فصل
تجب متابعة الإمام في أفعال
الصلاة بأن يتأخر ابتداء فعله عن ابتدائه ويتقدم على فراغه منه فإن قارنه لم يضر إلا
تكبيرة إحرام وإن تخلف بركن بأن فرغ الإمام منه وهو فيما قبله لم تبطل في الأصح أو
بركنين بأن فرغ منهما وهو فيما قبلهما فإن لم يكن عذر بطلت وإن كان بأن أسرع قراءته
وركع قبل إتمام المأموم الفاتحة فقيل: يتبعه وتسقط البقية والصحيح يتمها ويسعى خلفه
ما لم يسبق بأكثر من ثلاثة أركان مقصودة وهي الطويلة فإن سبق بأكثر فقيل: يفارقه والأصح
يتبعه فيما هو فيه ثم يتدارك بعد سلام الإمام ولو لم يتم الفاتحة لشغله بدعاء الافتتاح
فمعذور هذا كله في الموافق فأما مسبوق ركع الإمام في فاتحته فالأصح أنه إن لم يشتغل
بالافتتاح والتعوذ ترك قراءته وركع وهو مدرك للركعة وإلا لزمه قراءة بقدره ولا يشتغل
المسبوق بسنة بعد التحرم بل بالفاتحة إلا أن يعلم إدراكها ولو علم المأموم في ركوعه
أنه ترك الفاتحة أو شك لم يعد إليها بل يصلي ركعة بعد سلام الإمام
فلو علم أو شك وقد ركع الإمام
ولم يركع هو قرأها وهو متخلف بعذر وقيل: يركع ويتدارك بعد سلام الإمام ولو سبق إمامه
بالتحرم لم تنعقد أو بالفاتحة أو التشهد لم يضره ويجزئه وقيل: يجب إعادته ولو تقدم
بفعل كركوع وسجود إن كان بركنين بطلت وإلا فلا وقيل: تبطل بركن.
Mengikut Imam
Wajib mengikut
imam dalam gerakan-gerakan shalat, dengan menunda dalam memulai gerakan setelah
imam memulai gerakan itu, dan memulai bergerak sebelum imam selesai dari
gerakan itu. Jika gerakannya bersamaan dengan imam, maka tidak batal kecuali
pada takbiratul ihram. Jika dia terlambat satu rukun, di mana imam telah
selesai dari satu rukun sedangkan dia masih ada di rukun sebelumnya, maka tidak
batal menurut pendapat yang lebih benar. Atau terlambat dua rukun, di mana imam
telah selesai dua rukun, sedangkan dia ada pada dua rukun sebelumnya, jika tidak
ada udzur, maka batal shalatnya. Jika keterlambatan disebabkan imam terlalu
cepat dalam membaca, kemudian ruku’ sebelum makmum selesai membaca Al Fathah;
maka dikatakan: dia mengikut imam dan gugur kewajiban membaca lanjutan Al
Fathah. Sedangkan menurut pendapat yang shahih: dia tetiap menyempurnakan Al
Fathahnya dan berusaha tetiap di belakang imam selama tidak tidak didahului
lebih dari tiga rukun maqsudah yaitu rukun yang panjang; jika didahului lebih
dari tiga rukun maqsudah, maka dikatakan: dia memisahkan diri; sedang menurut
pendapat yang lebih benar: dia mengikut rukun yang sedang dilakukan imam,
kemudian dia menyempurnakan shalat setelah imam bersalam. Seandainya dia tidak
selesai membaca Al Fathah karena sibuk dengan doa ifitah, maka ini termasuk
udzur.
Hal itu semua
bagi makmum muwafq. Sedangkan bagi makmum masbuq apabila imam ruku’ saat dia membaca
Al Fathah, maka menurut pendapat yang lebih benar: jika dia tidak menyibukkan
diri dengan ifitah dan ta’awudz, dia tnggalkan bacaannya kemudian ruku’; dan
dia terhitung dapat satu rokaat; jika tidak demikian, maka dia wajib membaca Al
Fathah sebanyak ifitah dan ta’awudz itu.
(Sunnah) makmum masbuq tidak menyibukkan diri
dengan hal-hal sunnah setelah takbiratul ihram, akan tetapi menyibukkan diri
membaca Al Fathah, kecuali dia tahu bisa mendapatkan Al Fathah.
Seandainya
makmum tahu pada saat ruku’ bahwa dia telah meninggalkan Al Fathah, atau
ragu-ragu (apakah telah mengerjakannya), maka dia tidak kembali untuk membaca
Al Fathah, akan tetapi dia menyempurnakan shalat satu rokaat setelah imam
bersalam. Seandainya dia tahu atau ragu, padahal imam telah ruku’ sedangkan dia
belum, maka dia membaca Al Fathah dan dia terlambat karena udzur; dan
dikatakan: dia ruku’ dan menyempurnakan setelah imam bersalam.
Seandainya dia
mendahului imam dalam takbiratul ihram, maka tidak sah. Atau dia mendahului
imam dalam Al Fathah atau tasyahud, maka tidak batal shalatnya dan dia
mendapatkan Al Fathah atau tasyahud tersebut; dan dikatakan: wajib
mengulanginya. Seandainya dia mendahului imam dengan perbuatan seperti ruku’
dan sujud, jika ada dua rukun, maka batal shalatnya; jika tidak (ada dua
rukun), maka tidak batal; dan dikatakan: batal meskipun satu rukun.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin