كتاب الصيام
يجب صوم رمضان بإكمال شعبان
ثلاثين أو رؤية الهلال وثبوت رؤيته بعدل وفي قول عدلان وشرط الواحد صفة العدول في الأصح
لا عبد وامرأة وإذا صمنا بعدل ولم نر الهلال بعد ثلاثين أفطرنا في الأصح وإن كانت السماء
مصحية وإذا رؤى ببلد لزم حكمه البلد القريب دون البعيد في الأصح ومسافة البعيد مسافة
القصر وقيل: باختلاف المطالع. قلت: هذا أصح والله أعلم وإذا لم يوجب على البلد الآخر
فسافر إليه من بلد الرؤية فالأصح أنه يوافقهم في الصوم آخرا ومن سافر من البلد الآخر
إلى بلد الرؤية عيد معهم وقضى يوما ومن أصبح معيدا فسارت سفينته إلى بلدة بعيدة أهلها
صيام فالأصح أنه يمسك بقية اليوم.
KITAB PUASA
Wajib berpuasa
Ramadhan dengan telah sempurnanya bulan Sya’ban sebanyak tiga puluh hari, atau
dengan melihat hilal (pada malam ketiga puluh bulan Sya’ban).
Ketetiapan
melihat hilal dihasilkan dengan (persaksian) satu orang yang adil; dalam sebuah
qaul: dua orang yang adil. Syarat untuk satu saksi: punya sifat adil, bukan
budak atau perempuan.
Apabila kita
berpuasa karena (persaksian) satu orang yang adil, kemudian kita tidak melihat
hilal setelah (berpuasa) tiga puluh hari, maka kita berbuka (berhari raya)
menurut pendapat yang lebih benar meskipun langit dalam keadaan cerah.
Apabila hilal
terlihat di suatu balad/negeri, maka negeri yang dekat wajib mengikut hukumnya,
tidak bagi negeri yang jauh menurut pendapat yang lebih benar.
Yang dimaksud
jauh (di sini) adalah: jarak yang mebolehkan shalat qashar, dan dikatakan:
berbeda mathla’.
Pendapatku:
(berbeda mathla’) inilah yang lebih benar, wallahu a’lam.
Apabila tidak
dianggap wajib atas negeri yang lain (yang jaraknya jauh), kemudian seseorang
berjalan
menuju negeri
itu dari negeri ru’yah (yang berpuasa dengan ru’yah), maka menurut pendapat
yang lebih benar: dia harus mengikut mereka (penduduk negeri itu) dalam akhir
dari puasanya.
Barangsiapa
yang bepergian dari negeri lain ke negeri ru’yah, maka dia berhari raya bersama
mereka (penduduk negeri ru’yah), dan mengqaha puasa sehari.
Barangsiapa
pada pagi hari telah berhari raya, kemudian kapalnya berjalan menuju negeri
yang jauh yang penduduknya masih berpuasa, maka menurut pendapat yang lebih
benar: dia (harus) menahan diri pada sisa hari itu.
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin