Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Zakat Fitrah

 


باب زكاة الفطر

تجب بأول ليلة العيد في الأظهر فتخرج عمن مات بعد الغروب دون من ولد ويسن أن لا تؤخر عن صلاته ويحرم تأخيرها عن يومه ولا فطرة على كافر إلا في عبده وقريبه المسلم في الأصح ولا رقيق وفي المكاتب وجه ومن بعضه حر يلزمه بقسطه ولا معسر فمن لم يفضل عن قوته وقوت من في نفقته ليلة العيد ويومه شيء فمعسر ويشترط كونه فاضلا عن مسكن وخادم يحتاج إليه في الأصح ومن لزمه فطرته لزمه فطرة من تلزمه نفقته لكن لا يلزم المسلم فطرة العبد والقريب والزوجة الكفار ولا العبد فطرة زوجته ولا الابن فطرة زوجة أبيه وفي الابن وجه ولو أعسر الزوج أو كان عبدا فالأظهر أنه يلزم زوجته الحرة فطرتها وكذا سيد الأمة.

قلت: الأصح المنصوص لا يلزم الحرة والله أعلم ولو انقطع خبره فالمذهب وجوب إخراج فطرته في الحال وقيل: إذا عاد وفي قول لا شيء والأصح أن من أيسر ببعض صاع يلزمه وأنه لو وجد بعض الصيعان قدم نفسه ثم زوجته ثم ولده الصغير ثم الأب ثم الأم ثم الكبير وهو صاع وهو ستمائة درهم وثلاثة وتسعون درهما وثلث.

قلت: والأصح ستمائة وخمسة وثمانون درهما وخمسة أسباع درهم لما سبق في زكاة النبات والله أعلم وجنسه القوت المعشر وكذا الأقط في الأظهر تجب من قوت بلده وقيل: قوته وقيل: يتخير بين الأقوات ويجزىء الأعلى على الأدنى ولا عكس والاعتبار بزيادة القيمة في وجه وبزيادة الاقتيات في الأصح فالبر خير من التمر والأرز والأصح أن الشعير خير من التمر وأن التمر خير من الزبيب وله أن يخرج عن نفسه من قوته وعن قريبه أعلى منه ولا يبعض الصاع ولو كان في بلد أقوات لا غالب فيها تخير والأفضل أشرفها ولو كان عبده ببلد آخر فالأصح أن الاعتبار بقوت بلد العبد.

قلت: الواجب الحب السليم ولو أخرج من ماله فطرة ولده الصغير الغني جاز كأجنبي أذن بخلاف الكبير ولو اشترك موسر أو معسر في عبد لزم الموسر نصف صاع ولو أيسر أو اختلف واجبهما أخرج كل واحد نصف صاع من واجبه في الأصح. والله أعلم.

 

Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib pada awal malam Idul Fitri menurut pendapat yang lebih jelas. Maka zakat fitrah dibayarkan bagi orang yang meninggal setelah matahari terbenam; tidak bagi yang dilahirkan (setelah matahari terbenam).

Dan disunnahkan tidak diakhirkan dari shalat ied, dan haram mengakhirkannya dari hari Idul Fitri.

Tidak ada kewajiban zakat fitrah bagi orang kafir, kecuali bagi budaknya (yang muslim) dan kerabatnya yang muslim menurut pendapat yang lebih benar. Tidak wajib juga bagi budak bagi budak mukatab ada satu wajah/pendapat lain, bagi budak yang setengah bebas wajib baginya sebagiannya , tidak wajib juga bagi orang yang kesulitan.

Barangsiapa yang tidak punya kelebihan sedikitpun dari makanan pokok untuk dirinya dan untuk orang yang dia nafahi pada malam Idul Fitri dan pada harinya, maka dia termasuk orang yang kesulitan. Dan disyaratkan kelebihan makanan pokok itu juga merupakan kelebihan dari rumah dan pembantu yang dia butuhkan menurut pendapat yang lebih benar.

Barangsiapa yang wajib berzakat fitrah untuk dirinya, maka wajib baginya membayar zakat fitrah bagi orang yang wajib dia nafahi. Akan tetapi tidak wajib bagi seorang muslim untuk membayar zakat fitrah bagi budak, kerabat, dan istrinya yang ketiganya kafir. Budak tidak wajib membayar zakat fitrah istrinya. Anak tidak membayar zakat fitrah istri ayahnya; dalam hal anak ini ada satu wajah/ pendapat lain.

Seandainya seorang suami kesulitan (membayar zakat fitrah) atau suami itu adalah seorang budak, maka menurut pendapat yang lebih jelas: untuk istri yang merdeka, maka istri itu wajib membayar zakat fitrah bagi dirinya sendiri; untuk istri yang berstatus budak, maka wajib bagi tuannya (untuk membayar zakat fitrahnya).

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar yang dinashkan: istri yang merdeka itu tidak wajib; wallahu a’lam.

Seandainya tidak ada kabar dari seorang hamba (yang hilang), maka menurut pendapat madzhab: wajib membayarkan zakat fitrahnya dalam keadaan ini; dan dikatakan: (wajib) apabila dia kembali; dan dalam sebuah qaul/pendapat: tidak wajib.

Menurut pendapat yang lebih benar: orang yang mendapat kemudahan dengan sebagian sha’, maka wajib baginya (zakat fitrah), dan seandainya dia mendapatkan dua bagian sha’, maka (wajib) dia dahulukan dirinya sendiri, kemudian istrinya, kemudian anaknya yang kecil, kemudian ayahnya, kemudian ibunya, kemudian anaknya yang besar.

Zakat fitrah itu: satu sha’; yaitu: enam ratus sembilan puluh tiga ditambah sepertiiga dirham.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: enam ratus delapan puluh lima dirham ditambah lima pertujuh dirham; karena penjelasan yang telah lalu tentang zakat tumbuhan; wallahu a’lam.

Jenisnya: makanan pokok seperti pada zakat tanaman; demikian juga keju menurut pendapat yang lebih jelas. Jenisnya wajib dengan makanan pokok di negerinya; dan dikatakan: makanan pokok dia; dan dikatakan: boleh memilih di antara makanan-makanan pokok. Makanan kualitas lebih tnggi mencukupi (sebagai ganti) makanan kualitas lebih rendah, tidak sebaliknya. Ukuran kualitas itu berdasarkan harganya menurut sebuah wajah/pendapat; dan berdasarkan banyak/jumlah makanan menurut pendapat yang lebih benar. Gandum lebih baik dari kurma/tamar dan beras; dan menurut pendapat yang lebih benar: jelai/jewawut lebih baik dari kurma, dan kurma lebih baik dari kismis.

Boleh membayarkan untuk dirinya sendiri berupa makanan pokok, dan membayarkan untuk kerabatnya yang lebih baik dari itu.

Tidak boleh membagi satu sha’ (menjadi dua jenis makanan).

Seandainya di suatu negeri ada beberapa makanan pokok, tidak ada yang mendominasi, maka dia (boleh) memilih; yang lebih afdhal: makanan yang paling baik.

Seandainya budaknya ada di negeri lain, maka menurut pendapat yang lebih benar: jenisnya disesuaikan dengan makanan pokok negerinya budak itu.

Pendapatku: zakat fitrah yang wajib adalah biji-bijian yang bagus. Seandainya dia membayar dengan hartanya untuk zakat anaknya yang masih kecil yang kaya, maka hal itu boleh sebagaimana (membayarkan) orang asing dengan izin dari orang itu; berbeda halnya dengan anaknya yang sudah besar. Seandainya orang yang punya kemudahan dan orang yang kesulitan bersekutu dalam statusnya sebagai budak, maka wajib bagi yang punya kemudahan berzakat sebanyak setengah sha’; seandainya dua-duanya punya kemudahan tetapi mereka berselisih tentang siapa yang wajib membayar, maka masing-masing membayar zakat setengah sha’ yang menjadi kewajibannya menurut pendapat yang lebih benar; wallahu a’lam.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama