Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Sujud Tilawah dan Sujud Syukur

 


باب تسن سجدات التلاوة

 

وهن في الجديد أربع عشرة منها سجدتا الحج لا ص بل هي سجدة شكر تستحب في غير الصلاة وتحرم فيها على الأصح وتسن للقارىء والمستمع وتتأكد بسجود القارىء.

قلت: وتسن للسامع والله أعلم وإن قرأ في الصلاة سجد الإمام والمنفرد لقراءته فقط والمأموم لسجدة إمامه فإن سجد إمامه فتخلف أو انعكس بطلت صلاته ومن سجد خارج الصلاة نوى وكبر للإحرام رافعا يديه ثم للهوى بلا رفع وسجد كسجدة الصلاة ورفع مكبرا وسلم وتكبيرة الإحرام شرط على الصحيح وكذا السلام في الأظهر وتشترط شروط الصلاة ومن سجد فيها كبر للهوى وللرفع ولا يرفع يديه.

قلت: ولا يجلس للاستراحة والله أعلم ويقول سجد وجهي للذي خلقه وصوره وشق سمعه وبصره بحوله وقوته ولو كرر آية في مجلسين سجد لكل وكذا المجلس في الأصح وركعة كمجلس وركعتان كمجلسين فإن لم يسجد وطال ال فصل لم يسجد وسجدة الشكر لا تدخل الصلاة وتسن لهجوم نعمة أو اندفاع نقمة أو رؤية مبتلى أو عاص ويظهرها للعاصي لا للمبتلي وهي كسجدة التلاوة والأصح جوازهما على الراحلة للمسافر فإن سجد تلاوة صاة جاز عليها قطعا.

 

Sujud Tilawah dan Sujud Syukur

Disunnahkan sujud tilawah, menurut qaul jadid tempatnya ada empat belas, di antaranya dua ayat sajdah pada surat Al Hajj. Tidak ada sujud tilawah dalam surat Shad, akan tetapi sujud surat Shad itu adalah sujud syukur yang disunnahkan di luar shalat, dan diharamkan di dalam shalat menurut pendapat yang lebih benar.

Sujud tilawah disunnahkan bagi yang membaca dan yang (sengaja) mendengarkan, dan lebih ditekankan bagi yang membaca.

Pendapatku: dan disunnahkan bagi orang yang mendengar (tanpa sengaja), wallahu a’lam.

Jika membaca ayat sajdah saat shalat, maka imam atau munfarid bersujud tilawah untuk bacaannya sendiri saja; makmum sujud karena (mengikut) sujudnya imam; jika imamnya sujud sedangkan dia tidak, atau sebaliknya (imamnya tidak sujud tetapi dia sujud), maka batal shalatnya.

Barangsiapa yang sujud tilawah di luar shalat, maka dia berniat kemudian takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan, kemudian takbir untuk turun tanpa mengangkat tangan, kemudian sujud (dengan satu sujud) sebagaimana sujud dalam shalat, kemudian bergerak naik dengan bertakbir, kemudian bersalam.

Takbiratul ihram adalah syarat menurut pendapat yang shahih; demikian juga salam menurut pendapat yang lebih jelas.

Dan disyaratkan semua syarat-syarat shalat. Barangsiapa sujud tilawah di dalam shalat, maka dia bertakbir untuk gerakan turun dan naik, serta tidak mengangkat tangan.

Pendapatku: dan tidak duduk untuk istrahat, wallahu a’lam.

Dan dia mengucapkan: “sajada wajhiya lilladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam’ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwathi.”

Seandainya dia mengulang ayat sajdah dalam dua kali duduk, maka dia sujud tilawah untuk dua kali itu; demikian juga (jika mengulang) dalam satu duduk menurut pendapat yang lebih benar. ukum dalam satu rokaat seperti satu duduk, dua rokaat seperti dua duduk.

Jika dia tidak bersujud tilawah, dan sudah berselang lama, maka dia tidak bersujud.

Sujud syukur tidak masuk dalam shalat.

Disunnahkan (sujud syukur) ketika datang suatu nikmat, atau terhindar dari bencana/celaka, atau melihat

cobaan atau orang bermaksiat. (Sunnah) menampakkan sujud itu kepada orang yang bermaksiat, dan tidak menampakkan kepada orang yang tertmpa cobaan.

Sujud syukur itu seperti sujud tilawah.

Menurut pendapat yang lebih benar: sujud tilawah dan sujud syukur boleh dilakukan di atas kendaraan bagi musafir; jika dia bersujud tilawah karena bacaan saat shalat, maka jelas boleh di atas kendaraan.

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama