فَصْلٌ : في مَعاصِي القَلْبِ
ومِنْ مَعاصِي القَلْبِ: الرِّياءُ بِأَعْمالِ
البِرِّ، وهو العَمَلُ لِأَجْلِ [نَيْلِ المَنْزِلَةِ والتَّعْظِيمِ عِنْدَ] النّاسِ،
ويُحْبِطُ ثَوابَها [إذا قارَنَ العَمَلَ]، كَالعُجْبِ بِطاعَةِ اللهِ تَعالَى [المَذْكُورِ
في النُّقْطَةِ التّالِيَةِ] ؛ [والعُجْبُ بِالطاعَةِ]، وهو شُهُودُ العِبادَةِ صادِرَةً
عَنِ النّفْسِ، [وتَعْظِيمُ نَفْسِهِ مِنْ أَجْلِها، لِكَوْنِهِ] غائِبًا عَنْ [تَذَكُّرِ]
المِنَّةِ [أي أنَّها فَضْلٌ مِنَ اللهِ]؛ والشَّكُّ في اللهِ [وهو كُفْرٌ]؛ والأَمْنُ
مِنْ مَكْرِ [أي عِقابِ] اللهِ، [ومَعْناهُ الاسْتِرْسالُ في المَعاصِي اتِّكالًا على
الرَّحْمَةِ]؛ والقُنُوطُ مِنْ رَحْمَةِ اللهِ، [وهو الجَزْمُ بِأنَّهُ لا بُدَّ أنْ
يُعَذِّبَهُ في الآخِرَةِ]؛ والتَّكَبُّرُ على عِبادِ اللهِ، وهو رَدُّ الحَقِّ، واسْتِحْقارُ
النّاسِ، ورُؤْيَتُهُ أنَّهُ خَيْرٌ مِنْ كَثِيرٍ مِنْ خَلْقِ اللهِ تَعالَى [مَعَ
أنَّهُ يَجْهَلُ الخاتِمَةَ]؛ والحِقْدُ، وهو إضْمارُ العَداوَةِ [بِالعَزْمِ على الإضْرارِ
بِمُسْلِمٍ، وأمّا] إذا عَمِلَ بِمُقْتَضاهُ ولم يَكْرَهْهُ [فهو مَعْصِيَةٌ أُخْرَى]؛
والحَسَدُ، وهو كَراهِيَةُ النِّعْمَةِ على المُسْلِمِ واسْتِثْقالُها [عليه] إذا لم
يَكْرَهْهُ أو عَمِلَ بِمُقْتَضاهُ؛ والمَنُّ بِالصَّدَقَةِ [أي أنْ يُعَدِّدَ على
الشَّخْصِ إحْسانَهُ إلَيْهِ بِقَصْدِ الإيذاءِ]، ويُبطِلُ ثَوابَها؛ والإصْرارُ على
الذَّنْبِ [وهو تَصْمِيمُ القَلْبِ على تَكْرارِهِ]؛ وسُوءُ الظَّنِّ بِاللهِ [وقَدْ
يَصِلُ إلى الكُفْرِ] ؛ و[سُوءُ الظَّنِّ] بِعبادِ اللهِ [بِلا مُسَوِّغٍ شَرْعِيٍّ]؛
والتَّكْذِيبُ بِالقَدَرِ [وهو كُفْرٌ]؛ والفَرَحُ بِالمَعْصِيَةِ منه أو مِنْ غَيْرِهِ؛
والغَدْرُ [وهو نَقْضُ العَهْدِ وخِيانَةُ الأَمانَةِ]، ولو بِكافِرٍ؛ والمَكْرُ [أي
الخَدِيعَةُ لِلإضْرارِ]؛ وبُغْضُ الصَّحابَةِ والآلِ والصّالِحِينَ [وبُغْضُ جَمِيعِهِمْ
كُفْرٌ]، والبُخْلُ بِما أَوْجَبَ اللهُ، والشُّحُّ [أي الحِرْصُ على أَخْذِ ما في
أَيْدِي النّاسِ ولو بِالحَرامِ]، والحِرْصُ [أي الطَّمَعَ في حَقِّ غَيْرِكَ]، والاسْتِهانَةُ
بِما عَظَّمَ اللهُ [وهي كُفْرٌ إنْ كانَتْ بِمَعْنَى الاسْتِخْفافِ، ومَعْصِيَةٌ دُونَ
الكُفْرِ إنْ كانَتْ بِمَعْنَى ما يُشْعِرُ بِمُجَرَّدِ الإخْلالِ بِواجِبِ التَّعْظِيمِ]
، والتَّصْغِيرُ لِما عَظَّمَ اللهُ مِنْ طاعَةٍ أو مَعْصِيَةٍ أو قُرْآنٍ أو عِلْمٍ
[شَرْعِيٍّ] أو جَنَّةٍ أو نارٍ، [وهو كُفْرٌ].
Diantara maksiat hati ialah :
1. Ria dengan amal kebaikan,
yaitu beramal kebaikan agar mendapat
pujian dari manusia. Ria dapat meleburkan pahalanya, seperti dosa ujub dengan
taat kepada Alloh, yaitu merasa atau mengakui bahwa ibadahnya (termasuk hasil
usaha) itu timbul dari jiwanya atau usahanya semata-mata lepas dari karunia
Alloh (padahal semua itu atas pertolongan dan hidayah Alloh).
2. Meragukan adanya Alloh
(kesempurnaanNya dan sifat-sifat yang wajib bagi Nya),
Merasa aman dari murka Alloh SWT
padahal dosanya melimpah dan amal ibadahnya tidak sempurna atau malas, putus
asa dari rahmat Alloh, padahal Alloh itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
3. Takabur atau sombong terhadap
hamba-hamba Alloh,
Yaitu menolak perkara yang hak atau
benar, menghina manusia dan memandangnya bahwa ia lebih baik atau lebih unggul
daripada kebanyakan makhluk Alloh (padahal siapa tahu pada hakikatnya orang
lain lebih baik daripadanya dan siapa tahu pula mendadak Alloh menghilangkan
keluhuran derajat atau pangkatnya dan mengangkat orang lain yang dianggapnya
hina atau rendah. Maka pada hakikatnya orang yang paling bodoh di dunia ini
adalah orang yang takabur, disamping orang yang musyrik).
4. Hiqdu (dendam)
Yaitu menyembunyikan rasa
permusuhan. Apabila orang yang dendam itu mengerjakan tuntutannya, maka ia
tidak mengingkari rasa dendamnya (yaitu selalu mencari kesempatan untuk
mencelakakan orang lain).
5. Hasud
Yaitu membenci kenikmatan yang ada
pada orang muslim dan batinnya merasa tertekan apabila ia tidak membencinya
atau tidak memenuhi tuntutan hasudnya (yaitu berusaha menghilangkan nikmat
orang lain).
6. Menyebut-nyebut kebaikan sedekah
Menyebut-nyebut kebaikan sedekah itu
dapat meleburkan pahalanya. Dan membiasakan mengerjakan dosa.
7. Buruk sangka kepada Alloh,
(padahal orang mukmin diharuskan selalu mengharapkan rahmat Alloh, disamping
bertobat dan berusaha). Berburuk sangka kepada hamba Alloh (mukmin yang shaleh,
kecuali terhadap orang yang benar-benar jahat maka buruk sangkanya itu tidak
berdosa). Dan mendustakan takdir/ qadha Alloh (menganggap semua kejadian bahkan
yang dianggapnya tidak masuk akal bukan merupakan takdir Alloh).
8. Merasa gembira melakukan
perbuatan maksiat, baik yang dilakukannya sendiri atau yang dilakukan oleh
orang lain dan mengingkari janji walaupun kepada orang kafir.
9. Menipu dan membenci sahabat Nabi
Saw beserta keluarganya dan orang-orang shaleh.
10. Bakhil atau enggan melaksanakan
kewajiban dari Alloh (missal zakat dan sebagainya), kikir, tamak terhadap harta
orang lain, rakus terhadap harta, menghina perkara dan menganggap kecil perkara
yang diagungkan Alloh.