باب المواقيت
وقت إحرام الحج شوال وذو
القعدة وعشر ليال من ذي الحجة وفي ليلة النحر وجه فلو أحرم به في غير وقته انعقد عمرة
على الصحيح وجميع السنة وقت لإحرام العمرة والميقات المكاني للحج في حق من بمكة نفس
مكة وقيل: كل الحرم وأما غيره فميقات
المتوجه من المدينة ذو الحليفة
ومن الشام ومصر والمغرب الجحفة ومن تهامة اليمن يلملم ومن نجد الحجاز قرن ومن المشرق
ذات عرق والأفضل أن يحرم من أول الميقات ويجوز من آخره ومن سلك طريقا لا ينتهي إلى
ميقات فإن حاذى ميقاتا أحرم من محاذاته أو ميقاتين فالأصح أنه يحرم من محاذاة أبعدهما
وإن لم يحاذ أحرم على مرحلتين من مكة ومن مسكنه بين مكة والميقات فميقاته مسكنه ومن
بلغ ميقاتا غيرت مريد نسكا ثم أراده فميقاته موضعه وإن بلغه مريدا لم تجز مجاوزته بغير
إحرام فإن فعل لزمه العود ليحرم منه إلا إذا ضاق الوقت أو كان الطريق مخوفا فإن لم
يعد لزمه دام وإن أحرم ثم عاد فالأصح أنه إن عاد قبل تلبسه بنسك سقط الدم وإلا فلا
والأفضل أن يحرم من دويرة أهله وفي قول من الميقات قلت: الميقات أظهر وهو الموافق للأحاديث
الصحيحة والله أعلم وميقات العمرة لمن هو خارج الحرم ميقات الحج ومن بالحرم يلزمه الخروج
إلى أدنى الحل ولو بخطوة فإن لم يخرج وأتى بأفعال العمرة أجزأته في الأظهر وعليه دم
فلو خرج إلى الحل بعد إحرامه سقط الدم على المذهب وأفضل بقاع الحل الجعرانة ثم التنعيم
ثم الحديبية.
Miqat-miqat
(batasan tempat dan waktu dalam haji)
Waktu ihram
untuk haji: Syawal, Dzulqa’dah, dan sepuluh malam (awal) Dzulhijah; pada malam
hari raya qurban ada wajah/pendapat lain.
Seandainya
berihram (dengan niat) haji selain pada waktu tersebut, maka dihitung sebagai
umrah menurut pendapat yang shahih.
Waktu ihram
untuk umrah adalah sepanjang tahun.
Miqat makani
(tempat miqat) untuk haji bagi orang yang ada di Makkah: Makkah itu sendiri;
dan dikatakan: seluruh tanah haram.
Adapun bagi
orang yang tidak di Makkah, maka miqat bagi orang yang berangkat dari Madinah:
Dzul ulaiqah; dari Syam, Mesir dan Maghrib: Al Juhfah; dari Tihamah Yaman:
Yalamlam; dari Nejed Yaman dan Nejed ijaz: Qarn; dan dari negeri tmur: Dzatul
‘Irq.
Yang lebih
afdhal: Berihram dari awal (tempat) miqat, dan boleh di akhir miqat.
Barangsiapa
menempuh jalan yang tidak berakhir di miqat: jika dia (posisinya) sejajar
dengan miqat, maka dia berihram dari tempat yang sejajar dengan miqat; atau
(posisinya) sejajar dengan dua miqat, maka menurut pendapat yang lebih benar:
dia berihram dari tempat sejajar yang paling jauh (dari Makkah). Jika dia (posisinya)
tidak sejajar dengan miqat, maka dia berihram dari tempat berjarak dua marhalah
sebelum Makkah.
Orang yang
rumahnya berada di antara Makkah dan miqat, maka miqatnya adalah rumahnya itu.
Barangsiapa
yang sampai ke miqat tanpa maksud untuk manasik, kemudian dia bermaksud untuk
manasik, maka miqatnya adalah tempatnya itu. Jika dia sampai ke miqat dengan
maksud manasik, maka tidak boleh melampaui miqat itu tanpa berihram; jika dia
lakukan hal itu (tidak berihram), maka wajib baginya untuk kembali (ke miqat)
untuk berihram di miqat itu, kecuali apabila waktunya sempit atau jalannya mengkhawatrkan;
jika dia tidak kembali, maka wajib baginya (membayar) dam. Jika dia berihram
dulu, kemudian baru kembali (ke miqat), maka menurut pendapat yang lebih benar:
jika dia kembali sebelum memakainya untuk manasik, maka gugurlah dam; jika tidak
demikian, maka tidak gugur.
Yang lebih
afdhal: berihram dari tempat tnggal keluarganya; dan dikatakan: dari miqat.
Pendapatku:
(berihram dari) miqat itulah pendapat yang lebih jelas, pendapat ini sesuai
dengan hadits-hadits shahih; wallahu a’lam.
Miqat untuk
umrah bagi orang yang berada di luar tanah haram: miqat haji; bagi orang yang
berada di tanah haram: wajib keluar ke tanah halal terdekat, walaupun hanya
keluar satu langkah. Jika dia tidak keluar (ke tanah halal) kemudian melakukan
ibadah umrah, maka hal itu mencukupi menurut pendapat yang lebih jelas, dan
wajib baginya (membayar) dam. Seandainya dia keluar ke tanah halal setelah
berihram, maka gugurlah dam menurut pendapat madzhab.
Tanah halal
yang lebih afdhal: Ji’ranah, kemudian Tan’im, kemudian hudaibiyah.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin