Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Menghadap Kiblat

 


فصل

 استقبال القبلة شرط لصلاة القادر إلا في شدة الخوف ونفل السفر فللمسافر التنفل راكبا وماشيا ولا يشترط طول سفره على المشهور فإن أمكن استقبال الراكب في مرقد وإتمام ركوعه وسجوده لزمه وإلا فالأصح أنه إن سهل الاستقبال وجب وإلا فلا ويختص بالتحرم وقيل: يشترط في السلام أيضا ويحرم انحرافه عن طريقه إلا إلى القبلة ويوميء بركوعه وسجوده أخفض والأظهر أن الماشي يتم ركوعه وسجوده ويستقبل فيهما وفي إحرامه ولا يمشي إلا في قيامه وتشهده ولو صلى فرضا على دابة واستقبل وأتم ركوعه وسجوده وهي واقفة جاز أو سائرة فلا ومن صلى في الكعبة واستقبل جدارها أو بابها مردودا أو مفتوحا مع ارتفاع عتبته ثلثي ذراع أو على سطحها مستقبلا من بنائها ما سبق جاز ومن أمكنه علم القبلة حرم عليه التقليد والاجتهاد وإلا أخذ بقول ثقة يخبر عن علم فإن فقد وأمكن الاجتهاد حرم التقليد فإن تحير لم يقلد في الأظهر وصلى كيف كان ويقضي ويجب تجديد الاجتهاد لكل صلاة تحضر على الصحيح ومن عجز عن الاجتهاد وتعلم كأدلة لأعمى قلد ثقة عارفا وإن قدر فالأصح وجوب التعلم فيحرم التقليد ومن صلى بالاجتهاد فتيقن الخطأ قصى في الأظهر فلو تيقنه فيها وجب استثنافها وإن تغير اجتهاده عمل بالثاني ولا قضاء حتى لو صلى أربع ركعات لأربع جهات بالاجتهاد فلا قضاء.

 

Menghadap Kiblat

Menghadap kiblat merupakan syarat shalat bagi orang yang mampu kecuali pada saat sangat ketakutan, dan shalat sunnah saat safar/bepergian. Bagi musafir sholat sunnah dalam keadaan berkendaraan atau jalan kaki, dan tidak disyaratkan bepergian yang jauh menurut pendapat yang masyhur.

Jika memungkinkan untuk menghadap kiblat bagi pengendara di pembaringan, dan menyempurnakan ruku’ dan sujudnya, maka dia harus melakukannya; jika tidak demikian, maka menurut pendapat yang lebih benar: jika mudah untuk menghadap kiblat, maka wajib; jika tidak mudah, maka tidak wajib.

Menghadap kiblat ini khusus pada saat takbiratul ihram, dan dikatakan: disyaratkan saat salam juga.

Haram berpaling dari arah perjalanannya kecuali ke arah kiblat. Dia memberi isyarat pada saat ruku’ dan sujud, isyarat pada saat sujud lebih rendah dari saat ruku’. Menurut pendapat yang lebih jelas: bagi orang yang berjalan, dia sempurnakan ruku’ dan sujudnya, menghadap kiblat saat ruku’ dan sujud, juga saat takbiratul ihram; dia tidak berjalan kecuali pada saat berdiri dan tasyahud. Seandainya dia shalat fardhu di atas hewan tunggangan; sedangkan dia menghadap ke kiblat, menyempurnakan ruku dan sujudnya, dan hewan tunggangannya itu dalam keadaan berhent, maka boleh; jika hewan tunggangannya berjalan, maka tidak boleh.

Barangsiapa yang shalat di dalam ka’bah, sedangkan dia menghadap ke temboknya, atau ke pintunya yang tertutup, ataupun terbuka dengan tnggi tangganya pintu adalah dua pertiga dzira’, atau shalat di atas atiap ka’bah menghadap ke sebagian bangunannya tersebut; maka semua itu boleh.

Orang yang bisa mengetahui arah kiblat, maka haram baginya taqlid dan ijthad (dalam menentukan arah kiblat). Jika tidak bisa mengetahui sendiri, maka dia ambil perkataan orang terpercaya yang memberitahukan kepadanya tentang arah kiblat. Jika tidak ada orang yang bisa memberi tahu, sedangkan dia bisa berijthad, maka haram taqlid. Jika dia bingung, dia tetiap tidak taqlid menurut pendapat yang lebih jelas; dan dia tetiap shalat sebagaimana keadaannya dan mengqadha.

Wajib memperbaharui ijthad setiap kali waktu shalat datang menurut pendapat yang shahih. Barangsiapa yang tidak mampu berijthad dan mengetahui petunjuk-petunjuk, seperti orang buta; maka dia bertaqlid kepada orang terpercaya yang mengetahui; akan tetapi jika dia mampu, maka menurut pendapat yang lebih benar: wajib baginya belajar, kemudian haram taqlid.

Barangsiapa shalat berdasarkan ijthadnya, kemudian dia yakin bahwa ijthadnya salah, maka dia mengqadha menurut pendapat yang lebih jelas. Seandainya dia yakin ijthadnya salah saat sedang shalat, maka wajib memulai lagi shalatnya dari awal. Jika ijthadnya berubah, maka dia mengamalkan ijthad kedua dan tidak mengqadha; hingga seandainya dia shalat empat rokaat dengan menghadap ke empat arah berdasarkan ijthad, maka dia tidak mengqadha.

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama