Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Menunaikan Zakat

 


فصل

تجب الزكاة على الفور إذا تمكن وذلك بحضور المال والأصناف وله أن يؤدي بنفسه زكاة المال الباطن وكذا الظاهر على الجديد وله التوكيل والصرف إلى الإمام والأظهر أن الصرف إلى الإمام أفضل إلا أن يكون جائرا وتجب النية فينوي هذا فرض زكاة مالي أو فرض صدقة مالي ونحوهما ولا يكفي هذا فرض مالي وكذا الصدقة في الأصح ولا يجب تعيين المال ولو عين لم يقع عن غيره ويلزم الولي النية إذا أخرج زكاة الصبي أو المجنون وتكفي نية الموكل عند الصرف إلى الوكيل في الأصح والأفضل أن ينوي الوكيل عند التفريق أيضا ولو دفع إلى السلطان كفت النية عنده فإن لم ينو يجزىء على الصحيح وإن نوى السلطان والأصح أنه يلزم السلطان النية إذا اخذ زكاة الممتنع وأن نيته تكفي.

 

Menunaikan Zakat

Kewajiban zakat itu harus disegerakan apabila telah memungkinkan, yaitu dengan adanya harta itu dan ashnaf (penerima zakat).

Boleh baginya untuk menunaikan sendiri zakat harta batn (naqd, perniagaan, dan rikaz); demikian juga harta dhahir (ternak, tanaman, buah, dan hasil tambang) menurut qaul jadid. Dan boleh baginya mewakilkan, atau membayarkan kepada imam (pemerintah). Menurut pendapat yang lebih jelas: membayarkan kepada imam itu lebih utama, kecuali imam itu dhalim.

Niat itu wajib, maka dia berniat: “Ini adalah kewajiban zakat hartaku”, atau “kewajiban shadaqah hartaku”, atau yang semacamnya. Tidak cukup hanya berniat: “kewajiban hartaku”, demikian juga: “shadaqah hartaku” menurut pendapat yang lebih benar.

(Dalam niat) tidak wajib menentukan/menyebut hartanya; seandainya dia menentukannya, maka (niatnya) tidak jatuh ke harta lainnya.

Wajib niat bagi wali apabila dia membayarkan zakatnya anak kecil atau orang gila.

Niat mewakilkan telah mencukupi, bila dia membayarkan zakat ke wakil menurut pendapat yang lebih benar. Dan yang lebih afdhal: hendaknya wakil itu juga berniat saat pembagian (zakat).

Seandainya dia memberikan zakatnya kepada sulthan/penguasa, berniat di depan suthan sudah mencukupi.

Jika dia tidak berniat, maka tidak mencukupi menurut pendapat yang shahih meskipun sulthannya berniat.

Menurut pendapat yang lebih benar: wajib bagi sulthan untuk berniat apabila mengambil zakat dari orang yang menolak (berzakat), dan niat sulthan itu telah mencukupi

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama