Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Zakat Tambang dan Harta Karun (Rikaz)

 


باب زكاة المعدن والركاز والتجارة

من استخرج ذهبا أو فضة من معدن لزمه ربع عشرة وفي قول الخمس وفي قول إن حصل بتعب فربع عشرة وإلا فخمسه ويشترط النصاب لا الحول على المذهب فيهما ويضم بعضه إلى بعض إن تتابع العمل ولا يشترط اتصال النيل على الجديد وإذا قطع

العمل بعذر ضم وإلا فلا يضم الأول إلى الثاني وبضم الثاني إلى الأول كما يضمه إلى ما ملكه بغير المعدن في إكمال النصاب وفي الركاز الخمس يصرف مصرف الزكاة على المشهور شرطه النصاب والنقد على المذهب لا الحول وهو الموجود الجاهلي فإن وجد إسلامي علم مالكه فله وإلا فلقطة وكذا إن لم يعلم من أي الضربين هو وإنما يملكه الواجد وتلزمه الزكاة إذا وجده في موات أو ملك أحياه فإن وجد في مسجد أو شارع فلقطة على المذهب أو في ملك شخص فللشخص إن ادعاه وإلا فلمن ملك منه وهكذا حتى ينتهي إلى المحي ولو تنازعه بائع ومشتر أو مكر ومكتر أو معير ومستعير صدق ذو اليد بيمينه.

 

Zakat Tambang dan Harta Karun (Rikaz)

Barangsiapa mengeluarkan emas atau perak dari tambang, wajib baginya zakat seperempat puluh (2,5%); dalam sebuah qaul/pendapat: seperlima (20%); dan dalam sebuah qaul: jika dihasilkan dengan susah payah maka wajib seperempat puluh, jika tidak demikian maka seperlima.

Disyaratkan mencapai nishab, tidak disyaratkan haul menurut pendapat madzhab dalam dua hal tersebut.

Barang tambang digabungkan antara satu dengan lainnya jika pekerjaan menambangnya berturut-turut, dan tidak disyaratkan bersambungnya waktu perolehan menurut qaul jadid. Apabila pekerjaan menambang terputus karena udzur maka (barang tambang) digabungkan, jika tidak demikian (tanpa udzur) maka tidak digabungkan hasil yang awal kepada yang kedua.

Dan digabungkan hasil yang kedua kepada yang awal (apabila masih ada) sebagaimana hasil tambang itu digabungkan dengan barang yang dia miliki tanpa menambang untuk menyempurnakan nishab.

Untuk harta karun dibayarkan seperlimanya untuk kewajiban zakat menurut pendapat yang masyhur.

Syaratnya adalah: nishab dan naqd (emas atau perak) menurut pendapat yang madzhab; tidak disyaratkan haul. Rikaz itu adalah: harta orang jahiliyah. Jika ada tanda-tanda bahwa yang menguburkan harta itu adalah orang Islam dan diketahui pemiliknya, maka (harta itu) milik pemiliknya; jika tidak diketahui (pemiliknya) maka termasuk luqathah (barang temuan), demikian juga jika tidak diketahui termasuk jenis yang mana harta tersebut.

Penemu memiliki harta itu dan wajib membayar zakat hanya bila dia menemukan harta tersebut di tanah mati atau tanah miliknya yang dia hidupkan.

Apabila ditemukan di masjid atau jalan, maka harta itu termasuk barang temuan menurut pendapat madzhab; atau (ditemukan) di tanah milik seseorang maka (harta tersebut) adalah kepunyaan pemilik tanah jika dia mengakuinya, jika dia dia tidak mengakuinya maka kepunyaan pemilik tanah sebelumnya, demikian seterusnya sampai berhent pada orang yang menghidupkan tanah itu.

Seandainya terjadi perselisihan tentang harta itu antara penjual tanah dengan pembelinya, atau yang menyewakan dengan penyewanya, atau yang meminjami dengan peminjamnya, maka dibenarkan orang yang menguasai tanah itu berdasarkan sumpahnya.


Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama