باب زكاة المعدن والركاز
والتجارة
من استخرج ذهبا أو فضة من
معدن لزمه ربع عشرة وفي قول الخمس وفي قول إن حصل بتعب فربع عشرة وإلا فخمسه ويشترط
النصاب لا الحول على المذهب فيهما ويضم بعضه إلى بعض إن تتابع العمل ولا يشترط اتصال
النيل على الجديد وإذا قطع
العمل بعذر ضم وإلا فلا
يضم الأول إلى الثاني وبضم الثاني إلى الأول كما يضمه إلى ما ملكه بغير المعدن في إكمال
النصاب وفي الركاز الخمس يصرف مصرف الزكاة على المشهور شرطه النصاب والنقد على المذهب
لا الحول وهو الموجود الجاهلي فإن وجد إسلامي علم مالكه فله وإلا فلقطة وكذا إن لم
يعلم من أي الضربين هو وإنما يملكه الواجد وتلزمه الزكاة إذا وجده في موات أو ملك أحياه
فإن وجد في مسجد أو شارع فلقطة على المذهب أو في ملك شخص فللشخص إن ادعاه وإلا فلمن
ملك منه وهكذا حتى ينتهي إلى المحي ولو تنازعه بائع ومشتر أو مكر ومكتر أو معير ومستعير
صدق ذو اليد بيمينه.
Zakat Tambang
dan Harta Karun (Rikaz)
Barangsiapa mengeluarkan emas atau
perak dari tambang, wajib baginya zakat seperempat puluh (2,5%); dalam sebuah
qaul/pendapat: seperlima (20%); dan dalam sebuah qaul: jika dihasilkan dengan
susah payah maka wajib seperempat puluh, jika tidak demikian maka seperlima.
Disyaratkan
mencapai nishab, tidak disyaratkan haul menurut pendapat madzhab dalam dua hal
tersebut.
Barang tambang
digabungkan antara satu dengan lainnya jika pekerjaan menambangnya
berturut-turut, dan tidak disyaratkan bersambungnya waktu perolehan menurut
qaul jadid. Apabila pekerjaan menambang terputus karena udzur maka (barang
tambang) digabungkan, jika tidak demikian (tanpa udzur) maka tidak digabungkan
hasil yang awal kepada yang kedua.
Dan digabungkan
hasil yang kedua kepada yang awal (apabila masih ada) sebagaimana hasil tambang
itu digabungkan dengan barang yang dia miliki tanpa menambang untuk
menyempurnakan nishab.
Untuk harta karun
dibayarkan seperlimanya untuk kewajiban zakat menurut pendapat yang masyhur.
Syaratnya
adalah: nishab dan naqd (emas atau perak) menurut pendapat yang madzhab; tidak
disyaratkan haul. Rikaz itu adalah: harta orang jahiliyah. Jika ada tanda-tanda
bahwa yang menguburkan harta itu adalah orang Islam dan diketahui pemiliknya,
maka (harta itu) milik pemiliknya; jika tidak diketahui (pemiliknya) maka
termasuk luqathah (barang temuan), demikian juga jika tidak diketahui termasuk
jenis yang mana harta tersebut.
Penemu memiliki
harta itu dan wajib membayar zakat hanya bila dia menemukan harta tersebut di
tanah mati atau tanah miliknya yang dia hidupkan.
Apabila
ditemukan di masjid atau jalan, maka harta itu termasuk barang temuan menurut
pendapat madzhab; atau (ditemukan) di tanah milik seseorang maka (harta
tersebut) adalah kepunyaan pemilik tanah jika dia mengakuinya, jika dia dia tidak
mengakuinya maka kepunyaan pemilik tanah sebelumnya, demikian seterusnya sampai
berhent pada orang yang menghidupkan tanah itu.
Seandainya
terjadi perselisihan tentang harta itu antara penjual tanah dengan pembelinya,
atau yang menyewakan dengan penyewanya, atau yang meminjami dengan peminjamnya,
maka dibenarkan orang yang menguasai tanah itu berdasarkan sumpahnya.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin