باب الإحرام
ينعقد معينا بأن ينوي حجا
أو عمرة أو كليهما ومطلقا بأن لا يزيد على نفس الإحرام والتعيين أفضل وفي قول الإطلاق
فإن أحرم مطلقا في أشهر الحج صرفه بالنية إلى ما شاء من النسكين أو إليهما ثم اشتغل
بالأعمال وإن أطلق في غير أشهره فالأصح انعقاده عمرة فلا يصرفه إلى الحج في أشهره وله
أن يحرم كإحرام زيد فإن لم يكن زيد محرما انعقد إحرامه مطلقا وقيل: إن علم عدم إحرام
زيد لم ينعقد وإن كان زيد محرما انعقد إحرامه كإحرامه فإن تعذر معرفة إحرامه بموته
جعل نفسه قارنا وعمل أعمال النسكين.
Ihram
Ihram
didapatkan dengan menentukan/ta’yin: yaitu dengan berniat haji atau umrah atau
keduanya (haji dan umrah). (Didapatkan juga) dengan memutlakkan: dengan tidak
menambah (niat) selain daripada ihram.
Ta’yin itu
lebih afdhal, dan dikatakan: memutlakkan (lebih afdhal).
Jika dia
berihram secara mutlak pada bulan-bulan haji, maka dia boleh memalingkan
ihramnya dengan niat untuk salah satu manasik yang dia mau (haji atau umrah),
atau untuk keduanya kemudian menyibukkan diri dengan amal (manasik). Jika dia
berihram secara mutlak pada selain bulan haji, maka menurut pendapat yang lebih
benar: dia memperoleh ihram umrah; maka dia tidak boleh memalingkan ihramnya untuk
haji saat masuk bulan haji.
Boleh baginya
untuk berihram seperti ihramnya Zaid 0. Jika Zaid tidak dalam keadaan ihram,
maka dia mendapatkan ihram mutlak; dan dikatakan: jika dia tahu bahwa Zaid tidak
berihram, maka dia tidak mendapatkan ihram. Jika Zaid dalam keadaan berihram,
maka dia mendapatkan ihramnya seperti ihramnya Zaid. Jika sulit mengetahui
jenis ihramnya Zaid karena Zaid meninggal, maka dia jadikan dirinya (berniat) qiran,
dan melakukan dua manasik (haji dan umrah).
Daftar isi terjemah Kitab Minhajut Thalibin
Mudah dipahami
BalasHapus