وأقل الغسل تعميم بدنه بعد
إزالة النجس ولا تجب نية الغاسل في الأصح فيكفي غرقه أو غسل كافر.
قلت: الصحيح المنصوص وجوب
غسل الغريق والله أعلم والأكمل وضعه بموضع خال مستور على لوح ويغسل في قميص بماء بارد
ويجلسه الغاسل على المغتسل مائلا إلى ورائه ويضع يمينه على كتفه وإبهامه في نقرة قفاه
ويسند ظهره إلى ركبته اليمنى ويمر يساره على بطنه إمرارا بليغا ليخرج ما فيه ثم يضجعه
لقفاه ويغسل بيساره وعليها خرقة سوأتية ثم يلف أخرى ويدخل أصبعه فمه ويمرها على أسنانه
ويزيل ما في منخريه من أذى ويوضئه كالحي ثم يغسل رأسه ثم لحيته بسدر ونحوه ويسرحهما
بمشط واسع الأسنان برفق ويرد المنتف إليه ويغسل شقه الأيمن ثم الأيسر ثم يحرفه إلى
شقه الأيسر فيغسل شقه الأيمن مما يلي القفا والظهر إلى القدم ثم يحرفه إلى شقه الأيمن
فيغسل الأيسر كذلك فهذه غسلة ويستحب ثانية وثالثة وأن يستعان في الأولى بسدر أو خطمى
ثم يصب ماء قراح من فرقه إلى قدمه بعد زوال السدر وأن يجعل في كل غسلة قليل كافور ولو
خرج بعده نجس وجب إزالته فقط وقيل: مع الغسل إن خرج من الفرج وقيل: الوضوء ويغسل الرجل
الرجل والمرأة المرأة ويغسل أمته وزوجته وهي زوجها ويلفان خرقة ولا مس فإن لم يحضر
إلا أجنبي أو أجنبية يمم في الأصح وأولى الرجال به أولا لهم بالصلاة وبها قراباتها
ويقدمن على زوج في الأصح وأولاهن ذات محرمية ثم الأجنبية ثم رجال القرابة كترتيب صلاتهم.
قلت: إلا ابن العم ونحوه
فكالأجنبي والله أعلم ويقدم عليهم الزوج في الأصح ولا يقرب المحرم طيبا ولا يؤخذ شعره
وظفره وتطيب المحدة في الأصح والجديد أنه لا يكره في غير المحرم أخذ ظفره وشعر إبطه
وعانته وشاربه. قلت: الأظهر كراهته. والله أعلم
Memandikan
Jenazah
Minimal
memandikan: meratakan (air) ke seluruh badannya setelah menghilangkan najis.
Orang yang memandikan tidak wajib berniat menurut pendapat yang lebih benar.
Maka mencukupi (dalam memandikan) dengan ditenggelamkan atau dimandikan oleh
orang kafir. Pendapatku: menurut pendapat yang shahih yang dinashkan: wajib memandikan
orang yang tenggelam, wallahu a’lam. Lebih sempurnanya: jenazah diletakkan di
tempat yang sepi, tertutup tabir, (diletakkan) di atas papan, dimandikan dengan
memakai baju menggunakan air dingin, orang yang memandikan mendudukkannya di
atas tempat mandinya dalam posisi agak miring ke belakang, dia letakkan tangan
kanannya di atas bahu jenazah dan jempolnya di lubang tengkuk, dia sandarkan
punggung jenazah ke lutut kanannya, dia jalankan tangan kirinya di perut
jenazah dengan sungguh-sungguh agar keluar kotoran di dalam perut jenazah, kemudian
dia baringkan jenazah dengan tengkuknya dan dia basuh dua aurat (qubul dan
dubur) jenazah menggunakan tangan kiri yang diselubungi sobekan kain, kemudian
dia selubungi tangan kiri dengan sobekan kain yang lain, dan dia masukkan
jarinya ke mulut jenazah dan dia jalankan di gigi-giginya, dia hilangkan
kotoran yang ada di lubang hidung jenazah, dia wudhukan jenazah seperti orang
hidup, kemudian dia basuh kepala jenazah kemudian jenggotnya dengan bidara atau
yang sejenisnya, kemudian dia sisir rambut dan jenggotnya dengan lembut
menggunakan sisir yang giginya lebar, kemudian dia kembalikan rambut yang
tercabut. Dan dia basuh sisi kanan kemudian kiri, kemudian dia miringkan
jenazah ke sisi kiri kemudian dia basuh sisi kanan yang sebidang dengan tengkuk
dan punggung sampai kaki, kemudian dia miringkan jenazah ke sisi kanan kemudian
dia basuh sisi kiri seperti itu juga, maka ini adalah satu basuhan mandi.
Dan disunnahkan
basuhan kedua dan ketiga, pada basuhan pertama menggunakan bidara atau khithmiy
kemudian disiram air bersih/murni dari rambut sampai kaki setelah hilangnya
bidara, dan pada setiap basuhan dicampur sedikit kapur barus. Seandainya
sesudah itu keluar najis, maka wajib menghilangkan najisnya saja; dan dikatakan:
dengan mandi lagi jika keluar dari farji; dan dikatakan: dengan wudhu.
Laki-laki
memandikan jenazah laki-laki, perempuan memandikan jenazah perempuan. Laki-laki
memandikan budak perempuannya dan isrtnya, perempuan memandikan suaminya,
tangannya diselubungi sobekan kain dan tidak menyentuh jenazah.
Seandainya di
situ tidak ada orang selain ajnabi lawan jenis (orang lain, bukan mahram), maka
jenazah ditayamumkan menurut pendapat yang lebih benar. Laki-laki yang paling
berhak (memandikan) bagi jenazah laki-laki: yang paling berhak untuk mensholat;
dan bagi jenazah perempuan: kerabat perempuan, kerabat perempuan didahulukan
daripada suami menurut pendapat yang lebih benar, dan kerabat perempuan
tersebut yang paling berhak: yang punya hubungan mahram, kemudian perempuan
ajnabi, kemudian laki-laki kerabatnya seperti urutan yang paling berhak
mensholat.
Pendapatku:
kecuali anak laki-laki dari paman dan sejenisnya, maka dia seperti ajnabi,
wallahu a’lam.
Dan suami
didahulukan atas mereka (kerabat laki-laki). Jenazah orang yang sedang ihram tidak
diberi wangi-wangian, tidak diambil rambut dan kukunya; jenazah wanita yang
sedang dalam masa iddah tetiap diberi wewangian menurut pendapat yang lebih
benar. Menurut qaul jadid: tidak makruh memotong kuku jenazah, rambut ketak,
rambut di bagian bawah perut dan kumisnya. Pendapatku: menurut pendapat yang lebih
jelas: makruh, wallahu a’lam.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin