Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Zakat Perniagaan (Tijarah)

 


فصل

شرط زكاة التجارة الحول والنصاب معتبرا بآخر الحول وفي قول بطرفيه وفي قول بجميعه فعلى الأظهر لورد إلى النقد في خلال الحول وهو دون النصاب واشترى به سلعة فالأصح أنه ينقطع الحول ويبتدأ حولها من شرائها ولو تم الحول وقيمة العرض دون النصاب فالأصح أنه يبتدأ حول ويبطل الأول ويصير عرض التجارة للقنية بنيتها وإنما يصير العرض للتجارة إذا اقترنت نيتها بكسبه بمعاوضة كشراء وكذا المهر وعوض الخلع في الأصح لا بالهبة والاحتطاب والاسترداد بعيب وإذا ملكه بنقد نصاب فحوله من حين ملك النقد أو دونه أو بعرض قنية فمن الشراء وقيل: إن ملكه بنصاب سائمة بنى على حولها ويضم الربح إلى الأصل في الحول إن لم ينض لا إن نض في الأظهر والأصح إن ولد لعرض وثمر مال تجارة وإن حوله حول الأصل وواجبها ربع عشرة القيمة فإن ملك بنقد قوم به إن ملك بنصاب وكذا دونه في الأصح أو بعرض فبغالت نقد البلد فإن غلب نقدان وبلغ

بأحدهما نصابا قوم به فإن بلغ بهما قوم بالأنفع للفقراء وقيل: يتخير المالك وإن ملك بنقد وعرض قوم ما قابل النقد به والباقي بالغالب وتجب فطرة عبد التجارة مع زكاتها ولو كان العرض سائمة فإن كمل نصاب إحدى الزكاتين فقط وجبت أو نصابهما فزكاة العين في الجديد فعلى هذا الوسبق حول التجارة بأن اشترى بمالها بعد ستة أشهر نصاب سائمة فالأصح وجوب زكاة التجارة لتمام حولها ثم يفتتح حولا لزكاة العين أبدا وإذا قلنا عامل القراض لا يملك الربح بالظهور فعلى المالك زكاة الجميع فإن أخرجها من مال القراض حسبت من الربح في الأصح وإن قلنا يملك بالظهور لزم المالك زكاة رأس المال وحصته من الريح والمذهب أنه يلزم العامل زكاة حصته.

 

Zakat Perniagaan (Tijarah)

Syarat zakat perniagaan/pedagangan/tjarah adalah: haul, dan nishab yang dihitung pada akhir haul, dalam sebuah qaul: pada awal dan akhir haul, dalam sebuah qaul/pendapat: pada seluruh masa haul.

Menurut pendapat yang lebih jelas: seandainya (harta perniagaan itu) kembali menjadi naqd/uang pada pertengahan haul, dan naqd itu kurang dari nishab, kemudian dengan naqd itu dia membeli barang dagangan yang baru, maka menurut pendapat yang lebih benar: haulnya terputus, dan haulnya dimulai lagi dari saat membeli barang dagangan itu.

Seandainya masa haul telah sempurna tetapi nilai hartanya kurang dari nishab, maka menurut pendapat yang lebih benar: masa haulnya dimulai lagi, dan batal masa haul yang dulu.

Suatu barang menjadi harta perniagaan karena diperoleh dengan niat berniaga; barang tersebut menjadi harta perniagaan hanya bila niatnya bersesuaian dengan perbuatannya dengan pertukaran (murni) seperti pembelian. Demikian juga mahar dan ‘iwadh/penggant khulu’ menurut pendapat yang lebih benar ; tidak demikian dengan hibah, mencari kayu bakar, dan meminta (uang) kembali karena barang cacat.

Apabila dia mendapatkan/membeli harta perniagaan menggunakan naqd (yang telah mencapai) nishab, maka masa haulnya (dihitung) semenjak memiliki naqd; atau (naqd yang digunakan tersebut) kurang dari nishab, atau (membelinya) menggunakan harta lain miliknya, maka (haulnya dihitung) sejak membelinya.

Dan dikatakan: jika dia membelinya menggunakan ternak yang telah mencapai nishab, maka haulnya melanjutkan haul ternak itu.

Keuntungan digabungkan dengan modal dalam haul jika tidak berwujud tunai (dinar/dirham); jika berwujud tunai maka tidak digabungkan menurut pendapat yang lebih jelas.

Menurut pendapat yang lebih benar: anak (hewan) harta perniagaan dan buah (dari pohon) harta perniagaan termasuk harta perniagaan, dan masa haulnya ikut masa haul modal.

Kewajiban zakat perniagaan: seperempat puluh (2,5%) dari nilai harganya.

Jika harta perniagaan itu dulunya dibeli menggunakan naqd, maka (zakatnya) dibayar dengan naqd jika saat membelinya sudah mencapai nishab; demikian juga jika (saat membelinya) belum mencapai nishab. Atau (jika dibeli) menggunakan harta lain, maka dibayar dengan naqd yang umum di negerinya (dirham atau dinar).

Jika dibeli menggunakan dua naqd, dan salah satunya telah mencapai nishab, maka zakatnya dibayar menggunakan naqd yang telah mencapai nishab. Jika mencapai nishab dengan gabungan kedua naqd, maka zakatnya dibayar menggunakan naqd yang paling bermanfaat bagi para fakir; dan dikatakan: pemilik harta boleh memilih. Jika dibeli menggunakan naqd dan harta lain, maka bagian naqd dibayar dengan naqd dan sisanya dibayar dengan (naqd) yang umum (di negerinya).

Dan wajib membayar zakat fitrah budak yang diperdagangkan, bersama dengan kewajiban zakat perniagaan.

Seandainya harta perniagaannya berupa hewan ternak, jika telah sempurna nishab salah satu saja dari dua zakat, maka wajib zakat (bagi yang telah sempurna nishabnya). Atau telah sempurna nishab kedua zakat, maka wajib zakat ‘ain (ternak) menurut qaul jadid. Dalam hal ini: apabila haul harta perniagaan sempurna lebih dulu, misal dengan membeli ternak yang mencapai nishab menggunakan harta perniagaan setelah enam bulan , maka menurut pendapat yang lebih benar: wajib membayar zakat perniagaan saat telah sempurna haulnya, kemudian memulai masa haul yang lain untuk zakat ternak selamanya.

Dan apabila kita katakan: Pengelola qiradh tidak memiliki laba secara nyata, maka zakat semua harta (modal dan laba) adalah kewajiban pemilik. Jika zakat itu dia bayar dari harta qiradh, maka (yang dibayarkan itu) diperhitungkan dari laba menurut pendapat yang lebih benar.

Jika kita katakan: Pengelola memiliki secara nyata, maka wajib bagi pemilik untuk menzakat modalnya dan bagian laba miliknya. Dan menurut pendapat madzhab: pengelola wajib menzakat bagian keuntungan miliknya.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama