Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Zakat Mata Uang (Naqd)

 


باب زكاة النقد

نصاب الفضة مائتا درهم والذهب عشرون مثقالا بوزن مكة وزكاتهما ربع عشر ولا شيء في المغشوش حتى يبلغ خالصه نصابا ولو اختلط إناء منهما وجهل أكثرهما زكى الأكثر ذهبا وفضة أو ميز ويزكى المحرم من حلي وغيره لا المباح في الأظهر فمن المحرم الإناء والسواء والخلخال للبس الرجل فلو اتخذ سوارا بلا قصد أو بقصد إجارته لمن له استعمال فلا زكاة في الأصح وكذا لو انكسر الحلي وقصد إصلاحه ويحرم على الرجل الحلي الذهب إلا الأنف والأنملة والسن لا الإصبع ويحرم سن الخاتم على الصحيح ويحل له من الفضة الخاتم وحلية آلات الحرب كالسيف والرمح والمنطقة لا ما لا يلبسه كالسرج واللجام في الأصح وليس للمرأة حلية آلة الحرب ولها لبس أنواع حلي الذهب والفضة وكذا ما نسج بهما في الأصح والأصح تحريم المبالغة في السرف كخلخال وزنه مائتا دينار وكذا إسرافه في آلة الحرب وجواز تحلية المصحف بفضة وكذا للمرأة بذهب وشرط زكاة النقد الحول ولا زكاة في سائر الجواهر كاللؤلؤ.

 

 

Zakat Mata Uang (Naqd)

Nishab perak: dua ratus dirham (595 gram); nishab emas: dua puluh mitsqal menurut timbangan Makkah (85 gram). Zakat perak dan emas: seperempat puluh (2,5 %).

Tidak ada kewajiban zakat bagi (perak dan emas) campuran (tidak murni), kecuali murninya sudah mencapai nishab.

Seandainya sebuah bejana adalah campuran emas dan perak tetapi tidak diketahui mana yang lebih banyak, maka dizakat berat yang lebih banyak, emas dan perak; atau (keduanya) dipisahkan (menggunakan api).

Barang (dari emas atau perak) yang diharamkan berupa perhiasan maupun lainnya (wajib) dizakat.

Tidak (wajib) zakat bagi barang yang mubah menurut pendapat yang lebih jelas. Yang termasuk barang yang diharamkan: bejana (bagi laki-laki dan perempuan), gelang dan gelang kaki yang dipakai laki-laki.

Seandainya laki-laki mengambil gelang tanpa maksud tertentu atau dengan maksud menyelamatkannya bagi orang yang boleh memakainya, maka tidak (wajib) dizakat menurut pendapat yang lebih benar; demikian juga seandainya ada perhiasan rusak (dia ambil) dengan maksud memperbaikinya.

aram bagi laki-laki perhiasan emas kecuali hidung, ujung-ujung jari, dan gigi; jari tidak halal. Dan haram gerigi cincin menurut pendapat yang shahih.

halal bagi laki-laki barang dari perak berupa: cincin, perhiasan alat perang seperti pedang, tombak, dan sabuk. Tidak halal barang yang tidak dia pakai seperti pelana dan kekang kuda menurut pendapat yang lebih benar.

Dan tidak boleh bagi perempuan memakai perhiasan peralatan perang0; dan boleh bagi perempuan macam-macam perhiasan dari emas dan perak, demikian juga pakaian yang ditenun dengan emas dan perak menurut pendapat yang lebih benar.

Menurut pendapat yang lebih benar: haram berlebih-lebihan melewat batas, seperti gelang kaki yang beratnya dua ratus dinar; demikian juga berlebih-lebihan melewat batas dalam alat perang; dan boleh menghias mushaf Al Qur’an menggunakan perak (bagi laki-laki dan perempuan), demikian juga bagi perempuan menggunakan emas.

Syarat zakat mata uang: haul.

Tidak wajib zakat untuk semua mutiara seperti lu’lu’.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama