Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Syarat Mengikuti Imam

 


فصل

شرط القدوة أن ينوي المأموم مع التكبير الإقتداء أو الجماعة والجمعة كغيرها على الصحيح فلو ترك هذه النية وتابع في الأفعال بطلت صلاته على الصحيح ولا يجب تعيين الإمام فإن عينه وأخطأ بطلت صلاته ولا يشترط للإمام نية الإمامة وتستحب فلو أخطأ في تعيين تابعه لم يضر وتصح قدوة المؤدي بالقاضي والمفترض بالمتنفل وفي الظهر بالعصر وبالعكوس وكذا الظهر بالصبح والمغرب وهو كالمسبوق ولا تضر متابعة الإمام في القنوت والجلوس الآخر في المغرب وله فراقه إذا اشتغل بهما ويجوز الصبح خلف الظهر في الأظهر فإذا قام للثالثة فإن شاء فارقه وسلم وإن شاء انتظره ليسلم معه. قلت: انتظاره أفضل والله أعلم وإن أمكنه القنوت في الثانية قنت وإلا تركه وله فراقه ليقنت فإن اختلف فعلهما كمكتوبة وكسوف أو جنازة لم يصح على الصحيح.

 

Syarat Mengikut Imam

Syarat mengikut imam: bersamaan dengan takbiratul ihram, makmum berniat untuk mengikut imam atau berniat jama’ah shalat Jum’at sama dengan shalat lain menurut pendapat yang shahih; seandainya dia meninggalkan niat ini, kemudian mengikut gerakan imam, maka batal shalatnya menurut pendapat yang shahih. Tidak wajib baginya menentukan siapa imamnya, jika dia niat menentukan imamnya kemudian salah, maka batal shalatnya. Tidak wajib bagi imam untuk berniat menjadi imam0, tetapi disunnahkan. Seandainya dia salah dalam menentukan siapa makmumnya, maka tidak batal shalatnya.

Sah orang yang shalat ada’ bermakmum kepada orang yang shalat qadha, orang yang shalat fardhu kepada orang yang shalat sunnah, orang yang shalat Dhuhur kepada orang yang shalat Ashar dan sebaliknya, demikian juga orang yang shalat Dhuhur kepada orang yang shalat Shubuh atau Maghrib (dalam hal ini) dia seperti makmum masbuq, dan tidak mengapa dia mengikut imam saat berqunut maupun saat duduk tasyahud akhir shalat Maghrib, dan dia boleh memisahkan diri (mufaraqah) jika dia menjadi kacau karena qunut atau duduk tersebut.

Boleh orang yang shalat Shubuh bermakmum kepada orang yang shalat Dhuhur menurut pendapat yang lebih jelas; apabila imam berdiri pada rokaat ketiga: jika dia mau, dia boleh memisahkan diri dan bersalam; jika dia mau, boleh menunggu untuk bersalam bersama imam. Pendapatku: menunggu imam itu lebih utama, wallahu a’lam.

Jika memungkinkan baginya untuk berqunut pada rokaat kedua, maka dia berqunut; jika tidak memungkinkan, maka dia tnggalkan; dan dia boleh memisahkan diri untuk berqunut. Jika gerakan shalat imam dan makmum berbeda, seperti shalat fardhu dengan shalat gerhana atau jenazah, maka tidak sah (bermakmum) menurut pendapat yang shahih.

 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama