Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Wukuf (berdiam diri) di Arafah

 


فصل يستحب للإمام أو منصوبه أن يخطب بمكة في سابع ذي الحجة بعد صلاة الظهر خطبة فردة يأمر فيها بالغدو إلى منى ويعلمهم ما أمامهم من المناسك ويخرج بهم من الغد إلى منى ويبيتون بها فإذا طلعت الشمس قصدوا عرفات.قلت: ولا يدخلونها بل يقيمون بنمرة بقرب عرفات حتى نزول الشمس والله أعلم ثم يخطب الإمام بعد الزوال خطبتين ثم يصلي بالناس الظهر والعصر جمعا ويقفوا بعرفة إلى الغروب ويذكروا الله تعالى ويدعوه ويكثروا التهليل فإذا غربت الشمس قصدوا مزدلفة وأخروا المغرب ليصلوها مع العشاء بمزدلفة جمعا وواجب الوقوف حضوره بجزء من أرض عرفات وإن كان مارا في طلب آبق ونحوه بشرط كونه أهلا للعبادة لا مغمى عليه ولا بأس بالنوم ووقت الوقوف من الزوال يوم عرفة والصحيح بقاؤه إلى الفجر يوم النحر ولو وقف نهارا ثم فارق عرفة قبل الغروب ولم يعد أراق دما استحبابا وفي قول يجب وإن عاد فكان بها عند الغروب فلا دم وكذا إن عاد ليلا في الأصح ولو وقفوا اليوم العاشر غلطا أجزأهم إلا أن يقلوا على خلاف العادة فيقضون في الأصح وإن وقفوا في الثامن وعلموا قبل فوات الوقت وجب الوقوف في الوقت وإن علموا بعده وجب القضاء في الأصح.

 

Wukuf di Arafah

Disunnahkan bagi imam atau orang yang diangkat oleh imam untuk berkhutibah di Makkah pada tanggal tujuh Dzulhijah setelah shalat Dhuhur dengan satu khutibah tersendiri. Dalam khutibah itu dia perintahkan untuk berangkat pagi-pagi ke Mina, dan mengajarkan kepada jama’ah apa saja manasik berikutnya. Dan besok dia (khatb) keluar bersama jama’ah ke Mina, dan (disunnahkan) mereka semua bermalam (menginap) di Mina; dan apabila matahari telah terbit, mereka menuju Arafah.

Pendapatku: Mereka tidak memasuki Arafah, akan tetapi berhent di Namirah di dekat Arafah sampai matahari tergelincir; wallahu a’lam.

Kemudian setelah matahari tergelincir imam berkhutibah dengan dua khutibah; kemudian shalat bersama jama’ah Dhuhur dan Ashar dengan dijama’; kemudian diam di Arafah sampai matahari terbenam; mereka berdzikir kepada Allah dan berdoa kepada-Nya, dan memperbanyak tahlil. Kemudian apabila matahari telah terbenam, mereka menuju Muzdalifah, dan mengakhirkan shalat Maghrib untuk shalat secara jama’ dengan Isya’ di Muzdalifah.

 

Wajibnya wukuf:

Dia hadir di bagian dari tanah Arafah; walaupun dia hanya lewat untuk mencari orang yang melarikan diri dan sebagainya, dengan syarat dia dalam keadaan ibadah (ihram), tidak dalam keadaan pingsan; tidak mengapa dengan tidur.

 

Waktu wukuf:

Mulai tergelincir matahari pada hari Arafah; menurut pendapat yang shahih: waktu wukuf masih ada sampai fajar pada hari raya kurban. Seandainya dia wukuf saat siang hari, kemudian meninggalkan Arafah sebelum matahari terbenam dan tidak kembali lagi, maka dia sunnah menyembelih dam; dalam sebuah qaul/pendapat: wajib; dan jika dia kembali hingga dia ada di Arafah saat matahari terbenam, maka tidak ada dam; demikian juga jika dia kembali pada malam hari menurut pendapat yang lebih benar.

Seandainya mereka wukuf pada tanggal sepuluh karena keliru, maka hal itu mencukupi; kecuali jumlah mereka hanya sedikit berbeda dengan biasanya, maka mereka mengqadha menurut pendapat yang lebih benar.

Jika mereka wukuf pada tanggal delapan, kemudian mereka tahu sebelum waktu wukuf habis, maka wajib wukuf pada waktu itu; dan jika mereka tahu setelah waktu wukuf habis, maka wajib qadha menurut pendapat yang lebih benar.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama