Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Rukun Haji dan Umrah

 


فصل

أركان الحج خمسة: الإحرام، والوقوف، والطواف، والسعي، والحلق، إذا جعلناه نسكا ولا تجبر وما سوى الوقوف أركان في العمرة أيضا ويؤدي النسكان على أوجه احدها: الإفراد بأن يحج ثم يحرم بالعمرة كإحرام المكي ويأتي بعملها الثاني: القرآن بأن يحرم بهما من الميقات ويعمل عمل الحج فيحصلان ولو أحرم بعمرة في أشهر الحج ثم بحج قبل الطواف كان قارنا ولا يجوز عكسه في الجديد الثالث: التمتع بأن يحرم بالعمرة من ميقات بلده ويفرغ منها ثم ينشئ حجا من مكة وأفضلها الإفراد ثم التمتع ثم القرآن وفي قول التمتع أفضل من الإفراد وعلى المتمتع دم بشرط أن لا يكون من حاضري المسجد الحرام وحاضروه من دون مرحلتين من مكة.

قلت: الأصح من الحرم، والله أعلم. وأن تقع عمرته في أشهر الحج من سنته وأن لا يعود لإحرام الحج إلى الميقات ووقت وجوب الدم إحرامه بالحج والأفضل ذبحه يوم النحر فإن عجز عنه في موضعه صام عشرة أيام ثلاثة في الحج تستحب قبل يوم عرفة وسبعة إذا رجح إلى أهله في الأظهر ويندب تتابع الثلاثة وكذا السبعة ولو فاتته الثلاثة في الحج فالأظهر أنه يلزمه أن يفرق في قضائها بينها وبين السبعة وعلى القارن دم كدم التمتع.

قلت: بشرط أن لا يكون من حاضري المسجد الحرام. والله أعلم.

 

Rukun Haji dan Umrah

Rukun haji ada lima:

1) Ihram; 2) Wukuf; 3) Thawaf; 4) Sa’i; dan 5) Mencukur (rambut), apabila kita jadikan hal itu sebagai manasik.

(Kelima rukun ini) tidak dapat digantikan (dengan dam). Semua rukun itu juga merupakan rukun umrah kecuali wukuf.

Manasik haji dan umrah (dapat) ditunaikan dengan tiga cara:

1. Ifrad. Yaitu berhaji, kemudian berihram untuk umrah seperti ihramnya penduduk Makkah, kemudian melakukan amal-amal umrah.

2. Qiran. Yaitu berihram untuk haji dan umrah dari miqat, kemudian melakukan amal-amal haji, maka dia mendapatkan keduanya (haji dan umrah).

Seandainya dia berihram untuk umrah pada bulan haji, kemudian berihram untuk haji sebelum thawaf, maka hal itu menjadi qiran; dan tidak boleh sebaliknya menurut qaul jadid.

3. Tamatu’. Yaitu berihram untuk umrah dari miqat negerinya sampai selesai umrahnya; kemudian memulai haji dari Makkah.

Yang paling afdhal adalah ifrad, sesudah itu tamatu’, kemudian qiran. Dan dalam sebuah qaul/pendapat: tamatu’ lebih afdhal daripada ifrad.

Orang yang melakukan tamatu’ wajib membayar dam dengan syarat dia tidak termasuk orang yang menetap (hadir) masjidil aram; Orang yang hadir masjidil aram: orang yang jarak tnggalnya kurang dua marhalah dari Makkah. Pendapatku: menurut pendapat yang lebih benar: (jaraknya) dari tanah haram; wallahu a’lam ; dan umrahnya ada di bulan haji dari tahun haji tersebut; dan tidak kembali ke miqat untuk ihram haji.

Waktu wajibnya dam: saat berihram haji, yang lebih afdhal: menyembelihnya pada hari raya kurban. Dan jika tidak mampu membayar dam di tempatnya (tanah haram), maka dia berpuasa sepuluh hari, tiga hari pada saat haji disunnahkan sebelum hari Arafah, dan tujuh hari apabila telah kembali ke keluarganya menurut pendapat yang lebih jelas. Disunnahkan yang tiga hari dilakukan berturut-turut; demikian juga yang tujuh hari. Seandainya saat berhaji dia luput puasa yang tiga hari itu, maka menurut pendapat yang lebih jelas: saat mengqadhanya wajib dia pisahkan antara yang tiga hari itu dengan puasa yang tujuh hari.

Bagi orang yang berhaji qiran, wajib baginya membayar dam seperti dam bagi haji tamatu’. Pendapatku: dengan syarat dia tidak termasuk hadir masjidil aram; wallahu a’lam.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama