Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Mengikuti Imam

 


فصل

تجب متابعة الإمام في أفعال الصلاة بأن يتأخر ابتداء فعله عن ابتدائه ويتقدم على فراغه منه فإن قارنه لم يضر إلا تكبيرة إحرام وإن تخلف بركن بأن فرغ الإمام منه وهو فيما قبله لم تبطل في الأصح أو بركنين بأن فرغ منهما وهو فيما قبلهما فإن لم يكن عذر بطلت وإن كان بأن أسرع قراءته وركع قبل إتمام المأموم الفاتحة فقيل: يتبعه وتسقط البقية والصحيح يتمها ويسعى خلفه ما لم يسبق بأكثر من ثلاثة أركان مقصودة وهي الطويلة فإن سبق بأكثر فقيل: يفارقه والأصح يتبعه فيما هو فيه ثم يتدارك بعد سلام الإمام ولو لم يتم الفاتحة لشغله بدعاء الافتتاح فمعذور هذا كله في الموافق فأما مسبوق ركع الإمام في فاتحته فالأصح أنه إن لم يشتغل بالافتتاح والتعوذ ترك قراءته وركع وهو مدرك للركعة وإلا لزمه قراءة بقدره ولا يشتغل المسبوق بسنة بعد التحرم بل بالفاتحة إلا أن يعلم إدراكها ولو علم المأموم في ركوعه أنه ترك الفاتحة أو شك لم يعد إليها بل يصلي ركعة بعد سلام الإمام

فلو علم أو شك وقد ركع الإمام ولم يركع هو قرأها وهو متخلف بعذر وقيل: يركع ويتدارك بعد سلام الإمام ولو سبق إمامه بالتحرم لم تنعقد أو بالفاتحة أو التشهد لم يضره ويجزئه وقيل: يجب إعادته ولو تقدم بفعل كركوع وسجود إن كان بركنين بطلت وإلا فلا وقيل: تبطل بركن.

 

Mengikut Imam

Wajib mengikut imam dalam gerakan-gerakan shalat, dengan menunda dalam memulai gerakan setelah imam memulai gerakan itu, dan memulai bergerak sebelum imam selesai dari gerakan itu. Jika gerakannya bersamaan dengan imam, maka tidak batal kecuali pada takbiratul ihram. Jika dia terlambat satu rukun, di mana imam telah selesai dari satu rukun sedangkan dia masih ada di rukun sebelumnya, maka tidak batal menurut pendapat yang lebih benar. Atau terlambat dua rukun, di mana imam telah selesai dua rukun, sedangkan dia ada pada dua rukun sebelumnya, jika tidak ada udzur, maka batal shalatnya. Jika keterlambatan disebabkan imam terlalu cepat dalam membaca, kemudian ruku’ sebelum makmum selesai membaca Al Fathah; maka dikatakan: dia mengikut imam dan gugur kewajiban membaca lanjutan Al Fathah. Sedangkan menurut pendapat yang shahih: dia tetiap menyempurnakan Al Fathahnya dan berusaha tetiap di belakang imam selama tidak tidak didahului lebih dari tiga rukun maqsudah yaitu rukun yang panjang; jika didahului lebih dari tiga rukun maqsudah, maka dikatakan: dia memisahkan diri; sedang menurut pendapat yang lebih benar: dia mengikut rukun yang sedang dilakukan imam, kemudian dia menyempurnakan shalat setelah imam bersalam. Seandainya dia tidak selesai membaca Al Fathah karena sibuk dengan doa ifitah, maka ini termasuk udzur.

Hal itu semua bagi makmum muwafq. Sedangkan bagi makmum masbuq apabila imam ruku’ saat dia membaca Al Fathah, maka menurut pendapat yang lebih benar: jika dia tidak menyibukkan diri dengan ifitah dan ta’awudz, dia tnggalkan bacaannya kemudian ruku’; dan dia terhitung dapat satu rokaat; jika tidak demikian, maka dia wajib membaca Al Fathah sebanyak ifitah dan ta’awudz itu.

 (Sunnah) makmum masbuq tidak menyibukkan diri dengan hal-hal sunnah setelah takbiratul ihram, akan tetapi menyibukkan diri membaca Al Fathah, kecuali dia tahu bisa mendapatkan Al Fathah.

Seandainya makmum tahu pada saat ruku’ bahwa dia telah meninggalkan Al Fathah, atau ragu-ragu (apakah telah mengerjakannya), maka dia tidak kembali untuk membaca Al Fathah, akan tetapi dia menyempurnakan shalat satu rokaat setelah imam bersalam. Seandainya dia tahu atau ragu, padahal imam telah ruku’ sedangkan dia belum, maka dia membaca Al Fathah dan dia terlambat karena udzur; dan dikatakan: dia ruku’ dan menyempurnakan setelah imam bersalam.

Seandainya dia mendahului imam dalam takbiratul ihram, maka tidak sah. Atau dia mendahului imam dalam Al Fathah atau tasyahud, maka tidak batal shalatnya dan dia mendapatkan Al Fathah atau tasyahud tersebut; dan dikatakan: wajib mengulanginya. Seandainya dia mendahului imam dengan perbuatan seperti ruku’ dan sujud, jika ada dua rukun, maka batal shalatnya; jika tidak (ada dua rukun), maka tidak batal; dan dikatakan: batal meskipun satu rukun.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama