Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Waktu-waktu Shalat

 



كتاب الصلاة

المكتوبات خمس الظهر وأول وقته زوال الشمس وآخره مصير ظل الشيء مثله سوى ظل استواء الشمس وهو أول وقت العصر ويبقى حتى تغرب والاختيار أن لا تؤخر عن مصير الظل مثلين والمغرب بالغروب ويبقى حتى يغيب الشفق الأحمر في القديم وفي الجديد ينقضي بمضي قدر وضوء وستر عورة وأذان وإقامة وخمس ركعات ولو شرع في الوقت ومد حتى غاب الشفق الأحمر جاز على الصحيح.

قلت: القديم أظهر والله أعلم والعشاء بمغيب الشفق ويبقى إلى الفجر والاختيار أن لا تؤخر عن ثلث الليل وفي قول نصفه والصبح بالفجر الصادق وهو المنتشر ضوؤه معترضا بالأفق ويبقى حتى تطلع الشمس والاختيار أن لا تؤخر عن الإسفار.

قلت: يكره تسمية المغرب عشاء والعشاء عتمة والنوم قبلها والحديث بعدها إلا في خير والله أعلم ويسن تعجيل الصلاة لأول الوقت وفي قول تأخير العشاء أفضل ويسن الإبراد بالظهر في شدة الحر والأصح اختصاصه ببلد حار وجماعة مسجد يقصدونه من بعد ومن وقع بعض صلاته في الوقت فالأصح أنه إن وقع ركعة فالجميع أداء وإلا فقضاء ومن جهل الوقت اجتهد بورد ونحوه فإن تيقن صلاته قبل الوقت قضى في الأظهر وإلا فلا ويبادر بالفائت ويسن ترتيبه وتقديمه على الحاضرة التي لا يخاف فوتها وتكره الصلاة عند الاستواء إلا يوم الجمعة وبعد الصبح حتى ترتفع الشمس كرمح والعصر حتى تغرب إلا لسبب كفائته وكسوف وتحية وسجدة شكر وإلا في حرم مكة على الصحيح.

 

Waktu-waktu Shalat

Shalat wajib ada lima:

DHUHUR; awal waktunya: tergelicirnya/condongnya matahari (dari atas kepala), akhir waktunya: saat bayangan benda sama panjang dengan bendanya, kecuali bayangan pada saat matahari tegak (di atas kepala). Saat panjang bayangan sama dengan bendanya itu adalah awal waktu

 ASHAR. Waktu ashar sampai matahari terbenam. Waktu pilihan: hendaknya tidak mengakhirkan ashar melewat waktu bayangan benda dua kali panjang bendanya.

MAGHRIB waktunya setelah matahari terbenam sampai hilangnya cahaya merah (setelah matahari terbenam) menurut qaul qadim; menurut qaul jadid: habis dengan berlalunya waktu sekedar untuk wudhu, menutup aurat, adzan, iqamah, dan shalat lima rokaat. Seandainya memulai sholat maghrib pada waktunya, kemudian berakhir saat cahaya merah sudah hilang0, maka boleh menurut pendapat yang shahih. Pendapatku: qaul qadim adalah pendapat yang lebih jelas, wallahu a’lam.

 

ISYA’: waktunya setelah hilangnya cahaya merah sampai fajar. Waktu pilihan: tidak mengakhirkan sampai sepertiiga malam, dalam sebuah pendapat: sampai tengah malam.

SHUBUH : waktunya setelah terbitnya fajar shadiq, yaitu yang cahayanya menyebar melintangi ufuk/cakarawala; waktu shubuh sampai matahari terbit. Waktu pilihan: tidak diakhirkan sampai terang.

Pendapatku: makruh menamakan maghrib dengan isya’; dan menamakan isya’ dengan ‘atamah; tidur sebelum isya’; bercakap-cakap sesudah isya’ kecuali untuk kebaikan; wallahu a’lam.

Disunnahkan menyegerakan shalat di awal waktu; pada sebuah qaul/pendapat: mengakhirkan isya’ itu lebih utama. Disunnahkan mencari waktu yang agak dingin pada shalat dhuhur saat panas sangat menyengat; menurut pendapat yang lebih benar: hal ini dikhususkan di wilayah yang panas, dan jama’ah masjid datang dari tempat yang jauh.

Barangsiapa yang sebagian shalatnya saja yang berada pada waktunya; menurut pendapat yang lebih benar: jika dapat satu rokaat (pada waktunya), maka shalatnya termasuk ada’; jika tidak dapat satu rokaat, maka shalatnya termasuk qadha’. Orang yang tidak mengetahui waktu shalat, hendaknya berijthad dengan wirid dan semacamnya; jika kemudian dia yakin bahwa shalatnya sebelum masuk waktu, maka dia mengqadha shalatnya menurut pendapat yang lebih jelas; jika tidak demikian, maka tidak wajib qadha.

Orang yang ketnggalan (waktu shalat) hendaknya bergegas. Disunnahkan tertib urutan shalatnya, mendahulukan shalat yang ketnggalan dari shalat yang sekarang apabila tidak takut terlewat lagi waktunya.

Makruh shalat pada saat matahari tegak kecuali pada hari Jum’at, setelah shubuh sampai matahari setnggi tombak, setelah ashar sampai matahari terbenam; kecuali karena ada sebab seperti: orang yang terlewat waktu, gerhana, tahiyatul masjid, sujud syukur; dan (juga) kecuali di tanah haram Makkah menurut pendapat yang shahih.

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


1 Komentar

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama