Terjemah Kitab Minhajut Thalibin; KITAB PUASA; كتاب الصيام

 


كتاب الصيام

يجب صوم رمضان بإكمال شعبان ثلاثين أو رؤية الهلال وثبوت رؤيته بعدل وفي قول عدلان وشرط الواحد صفة العدول في الأصح لا عبد وامرأة وإذا صمنا بعدل ولم نر الهلال بعد ثلاثين أفطرنا في الأصح وإن كانت السماء مصحية وإذا رؤى ببلد لزم حكمه البلد القريب دون البعيد في الأصح ومسافة البعيد مسافة القصر وقيل: باختلاف المطالع. قلت: هذا أصح والله أعلم وإذا لم يوجب على البلد الآخر فسافر إليه من بلد الرؤية فالأصح أنه يوافقهم في الصوم آخرا ومن سافر من البلد الآخر إلى بلد الرؤية عيد معهم وقضى يوما ومن أصبح معيدا فسارت سفينته إلى بلدة بعيدة أهلها صيام فالأصح أنه يمسك بقية اليوم.

 

KITAB PUASA

Wajib berpuasa Ramadhan dengan telah sempurnanya bulan Sya’ban sebanyak tiga puluh hari, atau dengan melihat hilal (pada malam ketiga puluh bulan Sya’ban).

Ketetiapan melihat hilal dihasilkan dengan (persaksian) satu orang yang adil; dalam sebuah qaul: dua orang yang adil. Syarat untuk satu saksi: punya sifat adil, bukan budak atau perempuan.

Apabila kita berpuasa karena (persaksian) satu orang yang adil, kemudian kita tidak melihat hilal setelah (berpuasa) tiga puluh hari, maka kita berbuka (berhari raya) menurut pendapat yang lebih benar meskipun langit dalam keadaan cerah.

Apabila hilal terlihat di suatu balad/negeri, maka negeri yang dekat wajib mengikut hukumnya, tidak bagi negeri yang jauh menurut pendapat yang lebih benar.

Yang dimaksud jauh (di sini) adalah: jarak yang mebolehkan shalat qashar, dan dikatakan: berbeda mathla’.

Pendapatku: (berbeda mathla’) inilah yang lebih benar, wallahu a’lam.

Apabila tidak dianggap wajib atas negeri yang lain (yang jaraknya jauh), kemudian seseorang berjalan

menuju negeri itu dari negeri ru’yah (yang berpuasa dengan ru’yah), maka menurut pendapat yang lebih benar: dia harus mengikut mereka (penduduk negeri itu) dalam akhir dari puasanya.

Barangsiapa yang bepergian dari negeri lain ke negeri ru’yah, maka dia berhari raya bersama mereka (penduduk negeri ru’yah), dan mengqaha puasa sehari.

Barangsiapa pada pagi hari telah berhari raya, kemudian kapalnya berjalan menuju negeri yang jauh yang penduduknya masih berpuasa, maka menurut pendapat yang lebih benar: dia (harus) menahan diri pada sisa hari itu.

 

Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin


Komentar atau pertanyaan, silakan tulis di sini

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama