Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; Mabit (menginap) di Muzdalifah

 


فصل

ويبيتون بمزدلفة ومن دفع منها بعد نصف الليل أو قبله وعاد قبل الفجر فلا شيء عليه ومن لم يكن بها في النصف الثاني أراق دما وفي وجوبه القولان ويسن تقديم النساء والضعفة بعد نصف الليل إلى منى ويبقى غيرهم حتى يصلوا الصبح مغلسين ثم يدفعون إلى منى ويأخذون من مزدلفة حصى الرمي فإذا بلغوا المشعر الحرام وقفوا ودعوا إلى الأسفار ثم يسيرون فيصلون منى بعد طلوع الشمس فيرمي كل شخص حينئذ سبع حصيات إلى جمرة العقبة ويقطع التلبية عند ابتداء الرمي ويكبر مع كل حصاة ثم يذبح من معه هدى ثم يحلق أو يقصر والحلق أفضل وتقصر المرأة والحلق نسك على المشهور وأقله ثلاث شعرات حلقا أو تقصيرا أو نتفا أو إحراقا أو قصا ومن لا شعر برأسه يستحب إمرار الموصى عليه فإذا حلق أو قصر دخل مكة وطاف طواف الركن وسعى إن لم يكن سعى ثم يعود إلى منى وهذا الرمي والذبح والحلق والطواف يسن ترتيبها كما ذكرنا ويدخل وقتها بنصف ليلة النحر ويبقى وقت الرمي آخر يوم النحر ولا يختص الذبح بزمن.

قلت: الصحيح اختصاصه بوقت الأضحية وسيأتي في آخر باب محرمات الإحرام على الصواب والله أعلم والحلق والطواف والسعي لا آخر لوقتها وإذا قلنا الحلق نسك

ففعل اثنين من الرمي والحلق والطواف حصل التحلل الأول وحل به اللبس والحلق والقلم وكذا الصيد وعقد النكاح في الأظهر.

قلت: الأظهر لا يحل عقد النكاح، والله أعلم. وإذا فعل الثالث: حصل التحلل الثاني وحل به باقي المحرمات.

Mabit di Muzdalifah

Jama’ah haji (wajib) bermalam di Muzdalifah. Barangsiapa meninggalkan Muzdalifah setelah tengah malam (dan tidak kembali), atau sebelum tengah malam dan kembali lagi sebelum fajar, maka tidak apaapa.

Dan barangsiapa yang tidak ada di Muzdalifah pada setengah malam kedua, maka dia menyembelih dam. Dalam hal wajibnya dam ini ada dua qaul/pendapat.

Dan sunnah mendekatkan perempuan dan orang lemah setelah tengah malam ke Mina. Jama’ah lain tetiap tnggal sampai shalat Shubuh (di Muzdalifah) pada awal waktu, kemudian berangkat menuju Mina dan mengambil dari Muzdalifah (sunnah) kerikil untuk melempar (jumrah). Kemudian apabila mereka sampai ke masy’aril haram (bukit Muzdalifah/”Quzah”), maka (sunnah) berhent dan berdoa sampai terang. Kemudian berjalan dan sampai ke Mina setelah terbit matahari. Kemudian setiap orang melempar pada saat itu tujuh kerikil ke jumrah aqabah; dan menghentkan talbiyah saat mulai melempar; bertakbir bersama dengan tiap (lemparan) kerikil. Kemudian menyembelih hadyu (kurban) bagi orang yang punya hewan hadyu bersamanya. Kemudian mencukur atau memendekkan (rambut); mencukur itu lebih afdhal. Jama’ah perempuan memendekkan (rambut).

Mencukur rambut termasuk manasik menurut pendapat yang masyhur; paling sedikit: tiga helai rambut, dengan mencukur atau memendekkan atau mencabut atau membakar atau mengguntng. Bagi orang yang tidak punya rambut di kepalanya, disunnahkan melewatkan pisau cukur di atas kepala.

Apabila dia telah mencukur atau memendekkan, maka dia masuk Makkah kemudian melakukan thawaf rukun (ifadhah), kemudian sa’i jika belum sa’i, kemudian kembali ke Mina.

Melempar jumrah, menyembelih, mencukur, dan thawaf, ini semua disunnahkan urut sebagaimana telah kami sebutkan; dan masuk waktu untuk itu semua (selain menyembelih) pada tengah malam hari raya kurban; dan waktu melempar jumrah sampai dengan akhir hari raya kurban. Tidak ada waktu khusus untuk menyembelih hadyu.

Pendapatku: menurut pendapat yang shahih: (waktu menyembelih hadyu) khusus pada waktu kurban hadyu, dan akan datang nanti  pada akhir bab larangan-larangan ihram (penjelasan) tentang yang benar;

wallahu a’lam.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama