Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Shalat Minta Hujan (Istisqa')

 


باب صلاة الإستسقاء

هي سنة عند الحاجة وتعاد ثانيا وثالثا إن لم يسقوا فإن تأهبوا للصلاة فسقوا قبلها اجتمعوا للشكر والدعاء ويصلون على الصحيح ويأمرهم الإمام بصيام ثلاثة أيام أولا والتوبة والتقرب إلى الله تعالى بوجوه البر والخروج من المظالم ويخرجون إلى الصحراء في الرابع: صياما في ثياب بذلة وتخشع ويخرجون الصبيان والشيوخ وكذا البهائم في الأصح ولا يمنع أهل الذمة الحضور ولا يختلطون بنا وهي ركعتان كالعيد لكن قيل: يقرأ في الثانية: {إِنَّا أَرْسَلْنَا نُوحاً}  ولا تختص بوقت العيد في الأصح ويخطب كالعيد لكن يستغفر الله تعالى سورة نوح، آية:.

بدل التكبير ويدعو في الخطبة الأولى اللهم اسقنا غيثا مغيثا هنيئا مريئا مريعا غدقا مجللا سحا طبقا دائما اللهم اسقنا الغيث ولا تجعلنا من القانطين اللهم إنا نستغفرك إنك كنت غفارا فأرسل السماء علينا مدرارا ويستقبل القبلة بعد صدر الخطبة الثانية ويبالغ في الدعاء سرا وجهرا ويحول رداءه عند استقباله فيجعل يمينه يساره وعكسه وينكسه على الجديد فيجعل أعلاه أسفله وعكسه ويحول الناس مثله.

قلت: ويترك محولا حتى ينزع الثياب ولو ترك الإمام الاستسقاء فعله الناس ولو خطب قبل الصلاة جاز ويسن أن يبرز لأول مطر السنة ويكشف غير عورته ليصيبه وأن يغتسل أو يتوضأ في السيل ويسبح عند الرعد والبرق ولا يتبع بصره البرق ويقول عند المطر اللهم صيبا نافعا ويدعو بما شاء وبعده مطرنا بفضل الله ورحمته ويكره مطرنا بنوء كذا وسب الريح ولو تضرروا بكثرة المطر فالسنة أن يسألوا الله تعالى رفعه اللهم حوالينا ولا علينا ولا يصلى لذلك. والله أعلم.

 

Shalat Minta Hujan (Istisqaa)

Shalat istsqa itu sunnah saat dibutuhkan. Boleh diulangi shalat yang kedua dan ketiga jika belum diberi hujan. Jika sudah bersiap-siap untuk shalat kemudian diberi hujan sebelum shalat, maka tetiap berkumpul untuk bersyukur dan berdoa, dan bershalat menurut pendapat yang shahih. Imam memerintahkan jama’ah agar berpuasa dulu selama tiga hari, agar bertaubat dan mendekatkan diri kepada Allah ta’ala dengan berbuat kebaikan, dan meninggalkan kedhaliman. Pada hari keempat mereka keluar ke padang pasir dalam keadaan berpuasa, mengenakan pakaian sehari-hari dan memperlihatkan kekhusyu’an, mengajak serta anak-anak dan para orang tua, demikian juga binatang ternak menurut pendapat yang lebih benar, ahlu dzimmah tidak dilarang untuk ikut hadir, dan tidak bercampur dengan kita.

Shalat istsqa itu dua rokaat seperti shalat ied, akan tetapi dikatakan: pada rokaat kedua membaca surat Nuh, dan waktu shalat istsqa tidak khusus seperti waktu shalat ied menurut pendapat yang lebih benar. Dan ada khutibah juga seperti pada shalat ied, akan tetapi beristghfar kepada Allah ta’ala sebagai penggant takbir; dan khatb berdoa pada khutibah pertama: Allahumma asqina ghaitsan mughitsan, haniian mariian, marii’an ghadaqan, mujallilan sahhan, thabaqan daaiman, Allahumma asqinal ghaitsa wa la taj’alna minal qanithin, Allahumma innaa nastaghfruka innaka kunta ghafaran, fa arsilis samaa’a ‘alaina midraran. Dan menghadap kiblat setelah khutibah kedua mencapai sekitar sepertiiganya, bersungguh-sungguh dalam berdoa sirr dan jahr, mengubah  posisi rida’ ketika menghadap kiblat, dia pindahkan dari kanan ke kiri atau sebaliknya, juga membalik rida’ menurut qaul jadid, maka dia balik bagian atas di bawah dan sebaliknya, orang-orang juga ikut mengubah  posisi rida’ seperti imam.

 

Pendapatku: dia biarkan posisi rida’nya sampai dia lepas pakaian itu; seandainya imam tidak melakukan shalat istsqa, orang-orang tetiap melakukannya; seandainya khatb berkhutibah sebelum shalat, maka hal itu boleh. Disunnahkan untuk keluar ke tanah lapang pada hujan pertama tahun itu, dan membuka pakaian selain bagian aurat supaya terkena ujan, dan mandi atau wudhu di aliran air, membaca tasbih saat ada petr dan kilat, pandangannya tidak mengikut kilat, pada saat hujan mengatakan: Allahumma shayyiban naaf’an, dan berdoa dengan apa yang dia mau, dan sesudah berdoa mengucapkan: muthirna bi fadhlillahi wa rahmathi (kami diberi hujan dengan karunia-Nya dan rahmat-Nya). Makruh mengucapkan: muthirna binaui kadza (kami diberi hujan dengan bintang ini), dan mencela angin. Seandainya mendapatkan bahaya karena banyaknya hujan, maka sunnah: meminta kepada Allah agar mengangkat hujan itu: Allahumma hawalaina wa laa ‘alaina, tidak ada shalat untuk hal itu (menolak hujan), wallahu a’lam.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama