Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Sujud Sahwi

 


باب سجود السهو

سنة عند ترك مأمور به أو فعل منهي عنه فالأول: إن كان ركنا وجب تداركه وقد يشرع السجود لزيادة حصلت بتدارك ركن كما سبق في الترتيب أو بعضا وهو القنوت أو قيامه أو التشهد الأول أو قعوده وكذا الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيه في الأظهر سجد وقيل: إن ترك عمدا فلا.

قلت: وكذا الصلاة على الآل حيث سنناها والله أعلم ولا تجبر سائر السنن والثاني: إن لم يبطل عمده كالالتفات والخطوتين لم يسجد لسهوه وإلا سجد إن لم تبطل بسهوه ككلام كثير في الأصح وتطويل الركن القصير يبطل عمده في الأصح فيسجد لسهوه فالاعتدال قصير وكذا الجلوس بين السجدتين في الأصح ولو نقل ركنا قوليا كفاتحة في ركوع أو تشهد لم تبطل بعمده في الأصح ويسجد لسهوه في الأصح وعلى هذا تستثنى هذه الصورة من قولنا ما لا يبطل عمده لا سجود لسهوه ولو نسي التشهد الأول فذكره بعد

انتصابه لم يعد له فإن عاد عالما بتحريمه بطلت أو ناسيا فلا ويسجد للسهو أو جاهلا فكذا في الأصح وللمأموم العود لمتابعة إمامه في الأصح.

قلت: الأصح وجوبه والله أعلم ولو تذكر قبل انتصابه عاد للتشهد ويسجد إن كان صار إلى القيام أقرب ولو نهض عمدا فعاد بطلت إن كان إلى القيام أقرب ولو نسي قنوتا فذكره في سجوده لم يعد له أو قبله عاد ويسجد للسهو إن بلغ حد الراكع ولو شك في ترك بعض سجد أو ارتكاب نهي فلا ولو سها وشك هل سجد فيسجد ولو شك أصلى ثلاثا أم أربعا أتى بركعة وسجد والأصح أنه يسجد وإن زال شكه قبل سلامه وكذا حكم ما يصليه مترددا واحتمل كونه زائدا ولا يسجد لما يجب بكل حال إذا زال شكه مثاله شك في الثالثة: أثالثة هي أم رابعة فتذكر فيها لم يسجد أو في الرابعة: سجد ولو شك بعد السلام في ترك فرض لم يؤثر على المشهور وسهوه حال قدوته يحمله إمامه فلو ظن سلامه فسلم فبان خلافه سلم معه ولا سجود ولو ذكر في تشهده ترك ركن غير النية والتكبير قام بعد سلام إمامه إلى ركعته ولا يسجد وسهوه بعد سلامه لا يحمله فلو سلم المسبوق بسلام إمامه بنى وسجد ويلحقه سهو إمامه فإن سجد لزمه متابعته وإلا فيسجد على النص ولو اقتدى مسبوق بمن سها بعد اقتدائه وكذا قبله في الأصح فالصحيح أنه يسجد معه ثم في آخر صلاته فإن لم يسجد الإمام سجد آخر صلاة نفسه على النص وسجود السهو وإن كثر سجدتان كسجود الصلاة والجديد أن محله بين تشهده وسلامه فإن سلم عمدا فات في الأصح أو سهوا وطال الفصل فات في الجديد وإلا فلا على النص وإذا سجد صار عائدا إلى الصلاة في الأصح ولو سها إمام الجمعة وسجدوا فبان فوتها أتموا ظهرا وسجدوا ولو ظن سهوا فسجد فبان عدمه سجد في الأصح.

 

Sujud Sahwi

Sujud sahwi itu sunnah ketika meninggalkan sesuatu yang diperintahkan dalam shalat, atau melakukan sesuatu yang dilarang.

Pertama, jika yang ditnggalkan itu merupakan rukun, maka wajib memperbaikinya (dengan melakukannya); dan disyariatkan sujud sahwi itu seperti tambahan, bersama dengan perbaikan rukun menghasilkan tertib

sebagaimana telah dijelaskan. Atau meninggalkan ba’dh, yaitu: qunut, atau berdirinya, tasyahud awal, atau duduknya, shalawat kepada Nabi SAW saat tasyahud awal menurut pendapat yang lebih jelas; maka dia sujud sahwi. Dan dikatakan: jika meninggalkannya dengan sengaja, maka tidak sujud sahwi.

Pendapatku: demikian juga shalawat ‘ala aali (kepada keluarga Nabi) karena hal itu merupakan sunnah.

Wallahu a’lam.

Sujud sahwi tidak menggant keseluruhan sunnah-sunnah shalat (sisanya).

Kedua, jika perbuatan itu kesengajaannya tidak membatalkan shalat, seperti menoleh atau melangkah dua langkah, maka tidak bersujud sahwi karena lupa. Jika tidak demikian, maka bersujud sahwi jika tidak batal disebabkan lupanya, seperti banyak berbicara0 menurut pendapat yang lebih benar.

Memanjangkan/memperlama rukun yang pendek membatalkan shalat jika disengaja, maka bersujud sahwi jika lupa melakukannya. I’tdal itu pendek, demikian juga duduk di antara dua sujud menurut pendapat yang lebih benar.

Seandainya dia memindahkan rukun qauli/perkataan misalnya membaca Al Fathah ketika ruku’ atau tasyahud, maka tidak batal melakukannya dengan sengaja menurut pendapat yang lebih benar; dan bersujud sahwi jika lupa melakukannya menurut pendapat yang lebih benar. Karena hal ini: dikecualikan hal seperti ini dari perkataan kami terdahulu: “perbuatan yang kesengajaanya tidak membatalkan shalat, maka bersujud sahwi karena lupa melakukannya.”

Seandainya dia lupa tasyahud awal, kemudian dia ingat setelah tegak berdiri, maka dia tidak kembali untuk mengulangi tasyahud; jika dia kembali sementara dia tahu keharamannya, maka batal shalatnya; atau karena lupa, maka tidak batal; atau karena tidak tahu, maka seperti itu pula (tidak batal) menurut pendapat yang lebih benar; bagi makmum, maka dia kembali untuk mengikut imamnya menurut pendapat yang lebih benar.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: wajib, wallahu a’lam.

Seandainya dia ingat sebelum berdiri tegak, maka dia kembali untuk bertasyahud; dan sujud sahwi jika dia sudah lebih dekat ke posisi berdiri. Seandainya dia bangkit dengan sengaja, kemudian kembali, maka batal jika dia sudah lebih dekat ke posisi berdiri.

Seandainya dia lupa berqunut, kemudian ingat pada saat sujud, maka tidak kembali untuk berqunut; atau ingat sebelum sujud, maka kembali, dan dia sujud sahwi jika dia sudah sampai ke batas ruku’.

Jika dia ragu-ragu telah meninggalkan ba’dh, maka dia bersujud sahwi; atau ragu-ragu melakukan larangan, maka tidak bersujud sahwi.

Seandainya dia lupa dan ragu-ragu apakah sudah sujud sahwi, hendaknya dia bersujud sahwi.

Seandainya dia ragu-ragu apakah sudah shalat tiga atau empat rokaat, maka dia menambah satu rokaat dan sujud sahwi; menurut pendapat yang lebih benar: dia bersujud sahwi meskipun keraguannya sudah hilang sebelum salam; seperti itu pula hukum rokaat yang dia lakukan dengan ragu-ragu, dan kemungkinan rokaat itu adalah (rokaat) tambahan.

Tidak sujud sahwi terhadap rokaat yang memang wajib dalam semua keadaan jika telah hilang keraguannya, misalnya: dia ragu-ragu pada rokaat ketiga, apakah ini rokaat ketiga atau keempat? Kemudian dia ingat pada rokaat (ketiga) itu, maka dia tidak bersujud sahwi; atau dia ingat pada rokaat keempat, maka dia bersujud sahwi.

Seandainya dia ragu-ragu setelah salam apakah telah meninggalkan fardhu, maka tidak berpengaruh menurut pendapat yang masyhur.

Lupanya makmum ketika mengikut imam ditanggung oleh imamnya. Seandainya dia menyangka bahwa imam telah salam, kemudian dia bersalam, kemudian jelas bahwa dia telah salah sangka, maka dia ikut salam bersama imam dan tidak sujud sahwi.

Seandainya makmum ingat pada saat tasyahud bahwa telah meninggalkan satu rukun selain niat dan takbiratul ihram, maka dia berdiri setelah imam bersalam untuk menyempurnakan satu rokaatnya sendiri dan tidak bersujud sahwi.

Lupanya makmum setelah salamnya imam tidak ditanggung oleh imam. Seandainya makmum masbuq bersalam bersama dengan imam, maka dia sempurnakan shalatnya dan bersujud sahwi. Lupanya imam juga melekat pada makmum, jika imam sujud sahwi, maka makmum juga wajib ikut (sujud sahwi); jika imam tidak sujud sahwi, maka makmum tetiap sujud sahwi menurut nash.

Seandainya seorang masbuq bermakmum kepada imam yang lupa setelah dia mulai bermakmum, demikian juga sebelum dia mulai bermakmum menurut pendapat yang lebih benar, maka menurut pendapat yang shahih: dia(masbuq) ikut bersujud sahwi bersama imam, kemudian (sujud sahwi juga) pada akhir shalatnya (masbuq). Jika imam tidak sujud sahwi, maka dia(masbuq) tetiap sujud sahwi pada akhir shalatnya sendiri menurut nash.

Sujud sahwi itu, meskipun lupanya banyak, adalah dua sujud seperti sujud shalat ; menurut qaul jadid: tempatnya antara tasyahud (akhir) dan salam.

Jika dia langsung salam dengan sengaja, maka maka dia luput (tidak mendapatkannya) menurut pendapat yang lebih benar; atau karena lupa dan telah berjarak lama, maka luput menurut qaul jadid; jika baru sebentar, maka tidak luput menurut nash. Jika dia bersujud sahwi, maka dia jadi kembali dalam keadaan shalat menurut pendapat yang lebih benar.

Sendainya imam shalat Jum’at lupa kemudian mereka telah sujud sahwi, kemudian jelas bahwa shalat Jum’atnya luput, maka mereka menyempurnakan shalat Dhuhur dan sujud sahwi.

Seandainya dia menyangka telah lupa kemudian sujud, kemudian jelas bahwa tidak ada yang terlupakan, maka dia sujud sahwi menurut pendapat yang lebih benar.

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama