Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Najis

 


باب النجاسة

هي كل مسكر مائع وكلب وخنزير وفرعهما وميتة غير الآدمي والسمك والجراد ودم وقيح قيء وروث وبول ومذي وودي وكذا منى غير الآدمي في الأصح.

قلت: الأصح طهارة منى غير الكلب والخنزير وفرع أحدهما والله أعلم ولبن ما لا يؤكل غير الآدمي والجزء المنفصل من الحي كميتته إلا شعر المأكول فطاهر وليست العقلة والمضغة ورطوبة الفرج بنجس في الأصح ولا يطهر نجس العين إلا خمر تخللت وكذا إن نقلت من شمس إلى ظل وعكسه في الأصح فإن خللت بطرح شيء فلا وجلد نجس بالموت فيطهر بدبغه ظاهره وكذا باطنه على المشهور والدبغ نزع فضوله بحريف لا شمس وتراب ولا يجب الماء في أثنائه في الأصح والمدبوغ كثوب نجس وما نجس بملاقاة شيء من كلب غسل سبعا إحداها بتراب والأظهر تعين التراب وأن الخنزير

ككلب ولا يكفي تراب نجس ولا ممزوج بمائع في الأصح وما نجس ببول صبي لم يطعم غير لبن نضح وما نجس بغيرهما إن لم تكن عين كفى جرى الماء وإن كانت وجب إزالة الطعم ولا يضر بقاء لون أو ريح عسر زواله وفي الريح قول.

قلت: فإن بقيا معا ضرا على الصحيح والله أعلم ويشترط ورود الماء لا العصر في الأصح والأظهر طهارة غسالة تنفصل بلا تغير وقد طهر المحل ولو نجس مائع تعذر تطهيره وقيل: يطهر الدهن بغسله.

 

 

 

Najis

Najis itu adalah: semua minuman keras, anjing, babi , keturunan anjing dan babi, mayat selain mayat manusia ikan dan belalang, darah, nanah, muntah, kotoran(tahi), air kencing, madzi, wadi0, demikian juga mani selain mani manusia menurut pendapat yang lebih benar. Pendapatku: mani itu suci selain mani anjing,

babi dan keturunan anjing dan babi, wallahu a’lam. Najis juga susu hewan yang tidak dimakan, tidak (najis) susu manusia.

Bagian makhluk hidup yang terpisah/terpotong, hukumnya seperti mayatnya, kecuali rambut hewan yang dimakan, maka ia suci.

Alaqah (gumpalan darah janin), mudhghah (gumpalan daging janin), ruthubah farji, tidak najis menurut pendapat yang lebih benar.

Najis ain tidak menjadi suci, kecuali khamr yang berubah jadi cuka; demikian juga (jadi suci) jika khamr menjadi cuka karena dipindahkan dari tempat yang terkena matahari ke tempat yang teduh atau sebalikanya menurut pendapat yang lebih benar; jika berubah jadi cuka dengan menambahkan sesuatu, maka tidak jadi suci. Kulit yang najis karena mat, menjadi suci dengan disamak bagian luarnya, demikian pula nagian dalamnya menurut pendapat yang masyhur. Menyamak adalah: menghilangkan cairan kulit menggunakan hirrif, tidak menggunakan sinar matahari atau tanah, dalam menyamak tidak wajib menggunakan air menurut pendapat yang lebih benar.

Kulit yang disamak seperti baju yang najis.

Barang yang najis karena menyentuh bagian tubuh anjing, dibasuh tujuh kali, salah satunya dengan tanah.

Menurut pendapat yang lebih jelas: benar-benar pakai tanah; najis babi sama dengan anjing. Tidak cukup jika menggunakan tanah yang najis, tidak cukup juga tanah yang tercampur suatu cairan menurut pendapat yang lebih benar.

Sesuatu yang terkena najis kencing bayi yang belum makan selain susu, diperciki air.

Sesuatu terkena najis selain anjing/babi dan kencing bayi, jika tidak ain/nyata, cukup dengan mengalirkan air. Jika najisnya nyata, wajib menghilangkan rasanya, tidak mengapa tersisa warna atau bau yang sulit hilang. Tentang bau, hanya ada satu qaul.

Pendapatku: jika warna dan bau sama-sama tersisa, maka membahayakan (kesucian) menurut pendapat yang shahih, wallahu a’lam.

Disyaratkan air mendatangi, tidak diperas menurut pendapat yang lebih benar.

Menurut pendapat yang lebih jelas: Air bekas cucian yang terpisah tanpa berubah adalah suci, dan sungguh telah suci tempatnya.

Seandainya barang cair (selain air) terkena najis, maka mustahil mensucikannya. Dan dikatakan: minyak menjadi suci dengan dibasuh.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama