باب الغسل
موجبه موت وحيض ونفاس وكذا
ولادة بلا بلل في الأصح وجنابة بدخول حشفة أو قدرها فرجا وبخروج منى من طريقه المعتاد
وغيره ويعرف بتدفقه أو لذة بخروجه أو ريح عجين رطبا أو بياض بيض جافا فإن فقدت الصفات
فلا غسل والمرأة كرجل ويحرم بها ما حرم بالحدث والمكث بالمسجد لا عبوره والقرآن وتحل
أذكاره لا بقصد قرآن وأقله نية رفع جنابة أو استباحة مفتقر إليه أو أداء فرض الغسل
مقرونة بأول فرض وتعميم شعره وبشره ولا تجب مضمضة واستنشاق وأكمله إزالة القذر ثم الوضوء
وفي قول يؤخر غسل قدميه،
ثم تعهد معاطفه ثم يفيض
الماء على رأسه ويخلله ثم شقه الأيمن ثم الأيسر ويدلك ويثلث وتتبع لحيض أثره مسكا وإلا
فنحوه ولا يسن تجديده بخلاف الوضوء ويسن أن لا ينقص ماء الوضوء عن مد والغسل عن صاع
ولا حد له ومن به نجس يغسله ثم يغتسل ولا تكفي لهما غسلة وكذا في الوضوء.
قلت: الأصح تكفيه والله
أعلم ومن اغتسل لجنابة وجمعة حصلا أو لأحدهما حصل فقط قلت: ولو أحدث ثم أجنب أو عكسه
كفى الغسل على المذهب والله أعلم.
Mandi
hal-hal yang mewajibkan mandi: mat; haid; nifas; demikian
pula melahirkan meskipun tanpa basah menurut
pendapat yang lebih benar; junub dengan masuknya ujung zakar, atau bagian zakar
lain seukuran itu, ke
farji;
keluarnya mani dari jalan yang biasa maupun selainnya (jalan yang tidak biasa)
mani dapat dikenali dengan sifatnya yang memancar, atau rasa nikmat saat
keluarnya, atau bau seperti adonan rot saat masih basah, berwarna puth telur
saat sudah kering; jika tidak ada sifat-sifat itu, maka tidak wajib mandi. hukum
wanita seperti hukum laki-laki.
Diharamkan bagi
orang yang junub semua hal yang diharamkan bagi orang yang berhadats, ditambah:
berdiam di masjid, tidak haram jika hanya lewat; membaca Al Qur’an. halal
dzikir-dzikir dari Al Qur’an selama tidak dimaksudkan membaca Al Qur’an.
Minimal mandi:
Niat menghilangkan janabat/hadats besar, atau untuk memperbolehkan hal-hal yang
dia butuhkan, atau menunaikan fardhu mandi bersamaan dengan
memulai fardhu mandi; dan meratakan air ke rambut dan
kulit; tidak wajib berkumur-kumur dan istnsyaq (memasukkan air ke hidung).
Lebih
sempurnanya: Menghilangkan kotoran; kemudian wudhu, dalam sebuah qaul:
mengakhirkan membasuh kaki; kemudian memperhatkan lipatan-lipatan; kemudian
menuangkan air ke kepala dan menyela-nyela rambut; kemudian badan sebelah
kanan; kemudian badan sebelah kiri; menggosok badan; membasuh tiga kali tiga
kali; bagi orang haidh, memberi misk pada bekas darah haidnya, jika tidak ada
misk, boleh
yang sejenisnya (minyak wangi). Tidak ada sunnah memperbaharui mandi, tidak seperti
wudhu.
Disunnahkan air
untuk wudhu tidak kurang dari satu mud, dan air untuk mandi tidak kurang dari
satu sha’ ; tidak ada batasan banyaknya air.
Orang yang
terkena najis, maka najis itu dia basuh dulu, baru kemudian mandi; tidak cukup
satu basuhan (untuk mandi sekaligus menghilangkan najis; demikian juga dalam
berwudhu.
Pendapatku:
menurut pendapat yang lebih benar, cukup satu basuhan, wallahu a’lam.
Barang siapa
berniat mandi janabat sekaligus mandi jum’at, maka dia dapat keduanya. Barang
siapa berniat mandi salah satunya, maka dia dapat satu saja.
Pendapatku:
apabila dia berhadats (kecil) kemudian junub, atau sebaliknya (junub kemudian
berhadats), cukup mandi saja menurut pendapat madzhab, wallahu a’lam.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin