Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Rukun Ihram

 


فصل

المحرم ينوي ويلبي فإن لبى بلا نية لم ينعقد إحرامه وإن نوى ولم يلب انعقد على الصحيح ويسن الغسل للإحرام فإن عجز تيمم ولدخول مكة وللوقوف بعرفة وبمزدلفة غداة النحر وفي أيام التشريق للرمي وأن يطيب بدنه للإحرام وكذا ثوبه في الأصح ولا بأس باستدامته بعد الإحرام ولا بطيب له جرم لكن لو نزع ثوبه المطيب ثم لبسه لزمه الفدية في الأصح وأن تخضب المرأة للإحرام يديها ويتجرد الرجل لإحرامه عن مخيط الثياب ويلبس إزارا ورداء أبيضين ونعلين ويصلي ركعتين ثم الأفضل أن يحرم إذا انبعثت به راحلته أو توجه لطريقه ماشيا وفي قول يحرم عقب الصلاة ويستحب إكثار التلبية ورفع صوته بها في دوام إحرامه وخاصة عند تغاير الأحول كركوب ونزول وصعود وهبوط واختلاط رفقة ولا تستحب في طواف القدوم وفي القديم تستحب فيه بلا جهر ولفظها لبيك اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك وإذا رأى ما يعجبه قال لبيك إن العيش عيش الآخرة وإذا فرغ من تلبيته صلى على النبي صلى الله عليه وسلم وسأل الله تعالى الجنة ورضوانه واستعاذ به من النار.

Rukun Ihram

Orang yang berihram, dia berniat dan bertalbiyah. Jika dia bertalbiyah tanpa niat, maka ihramnya tidak didapatkan. Jika dia berniat tetapi tidak bertalbiyah, maka (ihramnya) didapatkan menurut pendapat yang shahih.

Disunnahkan: mandi untuk ihram, jika tidak mampu maka bertayamum. (Juga sunnah mandi) untuk masuk Makkah, untuk wukuf di Arafah, di Muzdalifah saat pagi hari raya kurban, pada hari-hari tasyriq untuk melempar (jumrah). Dan (sunnah) memakai minyak wangi di badannya untuk ihram, demikian juga di pakaiannya menurut pendapat yang lebih benar. Dan tidak mengapa wanginya menetiap setelah ihram tidak demikian dengan wewangian yang ada butrannya ; akan tetapi jika dia melepas pakaiannya yang terkena minyak wangi itu, kemudian memakainya lagi, maka wajib baginya (membayar) fidyah menurut pendapat yang lebih benar. Dan (disunnahkan) bagi perempuan untuk menngecat kedua tangannya, laki-laki (wajib) menghindari pakaian berjahit dalam ihramnya. Dan (sunnah) memakai sarung dan rida’/selempang warna puth dan memakai sandal. Dan (sunnah) shalat dua rokaat (untuk ihram, dilakukan sebelum ihram).

Kemudian yang lebih afdhal: dia berihram apabila tunggangannya telah tegak berdiri di jalannya atau saat menghadap ke jalannya bagi orang yang berjalan kaki; dalam sebuah qaul/pendapat: dia berihram setelah shalat.

Dan disunnahkan memperbanyak talbiyah dan mengeraskan suaranya dalam bertalbiyah selama dia berihram; khususnya saat perubahan keadaan seperti: saat naik kendaraan, turun kendaraan, menanjak, menurun, dan saat berbaur dengan teman. Tidak disunnahkan (talbiyah) saat thawaf qudum; dalam qaul qadim: disunnahkan dalam thawaf qudum tanpa dikeraskan/jahr. Lafal talbiyah: “labbaika Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik , innal hamda wan ni’mata laka wal mulka, laa syariika laka”. Dan jika melihat sesuatu yang membuatnya takjub/heran, dia ucapkan: “labbaika innal ‘aisya ‘aisyul aakhirah”. Apabila telah selesai dari bertalbiyah, maka dia bershalawat kepada Nabi SAW, dan meminta surga kepada Allah serta keridhaan-Nya, dan berlindung kepada Allah dari neraka.

 

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama