Terjemah Kitab Sullamut Taufiq (Sullam Al Taufiq); Syarat Bersuci dan Rukun Tayammum; في شُرُوطِ الطَّهارَةِ وأَرْكانِ التَّيَمُّمِ

  

فَصْلٌ : في شُرُوطِ الطَّهارَةِ وأَرْكانِ التَّيَمُّمِ

شَرْطُ الطَّهارَةِ: الإسْلامُ، والتَّمْيِيزُ، وعَدَمُ المانِعِ مِنْ وُصُولِ الماءِ إلى المَغْسُولِ، والسَّيَلانُ، وأنْ يَكُونَ الماءُ مُطَهِّرًا، بأنْ: لا يُسْلَبَ اسْمَهُ بِمُخالَطَةِ طاهِرٍ يَسْتَغْنِي الماءُ عنه، وأنْ لا يَتَغَيَّرَ بِنَجِسٍ ولو تَغَيُّرًا يَسِيرًا، وإنْ كانَ الماءُ دُونَ القُلَّتَيْنِ زِيدَ [شَرْطانِ آخَرانِ لِيَكُونَ مُطَهِّرًا]: بِأنْ لا يُلاقِيَهُ نَجِسٌ غَيْرُ مَعْفُوٍّ عنه، و[أنْ] لا [يَكُونَ] اسْتُعْمِلَ في رَفْعِ حَدَثٍ أو إزالَةِ نَجَسٍ. ومَنْ لم يَجِدِ الماءَ أو كانَ يَضرُّهُ الماءُ تَيَمَّمَ، بَعْدَ: دُخُولِ الوَقْتِ، وزَوالِ النَّجاسَةِ [الَّتي لا يُعفَى عنها]، ومَعْرِفَةِ القِبْلَةِ، [ويَكُونُ] بِتُرابٍ [أو رَمْلٍ] خالِصٍ طَهُورٍ له غُبارٌ، في الوَجْهِ واليَدَيْنِ، يُرَتِّبُهُما بِضَرْبَتَيْنِ [على الأَقَلِّ]، بِنِيَّةِ اسْتِباحَةِ فَرْضِ الصَّلاةِ، [وتَكُونُ النِّيَّةُ] مَعَ النَّقْلِ ومَسْحِ أَوَّلِ الوَجْهِ.

Pasal: Syarat Bersuci dan Rukun Tayammum

Syarat bersuci adalah Islam, tamyiz (berakal sehat), tidak ada perkara yang mencegah sampainya air pada yang dibasuh, mengalir, air harus suci dan menyucikan dalam arti tidak merusak nama air karena bercampur dengan benda suci yang tidak diperlukan air. Air tidak boleh berubah karena bercampur najis walaupun berubah sedikit. Apabila air kurang dua kulah maka airnya ditambah. Dua syarat lain supaya air dapat menyucikan adalah tidak bertemu najis yang tidak dimakfu (dimaafkan) dan belum dipakai untuk menghilangkan hadas atau najis. Siapa yang tidak menemukan air atau ada air tapi membahayakan tubuhnya maka boleh tayamum setelah masuknya waktu. Hilangnya najis yang tidak dimaafkan. Mengetahui arah kiblat. Tayamum dengan debu atau pasir bersih dan suci yang mengandung debu, pada wajah dan kedua tangan dengan dua kali pukulan paling sedikit dengan niat bolehnya fardhu shalat. Niat dilakukan bersamaan dengan pindah dan mengusap awal wajah.

 Daftar isi Terjemah Kitab Sullamut Taufiq (Sullam Al Taufiq)




Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama