Jaiz itu
boleh dipanjangkan (seperti mad wajib muttashil) boleh pula dibaca pendek
(seperti mad thabi’iy) yaitu jika (mad dan hamzah) masing-masing dalam kalimat
terpisah dan ini disebut mad jaiz munfashil. .
Contoh ini (mad
munfashil yang boleh dibaca panjang atau pendek atau tawassuth/pertengahan)
jika ada huruf yang disukunkan karena waqaf seperti
َتَعْـلَـمُـونَ dan نَسْـتَعِــينُ (Mad ‘Aridh
Lissukun)
Jika Hamzah ada
sebelum mad, maka ini adalah mad badal contohnya آمَـنُوا dan إِيَـماناً
JIka sukun
bersambung setelah mad baik secara washal atau waqaf maka ini adalah mad lazim
أقسام المد اللازم
أَقْسَــامُ لاَزِمٍ
لَـدَيهم أَرْبَـعَـةْ * وَتِـلْكَ كِـلْمِـيُّ وَحَرْفِـيٌّ مَعَــه
كِـلاَهُـمَا
مُـخَـفَّـفٌ مُـثَـقَّـلُ * فَـهَـــذِهِ أَرْبَـعَـةٌ تُـفَصَّــل
فَـإِنْ بِـكِلْمَـةٍ
سُـكُونٌ اجْـتَمَـعْ * مَـعْ حَرْفِ مَـدٍّ فَهْوَ كِلْمِـيُّ وَقَـع
أَوْ فـي ثُـلاَثِـيِّ
الحُرُوفِ وُجِـدَا * وَالمَـدُّ وَسْـطُهُ فَحَـرْفِــيٌّ بَـدَ
كِـلاَهُـمَا
مُثَـــقّـلٌ إِنْ أُدْغِـمَا * مَخَفَّـفٌ كُــلُّ إِذَا لَـمْ يُـدْغَـمَ
وَالـلاَّزِمُ
الْحَـرفِـيُّ أَوَّلَ السُّــوَرْ * وُجُـودُهُ وَفِـي ثَمَـانٍ انحَصَــر
وَعَيْنُ ذُو
وَجْهَـيْنِ والطُّولُ أَخَصْ * يَـجْمَعُـهَا حُـرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقَص
وَمَا سِوَي الحَرْفِ
الثُّلاَثِي لاَ أَلِـفْ * فـَمُـدُّه مَـدّاً طَبِيـعِـيَّا أُلِــف
وَذَاكَ أَيْضـاً فِـي
فَـوَاتِحِ السُّـوَرْ * فِي لَفْظِ حَيٍّ طَـاهِرٍ قَـدِ انْحَصَـر
وَيَجْمَـعُ
الْفَوَاتِـحَ الأَرْبَـعْ عَشَـرْ * صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا
اشْـتَهَرْ
Jenis-jenis Mad Lazim
Mad Lazim
menurut ulama qiroah ada empat jenis yaitu mad lazim kilmiy dan mad lazim harfiy
Setiap dari
keduanya (kilmy dan harfy) itu bisa mukhaffaf dan mutsaqqal maka ini adalah
pembagian yang empat[4]
jika sukun
bersama huruf mad berkumpul dalam satu kata, maka terjadilah mad lazim kilmy
apabila
dijumpai ada tiga huruf dan ditengahnya itu adalah mad maka itu merupakan mad
lazim harfiy
Keduanya
mutsaqqal jika di-idgham-kan dan mukhaffaf jika tidak di-idgham-kan
Mad Lazim
harfiy ada di awal surat dan hurufnya terkumpul dalam delapan huruf
Huruf ‘ain
memiliki dua jalan (mad dan tawassuth) akan tetapi yang masyhur adalah
memanjangkannya (mad).. Berkumpul huruf (mad lazim harfy) dalam kalimat ” كَمْ عَسَلْ نَقَصْ”..
Dan apa yang
selain huruf (mad) yang tiga selain alif, maka mad nya disebut mad thabi’iy..
Begitupula pada
ayat pembuka surat-surat Al Quran yang terkumpul dalam kalimat
” حَيٍّ طَـاهِرٍ “
Berkumpul
ke-empat belas huruf pembuka surat dalam kalimat
” صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا اشْـتَهَرْ “
الخاتمة
وَتَــمَّ ذَا
النَّـظْمُ بِحَـمْدِ اللَّـــهِ * عَـلَـى تَمَامِـهِ بِـلاَ تَــنَاهِـ
أَبْـيَاتُـهُ نَـدٌّ
بَـداَ لِـذِى النُّـهَى * تَارِيخُهُ بُشْـرَى لِمَـنْ يُـتْقِـنُـهَا
ثُـمَّ الصَّـلاَةُ
وَالسَّــلاَمُ أَبَـــداَ * عِـلـى خِـتَامِ الأَنْبِـيَاءِ أَحْـمَـدَ
وَالآلِ وَالصَّــحْبِ
وَكُـلِّ تَـابِـعِ * وَكُــلِّ قَـارِئٍ وكُـلِّ سَــامِـعِ
Penutup
Telah selesai
nazham ini dengan memuji nama Allah atas kesempurnaannya yang tak terbatas
Bait-baitnya
tampak serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah
“menggembirakan bagi orang yang menguasainya”[5]
Kemudian shalawat
serta salam semoga selalu tercurah atas penutup para nabi, Muhammad
Atas keluarga,
sahabat, dan para pengikutnya dan setiap pembaca dan pendengar Al Quran…
CATATAN KAKI
[2] Setiap
huruf dari kalimat ini yang berjumlah 14 adalah huruf-huruf yang termasuk alif
lam qamariyyah
[3] Huruf
pertama dari 14 kata dalam kalimat ini adalah huruf-huruf yang termasuk alif
lam syamsiyyah
[4] Mad lazim
mutsaqqal kalimiy, Mad lazim mutsaqqal harfiy, Mad lazim mukhaffaf kalimiy, Mad
lazim mukhaffaf harfy
[5] Kalimat ini
mengandung rahasia terkait waktu pembuatan matan ini. Silahkan merujuk ke
kitab-kitab syarah yang menjelaskan masalah ini.