فصل
شرط القدوة أن ينوي المأموم
مع التكبير الإقتداء أو الجماعة والجمعة كغيرها على الصحيح فلو ترك هذه النية وتابع
في الأفعال بطلت صلاته على الصحيح ولا يجب تعيين الإمام فإن عينه وأخطأ بطلت صلاته
ولا يشترط للإمام نية الإمامة وتستحب فلو أخطأ في تعيين تابعه لم يضر وتصح قدوة المؤدي
بالقاضي والمفترض بالمتنفل وفي الظهر بالعصر وبالعكوس وكذا الظهر بالصبح والمغرب وهو
كالمسبوق ولا تضر متابعة الإمام في القنوت والجلوس الآخر في المغرب وله فراقه إذا اشتغل
بهما ويجوز الصبح خلف الظهر في الأظهر فإذا قام للثالثة فإن شاء فارقه وسلم وإن شاء
انتظره ليسلم معه. قلت: انتظاره أفضل والله أعلم وإن أمكنه القنوت في الثانية قنت وإلا
تركه وله فراقه ليقنت فإن اختلف فعلهما كمكتوبة وكسوف أو جنازة لم يصح على الصحيح.
Syarat Mengikut
Imam
Syarat mengikut
imam: bersamaan dengan takbiratul ihram, makmum berniat untuk mengikut imam
atau berniat jama’ah shalat Jum’at sama dengan shalat lain menurut pendapat
yang shahih; seandainya dia meninggalkan niat ini, kemudian mengikut gerakan
imam, maka batal shalatnya menurut pendapat yang shahih. Tidak wajib baginya
menentukan siapa imamnya, jika dia niat menentukan imamnya kemudian salah, maka
batal shalatnya. Tidak wajib bagi imam untuk berniat menjadi imam0, tetapi
disunnahkan. Seandainya dia salah dalam menentukan siapa makmumnya, maka tidak
batal shalatnya.
Sah orang yang
shalat ada’ bermakmum kepada orang yang shalat qadha, orang yang shalat fardhu
kepada orang yang shalat sunnah, orang yang shalat Dhuhur kepada orang yang
shalat Ashar dan sebaliknya, demikian juga orang yang shalat Dhuhur kepada
orang yang shalat Shubuh atau Maghrib (dalam hal ini) dia seperti makmum
masbuq, dan tidak mengapa dia mengikut imam saat berqunut maupun saat duduk
tasyahud akhir shalat Maghrib, dan dia boleh memisahkan diri (mufaraqah) jika
dia menjadi kacau karena qunut atau duduk tersebut.
Boleh orang
yang shalat Shubuh bermakmum kepada orang yang shalat Dhuhur menurut pendapat
yang lebih jelas; apabila imam berdiri pada rokaat ketiga: jika dia mau, dia
boleh memisahkan diri dan bersalam; jika dia mau, boleh menunggu untuk bersalam
bersama imam. Pendapatku: menunggu imam itu lebih utama, wallahu a’lam.
Jika
memungkinkan baginya untuk berqunut pada rokaat kedua, maka dia berqunut; jika tidak
memungkinkan, maka dia tnggalkan; dan dia boleh memisahkan diri untuk berqunut.
Jika gerakan shalat imam dan makmum berbeda, seperti shalat fardhu dengan
shalat gerhana atau jenazah, maka tidak sah (bermakmum) menurut pendapat yang
shahih.