باب الإحصار والفوات
من أحصر تحلل وقيل: لا تتحلل
الشرذمة ولا تحلل بالمرض فإن شرطه تحلل به على المشهور ومن تحلل ذبح شاة حيث أحصر.
قلت: إنما يحصل التحلل بالذبح
ونية التحلل وكذا الحلق إن جعلناه نسكا فإن فقد الدم فالأظهر أن له بدلا وأنه طعام
بقيمة الشاة فإن عجز صام عن كل مد يوما وله التحلل في الحال في الأظهر والله أعلم وإذا
أحرم العبد بلا إذن فلسيده تحليله وللزوج تحليلها من حج تطوع لم يأذن فيه وكذا من الفرض
في الأظهر ولا قضاء على المحصر المتطوع فإن كان فرضا مستقرا بقي في ذمته أو غير مستقر
اعتبرت الاستطاعة بعد ومن فاته الوقوف تحلل بطواف وسعي وحلق وفيهما قول وعليه دم والقضاء.
Tertolak dan
Luput
Barangsiapa
tertolak, maka dia (boleh) bertahallul; dan dikatakan: kelompok kecil (yang
tertolak) tidak bertahallul.
Tidak
bertahallul karena sakit; jika dia mempersyaratkan hal itu, maka dia
bertahallul karena sakit tersebut menurut pendapat yang masyhur.
Barangsiapa
yang bertahallul, maka dia menyembelih domba ketika dia tertolak.
Pendapatku:
tahallul hanya didapatkan dengan menyembelih dan berniat tahallul, demikian
juga mencukur (rambut) jika kita jadikan hal itu sebagai manasik. Jika damnya
hilang, maka menurut pendapat yang lebih jelas: boleh baginya menggant; dan
gantnya adalah makanan seharga domba; jika dia tidak mampu, maka dia berpuasa
satu hari per satu mud; dan boleh baginya bertahallul dalam keadaan tersebut
menurut pendapat yang lebih jelas; wallahu a’lam.
Apabila seorang
hamba/budak berihram tanpa izin; maka boleh bagi tuannya untuk menyuruhnya bertahallul.
Boleh bagi
suami untuk memerintahkan istrinya bertahallul pada haji tathawu’/sunnah yang tidak
dia izinkan; demikian juga pada haji fardhu menurut pendapat yang lebih jelas.
Tidak ada qadha
bagi orang yang tertolak pada haji tathawu’. Jika hajinya itu adalah fardhu
yang menetap, maka haji itu tetiap ada dalam tanggungannya; atau jika fardhu
yang tidak menetap, maka disesuaikan dengan kemampuannya sesudah itu.
Barangsiapa
yang meluputkan wukuf, maka dia (wajib) bertahallul dengan thawaf, sa’i, dan
mencukur (rambut); dalam dua hal (sa’i dan mencukur) ada satu qaul/pendapat
lain; dan wajib baginya membayar dam dan mengqadha.