Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Wudhu

 


باب الوضوء

فروضه ستة أحدها: نية رفع حدث أو استباحة مفتقر إلى طهر أو أداء فرض الوضوء ومن دام حدثه كمستحاضة كفاه نية الاستباحة دون الرفع على الصحيح فيهما ومن نوى تبردا مع نية معتبرة جاز على الصحيح أو ما يندب له وضوء كقراءة فلا في الأصح ويجب قرنها بأول الوجه وقيل: يكفي بسنة قبله وله تفريقها على أعضائه في الأصح.

الثاني: غسل وجهه وهو ما بين منابت رأسه غالبا ومنتهى لحييه وما بين أذنيه فمنه موضع الغمم وكذا التحذيف في الأصح لا النزعتان وهما بياضان يكتنفان الناصية.

قلت: صحح الجمهور أن موضع التحذيف من الرأس والله أعلم ويجب غسل كل هدب وحاجب وعذار وشارب وخد وعنفقة شعرا وبشرا وقيل: لا يجب باطن عنفقة كثيفة واللحية إن خفت كهدب وإلا فليغسل ظاهرها وفي قول لا يجب غسل خارج عن الوجه.

الثالث: غسل يديه مع مرفقيه فإن قطع بعضه وجب غسل ما بقي أو من مرفقيه فرأس عظم العضد على المشهور أو فوقه ندب باقي عضد.

الرابع: مسمى مسح لبشرة رأسه أو شعر في حده والأصل جواز غسله ووضع اليد بلا مد.

الخامس: غسل رجليه مع كعبيه.

السادس: ترتيبه هكذا فلو اغتسل محدث فالأصح أنه إن أمكن تقدير ترتيب بأن غطس ومكث صح وإلا فلا.

قلت: الأصح الصحة بلا مكث والله أعلم وسننه السواك عرضا بكل خشن لا أصبعه في الأصح ويسن للصلاة وتغير الفم ولا يكره إلا للصائم بعد الزوال والتسمية أوله فإن ترك ففي أثنائه وغسل كفيه فإن لم يتيقن طهرهما كره غمسهما في الإناء قبل غسلهما والمضمضة والاستنشاق والأظهر أن فصلهما أفضل ثم الأصح يتمضمض بغرفة ثلاثا ثم يستنشق بأخرى ثلاثا ويبالغ فيهما غير الصائم.

قلت: الأظهر تفضيل الجمع بثلاث غرف يتمضمض من كل ثم يستنشق والله أعلم وتثليث الغسل والمسح ويأخذ الشاك باليقين ومسح كل رأسه ثم أذنيه فإن عسر رفع العمامة كمل بالمسح عليها وتخليل اللحية الكثة وأصابعه وتقديم اليمنى وإطالة غرته وتحجيله والموالاة وأوجبها القديم وترك الاستعانة والنفض وكذا التنشيف في الأصح ويقول بعده: أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمد عبده ورسوله اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك وحذفت دعاء الأعضاء إذ لا أصل له.

 

 

Wudhu

Fardhu wudhu ada enam:

1. Niat menghilangkan hadats (kecil), atau niat agar boleh melakukan sesuatu yang butuh kesucian dari hadats, atau niat menunaikan fardhu wudhu. Barang siapa berhadats terus menerus, seperti wanita yang isthadhah, cukup niat boleh melakukan sesuatu tanpa niat menghilangkan hadats menurut pendapat yang shahih. Barang siapa berniat mendinginkan diri disertai niat yang telah disebut tadi, boleh menurut pendapat yang shahih. Jika dia niat untuk suatu perbuatan yang disunnahkan untuk berwudhu sebelumnya seperti untuk membaca Al Qur’an, maka tidak cukup menurut pendapat yang lebih benar. Wajib membarengkan niat bersamaan dengan awal membasuh wajah, dikatakan: cukup membarengkan dengan perbuatan sunnah sebelumnya. Boleh memisahkan niat pada tiap-tiap bagian perbuatan wudhu menurut pendapat yang lebih benar.

2. Membasuh wajah.

Yaitu di antara tempat tumbuhnya rambut kepala dengan ujung tulang dagu, dan di antara kedua telinga. Termasuk wajah adalah dahi. Termasuk wajah pula adalah tempat at tahdzif (rambut yang turun di bagian antara tepi telinga dan sudut mata), menurut pendapat yang lebih benar. Tidak termasuk wajah dan naza’ah (kedua sisi dahi yang tak berambut) yaitu bagian tak berambut yang mengelilingi ubun-ubun. Pendapatku: jumhur ulama menshahihkan: bahwa tempat at tahdzif itu termasuk kepala (tidak termasuk wajah), wallahu a’lam.

Wajib membasuh semua bulu mata, alis, godek (rambut di tepi pipi yang berhadapan dengan telinga), kumis, jambang, anfaqah (rambut yang tumbuh di bawah bibir), rambutnya dan kulitnya. Dikatakan: tidak wajib bagian dalam anfaqah yang lebat. Jenggot, apabila tipis, hukumnya seperti bulu mata; jika lebat maka dibasuh luarnya. Dalam sebuah qaul/pendapat: tidak wajib membasuh jenggot yang di luar wajah.

3. Membasuh tangan sampai dengan sikunya. Jika ada bagian tangan yang terpotong, maka wajib membasuh sisanya. Jika terpotong dari siku, maka wajib membasuh ujung tulang lengan atas menurut pendapat yang masyhur. Jika terpotong di atas siku, disunnahkan membasuh tulang lengan yang tersisa.

4. Yang dinamai mengusap (sebagian) kulit kepala atau rambut di kepala. Menurut pendapat yang lebih benar: boleh membasuhnya, dan meletakkan tangan tanpa meratakannya.

 

5. Membasuh kaki sampai dengan mata kaki.

6. Tertib urutannya.

Seandainya orang yang berhadats mandi, menurut pendapat yang lebih benar: jika lama waktunya memungkinkan melakukan tertib / urutan wudhu, misal dengan menyelam kemudian diam, maka sah wudhunya, jika tidak memungkinkan maka tidak sah.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: sah wudhunya tanpa harus berdiam, wallahu a’lam.

 

Sunnah-sunnah wudhu:

1. Bersiwak pada gigi dengan sesuatu yang kasar0, kecuali jarinya menurut pendapat yang lebih benar. Bersiwak disunnahkan ketika akan sholat dan saat kondisi mulut berubah. Bersiwak tidak makruh, kecuali saat setelah dhuhur bagi orang yang berpuasa.

2. Membaca basmalah di awal wudhu. Kalau dia meninggalkannya, maka sunnah menyusulkan bacaan basmalah itu.

3. Membasuh telapak tangan jika tidak yakin dengan kesuciannya, makruh mencelupkan ke dalam bejana sebelum dibasuh.

4. Berkumur-kumur dan istnsyaq (memasukkan air ke hidung), menurut pendapat yang lebih jelas: afdhal (lebih utama) memisahkan berkumur-kumur dengan istnsyaq; kemudian menurut pendapat yang lebih benar: berkumur-kumur dengan satu cidukan untuk tiga kali kumur; kemudian istnsyaq dengan satu cidukan lain untuk tiga kali istnsyaq. Sunnah bersungguh-sungguh dalam berkumur dan istnsyaq kecuali bagi orang yang berpuasa.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih jelas: afdhal menggabungkan berkumur-kumur dan istnsyaq menggunakan tiga cidukan, pada tiap satu ciduk dia berkumur-kumur kemudian istnsyaq, wallahu a’lam.

5. Membasuh dan mengusap masing-masing sebanyak tiga kali.

Orang yang ragu-ragu dengan hitungannya, dia ambil hitungan yang diyakininya.

6. Membasuh seluruh kepala kemudian dua telinganya.

Jika sulit untuk melepas ‘imamah (kain penutup kepala), dia sempurnakan dengan mengusap di atas imamah.

7. Menyela-nyela jenggot yang lebat dan menyela-nyela jari-jari.

8. Mendahulukan bagian kanan.

.9 Memanjangkan puth wajah dan puth kakinya.

10. Berturut-turut/beriringan (tidak terpisah waktu), wajib menurut qaul qadim.

11. Tidak meminta pertolongan (dalam menuangkan air).

12. Tidak mengibaskan (air), demikian juga (tidak) mengelap (menyeka dengan handuk) menurut pendapat yang lebih benar.

13. Setelah wudhu mengucapkan: asyhadu an la ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu, allahumma ij’alni minat tawwabina, waj’alni minal mutathohhirina, subhanaka allahumma wa bihamdika, ashadu an la ilaha illa anta, astaghfruka wa atubu ilaika.

Aku membuang doa-doa pada tiap bagian wudhu karena tidak ada asalnya


 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama