Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; KITAB JANAIZ

 


كتاب الجنائز

 

ليكثر ذكر الموت ويستعد بالتوبة ورد المظالم والمريض آكد ويضجع المحتضر لجنبه الأيمن إلى القبلة على الصحيح فإن تعذر لضيق مكان ونحوه ألقي على قفاه ووجه وأخمصاه للقبلة ويلقن الشهادة بلا إلحاح ويقرأ عنده يس وليحسن ظنه بربه سبحانه وتعالى فإذا مات غمض وشد لحياه بعصابة ولينت مفاصله وستر جميع بدنه بثوب خفيف ووضع على بطنه شيء ثقيل: ووضع على سرير ونحوه ونزعت ثيابه ووجه للقبلة كمحتضر ويتولى ذلك أرفق محارمه ويبادر بغسله إذا تيقن موته وغسله وتكفينه والصلاة عليه ودفنه فروض كفاية

 

 

KITAB JANAIZ

Hendaknya memperbanyak mengingat mat, dan bersiap sedia dengan taubat dan menolak kedhaliman. Bagi orang yang sakit hal-hal tersebut lebih ditekankan lagi. Orang yang akan meninggal dibaringkan di atas lambung kanannya menghadap kiblat menurut pendapat yang shahih. Jika ada udzur karena tempatnya sempit atau semacamnya, maka diletakkan di atas tengkuknya sedangkan wajahnya dan bagian bawah kakinya menghadap kiblat. Dan ditalqin/didikte dengan syahadat tanpa terus mendesak, dan dibacakan surat Yasin di sisinya, dan hendaknya dia berbaik sangka kepada Tuhannya subhanahu wa ta’ala.

Apabila sudah meninggal, maka dipejamkan (matanya), diikat dagunya dengan pengikat, dilemaskan persendiannya, ditutupi seluruh badannya dengan pakaian yang tipis, diletakkan di atas perutnya sesuatu yang berat, dia diletakkan di atas kasur atau sejenisnya, dilepaskan pakaiannya, dihadapkan ke arah kiblat sama seperti orang yang akan meninggal; yang mengurus semua itu adalah mahramnya yang paling mudah. Dia segera dimandikan apabila telah diyakini meninggalnya.

Memandikan, mengkafani, mensholat, dan menguburkan adalah fardhu kifayah.


Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


 

Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama