Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Sunnah-sunnah Jum’at

 


فصل

 

يسن الغسل لحاضرها وقيل: لكل أحد ووقته من الفجر وتقريبه من ذهابه أفضل فإن عجز تيمم في الأصح ومن المسنون غسل العيد والكسوف والاستسقاء ولغاسل الميت والمجنون والمغمى عليه إذا أفاقا والكافر إذا أسلم وأغسال الحج وآكدها غسل غاسل الميت ثم الجمعة وعكسه القديم.

قلت: القديم هنا اظهر ورجحه لأكثرون وأحاديث صحيحة كثيرة وليس للجديد حديث صحيح والله أعلم ويسن التبكير إليها ماشيا بسكينة وأن يشتغل في طريقه وحضوره بقراءة أو ذكر ولا يتخطى وأن يتزين بأحسن ثيابه وطيب وإزالة الظفر والريح.

قلت: وأن يقرأ الكهف يومها وليلتها ويكثر الدعاء والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم ويحرم على ذي الجمعة التشاغل بالبيع وغيره بعد الشروع في الأذان بين يدي الخطيب فإن باع صح ويكره قبل الأذان بعد الزوال. والله أعلم.

 

Sunnah-sunnah Jum’at

Disunnahkan mandi bagi yang menghadiri shalat Jum’at, dan dikatakan: bagi semua orang; waktunya: mulai fajar, semakin dekat dengan waktu berangkat (shalat Jum’at) semakin afdhal/utama; jika tidak mampu0, maka bertayamum menurut pendapat yang lebih benar. Termasuk yang disunnahkan: mandi shalat ied, kusuf/gerhana dan istsqa/minta hujan; juga bagi orang yang memandikan mayit; orang gila dan orang pingsan apabila keduanya sudah sembuh; orang kafir apabila masuk Islam; dan mandi haji. Yang lebih ditekankan: mandi bagi orang yang memandikan mayit kemudian mandi Jum’at; dan sebaliknya (mandi Jum’at lebih ditekankan) menurut qaul qadim. Pendapatku: qaul qadim dalam hal ini adalah pendapat yang lebih jelas, kebanyakan ulama menguatkan qaul qadim itu, hadits shahihnya ada banyak; sedangkan dalam qaul jadid tidak ada hadits yang shahih (dalam hal ini), wallahu a’lam.

Disunnahkan datang shalat Jum’at lebih awal, berjalan kaki dengan tenang; saat di jalan dan setelah sampai (di tempat shalat Jum’at) menyibukkan diri dengan membaca Al Qur’an atau dzikir (sebelum khutibah); tidak melangkahi (leher orang-orang); memperbagus diri dengan pakaian yang terbaik dan minyak wangi; memotong kuku dan menghilangkan bau (tidak sedap).

 

Pendapatku: sunnah membaca surat Al Kahf pada hari Jum’at dan pada malam Jum’at; memperbanyak doa dan shalawat kepada Rasulullah SAW. aram bagi yang berkewajiban shalat Jum’at untuk menyibukkan diri dengan jual beli dan selainnya setelah muadzin memulai adzan di depan khatb; tetapi jika dia berjual beli, maka jual belinya tetiap sah; sedangkan sebelum muadzin memulai adzan sesudah matahari tergelincir, hukumnya makruh; wallahu a’lam.

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


1 Komentar

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama