Fasal Waktu Shalat Wajib
بابُ الطَّهارَةِ والصَّلاةِ
فَصْلٌ : في أوْقاتِ الصَّلَواتِ
المَفْرُوضَةِ
فَمِنَ الواجِبِ خَمْسُ صَلَواتٍ في اليَوْمِ
واللَّيْلَةِ: الظُّهْرُ: ووَقْتُها إذا زالَتِ الشَّمْسُ [أي مالَتْ عَنْ وَسَطِ
السَّماءِ إلى جِهَةِ الغَرْبِ]، إلى مَصِيرِ ظِلِّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَهُ غَيْرَ
ظِلِّ الاسْتِواءِ؛ والعَصْرُ: ووَقْتُها مِنْ بَعْدِ [انْتِهاءِ] وَقْتِ
الظُّهْرِ إلى مَغِيبِ الشَّمْسِ؛ والمَغْرِبُ: ووَقْتُها مِنْ بَعْدِ مَغِيبِ
الشَّمْسِ، إلى مَغِيبِ الشَّفَقِ الأَحْمَرِ؛
والعِشاءُ: ووَقْتُها مِنْ بَعْدِ [انْتِهاءِ]
وَقْتِ المَغْرِبِ، إلى طُلُوعِ الفَجْرِ الصّادِقِ؛
والصُّبْحُ: ووَقْتُها مِنْ بَعْدِ
[انْتِهاءِ] وَقْتِ العِشاءِ إلى طُلُوعِ الشَّمْسِ.
فَتَجِبُ هٰذِهِ الفُرُوضُ في أَوْقاتِها على
كُلِّ مُسْلِمٍ، بالِغٍ، عاقِلٍ، طاهِرٍ؛ فَيَحْرُمُ تَقْدِيمُها على وَقْتِها
وتَأْخِيرُها عنه بِغَيْرِ عُذْرٍ؛ فَإنْ طَرَأَ مانِعٌ (كَحَيْضٍ) بَعْدَما مَضَى
مِنْ [أَوَّلِ] وَقْتِها ما يَسَعُها [بِدُونِ طُهْرِها لِمَنْ هو سَلِيمٌ مِنْ
نَحْوِ سَلَسٍ]، و[ما يَسَعُها مَعَ] طُهْرِها لِنَحْوِ [مَرِيضِ] سَلَسٍ،
لَزِمَهُ قَضاؤُها؛ أو زالَ المانِعُ وقَدْ بَقِيَ مِنَ الوَقْتِ قَدْرُ
تَكْبِيرَةٍ لَزِمَتْهُ، وكَذا [يَلْزَمُهُ] ما قَبْلَها إنْ جُمْعِتْ مَعَها،
[إذا امْتَدَّتِ السَّلامَةُ مِنَ المانِعِ قَدْرًا يَسَعُ ذٰلك].
Termasuk kewajiban adalah lima
shalat sehari semalam.
Zhuhur: waktunya apabila matahari
condong yakni condong dari tengah langit ke arah barat sampai bayangan benda
sama dengan bendanya selain bayangan istiwa (tengah).
Ashar: waktunya setelah habisnya
zhuhur sampai terbenamnya matahari.
Maghrib: waktunya dari setelah
terbenamnya matahari sampai tenggelamnya syafaq marah.Isya': waktunya dari
setelah habisnya waktu maghrib sampai terbitnya fajar shodiq. Subuh: waktunya
dari setelah habisnya waktu isya' sampai terbitnya matahari.
Kelima shalat fardhu ini wajib
dilakukan pada waktunya oleh setiap muslim yang baligh, berakal sehat, dan
suci. Haram mendahulukan shalat dari waktunya atau mengakhirkan dari waktunya
tanpa udzur. Apabila muncul perkara baru yang mencegah seperti haid setelah
lewat dari awal waktu yang cukup tanpa bersuci bagi yang selamat dari seumpama
beser dan perkara yang cukup bagi seumpama sakit beser, maka wajib
mengqadhanya. Atau hilang pencegahnya sementara waktunya masih tersisa untuk
takbirotul ihram maka shalat wajib dilakukan. Begitu juga wajib shalat yang
sebelumnya apabila dijamak bersamanya apabila selamat dari pencega itu
memanjang sampai waktu yang cukup untuk itu.