Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Thawaf

 


فصل

للطواف بأنواعه واجبات وسنن أما الواجبات: فيشترط ستر العورة وطهارة الحدث والنجس فلو أحدث فيه توضأ وبنى وفي قول يستأنف وأن يجعل البيت عن يساره مبتدئا بالحجر الأسود محاذيا له في مروره بجميع بدنه فلو بدأ بغير الحجر لم يحسب فإذا انتهى إليه ابتدأ منه ولو مشى على الشاذروان أو مس الجدرا في موازاته أو دخل من إحدى فتحتي الحجر وخرج من الأخرى لم تصح طوفته وفي مسألة المس وجه وأن يطوف سبعا داخل المسجد.

وأما السنن: فأن يطوف ماشيا ويستلم الحجر أول طوافه ويقبله ويضع جبهته عليه فإن عجز استلم فإن عجز أشار بيده ويراعي ذلك في كل طوفة ولا يقبل الركنين الشاميين ولا يستلمهما ويستلم اليماني ولا يقبله وأن يقول أول طوافه بسم الله والله أكبر اللهم إيمانا بك وتصديقا بكتابك ووفاء بعهدك واتباعا لسنة نبيك محمد صلى الله عليه وسلم وليقل قبالة الباب اللهم إن البيت بيتك والحرم حرمك والأمن أمنك وهذا مقام العائذ بك من النار وبين اليمانيين اللهم آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار وليدع بما شاء

 

ومأثور الدعاء أفضل من القراءة وهي أفضل من غير مأثوره وأن يرمل في الأشواط الثلاثة الأولى بأن يسرع مشيه مقاربا خطاه ويمشي في الباقي ويختص الرمل بطواف يعقبه سعي وفي قول بطواف القدوم وليقل فيه اللهم اجعله حجا مبرورا وذنبا مغفورا وسعيا مشكورا وأن يضطبع في جميع كل طواف يرمل فيه وكذا في السعي على الصحيح وهو جعل وسط ردائه تحت منكبه الأيمن وطرفيه على الأيسر ولا ترمل المرأة ولا تضطبع وأن يقرب من البيت فلو فات الرمل بالقرب لزحمة فالرمل مع بعد أولى إلا أن يخاف صدم النساء فالقرب بلا رمل أولى وأن يوالي طوافه ويصلي بعده ركعتين خلف المقام يقرأ في الأولى قل يا أيها الكافرون وفي الثانية الإخلاص ويجهر ليلا وفي قول تجب الموالاة والصلاة ولو حمل الحلال محرما وطاف به حسب للمحمول وكذا لو حمله محرم قد طاف عن نفسه وإلا فالأصح أنه إن قصده للمحمول فله وإن قصده لنفسه أولهما فللحامل فقط.

 

Thawaf

Dalam thawaf itu ada hal-hal yang wajib dan ada hal-hal yang sunnah.

Adapun hal-hal yang wajib, maka disyaratkan:

1. Menutup aurat,

2. Suci dari hadats dan najis; seandainya dia berhadts (kecil) saat thawaf, maka dia berwudhu kemudian melanjutkan thawafnya; dan dalam sebuah qaul/pendapat: dia mengulangi dari awal.

3. Menjadikan ka’bah ada di sisi kirinya,

4. Memulai thawaf dari hajar aswad sejajar ke arahnya saat melewatnya (di awal thawaf) dengan seluruh badan. Seandainya dia memulai dari tempat lain, maka tidak dihitung; apabila dia sampai di hajar aswad, maka dia memulai dari hajar aswad itu.

Seandainya dia berjalan di atas Syadzarwan, atau menyentuh tembok di hadapan Syadzarwan, atau masuk dari salah satu bukaan hijir Ismail dan keluar dari bukaan yang lain, maka tidak sah thawafnya .

Dalam permasalahan menyentuh tembok ada satu wajah/pendapat lain.

5. Berthawaf sebanyak tujuh putaran,

6. (Berthawaf) di dalam masjid.

 

Adapun sunnah-sunnah thawaf:

Berthawaf dengan jalan kaki; mengusap hajar aswad dengan telapak tangan saat mulai berthawaf dan menciumnya; dan meletakkan kening di atasnya (hajar aswad), jika tidak mampu, maka mengusapnya, jika tidak mampu, memberi isyarat dengan tangannya; menjaga hal itu semua dalam setiap putaran; dan tidak mencium dua rukun Syami dan tidak mengusapnya.

Dan mengusap rukun Yamani dan tidak menciumnya; pada awal thawaf mengucapkan: “Bismillahi wallahu akbar, Allahumma iimaanan bika, wa tashdiiqan bi kitaabika. wa wafaa’an bi ‘ahdika, wa itibaa’an li sunnat nabiyyika Muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam”; dan di depan pintu ka’bah mengucapkan: “Allahumma, albaitu baituka, wal haramu haramuka, wal amnu amnuka, wa haadza maqaamul ‘aaidzi bika minan naar”; di antara dua rukun Yamani mengucapkan: “Allahumma aatnaa fd dunyaa hasanatan wa fl aakhirat hasanatan wa qinaa ‘adzaaban naar”; dan berdoa apa saja yang dia mau, doa yang ma’tsur (diajarkan Nabi) lebih afdhal daripada membaca Al Qur’an; membaca Al Qur’an lebih afdhal daripada bacaan yang tidak ma’tsur. Hendaknya berjalan cepat pada tiga putaran pertama, dengan mempercepat jalannya dengan langkah sedang; dan berjalan pada sisa thawafnya. Berjalan cepat ini khusus pada thawaf yang diikut dengan sa’i; dan dalam sebuah qaul/pendapat: pada thawaf qudum; dan hendaknya pada thawaf qudum mengucapkan: “Allahumma ij’alhu hajjan mabruuran, wa dzanban maghfuuran, wa sa’yan masykuuran”.

Dan hendaknya idhthiba’ (memasukkan pakaian ihram dari bawah ketak kanan dan menyelubungi yang kiri) pada semua thawaf yang ada jalan cepatnya; demikian juga pada saat sa’i menurut pendapat yang shahih. Idhtiba’ itu adalah menjadikan tengah selempang di bawah bahu kanan, dan dua tepinya di atas bahu kiri. Jamaah perempuan tidak berjalan cepat dan tidak idhthiba’.

Hendaknya mendekat ke ka’bah. Seandainya luput jalan cepat di dekat ka’bah karena berdesak-desakan, maka berjalan cepat di kejauhan lebih utama; kecuali khawatr menabrak jama’ah perempuan, maka dekat ka’bah tanpa jalan cepat lebih utama. hendaknya berturut-turut thawafnya, dan shalat dua rokaat sesudah thawaf di belakang maqam Ibrahim; pada rokaat pertama membaca surat Al Kafirun, pada rokaat kedua surat Al Ikhlas, dijaharkan/dikeraskan saat malam hari; dan dalam sebuah qaul/pendapat: wajib berturut-turut dan shalat.

Seandainya orang yang halal (tidak berihram) menggendong orang ihram dan membawanya thawaf, maka thawaf itu dihitung bagi orang yang digendong; demikian juga jika orang yang ihram itu digendong oleh orang ihram lain yang sudah thawaf untuk dirinya sendiri; jika tidak demikian (yang menggendong belum thawaf untuk dirinya sendiri), maka menurut pendapat yang lebih benar: jika (thawafnya) dia maksudkan untuk yang digendong, maka thawaf itu untuk yang digendong; jika dia maksudkan untuk dirinya sendiri atau untuk mereka berdua, maka (thawaf) itu hanya untuk yang menggendong saja.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama