فصل
شرط وجوب صوم رمضان العقل
والبلوغ وإطاقته ويؤمر به الصبي لسبع إذا أطاق ويباح تركه للمريض إذا وجد به ضررا شديدا
وللمسافر سفرا طويلا مباحا ولو أصبح صائما فمرض أفطر وإن سافر فلا ولو أصبح المسافر
والمريض صائمين ثم أراد الفطر جاز فلو أقام وشفى حرم الفطر على الصحيح وإذا أفطر المسافر
والمريض قضيا وكذا الحائض والمفطر بلا عذر وتارك النية ويجب قضاء ما فات بالإغماء والردة
دون الكفر الأصلي والصبا والجنون وإذا بلغ بالنهار صائما وجب إتمامه بلا قضاء ولو بلغ
فيه مفطرا أو أفاق أو أسلم فلا قضاء في الأصح ولا يلزمهم إمساك بقية النهار في الأصح
ويلزم من تعدى بالفطر أو نسي النية لا مسافرا ومريضا زال عذرهما بعد الفطر ولو زال
قبل أن يأكلا ولم ينويا ليلا فكذا في المذهب والأظهر أنه يلزم من أكل يوم الشك ثم ثبت
كونه من رمضان وإمساك بقية اليوم من خواص رمضان بخلاف النذر والقضاء.
Syarat Wajib
Puasa
Syarat wajib
berpuasa Ramadhan: berakal, baligh, dan mampu berpuasa.
Anak kecil
diperintahkan berpuasa pada umur tujuh tahun apabila sudah mampu.
Boleh
meninggalkan puasa: bagi orang sakit apabila dengan berpuasa dia mendapat
bahaya besar, dan bagi musafir dalam perjalanan jauh yang mubah/boleh.
Seandainya pada
pagi hari dia berpuasa kemudian sakit, maka dia berbuka (tidak berpuasa); jika
bepergian, maka tidak berbuka.
Seandainya musafir
dan orang sakit berpuasa pada pagi hari, kemudian ingin berbuka, maka boleh; seandainya
dia sudah sembuh dan menjadi mukim (tidak safar), maka haram berbuka menurut
pendapat yang shahih.
Apabila musafir
dan orang sakit berbuka (tidak puasa), maka mereka mengqadha; demikian juga (mengqadha)
bagi wanita haid, orang yang berbuka tanpa udzur, dan orang yang meninggalkan
niat.
Wajib mengqadha
puasa yang terluput karena pingsan atau murtad; tidak (mengqadha) karena asli kafir,
masih kecil, atau gila.
Seandainya
seseorang mencapai usia baligh pada siang hari dalam keadaan berpuasa, maka
wajib melanjutkan/menyempurnakan puasanya tanpa qadha.
Seandainya pada
siang hari seseorang mencapai usia baligh dalam keadaan berbuka (tidak puasa),
atau sadar (dari pingsan), atau masuk Islam, maka tidak mengqadha menurut
pendapat yang lebih benar; dan tidak wajib bagi mereka untuk menahan diri di
sisa siangnya menurut pendapat yang lebih benar.
Dan wajib
(menahan diri) bagi orang yang melanggar dengan berbuka atau orang yang lupa
berniat; tidak wajib (menahan diri) bagi musafir dan orang sakit meskipun telah
hilang udzurnya setelah berbuka; seandainya udzur keduanya telah hilang sebelum
makan dan keduanya tidak berniat puasa tadi malam, maka (hukumnya) seperti itu
(tidak wajib menahan diri) menurut pendapat madzhab.
Menurut
pendapat yang lebih jelas: wajib (menahan diri) bagi orang yang sudah makan
pada hari syakk, kemudian ternyata hari itu sudah masuk Ramadhan.
Menahan diri
pada sisa hari adalah khusus pada puasa Ramadhan, tidak pada puasa nadzar atau
qadha.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin