Terjemah Kitab Minhajut Tholibin; Tayammum

 


باب التيمم                                                                                        

يتيمم المحدث والجنب لأسباب أحدها: فقد الماء فإن تيقن المسافر فقده تيمم بلا طلب وإن توهمه طلبه من رحله ورفقته ونظر حواليه إن كان بمستو فإن احتاج إلى تردد تردد قدر نظره فإن لم يجد تيمم فلو مكث موضعه فالأصح وجوب الطلب لما يطرأ فلو علم ماء يصله المسافر لحاجته وجب قصده إن لم يخف ضرر نفس أو مال فإن كان فوق ذلك تيمم ولو تيقنه آخر الوقت فانتظاره أفضل أو ظنه فتعجيل التيمم أفضل في الأظهر ولو وجد ماء لا يكفيه فالأظهر وجوب استعماله ويكون قبل التيمم ويجب شراؤه بثمن مثله إلا أن يحتاج إليه لدين مستغرق أو مؤنة سفره أو نفقة حيوان محترم ولو وهب له ماء أو أعير دلوا وجب القبول في الأصح ولو وهب ثمنه فلا ولو نسيه في رحله أو أضله فيه فلم يجده بعد الطلب فتيمم قضى في الأظهر ولو أضل رحله في رحال فلا يقضي.

الثاني: أن يحتاج إليه لعطش محترم ولو مآلا.

الثالث: مرض يخاف معه من استعماله على منفعة عضو وكذا بطء البرء أو الشين الفاحش في عضو ظاهر في الأظهر وشدة البرد كمرض وإذا امتنع استعماله في عضو إن لم يكن عليه ساتر وجب التيمم وكذا غسل الصحيح على المذهب ولا ترتيب بينهما للجنب فإن كان محدثا فالأصح اشتراط التيمم وقت غسل العليل فإن جرح عضواه فتيممان وإن كان كجبيرة لا يمكن نزعها غسل الصحيح وتيمم كما سبق ويجب مع ذلك مسح كل جبيرته بماء وقيل: بعضها فإذا تيمم لفرض ثان ولم يحدث لم يعد الجنب غسلا ويعيد المحدث ما بعد عليله وقيل: يستأنفان وقيل: المحدث كجنب قلت: هذا الثالث: أصح والله أعلم.

 

فصل

يتيمم بكل تراب طاهر حتى ما يداوى به وبرمل فيه غبار لاما بمعدن وسحاقة خزف ومختلط بدقيق ونحوه وقيل: إن قل الخليط جاز ولا بمستعمل على الصحيح وهو ما بقي بعضوه وكذا ما تناثر في الأصح ويشترط فصده فلو سفته ريح عليه فردده ونوى لم يجزىء ولو يمم بإذنه جاز وقيل: يشترط عذر.

وأركانه: نقل التراب فلو نقل من وجه إلى يد أو عكس كفى في الأصح ونية استباحة الصلاة لا رفع الحدث ولو نوى فرض التيمم لم يكف في الأصح ويجب قرنها بالنقل وكذا استدامتها إلى مسح شيء من الوجه على الصحيح فإن نوى فرضا ونفلا أبيحا أو فرضا فله النفل على المذهب أو نفلا أو الصلاة تنفل لا الفرض على المذهب ومسح وجهه ثم يديه

مع مرفقيه ولا يجب إيصاله منبت الشعر الخفيف ولا ترتيب في نقله في الأصح فلو ضرب بيديه ومسح بيمينه وجهه وبيساره يمينه جاز وتندب التسمية ومسح وجهه ويديه بضربتين

قلت: الأصح المنصوص وجوب ضربتين وإن أمكن بضربة بخرقة ونحوها والله أعلم ويقدم يمينه وأعلى وجهه ويخفف الغبار وموالاة التيمم كالوضوء.

قلت: وكذا الغسل ويندب تفريق أصابعه أولا ويجب نزع خاتمه في الثانية والله أعلم ومن تيمم لفقد ماء فوجده إن لم يكن في صلاة بطل إن لم يقترن بمانع كعطش أو في صلاة لا تسقط به بطلت على المشهور وإن أسقطها فلا وقيل: يبطل النفل والأصح أن قطعها ليتوضأ أفضل وأن المتنفل لا يجاوز ركعتين إلا من نوى عددا فيتمه ولا يصلي بتيمم غير فرض ويتنفل ما شاء والنذر كفرض في الأظهر والأصح صحة جنائز مع فرض وأن من نسي إحدى الخمس كفاه تيمم لهن وإن نسي مختلفتين صلى كل صلاة بتيمم وإن شاء تيمم مرتين وصلى بالأول أربعا ولاء وبالثاني أربعا ليس منها التي بدأ بها أو متفقتين صلى الخمس مرتين بتيممين ولا يتيمم لفرض قبل وقت فعله وكذا النفل المؤقت في الأصح ومن لم يجد ماء ولا ترابا لزمه في الجديد أن يصلي الفرض ويعيد ويقضي المقيم المتيمم لفقد الماء لا المسافر إلا العاصي بسفره في الأصح ومن تيمم لبرد قضى في الأظهر أو لمرض يمنع الماء مطلقا أو في عضو ولا ساتر فلا إلا أن يكون بجرحه دم كثير وإن كان ساتر لم يقض في الأظهر إن وضع على طهر فإن وضع على حدث وجب نزعه فإن تعذر قضى على المشهور.

 

Tayamum

 

Orang yang berhadats dan junub bertayamum disebabkan:

1. Tidak ada air. Jika seorang musafir yakin tidak ada air, maka dia bertayamum tanpa harus mencari air.

Jika dia ragu, maka dia cari di sekitar tempatnya dan pada rombongannya, dan melihat sekelilingnya jika dia ada di tanah datar; jika butuh mondar-mandir, maka dia lakukan sebatas pandangannya; jika dia tidak mendapat air, maka bertayamum. Seandainya dia tetiap tnggal di tempatnya semula, maka menurut pendapat yang lebih benar: wajib mencari air lagi untuk kebutuhan berikutnya.

Seandainya dia mengetahui ada air dan dia bisa sampai ke tempat air itu untuk memenuhi kebutuhannya, maka dia wajib menuju ke tempat air itu jika dia tidak khawatr bahaya terhadap diri atau hartanya. Kalau tempat air itu jauh, maka dia bertayamum.

Seandainya dia yakin ada air nanti  di akhir waktu sholat, maka lebih utama menunggu . Jika dia menduga kuat ada air nanti  di akhir waktu, maka mendahulukan tayamum lebih utama menurut pendapat yang lebih jelas.

Seandainya dia mendapatkan air tetapi tidak cukup, maka menurut pendapat yang lebih jelas: wajib menggunakan air itu; hal itu dilakukan sebelum bertayamum. Wajib membeli air itu, dengan harga wajar, kecuali dia membutuhkan uang itu untuk hutangnya, atau bekal makan perjalanannya, atau untuk nafah makhluk yang terhormat.

Jika dia diberi air atau dipinjami tmba, maka wajib menerimanya menurut pendapat yang lebih benar. Jika dia diberi uang seharga air, maka tidak wajib menerimanya.

Seandainya dia lupa kalau punya air, atau dia menghilangkannya (ketlisut/kesingsal) dan tidak menemukannya setelah mencari-cari, kemudian dia bertayamum, maka dia mengqadha sholatnya menurut pendapat yang lebih jelas.

Seandainya dia menghilangkan sebagian bekalnya, maka tidak usah mengqadha sholat.

 

Syarat dan Tata Cara Tayamum

1. Dia membutuhkan air itu untuk minum makhluk yang terhormat walaupun untuk nanti  (masa yang akan datang).

2. Sakit yang dia khawatirkan jika terkena air akan merusak fungsi anggota badannya, atau juga semakin lama sembuhnya, atau mengakibatkan cacat yang buruk pada anggota badan yang tampak menurut pendapat yang lebih jelas. Cuaca dingin yang ekstrim dihukumi seperti sakit.

Apabila sulit menggunakan air pada anggota badan:

1 Jika dia tidak punya sesatu untuk menutupinya, dia wajib bertayamum; dan wajib membasuh anggota badan yang sehat menurut pendapat madzhab. Dalam tayamum dan membasuh ini tidak harus urut bagi orang junub; jika dia berhadats kecil, menurut pendapat yang lebih benar: disyaratkan bertayamum pada saat membasuh bagian yang sakit. Jika terluka dua anggota badannya, maka dia dua kali bertayamum.

2 Jika kasusnya seperti gips (pembalut tulang patah) yang tidak memungkinkan dilepas, dia basuh bagian yang sehat kemudian tayamum seperti yang telah disebutkan tadi. Juga diwajibkan untuk mengusap keseluruhan gips menggunakan air; dan dikatakan: sebagiannya saja.

Apabila dia bertayamum untuk sholat fardhu berikutnya, bagi orang junub: tidak mengulang basuhan mandinya; bagi orang yang berhadats kecil: mengulang basuhan sesudah bagian yang sakit, dan dikatakan: keduanya mengulang, dan dikatakan: orang yang berhadats kecil hukumnya sama saja dengan orang junub.

Pendapatku: Pendapat yang ketiga ini adalah yang lebih benar, wallahu a’lam.

 

Syarat dan Tata Cara Tayamum

Bertayamum menggunakan debu yang suci walaupun debu yang dipakai untuk berobat, atau dengan pasir yang ada debunya; tidak dengan barang tambang, tidak dengan tumbukan tembikar, tidak yang tercampur dengan tepung dan sejenisnya; dan dikatakan: boleh jika hanya tercampur sedikit; tidak dengan debu yang musta’mal menurut pendapat yang shahih, yaitu: yang tersisa/menempel di anggota badannya, demikian juga yang jatuh bertebaran.

Disyaratkan menyengaja (mengusapkan debu); jika debu itu tertup oleh angin ke arahnya, kemudian dia usap-usap dan berniat, maka tidak cukup. Jika dia ditayamumi atas seizinnya, maka boleh; dan dikatakan: disyaratkan adanya udzur.

 

Rukun tayamum:

1. Memindahkan debu, seandainya dia memindahkan debu dari wajah ke tangan atau sebaliknya, maka cukup menurut pendapat yang lebih benar.

2. Niat untuk memperbolehkan sholat, bukan untuk menghilangkan hadats; seandainya berniat melakukan fardhu tayamum, maka tidak cukup menurut pendapat yang lebih benar. Wajib membarengkan niat dengan memindahkan debu, demikian juga wajib niat itu menerus sampai mengusap bagian dari wajah menurut pendapat yang shahih. Jika dia berniat untuk membolehkan sholat fardhu dan sunnah, maka boleh; jika berniat fardhu saja, maka dia mendapatkan sunnah juga menurut pendapat madzhab; atau berniat sunnah saja atau sholat saja, maka dia dapat sunnah, tidak fardhu menurut pendapat madzhab.

3. Mengusap wajah;

4. Kemudian (mengusap) dua tangan sampai dengan sikunya. Tidak wajib menyampaikan debu ke kulit tempat tumbuh rambut yang tipis.

Tidak harus tertib/urut dalam memindahkan debu menurut pendapat yang lebih benar. Seandainya dia memukul debu dengan dua tangannya, kemudian mengusap wajah dengan tangan kanan dan mengusap tangan kanan menggunakan tangan kirinya, maka boleh.

Disunnahkan: mengucap bismillah, dan mengusap wajah dan kedua tangan menggunakan dua pukulan debu.

Pendapatku: pendapat yang lebih benar yang dinashkan: wajib dua pukulan, meskipun memungkinkan dengan satu pukulan dengan jumlah banyak dan semacamnya, wallahu a’lam.

Mendahulukan tangan kanan, mendahulukan bagian atas wajah, menipiskan debu, dan bertayamum secara berturut-turut/beriringan (muwalah: tidak berjeda waktunya) seperti pada wudhu.

Pendapatku: demikian juga (muwalah) dalam mandi, disunnahkan merenggangkan jari-jari pada pukulan pertama, wajib melepas cincin pada pukulan kedua00, wallahu a’lam.

Barangsiapa bertayamum karena tidak ada air, kemudian dia mendapatkan air; jika dia belum sholat, maka batal tayamumnya jika tidak bertemu dengan penyebab lain seperti butuh untuk minum; atau jika dia sedang sholat yang tidak bisa pelaksanaannya dengan tayamum, maka batal menurut pendapat yang masyhur; jika tayamum membolehkan pelaksanaannya, maka tidak batal, dan dikatakan: sholat sunnah jadi batal.

Menurut pendapat yang lebih benar: membatalkan sholat fardhu untuk kemudian berwudhu itu lebih utama.

Orang yang sholat sunnah tidak boleh lebih dari dua rokaat0, kecuali dia telah beniat banyak rokaat, maka hendaknya dia menyempurnakannya.

Tidak sholat wajib lebih dari satu sholat dengan sekali tayamum; sedang sholat sunnah boleh berapapun; sholat nadzar dihukumi seperti sholat fardhu menurut pendapat yang lebih jelas.

Menurut pendapat yang lebih benar: sah banyak sholat jenazah dan satu sholat fardhu; dan barangsiapa lupa salah satu sholat fardhu, cukup sekali tayamum untuk semua sholat.

Jika dia lupa dua sholat fardhu yang berbeda, maka setiap satu sholat menggunakan satu tayamum. Jika dia mau, boleh bertayamum dua kali, kemudian sholat dengan tayamum pertama: arba’an wila’an (shubuh, dhuhur, ashar, maghrib); dan dengan tayamum yang kedua: empat sholat selain sholat shubuh (dhuhur, ashar, maghrib, isya’). Jika lupa dua sholat fardhu yang sama0, maka dia sholat lima jenis fardhu sebanyak dua kali dengan dua kali tayamum.

Tidak boleh bertayamum untuk sholat fardhu sebelum masuk waktu mengerjakannya. Demikian juga sholat sunnah yang terikat waktu menurut pendapat yang lebih benar.

Barangsiapa tidak mendapatkan air atau debu, wajib baginya menurut qaul jadid: sholat fardhu dan mengulanginya.

Wajib mengqadha sholat bagi orang mukim yang bertayamum karena tidak ada air; tidak wajib mengqadha bagi musafir; kecuali safar/bepergian untuk urusan maksiat menurut pendapat yang lebih benar.

Barangsiapa bertayamum karena dingin, maka wajib mengqadha menurut pendapat yang lebih jelas. Bagi yang bertayamum karena sakit yang tidak bisa terkena air secara mutlak, atau pada anggota badan dan tidak ada penutup untuk sakitnya, maka tidak mengqadha, kecuali jika lukanya mengeluarkan banyak darah. Jika ada penutup untuk sakitnya, maka tidak mengqadha menurut pendapat yang lebih jelas jika penutup itu dipakaikan ketika dalam kondisi suci; tetapi jika dipakaikan ketika dalam kondisi berhadats, wajib melepaskan penutup itu; jika ada udzur (tidak dilepas), maka dia mengqadha menurut pendapat yang masyhur.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama