Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Tertolak dan Luput; باب الإحصار والفوات

 


باب الإحصار والفوات

من أحصر تحلل وقيل: لا تتحلل الشرذمة ولا تحلل بالمرض فإن شرطه تحلل به على المشهور ومن تحلل ذبح شاة حيث أحصر.

قلت: إنما يحصل التحلل بالذبح ونية التحلل وكذا الحلق إن جعلناه نسكا فإن فقد الدم فالأظهر أن له بدلا وأنه طعام بقيمة الشاة فإن عجز صام عن كل مد يوما وله التحلل في الحال في الأظهر والله أعلم وإذا أحرم العبد بلا إذن فلسيده تحليله وللزوج تحليلها من حج تطوع لم يأذن فيه وكذا من الفرض في الأظهر ولا قضاء على المحصر المتطوع فإن كان فرضا مستقرا بقي في ذمته أو غير مستقر اعتبرت الاستطاعة بعد ومن فاته الوقوف تحلل بطواف وسعي وحلق وفيهما قول وعليه دم والقضاء.

 

Tertolak dan Luput

Barangsiapa tertolak, maka dia (boleh) bertahallul; dan dikatakan: kelompok kecil (yang tertolak) tidak bertahallul.

Tidak bertahallul karena sakit; jika dia mempersyaratkan hal itu, maka dia bertahallul karena sakit tersebut menurut pendapat yang masyhur.

Barangsiapa yang bertahallul, maka dia menyembelih domba ketika dia tertolak.

Pendapatku: tahallul hanya didapatkan dengan menyembelih dan berniat tahallul, demikian juga mencukur (rambut) jika kita jadikan hal itu sebagai manasik. Jika damnya hilang, maka menurut pendapat yang lebih jelas: boleh baginya menggant; dan gantnya adalah makanan seharga domba; jika dia tidak mampu, maka dia berpuasa satu hari per satu mud; dan boleh baginya bertahallul dalam keadaan tersebut menurut pendapat yang lebih jelas; wallahu a’lam.

Apabila seorang hamba/budak berihram tanpa izin; maka boleh bagi tuannya untuk menyuruhnya bertahallul.

Boleh bagi suami untuk memerintahkan istrinya bertahallul pada haji tathawu’/sunnah yang tidak dia izinkan; demikian juga pada haji fardhu menurut pendapat yang lebih jelas.

Tidak ada qadha bagi orang yang tertolak pada haji tathawu’. Jika hajinya itu adalah fardhu yang menetap, maka haji itu tetiap ada dalam tanggungannya; atau jika fardhu yang tidak menetap, maka disesuaikan dengan kemampuannya sesudah itu.

Barangsiapa yang meluputkan wukuf, maka dia (wajib) bertahallul dengan thawaf, sa’i, dan mencukur (rambut); dalam dua hal (sa’i dan mencukur) ada satu qaul/pendapat lain; dan wajib baginya membayar dam dan mengqadha.

 

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama