Terjemah Kitab Tafsir Jalalain lengkap dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia
Nama kitab: Tafsir Al-Jalalain (Tafsir oleh Dua Jalaluddin)
Nama penafsir:
1. Jalaluddin Al-Mahalli. (Lahir: 791 - 864 Hijriyah / Wafat: 1389 - 1459 Masehi)
Nama lengkap: Jalaluddin, Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ibrahim Al-Mahalli Al-Syafi'i (محمد بن أحمد بن محمد بن إبراهيم المحلي الشافعي)
2. Jalaluddin Al-Suyuti (Lahir: 3 Oktober 1445 M / 1 Rajab 849 H; wafat: 18 Oktober 1505 M / 19 Jumadi Ula 911 H)
Nama lengkap: Jalaluddin Abdurrahman bin Abu Bakar Al-Suyuti (جلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي)
Daftar Surat
Al-Fatihah (Pembukaan) Ayat 1-7
Al Baqarah (Sapi Betina) Ayat 1-69
Ali Imran (Keluarga Imran) Ayat 1-70
An Nisa (Wanita) Ayat 1-65
Al Ma'idah (Jamuan) Ayat 1-64
Al An'am (Hewan Ternak) Ayat 1-59
Al-A'raf (Tempat yang Tertinggi) Ayat 1-67
Al-Anfal (Harta Rampasan Perang) Ayat 1-75
At-Taubah(Pengampunan) Ayat 1-72
Yunus (Nabi Yunus) Ayat 1-53
Hud (Nabi Hud) Ayat 1-62
Yusuf (Nabi Yusuf) Ayat 1-63
Ibrahim (Nabi Ibrohim) Ayat 1-52
Al-Hijr (Gunung Al Hijr) Ayat 1-99
An-Nahl (Lebah) Ayat 1-87
Al-Isra' (Perjalanan Malam) Ayat 1-66
Al-Kahfi (Penghuni-penghuni Gua) Ayat 1-53, Ayat 54-110
Taha (Ta Ha, Toha) Ayat 1-76
Al-Anbiya (Nabi-Nabi) Ayat 1-57
Al-Mu'minun (Orang-orang mukmin) Ayat 1-74, Ayat 75-117
Asy-Syu'ara' (Penyair) Ayat 1-111
Al-Qasas (Kisah-kisah) Ayat 1-88
Al-'Ankabut (Laba-laba) Ayat 1-69
Ar-Rum (Bangsa Romawi) Ayat 1-60
Luqman (Keluarga Luqman) Ayat 1-34
Al-Ahzab (Golongan-golongan yang Bersekutu) Ayat 1-73
As-Saffat (Barisan-barisan) Ayat 1-182
Az-Zumar (Rombongan-rombongan) Ayat 1-75
Al-Mu'min, Ghafir (Yang Mengampuni) Ayat 1-85
Fussilat (Yang Dijelaskan) Ayat 1-54
Asy-Syura (Musyawarah) Ayat 1-53
Az-Zukhruf (Perhiasan) Ayat 1-89
Al-Jasiyah (Yang Bertekuk Lutut) Ayat 1-37
Al-Ahqaf (Bukit-bukit Pasir) Ayat 1-35
Muhammad (Nabi Muhammad) Ayat 1-38
Al-Fath (Kemenangan) Ayat 1-29
Al-Hujurat (Kamar-kamar) Ayat 1-18
Adz-Dzariyat (Angin yang Menerbangkan) Ayat 1-60
Ar-Rahman (Yang Maha Pemurah) Ayat 1-78
Al-Waqi'ah (Hari Kiamat) Ayat 1-96
Al-Mujadilah (Wanita yang Mengajukan Gugatan) Ayat 1-22
Al-Hasyr (Pengusiran) Ayat 1-24
Al-Mumtahanah (Wanita yang Diuji) Ayat 1-13
Ash-Shaff (Satu Barisan) Ayat 1-14
Al-Jumu'ah (Hari Jumat) Ayat 1-11
Al-Munafiqun (Orang-orang yang Munafik) Ayat 1-11
At-Taghabun (Hari Dinampakkan Kesalahan-kesalahan) Ayat 1-18
At-Tahrim (Pengharaman) Ayat 1-12
Al-Haqqah (Hari Kiamat) Ayat 1-52
Al-Ma'arij (Tempat Naik) Ayat 1-44
Al-Muzzammil (Orang yang Berselimut) Ayat 1-20
Al-Muddatstsir (Orang yang Berkemul) Ayat 1-56
Al-Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus) Ayat 1-50
An-Naba' (Berita Besar) Ayat 1-40
An-Nazi'at (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut) Ayat 1-46
'Abasa (Ia Bermuka Masam) Ayat 1-46
At-Takwir (Menggulung) Ayat 1-29
Al-Infithar (Terbelah) Ayat 1-19
Al-Muthaffifin (Orang-orang yang Curang) Ayat 1-25
Al-Insyiqaq (Terbelah) Ayat 1-25
Al-Buruj (Gugusan Bintang) Ayat 1-22
Ath-Thariq (Yang Datang di Malam Hari) Ayat 1-17
Al-A'laa (Yang Paling Tinggi) Ayat 1-19
Al-Ghasyiyah (Hari Pembalasan) Ayat 1-26
Asy-Syams (Matahari) Ayat 1-15
Ad-Dhuha (Waktu Matahari Sepenggalahan Naik (Dhuha) Ayat 1-11
Al-Insyirah, Asy-Syarh (Melapangkan) Ayat 1-8
Al-'Alaq (Segumpal Darah) Ayat 1-19
Al-Bayyinah (Pembuktian) Ayat 1-8
Az-Zalzalah (Kegoncangan) Ayat 1-8
Al-'Adiyat (Berlari Kencang) Ayat 1-11
Al-Qari'ah (Hari Kiamat) Ayat 1-11
At-Takatsur (Bermegah-megahan) Ayat 1-8
Al-Humazah (Pengumpat) Ayat 1-9
Quraisy (Suku Quraisy) Ayat 1-4
Al-Ma'un (Barang-barang yang Berguna) Ayat 1-7
Al-Kausar (Nikmat yang Berlimpah) Ayat 1-3
Al-Kafirun (Orang-orang Kafir) Ayat 1-6
An-Nasr (Pertolongan) Ayat 1-3
Al-Lahab (Gejolak Api) / Al-Masad (Sabut) Ayat 1-5
Al-Ikhlas (Memurnikaan Ke-Esaan Allah) Ayat 1-4
Al-Falaq (Waktu Subuh) Ayat 1-5
An-Naas (Umat Manusia) Ayat 1-6
Surah ke-10.
Yunus (Nabi Yunus) Ayat 54-109
{ ولو أن لكل نفس ظلمت } كفرت {
ما في الأرض } جميعا من الأموال { لافتدت به } من العذاب يوم القيامة { وأسروا
الندامة } على ترك الإيمان { لما رأوا العذاب } أخفاها رؤساؤهم عن الضعفاء الذين
أضلوهم مخافة التعبير { وقضي بينهم } بين الخلائق { بالقسط } بالعدل { وهم لا
يظلمون } شيئا
054. (Dan kalau setiap diri yang
lalim itu) yang kafir itu (mempunyai segala apa yang ada di bumi ini) kekayaan
yang terdapat di bumi ini (tentu dia menebus dirinya dengan itu) demi
menyelamatkan diri dari azab di hari kiamat (dan mereka menyembunyikan
penyesalannya) karena tidak mau beriman (ketika mereka telah menyaksikan azab
itu) para pemimpin orang-orang musyrik itu dengan sengaja menyembunyikan rasa
penyesalannya dari mata orang-orang lemah mereka yang telah mereka sesatkan,
karena mereka takut mendapatkan celaan. (Dan telah diberikan keputusan di
antara mereka) yakni di antara makhluk (dengan adil) secara adil (sedangkan
mereka tidak dianiaya) sedikit pun.
{ ألا إن لله ما في السماوات
والأرض ألا إن وعد الله } بالبعث والجزاء { حق } ثابت { ولكن أكثرهم } أي الناس {
لا يعلمون } ذلك
055. (Ingatlah, sesungguhnya
kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah sesungguhnya janji
Allah itu) mengenai hari berbangkit dan hari pembalasan (benar) pasti (tetapi
kebanyakan mereka) manusia (tidak mengetahui) hal itu.
{ هو يحيي ويميت وإليه ترجعون }
في الآخرة فيجازيكم بأعمالكم
056. (Dialah yang menghidupkan dan
mematikan dan hanya kepada-Nyalah kalian dikembalikan) di hari kemudian,
kemudian Dia membalas kalian atas amal perbuatan kalian.
{ يا أيها الناس } أي أهل مكة {
قد جاءتكم موعظة من ربكم } كتاب فيه مالكم وما عليكم وهو القرآن { وشفاء } دواء {
لما في الصدور } من العقائد الفاسدة والشكوك { وهدى } من الضلال { ورحمة للمؤمنين
} به
057. (Hai manusia) yakni penduduk
Mekah (sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian)
berupa Alkitab yang di dalamnya dijelaskan hal-hal yang bermanfaat dan hal-hal
yang mudarat bagi diri kalian, yaitu berupa kitab Alquran (dan penyembuh)
penawar (bagi penyakit-penyakit yang ada di dalam dada) yakni penyakit akidah
yang rusak dan keragu-raguan (dan petunjuk) dari kesesatan (serta rahmat bagi
orang-orang yang beriman) kepadanya.
{ قل بفضل الله } الإسلام {
وبرحمته } القرآن { فبذلك } الفضل والرحمة { فليفرحوا هو خير مما يجمعون } من
الدنيا بالياء والتاء
058. (Katakanlah, "Dengan
karunia Allah) yaitu agama Islam (dan rahmat-Nya) yaitu Alquran (maka dengan
hal itu) dengan karunia dan rahmat tersebut (hendaklah mereka bergembira.
Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik daripada apa yang mereka
kumpulkan.") yaitu berupa duniawi. Lafal yajma'uuna dapat dibaca
tajma'uuna.
{ قل أرأيتم } أخبروني { ما
أنزل الله } خلق { لكم من رزق فجعلتم منه حراما وحلالا } كالبحيرة والسائبة
والميتة { قل آلله أذن لكم } في ذلك بالتحليل والتحريم لا { أم } بل { على الله
تفترون } تكذبون بنسبة ذلك إليه
059. (Katakanlah, "Terangkanlah
kepadaku) ceritakanlah kepadaku (tentang apa yang telah diturunkan oleh Allah)
tentang apa yang telah diciptakan oleh-Nya (bagi kalian berupa rezeki, lalu
kalian jadikan sebagiannya haram dan sebagian yang lainnya halal.")
seperti ternak bahirah, ternak saibah dan bangkai. (Katakanlah, "Apakah
Allah telah memberikan izin kepada kalian) tentang ini, yaitu tentang
penghalalan dan pengharaman ini; tentu saja tidak (atau) bahkan (kalian
mengada-adakan saja terhadap Allah?") kalian telah berdusta dengan
mengaitkan hal tersebut dari Allah.
{ وما ظن الذين يفترون على الله
الكذب } أي أي شيء ظنهم به { يوم القيامة } أيحسبون أنه لا يعاقبهم ! لا { إن الله
لذو فضل على الناس } بإمهالهم والإنعام عليهم { ولكن أكثرهم لا يشكرون }
060. (Apakah dugaan orang-orang yang
mengada-adakan kebohongan terhadap Allah) maksudnya apakah dugaan mereka terhadap-Nya
(pada hari kiamat) apakah mereka menduga bahwasanya Allah tidak akan menghukum
mereka? Tentu saja tidak demikian. (Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai
karunia yang dilimpahkan kepada manusia) yaitu dengan menangguhkan mereka dan
selalu memberikan nikmat kepada mereka (tetapi kebanyakan mereka tidak
bersyukur).
{ وما تكون } يا محمد { في شأن
} أمر { وما تتلوا منه } أي من الشأن أو الله { من القرآن } أنزله عليك { ولا
تعملون } خاطبه وأمته { من عمل إلا كنا عليكم شهودا } رقباء { إذ تفيضون } تأخذون {
فيه } أي العمل { وما يعزب } يغيب { عن ربك من مثقال } وزن { ذرة } أصغر نملة { في
الأرض ولا في السماء ولا أصغر من ذلك ولا أكبر إلا في كتاب مبين } بين هو اللوح
المحفوظ
061. (Kamu tidak berada) hai
Muhammad! (dalam suatu keadaan) dalam suatu perkara (dan tidak membaca suatu
ayat) artinya mengenai perkara tersebut atau membaca dari Allah (dari Alquran)
yang diturunkan oleh-Nya kepadamu (dan kamu tidak mengerjakan) khithab ayat ini
ditujukan kepada Nabi Muhammad saw. dan umatnya (suatu pekerjaan, melainkan Kami
menjadi saksi atas kalian) meneliti (di waktu kalian melakukan) mengerjakan
(perbuatan itu) amal perbuatan itu. (Tidak luput) tidak samar (dari pengetahuan
Rabbmu hal yang sebesar) seberat (zarrah) semut yang paling kecil (di bumi atau
pun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak pula yang lebih besar dari
itu melainkan semua tercatat dalam kitab yang nyata) yang jelas, yaitu
Lohmahfuz.
{ ألا إن أولياء الله لا خوف
عليهم ولا هم يحزنون } في الآخرة
062. (Ingatlah, sesungguhnya
wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula
mereka bersedih hati) di akhirat nanti.
هم { الذين آمنوا وكانوا يتقون } الله بامتثال
أمرة ونهيه
063. (Yaitu orang-orang yang beriman
dan mereka selalu bertakwa) kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan
menjauhi larangan-Nya.
{ لهم البشرى في الحياة الدنيا
} فسرت في حديث صححه الحاكم بالرؤيا الصالحة يراها الرجل أو ترى له { وفي الآخرة }
الجنة والثواب { لا تبديل لكلمات الله } لا خلف لمواعيده { ذلك } المذكور { هو
الفوز العظيم }
064. (Bagi mereka berita gembira di
dalam kehidupan dunia) makna ayat ini ditafsirkan oleh hadis sahih yang
diketengahkan oleh Imam Hakim, bahwa berita gembira ini berupa mimpi yang baik
yang dilihat oleh seorang wali Allah, atau mimpi yang baik itu diperlihatkan
kepadanya (dan dalam kehidupan di akhirat) mereka mendapatkan surga dan pahala.
(Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat Allah) janji-janji Allah tidak akan
diingkari. (Yang demikian itu) hal yang telah disebutkan itu (adalah kemenangan
yang besar).
{ ولا يحزنك قولهم } لك لست
مرسلا وغيره { إن } استئناف { العزة } القوة { لله جميعا هو السميع } للقول {
العليم } بالفعل فيجازيهم وينصرك
065. (Janganlah kamu sedih oleh
perkataan mereka) terhadap dirimu, seperti perkataan mereka, "Engkau
adalah bukan utusan Allah," dan lain sebagainya. (Sesungguhnya) huruf inna
di sini merupakan pertanda isti'naf atau kalimat baru (kekuatan itu) kekuatan
(adalah kepunyaan Allah seluruhnya. Dialah Yang Maha Mendengar) semua perkataan
(lagi Maha Mengetahui) semua perbuatan, maka karenanya Dia membalas perbuatan
mereka dan menolong kamu.
{ ألا إن لله من في السماوات
ومن في الأرض } عبيدا وملكا وخلقا { وما يتبع الذين يدعون } يعبدون { من دون الله
} أي غيره أصناما { شركاء } له على الحقيقة تعالى عن ذلك { إن } ما { يتبعون } في
ذلك { إلا الظن } أي ظنهم أنها آلهة تشفع لهم { وإن } ما { هم إلا يخرصون } يكذبون
في ذلك
066. (Ingatlah, sesungguhnya
kepunyaan Allah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi) sebagai
hamba-Nya, milik-Nya dan sebagai makhluk-Nya. (Dan tidaklah mengikuti
orang-orang yang menyeru) yang menyembah (selain daripada Allah) selain Allah,
yaitu berupa berhala-berhala (berupa sekutu-sekutu) bagi-Nya secara nyata, Maha
Suci Allah dari sekutu-sekutu (tidaklah) tiada lain (mereka mengikuti) dalam
hal tersebut (melainkan hanya dugaan saja) mereka menduga bahwa berhala-berhala
sesembahan mereka itu adalah tuhan yang dapat memberikan syafaat terhadap diri
mereka (dan tidaklah) tiadalah (keadaan mereka melainkan hanya berdusta belaka)
yakni berbuat dusta dalam hal tersebut.
{ هو الذي جعل لكم الليل
لتسكنوا فيه والنهار مبصرا } إسناد الإبصار إليه مجاز لأنه يبصر فيه { إن في ذلك
لآيات } دلالات على وحدانيته تعالى { لقوم يسمعون } سماع تدبر واتعاظ
067. (Dialah yang menjadikan malam
hari bagi kalian supaya kalian beristirahat padanya dan menjadikan siang
terang) diisnadkannya lafal al-ibshaar yang artinya melihat kepada lafal
an-nahaar yang artinya siang hari mengandung pengertian majaz, karena seseorang
dapat melihat pada siang hari. (Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat
tanda-tanda) bukti-bukti yang menunjukkan keesaan-Nya (bagi orang-orang yang
mendengar) dengan pendengaran yang dibarengi dengan perasaan mengambil
pelajaran dan nasihat dari apa yang didengarnya.
{ قالوا } أي اليهود والنصارى
ومن زعم أن الملائكة بنات الله { اتخذ الله ولدا } قال تعالى لهم { سبحانه }
تنزيها له عن الولد { هو الغني } عن كل أحد وإنما يطلب الولد من يحتاج إليه { له
ما في السماوات وما في الأرض } ملكا وخلقا وعبيدا { إن } ما { عندكم من سلطان }
حجة { بهذا } الذي تقولونه { أتقولون على الله ما لا تعلمون } استفهام توبيخ
068. (Mereka berkata) yang dimaksud
adalah orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang yang menduga
bahwa para malaikat itu adalah anak-anak perempuan Allah ("Allah mempunyai
anak,") maka Allah berfirman kepada mereka (Maha Suci Allah) memahasucikan
Allah dari tuduhan mempunyai anak (Dialah Yang Maha Kaya) tidak membutuhkan
kepada seseorang pun, dan sesungguhnya orang-orang yang meminta punya anak itu
adalah orang yang membutuhkannya. (Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan apa
yang ada di bumi) sebagai milik-Nya, makhluk-Nya dan hamba-Nya (tidak) tiada
(bagi kalian suatu hujah pun) bukti (tentang ini) seperti apa yang telah kalian
katakan itu. (Pantaskah kalian mengatakan terhadap Allah apa yang kalian tidak
ketahui?) kata tanya di sini mengandung pengertian cemoohan.
{ قل إن الذين يفترون على الله
الكذب } بنسبة الولد إليه { لا يفلحون } لا يسعدون
069. (Katakanlah, "Sesungguhnya
orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah) dengan menisbatkan
mempunyai anak kepada-Nya (tidak beruntung.") tidak bahagia.
لهم { متاع } قليل { في الدنيا } يتمتعون به
مدة حياتهم { ثم إلينا مرجعهم } بالموت { ثم نذيقهم العذاب الشديد } بعد الموت {
بما كانوا يكفرون }
070. Bagi mereka (kesenangan) yang
sedikit atau sementara (di dunia) yang mereka bersenang-senang dengannya selama
hidup mereka di dunia (kemudian kepada Kamilah mereka kembali) dengan
dimatikannya mereka (kemudian Kami rasakan kepada mereka siksa yang berat)
sesudah mati (disebabkan kekafiran mereka).
{ واتل } يا محمد { عليهم } أي
كفار مكة { نبأ } خبر { نوح } ويبدل منه { إذ قال لقومه يا قوم إن كان كبر } شق {
عليكم مقامي } لبثي فيكم { وتذكيري } وعظي إياكم { بآيات الله فعلى الله توكلت
فأجمعوا أمركم } اعزموا على أمر تفعلونه بي { وشركاءكم } الواو بمعنى مع { ثم لا
يكن أمركم عليكم غمة } مستورا بل أظهروه وجاهروني به { ثم اقضوا إلي } امضوا فيما
أردتموه { ولا تنظرون } تمهلون فإني لست مباليا بكم
071. (Dan bacakanlah) hai Muhammad
(kepada mereka) orang-orang kafir Mekah (berita penting) cerita penting
(tentang Nuh) yaitu (di waktu dia berkata kepada kaumnya, "Hai kaumku,
jika terasa berat) keberatan (bagi kalian tinggal bersamaku) aku berdiam di
antara kalian (dan peringatanku) nasihatku terhadap kalian (dengan ayat-ayat
Allah, maka kepada Allahlah aku bertawakal, karena itu bulatkanlah keputusan
kalian) bulatkanlah tekad kalian tentang perkara yang akan kalian lakukan
terhadap diriku (bersama dengan sekutu-sekutu kalian) wawu di sini bermakna
ma'a. (Kemudian janganlah keputusan kalian itu dirahasiakan) disembunyikan,
akan tetapi tampakkanlah dan berterus-teranglah kepadaku tentang hal itu (lalu
lakukanlah terhadap diriku) laksanakanlah apa yang telah kalian kehendaki itu
(dan janganlah kalian memberi tangguh kepadaku) menangguh-nangguhkannya, karena
sesungguhnya aku tidak akan mempedulikan kalian lagi.
{ فإن توليتم } عن تذكيري { فما
سألتكم من أجر } ثواب عليه فتولوا { إن } ما { أجري } { إلا على الله وأمرت أن
أكون من المسلمين }
072. (Jika kalian berpaling) dari
peringatanku (aku tidak meminta upah sedikit pun daripada kalian) sebagai
imbalan dan upah atas jerih payahku itu, maka berpalinglah kalian (tiada lain)
tidak lain (upahku) pahalaku (hanyalah dari Allah belaka dan aku disuruh supaya
aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri) kepada-Nya.
{ فكذبوه فنجيناه ومن معه في
الفلك } السفينة { وجعلناهم } أي من معه { خلائف } في الأرض { وأغرقنا الذين كذبوا
بآياتنا } بالطوفان { فانظر كيف كان عاقبة المنذرين } من الهلاك فكذلك نفعل بمن
كذب
073. (Lalu mereka mendustakan Nuh,
maka Kami selamatkan dia dan orang-orang yang bersamanya di dalam bahtera)
perahu (dan Kami jadikan mereka itu) orang-orang yang bersama dengan Nabi Nuh
(pemegang kekuasaan) di muka bumi (dan Kami tenggelamkan orang-orang yang
mendustakan ayat-ayat Kami) dengan banjir besar (Maka perhatikanlah bagaimana
kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu) yaitu dengan binasanya
mereka; maka demikian pula Kami akan berlaku sama terhadap orang yang
mendustakan rasul.
{ ثم بعثنا من بعده } أي نوح {
رسلا إلى قومهم } كإبراهيم وهود وصالح { فجاؤوهم بالبينات } المعجزات { فما كانوا
ليؤمنوا بما كذبوا به من قبل } أي قبل بعث الرسل إليهم { كذلك نطبع } نختم { على
قلوب المعتدين } فلا تقبل الإيمان كما طبعنا على قلوب أولئك
074. (Kemudian sesudahnya Kami utus)
yakni sesudah Nabi Nuh (beberapa rasul kepada kaum mereka) seperti Nabi
Ibrahim, Nabi Hud dan Nabi Saleh (maka rasul-rasul itu datang kepada mereka
dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata), yakni mukjizat-mukjizat
(tetapi mereka tidak hendak beriman karena mereka dahulu telah biasa
mendustakannya) sebelum rasul-rasul diutus kepada mereka. (Demikianlah Kami
mengunci mati) menutup rapat-rapat (hati orang-orang yang melampaui batas)
sehingga hati mereka tidak mau menerima iman, seperti Kami mengunci mati hati
mereka yang melampaui batas.
{ ثم بعثنا من بعدهم موسى
وهارون إلى فرعون وملئه } قومه { بآياتنا } التسع { فاستكبروا } عن الإيمان بها {
وكانوا قوما مجرمين }
075. (Kemudian sesudah rasul-rasul
itu, Kami utus Musa dan Harun kepada Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya) kaumnya
Firaun (dengan membawa ayat-ayat Kami) yang berjumlah sembilan buah ayat (maka
mereka menyombongkan diri) tidak mau beriman kepadanya (dan mereka adalah
orang-orang yang berdosa).
{ فلما جاءهم الحق من عندنا
قالوا إن هذا لسحر مبين } بين ظاهر
076. (Dan tatkala telah datang
kepada mereka kebenaran dari sisi Kami, mereka berkata, "Sesungguhnya ini
adalah sihir yang nyata.") jelas dan gamblang.
{ قال موسى أتقولون للحق لما
جاءكم } إنه لسحر { أسحر هذا } وقد أفلح من أتى به وأبطل سحر السحرة { ولا يفلح
الساحرون } والاستفهام في الموضعين للإنكار
077. (Musa berkata, "Apakah
kalian mengatakan terhadap kebenaran waktu ia datang kepada kalian)
sesungguhnya adalah sihir (sihirkah ini?) padahal sungguh telah mendapat
kemenangan orang yang mendatangkannya dan kalahlah sihir yang dilakukan oleh
para ahli tenung (dan sungguh ahli sihir itu tidaklah mendapat kemenangan.")
kedua kata tanya yang terdapat di dalam ayat ini mengandung makna ingkar.
{ قالوا أجئتنا لتلفتنا }
لتردنا { عما وجدنا عليه آباءنا وتكون لكما الكبرياء } الملك { في الأرض } أرض مصر
{ وما نحن لكما بمؤمنين } مصدقين
078. (Mereka berkata, "Apakah
kamu datang kepada kami untuk memalingkan kami) untuk membuat kami murtad (dari
apa yang kami dapati nenek moyang kami mengerjakannya dan supaya kamu berdua
mempunyai kekuasaan) kerajaan (di muka bumi?) yang dimaksud adalah negeri Mesir
(Kami tidak akan mempercayai kamu berdua.") tidak mau beriman.
{ وقال فرعون ائتوني بكل ساحر
عليم } فائق في علم السحر
079. (Firaun berkata,
"Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai.") yang
mahir di dalam ilmu sihir.
{ فلما جاء السحرة قال لهم موسى
} بعد ما قالوا له ( إما أن تلقي وإما أن نكون نحن الملقين ) : { ألقوا ما أنتم
ملقون }
080. (Maka tatkala ahli-ahli sihir
itu datang, Musa berkata kepada mereka,) sesudah mereka mengatakan kepadanya,
"Kamukah yang akan melemparkan terlebih dahulu ataukah kami yang akan melemparkan?"
(Al-A`raf 115) ("Lemparkanlah apa yang hendak kalian lemparkan.")
{
فلما ألقوا } حبالهم وعصيهم { قال موسى ما } إستفهامية مبتدأ خبره { جئتم به السحر
} بدل وفي قراءة بهمزة واحدة اخبار فما اسم موصول مبتدأ { إن الله سيبطله } أي
سيمحقة { إن الله لا يصلح عمل المفسدين }
081. (Maka setelah mereka lemparkan)
tali-tali dan tongkat-tongkat mereka (Musa berkata, "Apa) huruf maa di
sini bermakna istifham sekaligus menjadi mubtada sedangkan khabarnya ialah
berikutnya (yang kalian datangkan itu itulah sihir) lafal as-sihr menjadi
badal. Sedangkan menurut qiraat yang lain dengan memakai hamzah, berarti
keduanya menjadi khabar, dan maa bukannya istifhamiyah melainkan maushul dan
sekaligus menjadi mubtada. (Sesungguhnya Allah akan menampakkan
ketidakbenarannya.") Allah akan melenyapkannya (Sesungguhnya Allah tidak
akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang-orang yang membuat
kerusakan).
{ ويحق } يثبت ويظهر { الله
الحق بكلماته } بمواعيده { ولو كره المجرمون }
082. (Dan Allah akan mengukuhkan)
meneguhkan dan memenangkan (yang benar dengan kalimat-kalimat-Nya) yakni
janji-janji-Nya (walaupun orang-orang yang berbuat dosa tidak menyukainya.)
{ فما آمن لموسى إلا ذرية }
طائفة { من } أولاد { قومه } أي فرعون { على خوف من فرعون وملئهم أن يفتنهم }
يصرفهم عن دينه بتعذيبه { وإن فرعون لعال } متكبر { في الأرض } أرض مصر { وإنه لمن
المسرفين } المتجاوزين الحد بإدعاء الربوبية
083. (Maka tidak ada yang beriman
kepada Musa melainkan pemuda-pemuda) segolongan orang (dari) anak-anak
(kaumnya) kaumnya Firaun (dalam keadaan takut bahwa Firaun dan pemuka-pemuka
kaumnya akan menyiksa mereka.) dalam upayanya untuk memalingkan mereka dari
agama Nabi Musa melalui siksaan (Sesungguhnya Firaun itu berbuat
sewenang-wenang) berlaku sombong (di muka bumi.) negeri Mesir (Dan sesungguhnya
dia termasuk orang-orang yang melampaui batas) dia sudah sangat keterlaluan
karena mengaku menjadi tuhan.
{ وقال موسى يا قوم إن كنتم
آمنتم بالله فعليه توكلوا إن كنتم مسلمين }
084. (Berkata Musa, "Hai
kaumku! Jika kalian beriman kepada Allah, maka bertawakallah kepada-Nya saja
jika kalian benar-benar orang-orang yang berserah diri.")
{
فقالوا على الله توكلنا ربنا لا تجعلنا فتنة للقوم الظالمين } أي لا تظهرهم علينا
فيظنوا أنهم على الحق فيفتتنوا بنا
085. (Lalu mereka berkata,
"Kepada Allahlah kami bertawakal. Ya Rabb kami! Janganlah Engkau jadikan
kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim) artinya janganlah Engkau membuat
mereka menang atas diri kami sehingga mereka menduga bahwa mereka berada dalam
jalan yang benar lalu mereka berani menyiksa kami.
{ ونجنا برحمتك من القوم
الكافرين }
086. (Dan selamatkanlah kami dengan
rahmat Engkau dari tipu daya orang-orang kafir.")
{ وأوحينا إلى موسى وأخيه أن
تبوءا } إتخذا { لقومكما بمصر بيوتا واجعلوا بيوتكم قبلة } مصلى تصلون فيه لتأمنوا
من الخوف وكان فرعون منعهم من الصلاة { وأقيموا الصلاة } أتموها { وبشر المؤمنين }
بالنصر والجنة
087. (Dan Kami wahyukan kepada Musa
dan saudaranya, "Ambillah oleh kamu berdua) tempatilah oleh kamu berdua
(beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah
olehmu rumah-rumah itu tempat untuk shalat) sebagai mushalla tempat kalian
melakukan salat di dalamnya supaya kalian merasa aman dari ketakutan, dan
tersebutlah bahwa Firaun melarang mereka melakukan shalat (dan dirikanlah oleh
kalian shalat) sempurnakanlah salat itu oleh kalian (serta gembirakanlah
orang-orang yang beriman.") bahwa mereka akan mendapatkan pertolongan dan
surga.
{ وقال موسى ربنا إنك آتيت
فرعون وملأه زينة وأموالا في الحياة الدنيا ربنا } آتيتهم ذلك { ليضلوا } في
عاقبته { عن سبيلك } دينك { ربنا اطمس على أموالهم } امسخها { واشدد على قلوبهم }
اطبع عليها واستوثق { فلا يؤمنوا حتى يروا العذاب الأليم } المؤلم وأمن هارون على
دعائه
088. (Musa berkata, "Ya Rabb
kami! Sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya
perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. Ya Rabb kami) Engkau telah
memberikan mereka hal-hal tersebut (yang akhirnya mereka menyesatkan) pada
kesudahannya mereka menyesatkan manusia (dari jalan Engkau) agama Engkau. (Ya
Rabb kami, binasakanlah harta benda mereka) lenyapkanlah harta benda mereka
(dan kunci matilah hati mereka) artinya tutuplah rapat-rapat hati mereka (maka
mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih) yang
menyakitkan. Nabi Musa berdoa mengutuk Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya, sedangkan
Nabi Harun mengamini doanya.
{ قال } تعالى { قد أجيبت
دعوتكما } فمسخت أموالهم حجارة ولم يؤمن فرعون حتى أدركه الغرق { فاستقيما } على
الرسالة والدعوة إلى أن يأتيهم العذاب { ولا تتبعان سبيل الذين لا يعلمون } في
استعجال قضائي روي أنه مكث بعدها أربعين سنة
089. (Allah berfirman,) Maha Tinggi
Allah ("Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua) akhirnya
harta benda milik Firaun diserapah menjadi batu, dan Firaun masih tetap belum
mau beriman hingga ia mati tenggelam (sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan
yang lurus) menunaikan risalah dan dakwah sampai datang azab atas mereka (dan
janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yang tidak
mengetahui") bahwa keputusan-Ku akan disegerakan. Diriwayatkan bahwa
setelah peristiwa itu Nabi Musa tinggal di negeri Mesir selama empat puluh
tahun.
{ وجاوزنا ببني إسرائيل البحر
فأتبعهم } لحقهم { فرعون وجنوده بغيا وعدوا } مفعول له { حتى إذا أدركه الغرق قال
آمنت أنه } أي بأنه وفي قراءة بالكسر استئنافا { لا إله إلا الذي آمنت به بنو
إسرائيل وأنا من المسلمين } كرره ليقبل منه فلم يقبل ودس جبريل في فيه من حمأة
البحر مخافة أن تناله الرحمة وقال له :
090. (Dan Kami memungkinkan Bani
Israel melintasi laut lalu mereka diikuti) disusul dan dikejar (oleh Firaun dan
bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas) mereka, lafal baghyan
dan `adwan menjadi maf'ul lah (hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam
berkata dia, "Saya percaya bahwa) bahwasanya; dan menurut suatu qiraat
lafal annahu dibaca innahu sebagai jumlah isti'naf (tidak ada Tuhan melainkan
Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang
berserah diri.") Firaun sengaja mengulang-ulang perkataannya itu supaya
diterima oleh Allah, akan tetapi Allah tidak mau menerimanya. Kemudian malaikat
Jibril menyumbat mulutnya dengan lumpur laut, karena merasa khawatir Firaun
akan mendapatkan rahmat dari Allah. Lalu Allah berfirman kepadanya:
{ آلآن } تؤمن { وقد عصيت قبل
وكنت من المفسدين } بضلالك وإضلالك عن الإيمان
091. (Apakah sekarang) baru kamu
percaya (padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu
termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan) karena kesesatanmu dan penyesatan
yang kamu lakukan dari jalan keimanan.
{
فاليوم ننجيك } نخرجك من البحر { ببدنك } جسدك الذي لا روح فيه { لتكون لمن خلفك }
بعدك { آية } عبرة فيعرفوا عبوديتك ولا يقدموا على مثل فعلك وعن أبي عباس أن بعض
بني إسرائيل شكوا في موته فأخرج لهم ليروه { وإن كثيرا من الناس } أي أهل مكة { عن
آياتنا لغافلون } لا يعتبرون بها
092. (Maka pada hari ini Kami
selamatkan) Kami keluarkan dari laut (badanmu) jasadmu yang sudah tidak
bernyawa (supaya kamu dijadikan oleh orang-orang yang datang sesudahmu)
generasi sesudahmu (sebagai pelajaran) bahan pelajaran, sehingga mereka
mengetahui sifat kehambaanmu. Dengan demikian mereka tidak akan berani lagi
melakukan perbuatan seperti yang pernah dilakukan olehmu. Ibnu Abbas
radhiallahu ‘anhu menceritakan, bahwa sebagian orang-orang Bani Israel merasa
ragu-ragu akan kematian Firaun, maka dikeluarkan-Nyalah mayat Firaun dari laut
supaya mereka melihat dan menyaksikannya dengan mata kepala sendiri (dan
sesungguhnya kebanyakan dari manusia) penduduk Mekah (lengah dari tanda-tanda
kekuasaan-Ku) artinya mereka tidak mau mengambil pelajaran daripadanya.
{ ولقد بوأنا } أنزلنا { بني
إسرائيل مبوأ صدق } منزل كرامة وهو الشام ومصر { ورزقناهم من الطيبات فما اختلفوا
} بأن آمن بعض وكفر بعض { حتى جاءهم العلم إن ربك يقضي بينهم يوم القيامة فيما
كانوا فيه يختلفون } من أمر الدين بإنجاء المؤمنين وتعذيب الكافرين
093. (Dan sesungguhnya Kami telah
menempatkan) memberikan tempat (Bani Israel di tempat kediaman yang bagus)
tempat yang terhormat, yaitu negeri Syam dan negeri Mesir (dan Kami beri mereka
rezeki dari yang baik-baik. Maka mereka tidak berselisih) sekalipun sebagian di
antara mereka beriman dan sebagian yang lain kafir (kecuali setelah datang
kepada mereka pengetahuan, yang tersebut dalam Taurat. Sesungguhnya Rabb kamu
akan memutuskan antara mereka di hari kiamat tentang apa yang mereka
perselisihkan itu) dalam masalah agama, yaitu dengan menyelamatkan orang-orang
beriman dan mengazab orang-orang kafir.
{ فإن كنت } يا محمد { في شك
مما أنزلنا إليك } من القصص فرضا { فاسأل الذين يقرؤون الكتاب } التوراة { من قبلك
} فإنه ثابت عندهم يخبروك بصدقه قال صلى الله عليه و سلم : [ لا أشك ولا أسأل ] {
لقد جاءك الحق من ربك فلا تكونن من الممترين } الشاكين فيه
094. (Maka jika kamu) hai Muhammad
(berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu) yaitu
berupa kisah-kisah, seumpamanya (maka tanyakanlah kepada orang-orang yang telah
membaca kitab) Taurat (sebelum kamu) maka sesungguhnya hal itu telah tertera di
dalam kitab mereka, mereka akan memberitakannya kepadamu sesuai dengannya;
untuk itu maka Rasulullah SAW bersabda, "Aku tidak ragu dan
tidak menanyakannya." (Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari
Rabbmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu)
menaruh keraguan padanya.
{ ولا تكونن من الذين كذبوا
بآيات الله فتكون من الخاسرين }
095. (Dan sekali-kali janganlah kamu
termasuk orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah yang menyebabkan kamu
termasuk orang-orang yang rugi).
{ إن الذين حقت } وجبت { عليهم
كلمة ربك } بالعذاب { لا يؤمنون }
096. (Sesungguhnya orang-orang yang
telah pasti) telah dipastikan (terhadap mereka kalimat Rabbmu) yaitu azab Allah
telah pasti atas mereka (tidaklah akan beriman).
{ ولو جاءتهم كل آية حتى يروا
العذاب الأليم } فلا ينفعهم حينئذ
097. (Meskipun datang kepada mereka
segala macam keterangan hingga mereka menyaksikan azab yang pedih) maka pada
saat itu tidak bermanfaat lagi keimanan mereka.
{ فلولا } فهلا { كانت قرية }
أريد أهلها { آمنت } قبل نزول العذاب بها { فنفعها إيمانها إلا } لكن { قوم يونس
لما آمنوا } عند رؤية أمارة العذاب ولم يؤخروا إلى حلوله { كشفنا عنهم عذاب الخزي
في الحياة الدنيا ومتعناهم إلى حين } انقضاء آجالهم
098. (Dan mengapa tidak)
hendaknyalah (ada suatu kota) yakni penduduknya (yang beriman) sebelum azab
turun atas mereka (lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus.
Tatkala mereka beriman) yaitu sewaktu mereka melihat adanya tanda-tanda azab
lalu mereka segera beriman sebelum azab diturunkan atas diri mereka (Kami
hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia dan Kami beri
kesenangan kepada mereka sampai pada waktu yang tertentu) sampai ajal mereka
tiba.
{ ولو شاء ربك لآمن من في الأرض
كلهم جميعا أفأنت تكره الناس } بما لم يشأه الله منهم { حتى يكونوا مؤمنين } لا
099. (Dan jika Rabbmu menghendaki
tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu
hendak memaksa manusia) terhadap apa yang Allah tidak kehendaki mereka untuk
melakukannya (supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?) tentu
saja tidak.
{ وما كان لنفس أن تؤمن إلا
بإذن الله } بإرادته { ويجعل الرجس } العذاب { على الذين لا يعقلون } يتدبرون آيات
الله
100. (Dan tidak ada seorang pun akan
beriman kecuali dengan izin Allah) dengan kehendak-Nya (dan Allah menimpakan
kemurkaan) azab-Nya (kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya) yaitu
orang-orang yang tidak mau memikirkan ayat-ayat Allah.
{ قل } لكفار مكة { انظروا ماذا
} أي الذي { في السماوات والأرض } من الآيات على وحدانية الله تعالى { وما تغني
الآيات والنذر } جمع نذير أي الرسل { عن قوم لا يؤمنون } في علم الله أي ما تنفعهم
101. (Katakanlah,) kepada orang-orang kafir Mekah ("Perhatikanlah apa) apa-apa (yang ada di langit dan di bumi) yaitu tanda-tanda yang menunjukkan akan keesaan Allah Ta'ala (Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan) lafal an-nudzur adalah bentuk jamak dari kata tunggal nadzir yang artinya para rasul (bagi orang-orang yang tidak beriman.") yang hal ini diketahui oleh Allah Ta'ala atau dengan kata lain, hal-hal tersebut tidak ada manfaatnya bagi mereka.
{ فهل } فما { ينتظرون }
بتكذيبك { إلا مثل أيام الذين خلوا من قبلهم } من الأمم أي مثل وقائعهم من العذاب
{ قل فانتظروا } ذلك { إني معكم من المنتظرين }
102. (Tiada) tidak ada (yang mereka tunggu-tunggu)
dengan perbuatan mereka yang mendustakan kamu (melainkan kejadian-kejadian yang
sama dengan kejadian-kejadian yang menimpa orang-orang terdahulu sebelum
mereka) umat-umat terdahulu. Artinya, mereka akan tertimpa siksaan yang sama
seperti siksaan yang menimpa umat-umat terdahulu (Katakanlah, "Maka
tunggulah) hal tersebut (sesungguhnya aku pun orang yang menunggu bersama
kalian.")
{ ثم ننجي } المضارع لحكاية
الحال الماضي { رسلنا والذين آمنوا } من العذاب { كذلك } الإنجاء { حقا علينا ننج
المؤمنين } النبي صلى الله عليه و سلم وأصحابه حين تعذيب المشركين
103. (Kemudian Kami selamatkan)
bentuk mudhari' di sini dimaksud untuk menceritakan keadaan di masa lampau
(rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman) dari azab (demikianlah)
penyelamatan itu (menjadi kewajiban atas Kami menyelamatkan orang-orang yang
beriman) Nabi dan para sahabatnya ketika orang-orang musyrik disiksa.
{ قل يا أيها الناس } أي أهل
مكة { إن كنتم في شك من ديني } أنه حق { فلا أعبد الذين تعبدون من دون الله } أي
غيره وهو الأصنام لشككم فيه { ولكن أعبد الله الذي يتوفاكم } يقبض أرواحكم { وأمرت
أن } أي بأن { أكون من المؤمنين }
104. (Katakanlah, "Hai manusia)
hai penduduk Mekah! (Jika kalian masih dalam keragu-raguan tentang agamaku)
bahwasanya agamaku itu adalah hak dan benar (maka ketahuilah aku tidak
menyembah yang kalian sembah selain Allah) selain-Nya, yang dimaksud adalah
berhala-berhala; hal ini merupakan pertanda bahwa kalian ragu-ragu terhadap
agamaku (tetapi aku menyembah Allah yang akan mematikan kalian) yang akan
mencabut ruh kalian (dan aku telah diperintah supaya) hendaknya (aku termasuk
orang-orang yang beriman.")
{ و } قيل لي { أن أقم وجهك
للدين حنيفا } مائلا إليه { ولا تكونن من المشركين }
105. (Dan) aku diperintahkan
("Hadapkanlah mukamu kepada agama dengan tulus dan ikhlas) dalam keadaan
cenderung dan menggandrunginya (dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang
musyrik).
{ ولا تدع } تعبد { من دون الله
ما لا ينفعك } إن عبدته { ولا يضرك } إن لم تعبده { فإن فعلت } ذلك فرضا { فإنك
إذا من الظالمين }
106. (Dan janganlah kamu menyeru)
menyembah (kepada selain Allah, yaitu apa-apa yang tidak dapat memberikan
manfaat kepadamu) jika kamu menyembahnya (dan pula tidak dapat memberikan
mudarat kepadamu) jika kamu tidak menyembahnya (sebab jika kamu berbuat) hal
itu, umpamanya (maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang
lalim.")
{ وإن يمسسك } يصبك { الله بضر
} كفقر ومرض { فلا كاشف } رافع { له إلا هو وإن يردك بخير فلا راد } دافع { لفضله
} الذي أراد به { يصيب به } أي بالخير { من يشاء من عباده وهو الغفور الرحيم }
107. (Jika Allah menimpakan
kepadamu) mengenakan kepadamu (sesuatu kemudaratan) seperti kemiskinan dan
sakit (maka tidak ada yang dapat menghilangkan) yang melenyapkan (hal itu
kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang
dapat menolak) menahan (karunia-Nya) yang telah Dia kehendaki buatmu (Dia
memberikan hal itu) kebaikan itu (kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara
hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.)
{ قل يا أيها الناس } أي أهل
مكة { قد جاءكم الحق من ربكم فمن اهتدى فإنما يهتدي لنفسه } لأن ثواب اهتدائه له {
ومن ضل فإنما يضل عليها } لأن وبال ضلاله عليها { وما أنا عليكم بوكيل } فأجبركم
على الهدى
108. (Katakanlah, "Hai manusia)
yakni penduduk Mekah! (Sesungguhnya telah datang kepada kalian kebenaran dari
Rabb kalian, sebab itu barang siapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya
petunjuk itu untuk kebaikan dirinya.) karena sesungguhnya pahala hidayahnya itu
hanya dialah yang berhak menerimanya (Dan barang siapa yang sesat maka
sesungguhnya kesesatannya itu untuk kecelakaan dirinya sendiri) karena akibat
kesesatannya itu akan menimpa dirinya sendiri (Dan aku bukanlah seorang penjaga
terhadap diri kalian.") karenanya bagaimana aku akan memaksakan kepada
kalian untuk mengikuti petunjuk.
{ واتبع ما يوحى إليك } من ربك
{ واصبر } على الدعوة وأذاهم { حتى يحكم الله } فيهم بأمره { وهو خير الحاكمين }
أعد لهم وقد صبر حتى حكم على المشركين بالقتال وأهل الكتاب بالجزية
109. (Dan ikutilah apa yang
diwahyukan kepadamu) dari Rabbmu (dan bersabarlah) di dalam berdakwah dan
menghadapi permusuhan mereka (hingga Allah memberi keputusan) terhadap mereka
dengan perintah-Nya (dan Dia adalah hakim yang sebaik-baiknya) hakim yang
paling adil. Ternyata Nabi SAW bersabar di dalam menghadapi
kesemuanya itu, hingga Allah memberikan keputusan terhadap orang-orang musyrik,
yaitu dengan memerintahkan supaya mereka diperangi dan bagi ahli Kitab supaya
ditarik jizyah/upeti.