Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Syarat Wajibnya Puasa

 



فصل

شرط وجوب صوم رمضان العقل والبلوغ وإطاقته ويؤمر به الصبي لسبع إذا أطاق ويباح تركه للمريض إذا وجد به ضررا شديدا وللمسافر سفرا طويلا مباحا ولو أصبح صائما فمرض أفطر وإن سافر فلا ولو أصبح المسافر والمريض صائمين ثم أراد الفطر جاز فلو أقام وشفى حرم الفطر على الصحيح وإذا أفطر المسافر والمريض قضيا وكذا الحائض والمفطر بلا عذر وتارك النية ويجب قضاء ما فات بالإغماء والردة دون الكفر الأصلي والصبا والجنون وإذا بلغ بالنهار صائما وجب إتمامه بلا قضاء ولو بلغ فيه مفطرا أو أفاق أو أسلم فلا قضاء في الأصح ولا يلزمهم إمساك بقية النهار في الأصح ويلزم من تعدى بالفطر أو نسي النية لا مسافرا ومريضا زال عذرهما بعد الفطر ولو زال قبل أن يأكلا ولم ينويا ليلا فكذا في المذهب والأظهر أنه يلزم من أكل يوم الشك ثم ثبت كونه من رمضان وإمساك بقية اليوم من خواص رمضان بخلاف النذر والقضاء.

 

Syarat Wajib Puasa

Syarat wajib berpuasa Ramadhan: berakal, baligh, dan mampu berpuasa.

Anak kecil diperintahkan berpuasa pada umur tujuh tahun apabila sudah mampu.

Boleh meninggalkan puasa: bagi orang sakit apabila dengan berpuasa dia mendapat bahaya besar, dan bagi musafir dalam perjalanan jauh yang mubah/boleh.

 

Seandainya pada pagi hari dia berpuasa kemudian sakit, maka dia berbuka (tidak berpuasa); jika bepergian, maka tidak berbuka.

Seandainya musafir dan orang sakit berpuasa pada pagi hari, kemudian ingin berbuka, maka boleh; seandainya dia sudah sembuh dan menjadi mukim (tidak safar), maka haram berbuka menurut pendapat yang shahih.

Apabila musafir dan orang sakit berbuka (tidak puasa), maka mereka mengqadha; demikian juga (mengqadha) bagi wanita haid, orang yang berbuka tanpa udzur, dan orang yang meninggalkan niat.

Wajib mengqadha puasa yang terluput karena pingsan atau murtad; tidak (mengqadha) karena asli kafir, masih kecil, atau gila.

Seandainya seseorang mencapai usia baligh pada siang hari dalam keadaan berpuasa, maka wajib melanjutkan/menyempurnakan puasanya tanpa qadha.

Seandainya pada siang hari seseorang mencapai usia baligh dalam keadaan berbuka (tidak puasa), atau sadar (dari pingsan), atau masuk Islam, maka tidak mengqadha menurut pendapat yang lebih benar; dan tidak wajib bagi mereka untuk menahan diri di sisa siangnya menurut pendapat yang lebih benar.

Dan wajib (menahan diri) bagi orang yang melanggar dengan berbuka atau orang yang lupa berniat; tidak wajib (menahan diri) bagi musafir dan orang sakit meskipun telah hilang udzurnya setelah berbuka; seandainya udzur keduanya telah hilang sebelum makan dan keduanya tidak berniat puasa tadi malam, maka (hukumnya) seperti itu (tidak wajib menahan diri) menurut pendapat madzhab.

Menurut pendapat yang lebih jelas: wajib (menahan diri) bagi orang yang sudah makan pada hari syakk, kemudian ternyata hari itu sudah masuk Ramadhan.

Menahan diri pada sisa hari adalah khusus pada puasa Ramadhan, tidak pada puasa nadzar atau qadha.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama