Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Takbir

 


فصل

يندب التكبير بغروب الشمس ليلتي العيد في المنازل والطرق والمساجد والأسواق برفع الصوت والأظهر إدامته حتى يحرم الإمام بصلاة العيد ولا يكبر الحاج ليلة الأضحى بل يلبي ولا يسن ليلة الفطر عقب الصلوات في الأصح ويكبر الحاج من ظهر النحر ويختم بصبح آخر التشريق وغيره كهو في الأظهر وفي قول من مغرب ليلة النحر وفي قول من صبح عرفة ويختم بعصر آخر التشريق والعمل على هذا والأظهر أنه يكبر في هذه الأيام للفائتة والراتبة والنافلة وصيغته المحبوبة الله أكبر الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد ويستحب أن يزيد كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا ولو شهدوا يوم الثلاثين قبل الزوال برؤية الهلال الليلة الماضية أفطرنا وصلينا العيد وإن شهدوا بعد الغروب لم تقبل الشهادة أو بين الزوال والغروب أفطرنا وفاتت الصلاة ويشرع قضاؤها متى شاء في الأظهر وقيل: في قول تصلي من الغد أداء.

 

Takbir

Disunnahkan bertakbir mulai terbenam matahari pada malam ied di rumah, di jalan, di masjid, di pasar, dengan suara yang keras. Menurut pendapat yang lebih jelas: bertakbir terus menerus sampai imam bertakbiratul ihram pada shalat ied; jama’ah haji tidak bertakbir pada malam idul adha, akan tetapi bertalbiyah. Tidak disunnahkan bertakbir setelah shalat fardhu di malam idul ftri menurut pendapat yang lebih benar.

Jama’ah haji bertakbir mulai Dhuhur hari raya kurban dan selesai pada Shubuh hari tasyriq terakhir; selain jama’ah haji seperti itu juga menurut pendapat yang lebih jelas; dan dalam sebuah qaul: dari Shubuh hari Arafah dan selesai pada Ashar hari tasyriq terakhir, dan inilah yang diamalkan. Menurut pendapat yang lebih jelas: bertakbir juga pada hari-hari ini setelah melakukan shalat yang luput, shalat rawatib, dan shalat sunnah.

Bentuk takbir yang disunnahkan: Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, laa ilaha illallah, wallahu akbar, Allahu akbar, walillahil hamd. Disunnahkan menambah: kabiran, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila.

 Seandainya pada tanggal tiga puluh sebelum matahari tergelincir, ada yang bersaksi bahwa telah melihat hilal malam sebelumnya, maka kami berbuka dan shalat ied. Jika mereka bersaksi setelah matahari terbenam, maka kesaksian itu tidak diterima; atau di waktu antara matahari tergelincir dan terbenamnya, maka kami berbuka dan meluputkan shalat. Dan disyariatkan mengqadha shalat ied kapanpun dia mau menurut pendapat yang lebih jelas; dan dikatakan: dalam sebuah qaul: shalat ied besok secara ada’ (bukan qadha).

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama