Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Orang yang Wajib Zakat

 


باب من تلزمه الزكاة وما تجب فيه

شرط وجوب زكاة المال الإسلام والحرية وتلزم المرتد إن أبقينا ملكه دون المكاتب وتجب في مال الصبي والمجنون وكذا من ملك ببعضه الحر نصابا في الأصح وفي المغصوب والضال والمجحود في الأظهر ولا يجب دفعها حتى يعود والمشتري قبل قبضه

وقيل: فيه القولان وتجب في الحال عن الغائب إن قدر عليه وإلا فكمغصوب والدين وإن كان ماشية أو غير لازم كمال كتابة فلا زكاة أو عرضا أو نقدا فكذا في القديم وفي الجديد أنه إن كان حالا وتعذر أخذه لإعسار وغيره فكمغصوب وإن تيسر وجب تزكيته في الحال أو مؤجلا فالمذهب انه كمغصوب وقيل: يجب دفعها قبل قبضه ولا يمنع الدين وجوبها في أظهر الأقوال والثالث: يمنع في المال الباطن وهو النقد والعرض فعلى الأول لو حجر عليه لدين فحال الحول في الحجر فكمغصوب ولو اجتمع زكاة ودين آدمي في تركة قدمت وفي قول الدين وفي قول يستويان والغنيمة قبل القسمة إن اختار الغانمون تملكها ومضى بعده حول والجميع صنف زكوي وبلغ نصيب كل شخص نصابا أو بلغه المجموع في موضع ثبوت الخلطة وجبت زكاتها وإلا فلا ولو أصدقها نصاب سائمة معينا لزمها زكاته إذا تم حول من الإصداق ولو أكرى دارا أربع سنين بثمانين دينارا وقبضها فالأظهر انه لا يلزمه أن يخرج إلا زكاة ما استقر فيخرج عند تمام السنة الأولى زكاة عشرين ولتمام الثانية زكاة عشرين لسنة وعشرين لسنتين ولتمام الثالثة: زكاة أربعين لسنة وعشرين لثلاث سنين ولتمام الرابعة: زكاة ستين لسنة وعشرين لأربع والثاني يخرج لتمام الأولى زكاة ثمانين.

Orang yang Wajib Zakat

Syarat wajib zakat mal: Islam, merdeka, wajib bagi orang murtad jika kita tetiapkan kepemilikannya; tidak wajib bagi budak mukatab.

Wajib zakat atas harta anak kecil dan orang gila; demikian juga orang setengah merdeka yang memiliki harta mencapai nishab menurut pendapat yang lebih benar.

Wajib juga untuk harta yang dighashab (dipinjam tanpa izin), yang hilang, dan yang diingkari menurut pendapat yang lebih jelas; dan tidaklah wajib memberikan zakatnya hingga harta tersebut kembali. Wajib (bagi pembeli) untuk barang yang sudah dibeli tetapi belum sampai ke tangannya. Dan dikatakan: tentang hal ini (harta yang dighashab dan sejenisnya) ada dua qaul/pendapat.

Zakat juga wajib untuk harta yang tidak tampak jika dia menguasainya; jika tidak demikian, maka hukumnya seperti harta yang dighashab.

arta yang diutang orang lain jika berupa ternak, atau sesuatu yang tidak biasa seperti harta kitabah, maka tidak wajib zakat. Atau berupa harta (perniagaan) atau naqd (emas/perak), maka seperti itu pula hukumnya menurut qaul qadim; sedangkan menurut qaul jadid: jika harta itu pada masa haul dan sulit untuk mengambilnya karena (yang berhutang) bangkrut atau lainnya, maka hukumnya seperti barang yang dighashab; jika mudah (mengambilnya), maka wajib menzakatnya saat mencapai haulnya.

Atau jika (utang itu) ditangguhkan, maka menurut pendapat madzhab: hukumnya seperti harta yang dighashab; dan dikatakan: wajib memberikan zakatnya sebelum sampai ke tangannya.

Utang tidak menghindarkan harta dari kewajiban zakat menurut yang lebih jelas dari beberapa qaul/pendapat; menurut qaul ketiga: menghindarkan pada harta batn; harta batn itu adalah naqd dan harta perniagaan (dan rikaz dan zakat fitrah).

Kemudian menurut qaul pertama (yang lebih jelas): seandainya dia hajr (dilarang membelanjakan harta) karena (terkepung banyak) utang, kemudian hartanya mencapai haul sempurna dalam kondisi dia masih dilarang membelanjakan harta , maka hukumnya seperti barang yang dighashab.

Seandainya dalam harta peninggalan (orang mat) terkumpul kewajiban zakat dan kewajiban utang kepada manusia, maka didahulukan zakat; dan dalam sebuah qaul/pendapat: didahulukan utang kepada manusia; dan dalam sebuah qaul: (kedudukan) keduanya sama.

Ghanimah (harta rampasan perang) sebelum dibagi jika orang-orang memilih untuk memilikinya dan setelah itu berlalu masa haul, sedangkan keseluruhan ghanimah termasuk jenis harta yang kena zakat, dan bagian setiap orang telah mencapai nishab, atau mencapai nishab dengan dikumpulkan (bagian setiap orang) di satu tempat yang tetiap tercampur, maka wajib zakat; jika tidak demikian, maka tidak wajib.

Seandainya dia menentukan mahar bagi istri binatang ternak tertentu yang mencapai nishab, maka wajib bagi istri untuk membayar zakat apabila telah sempurna haulnya semenjak penentuan mahar.

Seandainya dia menyewakan rumah selama empat tahun seharga delapan puluh dinar dan dinar itu sudah ada di tangannya, maka menurut pendapat yang lebih jelas: tidak wajib baginya untuk membayarkan zakat kecuali zakat harta yang telah menetiap, maka dia bayarkan zakat untuk dua puluh dinar saat sempurna satu tahun pertama, dan saat sempurna satu tahun kedua: zakat untuk dua puluh dinar untuk satu tahun dan dua puluh dinar untuk dua tahun, dan saat sempurna satu tahun ketiga: zakat untuk empat puluh dinar untuk satu tahun dan dua puluh dinar untuk tiga tahun, dan saat sempurna satu tahun keempat: zakat untuk enam puluh dinar untuk satu tahun dan dua puluh dinar untuk empat tahun. Dan menurut qaul kedua: dia bayarkan zakat untuk delapan puluh dinar saat sempurna satu tahun pertama.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama