Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; MUKADDIMAH

  


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ الْبَرِّ الْجَوَادِ، الَّذِي جَلَّتْ نِعَمُهُ عَنْ الْإِحْصَاءِ بِالْأَعْدَادِ، الْمَانُّ بِاللُّطْفِ وَالْإِرْشَادِ، الْهَادِي إلَى سَبِيلِ الرَّشَادِ، الْمُوَفِّقُ لِلتَّفَقُّهِ فِي الدِّينِ مَنْ لَطَفَ بِهِ وَاخْتَارَهُ مِنْ الْعِبَادِ.

أَحْمَدُهُ أَبْلَغَ حَمْدٍ وَأَكْمَلَهُ، وَأَزْكَاهُ وَأَشْمَلَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ الْوَاحِدُ الْغَفَّارُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، الْمُصْطَفَى الْمُخْتَارُ - صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ -.وَزَادَهُ فَضْلًا وَشَرَفًا لَدَيْهِ.

(أَمَّا بَعْدُ) ، فَإِنَّ الِاشْتِغَالَ بِالْعِلْمِ مِنْ أَفْضَلِ الطَّاعَاتِ، وَأَوْلَى مَا أُنْفِقَتْ فِيهِ نَفَائِسُ الْأَوْقَاتِ، وَقَدْ أَكْثَرَ أَصْحَابُنَا - رَحِمَهُمُ اللَّهُ - مِنْ التَّصْنِيفِ مِنْ الْمَبْسُوطَاتِ وَالْمُخْتَصَرَاتِ، وَأَتْقَنَ مُخْتَصَرَ " الْمُحَرَّرِ " لِلْإِمَامِ أَبِي الْقَاسِمِ الرَّافِعِيِّ. - رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى - ذِي التَّحْقِيقَاتِ ، وَهُوَ كَثِيرُ الْفَوَائِدِ، عُمْدَةٌ فِي تَحْقِيقِ الْمَذْهَبِ، مُعْتَمَدٌ لِلْمُفْتِي وَغَيْرِهِ مِنْ أُولِي الرَّغَبَاتِ، وَقَدْ الْتَزَمَ مُصَنِّفُهُ - رَحِمَهُ اللَّهُ - أَنْ يَنُصَّ عَلَى مَا صَحَّحَهُ مُعْظَمُ الْأَصْحَابِ وَوَفَّى بِمَا الْتَزَمَهُ وَهُوَ مِنْ أَهَمِّ أَوْ أَهَمِّ الْمَطْلُوبَاتِ.

لَكِنْ فِي حَجْمِهِ كِبَرٌ يَعْجِزُ عَنْ حِفْظِهِ أَكْثَرُ أَهْلِ الْعَصْرِ إلَّا بَعْضَ أَهْلِ الْعِنَايَاتِ، فَرَأَيْت اخْتِصَارَهُ فِي نَحْوِ نِصْفِ حَجْمِهِ، لِيَسْهُلَ حِفْظُهُ مَعَ مَا أُضَمِّنُهُ إلَيْهِ إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى مِنْ النَّفَائِسِ الْمُسْتَجِدَّاتِ: مِنْهَا التَّنْبِيهُ عَلَى قُيُودٍ فِي بَعْضِ الْمَسَائِلِ هِيَ مِنْ الْأَصْلِ مَحْذُوفَاتٌ، وَمِنْهَا مَوَاضِعُ يَسِيرَةٌ ذَكَرَهَا فِي الْمُحَرَّرِ عَلَى خِلَافِ الْمُخْتَارِ فِي الْمَذْهَبِ كَمَا سَتَرَاهَا إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى وَاضِحَاتٍ، وَمِنْهَا إبْدَالُ مَا كَانَ مِنْ أَلْفَاظِهِ غَرِيبًا، أَوْ مُوهِمًا خِلَافَ الصَّوَابِ بِأَوْضَحَ وَأَخْصَرَ مِنْهُ بِعِبَارَاتٍ جَلِيَّاتٍ، وَمِنْهَا بَيَانُ الْقَوْلَيْنِ وَالْوَجْهَيْنِ وَالطَّرِيقَيْنِ وَالنَّصِّ ، وَمَرَاتِبُ الْخِلَافِ فِي جَمِيعِ الْحَالَاتِ.

فحيث أقول في الأظهر أو المشهور فمن القولين أو الأقوال فإن قوى الخلاف قلت: الأظهر وإلا فالمشهور وحيث أقول الأصح أو الصحيح فمن الوجهين أو الأوجه فإن قوى الخلاف. قلت: الأصح، وإلا فالصحيح وحيث أقول المذهب فمن الطريقين أو الطرق وحيث أقول النص فهو نص الشافعي رحمه الله ويكون هناك وجه ضعيف أو قول مخرج وحيث أقول الجديد فالقديم خلافه أو القديم أو في قول قديم فالجديد خلافه وحيث أقول وقيل: كذا فهو وجه ضعيف والصحيح أو الأصح خلافه وحيث أقول وفي قول كذا فالراجح خلافه ومنها مسائل نفيسة أضمها إليه ينبغي أن لا يخلى الكتاب منها

وأقول في أولها:قلت: وفي آخرها والله أعلم وما وجدته من زيادة لفظة ونحوها على ما في المحرر فاعتمدها فلا بد منها وكذا ما وجدته من الأذكار مخالفا لما في المحرر وغيرة من كتب الفقه فاعتمده فإني حققته من كتب الحديث المعتمدة وقد أقدم بعض مسائل الفصل لمناسبة أو اختصار وربما قدمت فصلا للمناسبة وأرجو إن تم هذا المختصر أن يكون في معنى الشرح للمحرر فإني لا أحذف منه شيئا من الأحكام أصلا ولا من الخلاف ولو كان واهيا مع ما أشرت إليه من النفائس وقد شرعت في جمع جزء لطيف على صورة الشرح لدقائق هذا المختصر ومقصودي به التنبيه على الحكمة في العدول عن عبارة المحرر وفي إلحاق قيد أو حرف أو شرط للمسألة ونحو ذلك وأكثر ذلك من الضروريات التي لا بد منها وعلى الله الكريم إعتمادي وإليه تفويضي واستنادي وأسأله النفع به لي ولسائر المسلمين ورضوان عني وعن أحبائي وجميع المؤمنين.

Bismillahirrahmanirrahim...

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang Maha Baik lagi Maha pemurah, yang telah memberikan beberapa kenikmatan yang tak terhitung banyaknya, Tuhan yang telah memberikan anugerah dengan kelembutan dan pengarahan, Tuhan yang menunjukkan jalan yang lurus, Tuhan yang telah meberikan taufiq (kemudahan untuk melakukan kebajikan) untuk mendalami ilmu agama bagi orang yang Ia kasihi dan orang yang Ia pilih dari hamba-hambanya.

Aku memuji-Nya dengan pujian tertinggi, paling sempurna, paling suci dan paling mencakup. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa dan Maha Besar Pengampunannya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasulnya, Nabi pilihan, semoga Allah senanti iasa meberikan rahmat, penghormatan dan keselamatan pada beliau, dan semoga Allah senanti iasa menambahkan anugerah dan kemuliaan bagi beliau.

Amma ba’du... Sesungguhnya menyibukkan diri dengan ilmu merupakan salah satu bentuk ketaatan yang paling utama, dan merupakan salah satu cara yang lebih utama untuk menghabiskan waktu yang sangat berharga. Para ulama’ pembesar madzhab Syafi’i (ashhabuna) -semoga Allah senanti iasa merahmati mereka semua- telah menulis beberapa kitab fiqih dengan pemaparan yang panjang lebar (Al-Mabsuthot) dan juga kitab-kitab fiqih yang ringkas (Al-Mukhtashorot). Diantara kitab fiqih yang ringkas (mukhtashor) yang paling sempurna adalah kitab “Al-Muharror” karya Imam Abu Al-Qosim Ar-Rofi’i, -semoga Allah senanti iasa merahmati beliau- yang ditulis dengan sangat teliti dan banyak meberikan faedah, kitab ini menjadi pegangan (‘umdah) dalam mencari pendapat yang yang teliti dalam madzhab Syafi’i, dan menjadi pegangan bagi orang yang memberikan fatwa (mufti) dan juga bagi orang-orang yang memiliki keinginan. Penulis kitab tersebut -semoga Allah senanti iasa merahmati beliau- hanya mencantumkan pendapat-pendapat yang yang ditetiapkan kesahihannya oleh mayoritas ashab madzhab Syafi’i, beliau telah memenuhi standar penulisan yang beliau tetiapkan tersebut. Standar penulisan yang hanya mencantumkan pendapat yang shahih adalah salah satu hal yang penting atau bahkan merupakan sesuatu yang paling penting untuk dicari (orang yang hendak mempelajari ilmu fiqih).

Hanya saja ketebalan kitab tersebut membuatnya sulit dihafalkan oleh kebanyakan orang pada masa ini kecuali bagi sebagian orang yang diberikan pertolongan (diberi kemudahan menghafalnya). Karena itulah saya berniat meringkasnya menjadi separo bentuk aslinya, agar mudah dihafalkan. Selain itu, insya Allah akan saya masukkan juga keterangan-keterangan yang bagus dan baru, diantaranya:

1. Mengingatkan batasan-batasan dalam beberapa masalah yang tidak dimasukkan dalam kitab aslinya (Al-Muharror).

2. Menunjukkan beberapa tempat yang tidak terlalu banyak dimana pendapat yang disebutkan dalam kitab al-Muharror merupakan pendapat yang bertentangan dengan pendapat yang dipilih dalam madzhab Syafi’i, sebagaimana nanti i akan anda lihat - insya Allah- sangat jelas.

3. Mengganti kata/kalimat yang asing artinya atau dikhawatirkan akan disalah pahami, dengan kata/kalimat yang lebih jelas dan lebih ringkas dengan ungkapan-ungkapan yang jelas.

4. Menjelaskan adanya  pendapat (qoulain),  wajah (wajhain),  jalan (thoriqoin), pendapat yang ditetiapkan (nash) dan tingkatan-tingkatan perselisihan pendapat dalam setiap keadaan.

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama