Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Shalat Jum’at

 


باب صلاة الجمعة

إنما تتعين على كل مكلف حر ذكر مقيم بلا مرض ونحوه ولا جمعة على معذورة بمرخص في ترك الجماعة والمكاتب وكذا من بعضه رقيق على الصحيح ومن صحت طهره صحت جمعته وله أن ينصرف من الجامع إلا المريض ونحوه فيحرم انصرافه إن دخل الوقت إلا أن يزيد ضرره بانتظاره وتلزم الشيخ الهرم والزمن إن وجدا مركبا ولم يشق الركوب والأعمى يجد قائدا وأهل القرية إن كان فيهم جمع تصح به الجمعة أو بلغهم صوت عال في هدو من طرف يليهم لبلد الجمعة لزمتهم وإلا فلا ويحرم على من لزمه السفر بعد الزوال إلا أن تمكنه الجمعة في طريقه أو يتضرر بتخلفه عن الرفقة وقبل الزوال كبعده في الجديد إن كان سفرا مباحا وإن كان طاعة جاز.

قلت: الأصح إن الطاعة كالمباح والله أعلم ومن لا جمعة عليهم تسن الجماعة في ظهرهم في الأصح ويخفونها إن خفي عذرهم ويندب لمن أمكن زوال عذره تأخير ظهره إلى اليأس من الجمعة ولغيره كالمرأة والزمن تعجيلها ولصحتها مع شرط غيرها شروط: أحدها: وقت الظهر فلا تقضي جمعة فلو ضاق عنها صلوا ظهرا ولو خرج وهم فيها وجب الظهر بناء وفي قول استئنافا والمسبوق كغيره وقيل: بتمامها جمعة الثاني: أن تقام في خطة أبنية أوطان المجمعين ولو لازم أهل الخيام الصحراء أبدا فلا جمعة في الأظهر الثالث: أن لا يسبقها ولا يقارنها جمعة في بلدتها إلا إذا كبرت وعسر اجتماعهم في مكان وقيل: لا تستثنى هذه الصورة وقيل: إن حال نهر عظيم بين شقيها كانا كبلدين وقيل: إن كانت قرى فاتصلت تعددت الجمعة بعددها فلو سبقت جمعة فالصحيحة السابقة وفي قول إن كان السلطان مع الثانية فهي الصحيحة والمعتبر سبق التحريم وقيل: التحلل وقيل: بأول الخطبة فلو وقعتا معا أو شك استؤنفت الجمعة وإن سبقت إحداهما ولم تتعين أو تعينت ونسيت صلوا ظهرا وفي قول جمعة الرابع: الجماعة وشرطها كغيرها وأن تقام بأربعين مكلفا حرا ذكرا مستوطنا لا يظعن شتاء ولا صيفا إلا لحاجة والصحيح انعقادها بأربعين وأن الإمام لا يشترط كونه فوق أربعين ولو انفض الأربعون أو بعضهم في الخطبة لم يحسب المفعول في غيبتهم ويجوز البناء على ما مضى إن عادوا قبل طول الفصل وكذا بناء الصلاة على الخطبة أن انفضوا بينهما فإن عادوا بعد طوله وجب الاستئناف في الأظهر وإن انفضوا في الصلاة بطلت وفي قول لا إن بقي اثنان وتصح خلف العبد والصبي والمسافر في الأظهر إذا أتم العدد بغيره ولو بان الإمام جنبا أو محدثا صحت جمعتهم في الأظهر إن تم العدد بغيره وإلا فلا ومن لحق الإمام المحدث راكعا لم تحسب ركعة على الصحيح الخامس خطبتان قبل الصلاة وأركانهما خمسة حمد الله تعالى والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم ولفظهما متعين والوصية بالتقوى ولا يتعين لفظها على الصحيح وهذه الثلاثة أركان في الخطبتين والرابع: قراءة آية في إحداهما وقيل: في الأولى وقيل: فيهما وقيل: لا تجب والخامس: ما يقع عليه اسم دعاء للمؤمنين في الثانية وقيل: لا يجب ويشترط كونها عربية مرتبة الأركان الثلاثة الأولى وبعد الزوال والقيام فيها إن قدر والجلوس بينهما وإسماع أربعين كاملين والجديد أنه لا يحرم عليهم الكلام ويسن لإنصات.

قلت: الأصح أن ترتيب الأركان ليس بشرط والله أعلم والأظهر اشتراط الموالاة وطهارة الحدث والخبث والستر وتسن على منبر أو مرتفع ويسلم على من عند المنبر وأن يقبل عليهم إذا صعد ويسلم عليهم ويجلس ثم يؤذن وأن تكون بليغة مفهومة قصيرة ولا يلتفت يمينا وشمالا في شيء منها ويعتمد على سيف وعصا ونحوه ويكون جلوسه بينهما نحو سورة الإخلاص وإذا فرغ شرع المؤذن في الإقامة وبادر الإمام ليبلغ المحراب مع فراغه ويقرأ في الأولى الجمعة وفي الثانية المنافقين جهرا.

 

Shalat Jum’at

 

Sesungguhnya shalat Jum’at itu fardhu ain bagi setiap mukallaf (orang yang terbebani hukum), merdeka (bukan budak), laki-laki, muqim, tidak sakit dan sejenisnya. Tidak wajib shalat Jum’at bagi orang yang punya udzur yang membolehkan rukhshah untuk meninggalkan shalat jama’ah, juga (tidak wajib) bagi budak mukatab. Demikian juga orang yang setengah budak menurut pendapat yang shahih.

Orang yang sah untuk shalat Dhuhur, maka sah shalat Jum’at; dan dia boleh meninggalkan masjid jami’ (sebelum melakukan shalat Jum’at), kecuali orang sakit dan sejenisnya, maka haram meninggalkan masjid jami’ (sebelum melakukan shalat Jum’at) apabila telah masuk waktunya, kecuali bertambah bahaya (sakitnya) disebabkan menunggu. Wajib shalat Jum’at bagi orang tua renta dan orang cacat jika mendapatkan kendaraan dan tidak kesulitan menaikinya; juga orang buta yang mendapatkan penuntun. Penduduk desa, jika di desa itu ada cukup jama’ah, maka sah shalat Jum’at; atau sampai kepada mereka suara (muadzin) yang keras saat suasana tenang di tepi desa yang bersebelahan dengan kota yang ada shalat Jum’at, maka wajib (shalat Jum’at) bagi mereka; jika tidak demikian, maka tidak (wajib). haram bagi orang yang wajib shalat Jum’at untuk berangkat safar setelah matahari tergelincir, kecuali jika memungkinkan baginya untuk shalat Jum’at di jalan atau membahayakan jika dia tertnggal dari rombongannya. Sedangkan sebelum matahari tergelincir dihukumi seperti setelah matahari tergelincir menurut qaul jadid jika safarnya adalah safar mubah; jika safarnya adalah safar ketaatan, maka boleh.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: safar taat dihukumi seperti safar mubah, wallahu a’lam.

Bagi orang yang tidak wajib shalat Jum’at, disunnahkan shalat berjama’ah dalam shalat Dhuhurnya menurut pendapat yang lebih benar. Sunnah untuk menyembunyikan shalat jama’ahnya jika udzurnya tidak tampak.

Disunnahkan bagi orang yang ada kemungkinan hilang udzurnya untuk mengakhirkan shalat Dhuhur sampai putus harapan (untuk mendapatkan) shalat Jum’at. Bagi yang lain (yang udzurnya tidak mungkin hilang) seperti perempuan dan orang cacat: (disunnahkan) menyegerakan.

Untuk sahnya bersama dengan syarat lainnya ada beberapa syarat sah (shalat Jum’at):

1. Waktu Dhuhur. Maka tidak ada qadha shalat Jum’at. Jika sempit waktunya, maka shalat Dhuhur.

Sendainya sudah keluar (dari waktu Dhuhur), sedangkan mereka masih di dalam shalat Jum’at (belum selesai), maka wajib shalat Dhuhur menyempurnakan (apa yang telah dikerjakan), dalam sebuah qaul: mulai dari awal. Makmum masbuq dihukumi seperti yang lain , dan dikatakan: menyempurnakan shalat Jum’at.

2. Didirikan di tempat yang ada bangunan-bangunan dan sekitarnya, tempat tnggal para jama’ah.

Seandainya para penghuni kemah menetiap di gurun selamanya, maka tidak wajib shalat Jum’at menurut pendapat yang lebih jelas.

3. Tidak didahului atau dibarengi oleh shalat Jum’at yang lain di baladnya (kota/desanya); kecuali jika baladnya besar dan sulit mengumpulkan jama’ah di satu tempat, dan dikatakan: hal seperti ini tidak dikecualikan, dan dikatakan: jika terhalang sungai yang besar antara kedua sisi balad, maka dihukumi seperti dua balad, dan dikatakan: jika ada desa yang tersambung (dengan balad), maka ada beberapa shalat Jum’at sesuai jumlah desa (yang tersambung). Seandainya didahului oleh shalat Jum’at yang lain, maka yang sah adalah (shalat Jum’at) yang lebih dulu; dalam sebuah qaul: jika sultan berada di shalat Jum’at yang kedua, maka yang kedua itulah yang sah.

Ukuran lebih dahulu adalah: yang lebih dulu takbiratul ihramnya; dan dikatakan: yang lebih dulu salam; dan dikatakan: awal khutibah. Seandainya keduanya bersamaan waktunya atau ragu-ragu, maka shalat Jum’atnya diulang dari awal. Jika salah satunya lebih dulu tetapi tidak jelas (yang mana), atau jelas tiapi kemudian lupa, maka mereka shalat Dhuhur; dalam sebuah qaul: shalat Jum’at.

4. Berjama’ah. Syaratnya seperti shalat jama’ah yang lain, ditambah: didirikan oleh empat puluh orang mukallaf, merdeka, laki-laki, bertempat tnggal (di situ), tidak pergi pada waktu musim dingin atau musim panas kecuali untuk suatu hajat/keperluan. Menurut pendapat yang shahih: (empat puluh itu) termasuk orang yang sakit, dan bahwasannya imam tidak disyaratkan lebih dari empat puluh orang itu.

Seandainya empat puluh orang itu atau sebagiannya pergi pada saat khuthbah, maka orang yang pergi itu tidak dihitung saat dia tidak ada; boleh melanjutkan apa yang sudah dilakukan (dari shalat Jum’at) jika mereka kembali sebelum berselang lama; seperti itu juga (syarat) boleh melanjutkan shalat Jum’at setelah khuthbah, jika mereka pergi di antara khutibah dan shalat.

Jika mereka kembali setelah berselang lama, wajib memulai dari awal menurut pendapat yang lebih jelas.

Jika mereka pergi saat shalat, maka shalat Jum’at jadi batal; dan dalam sebuah qaul: tidak batal jika masih tersisa dua puluh orang.

Shalat Jum’at sah bagi budak, anak kecil, dan musafir menurut pendapat yang lebih jelas, apabila sempurna jumlah jama’ahnya (empat puluh orang) tanpa menghitung mereka semua. Seandainya jelas ternyata imamnya dalam keadaan junub atau berhadats, tetiap sah shalat Jum’atnya, menurut pendapat yang lebih jelas, jika sempurna jumlahnya tanpa menghitung imam; jika tidak sempurna, maka tidak sah.

Barangsiapa yang mendapatkan imam yang berhadats sedang ruku’, maka satu rokaat orang itu tidak dihitung menurut pendapat yang shahih.

 

5. Dua khutibah sebelum shalat. Rukun khutibah itu ada lima: ) Memuji Allah ta’ala, ) Bershalawat kepada Rasulullah SAW; lafal kedua rukun ini telah ditentukan, ) Berwasiat dengan takwa, lafalnya tidak ditentukan menurut pendapat yang shahih; ketiga rukun ini merupakan rukun pada dua khutibah, )

Membaca satu ayat (Al Qur’an) pada salah satu khutibah, dan dikatakan: pada khutibah pertama, dan dikatakan: pada dua khutibah, dan dikatakan: tidak wajib, ) Sesuatu yang bisa dinamakan doa bagi kaum mukminin pada khutibah kedua, dan dikatakan: tidak wajib.

Disyaratkan khutibah itu dalam bahasa Arab, tertib/urut ketiga rukun awalnya, dilakukan setelah matahari tergelicir, berdiri pada kedua khutibah jika mampu, duduk di antara kedua khutibah, dan didengarkan oleh empat puluh orang yang sempurna (syaratnya). Menurut qaul jadid: tidak haram bagi jama’ah untuk bercakap-cakap, tetapi disunnahkan diam. Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: tertibnya rukun bukanlah syarat, wallahu a’alam. Menurut pendapat yang lebih jelas: disyaratkan berturut-turut (tidak berjeda), suci dari hadats dan najis, dan menutup aurat.

Disunnahkan: khatb di atas mimbar atau di tempat yang lebih tnggi, memberi salam kepada orang yang dekat dengan mimbar (saat sampai ke mimbar), menghadap ke jama’ah apabila duduk, memberi salam kepada jama’ah, kemudian duduk; kemudian (muadzin) adzan; khutibahnya mendalam, mudah dipahami dan pendek, khatb tidak menoleh ke kanan dan ke kiri di dalam khutibah, berpegangan pada pedang atau tongkat dan sejenisnya, duduk di antara dua khutibah sekedar waktu membaca surat Ikhlas; apabila telah selesai khutibah, muadzin memulai iqamah; imam bergegas agar bisa sampai ke mihrab bersama dengan selesainya iqamah; pada rokaat pertama membaca surat Al Jumu’ah, pada rokaat kedua surat Al Munafqun, dibaca jahr/keras.

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama