Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Shalat Sunnah

 


باب صلاة النفل

 

صلاة النفل قسمان قسم لا يسن جماعة فمنه الرواتب مع الفرائض وهي ركعتان قبل

الصبح وركعتان قبل الظهر وكذا بعدها وبعد المغرب والعشاء وقيل: لا راتب للعشاء وقيل: أربع قبل الظهر وقيل: وأربع بعدها وقيل: وأربع قبل العصر والجميع سنة وإنما الخلاف في الراتب المؤكد وركعتان خفيفتان قبل المغرب.

قلت: هما سنة على الصحيح ففي صحيح البخاري الأمر بهما وبعد الجمعة أربع وقبلها ما قبل الظهر والله أعلم ومنه الوتر وأقله ركعة وأكثره إحدى عشرة وقيل: ثلاث عشرة ولمن زاد على ركعة الفصل وهو أفضل والوصل بتشهد أو تشهدين في الآخرتين ووقته بين صلاة العشاء وطلوع الفجر وقيل: شرط الإيثار بركعة سبق نفل بعد العشاء ويسن جعله آخر صلاة الليل فإن أوتر ثم تهجد لم يعده وقيل: يشفعه بركعة ثم يعيده ويندب القنوت آخر وتره في النصف الثاني من رمضان وقال كل سنة وهو كقنوت الصبح ويقول قبله اللهم إنا نستعينك ونستغفرك إلى آخره.

قلت: الأصح بعده أن الجماعة تندب في الوتر عقب التراويح جماعة والله أعلم ومنه الضحى وأقلها ركعتان وأكثرها ثنتا عشرة وتحية المسجد ركعتان وتحصل بفرض أو نفل آخر لا بركعة على الصحيح.

قلت: وكذا الجنازة وسجدة التلاوة والشكر وتتكر بتكرر الدخول على قرب في الأصح والله أعلم ويدخل وقت الرواتب قبل الفرض بدخول وقت الفرض وبعده بفعله ويخرج النوعان بخروج وقت الفرض ولو فات النفل المؤقت ندب قضاؤه في الأظهر وقسم يسن جماعة كالعيد والكسوف والاستسقاء وهو أفضل مما لا يسن جماعة لكن الأصح تفضيل الراتبة على التراويح وأن الجماعة تسن في التراويح ولا حصر للنفل المطلق فإن أحرم بأكثر من ركعة فله التشهد في كل ركعتين وفي كل ركعة.

 

قلت: الصحيح منعه في كل ركعة والله أعلم وإذا نوى عددا فله أن يزيد وينقص بشرط تغيير النية قبلهما وإلا فتبطل فلو نوى ركعتين فقام إلى ثالثة سهوا فالأصح أنه يقعد ثم يقوم للزيادة إن شاء.

قلت: نفل الليل أفضل وأوسطه أفضل ثم آخره وأن يسلم من كل ركعتين ويسن التهجد ويكره قيام كل الليل دائما وتخصيص ليلة الجمعة بقيام وترك تهجد اعتاده. والله أعلم.

Shalat Sunnah

Shalat sunnah itu ada dua macam:

Pertama: tidak disunnahkan berjama’ah.

Di antaranya: shalat sunnah rawatib yang mengikut shalat fardhu; yaitu: dua rokaat sebelum shubuh, dua rokaat sebelum dhuhur, demikian juga sesudah dhuhur, maghrib, dan isya’. Dan dikatakan: tidak ada sunnah rawatib untuk shalat isya’; dan dikatakan: empat rokaat sebelum dhuhur; dan dikatakan: empat rokaat sesudah dhuhur; dan dikatakan: empat rokaat sebelum ashar. Semua shalat rawatib tadi adalah sunnah, perbedaan/ikhtlaf terjadi hanya tentang mana rawatib yang muakkad.

Dan dikatakan: dua rokaat ringan sebelum maghrib.

Pendapatku: dua rokaat sebelum maghrib itu sunnah menurut pendapat yang shahih; di dalam shahih Bukhari ada perintah untuk shalat dua rokaat sebelum maghrib; sesudah jum’at empat rokaat, dan sebelum jum’at seperti sebelum dhuhur, wallahu a’lam.

Di antaranya juga: shalat witir; paling sedikit satu rokaat, paling banyak sebelas rokaat; dan dikatakan: tiga belas rokaat.

Orang yang shalat witir lebih dari satu rokaat, boleh untuk memisah-misahkan (antara rokaat-rokaat itu dengan salam), inilah yang lebih afdhal. Dan boleh terusan/menerus dengan satu tasyahud, atau dengan dua tasyahud pada dua rokaat terakhir.

Waktu shalat witir di antara shalat isya’ dan terbitnya fajar shadiq.

Dan dikatakan: syarat witir dengan satu rokaat adalah didahului satu shalat sunnah sesudah shalat isya’.

Disunnahkan menjadikan witir sebagai penutup shalat malam. Jika dia sudah shalat witir, kemudian bertahajud, maka dia tidak mengulangi witir; dan dikatakan: dia genapkan dengan shalat satu rokaat, kemudian dia mengulangi witir.

Disunnahkan berqunut di rokaat terakhir witir pada setengah bulan terakhir Ramadhan; dan dikatakan: sepanjang tahun. Qunut witir itu seperti qunut shubuh; dan mengucapkan sebelumnya: “Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfruka...” sampai akhir.

Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: dibaca sesudahnya. Dan berjama’ah shalat witir itu disunnahkan setelah shalat tarawih berjama’ah, wallahu a’lam.

Di antaranya juga: shalat dhuha; paling sedikit dua rokaat, paling banyak dua belas rokaat.

Shalat tahiyyatul masjid dua rokaat; tahiyatul masjid ini bisa didapatkan juga dengan shalat fardhu yang lain atau dengan shalat sunnah yang lain; tetapi tidak bisa didapatkan dengan shalat satu rokaat menurut pendapat yang shahih.

Pendapatku: demikian juga (tahiyatul masjid tidak bisa didapatkan) dengan shalat jenazah, atau sujud tilawah, atau sujud syukur. Dan tahiyatul masjid itu berulang bersama dengan mengulang masuk masjid lagi meskipun waktunya berdekatan menurut pendapat yang lebih benar, wallahu a’lam.

Waktu shalat sunnah rawatib sebelum fardhu masuk bersamaan dengan masuknya waktu shalat fardhu tersebut; sunnah rawatib sesudah fardhu waktunya masuk setelah mengerjakan shalat fardhu. Kedua shalat itu (sebelum dan sesudah fardhu), waktunya berakhir dengan berakhirnya waktu shalat fardhunya.

Seandainya dia luput terhadap shalat sunnah yang terikat waktu, disunnahkan mengqadha menurut pendapat yang lebih jelas.

Kedua: disunnahkan berjama’ah.

Seperti shalat ied, gerhana, dan istsqa (minta hujan); dan (shalat sunnah yang disunnahkan berjama’ah) ini lebih utama/afdhal dibandingkan yang tidak disunnahkan berjama’ah. Akan tetapi menurut pendapat yang lebih benar: lebih utama shalat sunnah rawatib dibandingkan tarawih; dan bahwasannya berjama’ah itu disunnahkan dalam tarawih.

Tidak ada batasan bagi shalat sunnah mutlak. Jika dia shalat lebih dari satu rokaat, maka dia boleh bertasyahud setiap dua rokaat, atau setiap satu rokaat.

Pendapatku: menurut pendapat yang shahih: tidak boleh setiap satu rokaat, wallahu a’lam.

Apabila dia berniat shalat banyak rokaat, maka dia boleh menambah atau mengurangi dengan syarat mengubah  niat sebelum menambah atau mengurangi itu; jika tidak demikian (tidak mengubah  niat), maka batal shalatnya.

Seandainya berniat dua rokaat, kemudian berdiri pada rokaat ketiga karena lupa, maka menurut pendapat yang lebih benar: dia kembali duduk, kemudian berdiri untuk menambah jika dia mau.

Pendapatku: shalat sunnah mutlak malam hari lebih utama; tengah malam lebih utama; kemudian akhir malam; hendaknya bersalam setiap dua rokaat; disunnahkan shalat tahajud. Makruh: shalat seluruh malam terus menerus, mengkhususkan malam jum’at untuk shalat malam, meninggalkan tahajud yang sudah terbiasa dilakukan

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama