Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Niat Puasa

 


فصل

النية شرط للصوم ويشترط لفرضه التبييت والصحيح أنه لا يشترط النصف الآخر من الليل وأنه لا يضر الأكل والجماع بعدها وأنه لا يجب لتجديد إذا نام ثم تنبه ويصح النفل بنية قبل الزوال وكذا بعده في قول والصحيح اشتراط حصول شرط الصوم من أول النهار.

ويجب التعيين في الفرض وكماله في رمضان أن ينوي صوم غد عن أداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى وفي الأداء والفرضية والإضافة إلى الله تعالى الخلاف المذكور في الصلاة والصحيح أنه لا يشترط تعيين السنة ولو نوى ليلة الثلاثين من شعبان صوم غد عن رمضان إن كان منه فكان منه لم يقع عنه إلا إذا اعتقد كونه منه بقول من يثق به من عبد أو امرأة أو صبيان رشداء ولو نوى ليلة الثلاثين من رمضان صوم غد إن كان من رمضان أجزأه إن كان منه ولو اشتبه صام شهرا بالاجتهاد فإن وافق ما بعد رمضان أجزأه وهو قضاء على الأصح فلو نقص وكان رمضان تاما لزمه يوم آخر ولو غلط بالتقديم وأدرك رمضان لزمه صومه وإلا فالجديد وجوب القضاء ولو نوت الحائض صوم غد قبل انقطاع دمها ثم انقطع ليلا صح إن تم لها في الليل أكثر الحيض وكذا قدر العادة في الأصح.

 

Niat Puasa

Niat merupakan syarat puasa; pada puasa fardhu0 disyaratkan (berniat) di malam hari; menurut pendapat yang shahih: tidak disyaratakan pada setengah malam terakhir, dan tidak mengapa makan dan jima’/bersenggama sesudah berniat, dan tidak wajib memperbaharui niat apabila tidur kemudian bangun.

Sah berpuasa sunnah dengan niat sebelum tergelicir matahari, demikian juga (sah) setelah tergelincir matahari menurut satu qaul; dan menurut pendapat yang shahih: disyaratkan sudah memperoleh syarat puasa sejak awal siang.

Wajib menentukan namanya dalam (niat) puasa fardhu0; sempurnanya niat dalam puasa Ramadhan: berniat puasa besok untuk menunaikan/melaksanakan fardhu/kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.

Dalam meniatkan ada’ (tunai/bukan qadha), fardhu, dan penyandaran lillahi ta’ala, terdapat perbedaan pendapat seperti yang telah disebutkan dalam niat shalat. Dan menurut pendapat yang shahih: tidak disyaratkan menentukan tahunnya.

Seandainya pada malam ketiga puluh bulan Sya’ban dia berniat puasa Ramadhan besok jika besok sudah masuk Ramadhan dan ternyata memang sudah masuk Ramadhan , maka puasanya tidak termasuk puasa Ramadhan, kecuali apabila dia sudah meyakini bahwa sudah masuk Ramadhan berdasarkan perkataan orang yang dia percaya baik itu budak atau perempuan atau anak-anak yang mengabarkan dengan jujur.

Seandainya pada malam ketiga puluh bulan Ramadhan dia berniat puasa Ramadhan besok jika besok masih Ramadhan, maka dia mendapatkan puasa Ramadhan jika memang masih Ramadhan.

Seandainya tidak jelas (bulan Ramadhan baginya), maka dia berpuasa satu bulan berdasarkan ijthadnya, dan jika puasanya bertepatan waktu sesudah Ramadhan maka dia mendapatkan puasa Ramadhan, dan puasa itu statusnya qadha menurut pendapat yang lebih benar. Seandainya puasanya kurang (berpuasa  hari), padahal ternyata bulan Ramadhannya sempurna (30 hari), maka dia wajib berpuasa satu hari lagi.

Seandainya dia keliru dengan puasa mendahului Ramadhan, kemudian dia mendapat bulan Ramadhan, maka dia wajib puasa pada bulan Ramadhan itu; jika dia tidak mendapat Ramadhan, maka menurut qaul jadid: dia wajib mengqadha.

Seandainya seorang yang haid berniat puasa besok sebelum darahnya berhent, kemudian darahnya berhent saat malam, maka sah (puasanya) jika kebanyakan haidnya selesai pada malam itu, demikian juga (sah) jika (banyaknya darah) sekedar kebiasaan menurut pendapat yang lebih benar.

 

 Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama